kelebihan dan kekurangan linux

Diposting pada

Pengertian Linux

Kata “Linux” untuk saat ini sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet dan komunitas mahasiswa yang memiliki hobi untuk mencoba software-software baru. Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking, yang dapat berjalan di berbagai platform termasuk prosesor Intel 386 maupun yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standar POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.

Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, Linus Torvalds, yang sebetulnya mengacu pada suatu kumpulan software lengkap yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap. Lingkungan sistem operasi ini mencakup ratusan program, termasuk kompiler, interpreter, editor dan utilitas.

Perangkat bantu yang mendukung konektifitas, ethernet, SLIP dan PPP dan interoperabilitas. Produk perangkat lunak yang handal (reliable), termasuk versi pengembangan terakhir. Kelompok pengembang yang tersebar di seluruh dunia yang telah bekerja dan menjadikan Linux portabel ke suatu platform baru, begitu juga mendukung komunitas pengguna yang memiliki beragam kebutuhan dan juga pengguna dapat turut serta bertindak sebagai tim pengembang sendiri.

baca juga : Pengertian Sistem Operasi Linux Menurut Para Ahli Lengkap


Pencipta Linux

Linus Benedict Torvalds dilahirkan pada 28 Disember 1969 di Helsinki, ibu kota negara Finland. Beliau telah mencipta Linux, sebuah sistem operasi kernel, dan kini berperanan sebagai pengelola proyek. Diberi ilham oleh demonstrasis sistem Minix yang dicipta oleh Andrew S. Tanenbaum, beliau merasakan keperluan untuk sistem operasi UNIX yang dapat diguna pada komputer personalnya di rumah.

Beliau membuat perkembangan kernel Linux dasarnya pada masa dan peralatannya sendiri. Ibu dan bapanya bernama Nils and Anna Torvalds. Kedua-dua Orangtuanya merupakan orang-orang kampus radikal di Universitas Helsinki pada 1960an, bapanya seorang komunis yang pada pertengahan 1970an belajar di Moscow selama satu tahun. Linus menjadi amat malu semasa itu karena anak-anak lain mengejek tentang politik bapanya.


Sejarah Linux

Linux asalnya dibina oleh Linus Torvalds daripada Universitas Helsinki di Finland. Linux diasaskan pada UNIX untuk PC yang dipanggil Minix. Oleh karena Minix hanya dibina untuk tujuan pengajaran sistem operasi dan kekurangan berbagai perkara yang ada di dalam Unix, Linus mengambil keputusan menulis sistem operasi itu dan ia dinamakan Linux.

baca juga : CPANEL adalah

Akhir tahun 1991 Linux diperkenalkan kepada umum dan Linus telah menjadikan kod-kod Linux itu percuma dan menggalakkan penyebaran dan pembangunan Linux oleh orang lain. Pembangunan Linux terus diperkembangkan oleh kumpulan pembangunan sistem Linux yang diketuai oleh Linus yang berada di seluruh dunia melalui Internet.


Lambang Linux

Satu hal lagi yang menarik dari Linux adalah logonya yang berupa penguin yang bernama ”Tux”. Logo yang lucu ini memiliki sejarah yang unik. Awalnya, tidak ada logo yang dipilih untuk Linux, namun pada waktu Linus bersantai di daerah Selatan. Dia bertemu seekor pinguin yang menggigit jarinya. Kejadian yang lucu ini merupakan permulaan terpilihnya penguin sebagai logo Linux.

linux


Versi-Versi Linux

Secara asasnya terdapat beberapa jenis dan versi LINUX yang agak popular dikalangan penggemar sumber terbuka.

Diantaranya ialah

  • Mandrake: (10.1 official,10.0, Move 2.0,9.1 )
  • Redhat: (9-Shrike, 7.3-Valhalla, 7.2, 6.2 zoot)
  • Knoppix ( 3.7, 3.6 )
  • Fedora (FC 3-Heideburg, FC 2-Tettreng, FC 1-Yarrow)
  • Debian: ( 3.0, 4.0, i 386,PPC,Alpha,Sparc )
  • Slackware LINUX
  • Caldera OpenLinux
  • SuSE Linux
  • Corel LINUX
  • Stampede
  • VA Linux
  • Black Cat dan Red Flag.

Perbandingan Linux Terhadap Sistem Operasi Lainnya

Linux disusun berdasarkan standar sistem operasi POSIX yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja UNIX. UNIX kompatibel dengan Linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk UNIX atau Linux dapat direkompilasi dan dijalankan pada sistem lain dengan perubahan yang minimal. Secara umum dapat dikatakan Linux berjalan lebih cepat dibanding UNIX lain pada hardware yang sama. Dan lagi UNIX memiliki kelemahan yaitu tidak bersifat free

baca juga : PHP adalah


Kelebihan Linux

Di sini akan dijelaskan beberapa kelebihan dari sistem operasi Linux/UNIX dibandingkan dengan dengan sistem operasi yang lain. Dan berikut ini adalah beberapa fakta dari hal-hal yang menguntungkan dengan menggunakan program dan file-file Linux/UNIX :

Pada dasarnya semua data tersimpan di dalam harddisk walau ada beberapa kondisi dimana data tersimpan di disket. Linux/UNIX memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti kita mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.

Ketika program dijalankan, program tersebut dijalankan dari harddisk ke dalam RAM dan setelah dijalankan akan dinamakan sebagai proses. Linux/UNIX menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file. Linux/UNIX mendukung struktur file yang bersifat hirarki. Linux/UNIX adalah salah satu sistem operasi yang termasuk ke dalam kelas sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan.

baca juga : E-Government Adalah


Keuntungan Menggunakan Linux

  1. Dapat menggunakan Multiuser
  2. Dapat menggunakan Multiprocessor
  3. Dapat menggunakan Multitasking yang memungkinkan menjalankan banyak program secara bersama-sama
  4. Dapat di proses di Background
  5. Dapat Multi Threading atau dapat membuat beberapa subproses dengan caara yang efisien
  6. Pembelokan pada I/O (Input/Output), Pipe dan Filter
  7. File sistemnya berada  di Local dan di Network File Sistem
  8. Bagus dalam hal Security (keamanannya)
  9. Di lengkapi dengan X-Window System
  10. Tidak dapat terjangkit virus

Kelemahan Linux

Kelemahannya mungkin untuk para pemula yang tidak hafal dengan kode atau koding dari sistem operasi akan mengalami kesulitan dalam pengoperasiannya. Karena pengoperasiannya menggunakan koding yang di input secara langsung.

Baca juga : Software Adalah


Perintah-perintah dasar dalam Linux

Adapun perintah-perintah dasar dalam linx adalah sebagai berikut :


  • Cat

Perintah cat ini menampilkan isi dari suatu file ke standart output (stdout).


  • Clear

Perintah clear ini mirip dengan cls pada DOS yang gunanya membersihkan.


  • CP

Mirip dengan copy pada DOS, perintah cp ini berfungsi mengkopi file.


  • Cut

Perintah cut mendefinisikan suatu file yang berisi data berdasarkan


  • Find

Dari namanya sudah dapat diterka bahwa perintah ini berfungsi untuk mencari file ataupun directori.


  • Grep

Perintah ini berguna untuk pencarian data di dalam file, penggunaan grep akan lebih mengefisienkan waktu ketimbang harus membaca satu persatu.


  • Ln

Kegunaan perintah ini adalah untuk membuat link dari satu file/directori ke file/directori lain.


  • Locate

Perintah ini digunakan untuk mengetahui dimana letaknya sebuah file atau directori. Fungsinya kurang lebih sama dengan find, bedanya locate menggunakan sebuah database (biasanya terletak di /var/lib/locatedb ) yang dapat di update menggunakan perintah updatedb.


  • Ls

Perintah ini sama seperti dir pada DOS yanitu berfungsi untuk menampilkan isi dari suatu directory beserta atributatribut filenya.

baca juga : Sistem Operasi


Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai kelebihan dan Kekurangan linux : Pengertian, Pencipta, Sejarah, Lambang, Versi, Perbandingan, Keuntungan, Kelemahan, Perintah Dasar, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan