Materi Kuda Nil

Diposting pada

Kuda nil “Hippopotamus amphibius” atau “Hippo” merupakan mamalia dari keluarga Hippopotamidae yantg berukuran besar, omnivora dan berasal dari Afrika sub-Sahara. Kuda nil adalah hewan darat terbesar yang ketiga setelah gajah dan badak putih.

Kuda-Nil

Pengertian Kuda Nil

Kuda nill adalah adalah salah satu hewan yang termasuk kedalam keluarga hippopotamidae dengan tubuh besar dan juga kuat, dimana menobatkan kuda nil kedalam hewan darat berukuran besar ketiga setelah gajah, badak. kuda nil memiliki ciri ciri khas yakni memiliki berat badan yang bisa mencapai tiga ton bahkan lebih


Ciri Khusus Kuda Nil

Untuk ciri khusus kuda nil hewan ini termasuk mamalia dari faamili Hippopotamidae, hewan ini berukuran besar dan hidup di Afrika. Kuda nil ini memiliki tubuh yang besar dan kuat, kulit kuda nil berwarna kelabu gelap. Kuda nil juga memiliki gading yang besar yang berfungsi untuk melindungi dari peredator. Mamalia air ialah jenis binatang menyusui yang sebagian besar hidupnya dilakukan di air.

Memiliki kelenjar susu, yang betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya. Ada yang memiliki rambut, tubuh endoterm atau berdarah panas. Memiliki otak yang mengatur sistem peredaran darah, termasuk jantung yang berruang empat. Memiliki tiga tulang pendengaran dalam setiap telinga dan satu tulang dentari disetiap sisi rahang bawah. Mamalia memiliki integumen yang terdiri dari tiga lapisan, paling luar adalah epidermis yang tengah ialah dermis dan paling dalam ialah hipodermis.


Ciri-Ciri Umum Kuda Nil

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri umum kuda nil, sebaga berikut:


1. Termasuk Kedalam Hewan Mamalia

Ciri ciri pertama yang dimiliki dari kuda nil adalah ia merupakan hewan mamalia atau juga bisa disebut hewan yang menyusui untuk kuda nil betina.


2. Memiliki Kulit Yang Tebal

Ciri ciri selanjutnya yakni memiliki kulit yang tebal sehingga memungkinkan kuda nil terhindar dari berbagai macam luka akibat serangan dari hewan hewan yang ingin memangsanya kuda nil selain itu juga kulit kuda nil berfungsi untuk menyaring sinar matahari langsung ketubuh.


3. Memiliki Gigi Yang Kuat

Selanjutnya yakni kuda nil memiliki gigi yang kuat meskipun gigi yang dimiliki oleh kuda nil tidaklah tajam tetapi kenyataanya giginya bisa digunakan untuk menghancurkan segala macam yang ia makan.


4. Dapat Berenang

Ciri ciri keempat yakni kuda nil dapat berenang didalam air bahkan ia sangat ahli dalam menyelam dimana saat ia menyelam cukup lama dimana bisa mencapai lima menit, tentu hal tersebut menjadi kelebihan dari hewan mamalia yang satu ini.


5. Dapat Berlari Cepat

Salah satu ciri yang jarang dimiliki oleh hewan darat yang berukuran besar adalah berlari dengan cepat tetapi tidak dengan kuda nil karena ia memiliki kelebihan untuk berlari dengan cepat.


6. Termasuk Kedalam Herbivora

Ciri ciri keenam adalah termasuk kedalam herbivora atau bisa disebut dengan hewan pemakan tumbuhan dimana untuk makan favorit dari kuda nil adalah buah semangka.


7. Habitat Kuda Nil

Untuk habitat asli dari kuda nil adalah berasal dari negara afrika dimana ia biasa hidup didaerah yang dekat dengan air tawar seperti sungai dan danau, ia juga sangat suka tempat yang berlumpur.

8. Telinga, Mata Dan Hidung

Yang menjadi ciri khas dari kuda nill adalah memiliki telinga, mata dan hidung berada pada atas kepala.

9. Berkembang Biak Secara Vivipar

Selanjutnya yang menjadi ciri khasnya yakni berkembang biak dengan cara vivipar atau dengan cara melahirkan dimana biasanya saat melahirkan kuda nil akan melahirkan satu atau dua anak saja.


Habitat Kuda Nil

Ada beberapa habitat kuda nil yang diantaranya yaitu:


  • Air

Kuda nil ini menghabiskan sebagai besar waktu mereka dalam air, sehingga mereka biasanya tinggal dekat dengan lambat bergerak Afrika danau atau sungai. Mereka lebih suka bahwa badan air memiliki bagian dangkal yang mereka dapat berjalan dalam dan lebih dalam bagian yang mana mereka dapat benar-benar tenggelam.

Kuda nil telah disesuaikan untuk hidup di dalam air, mata, telinga dan hidung mereka berada di atas kepala, memungkinkan mereka untuk menjadi hampir benar-benar tenggelam dan masih memiliki panca indera yang utuh. Mata mereka memiliki membran jelas atas mereka yang membantu hippo menjaga mata terbuka sementara tenggelam. Mereka juga memiliki kulit yang unik yang harus disimpan basah untuk sebagian besar hari, jika mengering hippo akan menjadi dehidrasi.

Alih-laih berkeringat, kuda nil mengeluarkan lendir merah tebal yang melindungi kulit dari matahari dan tetap lembab. Walaupun kuda nil sedang diadaptasi untuk air, tubuh padat mereka mencegah mereka dari menjadi dapat berenang atau mengapung. Sebaliknya mereka bergerak dengan berjalan kaki pada atau mendorong dari bagian bawah badan air. Mereka dapat, namun tinggal terendam selama lima menit.


  • Padang Rumput

Kuda nil menghabiskan sebagian besar hari-hari mereka di dalam air, tetapi mereka menghabiskan sebagian besar malam mereka di tanah untuk mencari makanan. Diet mereka hampir seluruhnya terdiri dari rumput dan lalu sedges.

Yang sebagai akibatnya, mereka mencari habitat yang tidak hanya memiliki tubuh yang bergerak lambat air, tetapi juga salah satu yang memiliki patch pendek rumput dan lembut pantai rak yang mana mereka dapat beristirahat dekat dengan air. Mereka cenderung memilih daerah yang akan memenuhi kebutuhan mereka makan, murni padang rumput dan hutan lebih disukai atas padat semak-semak atau hutan. Mereka merumput telah menciptakan fenomena yang disebut hippo rumput mana pendek, hijau rumput terus tumbuh.


Fakta Tentang Kuda Nil

Berikut ini terapat beberapa fakta menarik tentang kuda nil, antara lain:


1. Kuda Nil ialah ‘Pembunuh’

Jika anda melihat fauna ini di TV, tentunya kita bakal mengira bahwa fauna ini tidak riskan karena melulu bermalas-malasan di air.

Tapi, anda salah. Faktanya, kuda nil ialah salah satu fauna paling mematikan di Afrika. Tiap tahun, diduga lebih dari 300 korban meninggal dampak hewan ini. Sumber lain menuliskan 500 korban tiap tahun.


2. Kuda Nil Dapat Berlari Kencang

Lagi, tidak boleh terkecoh dengan penampilan kuda nil. Meski berbadan besar, terlihat bebal dan lamban, kuda nil sangatlah buas dan bisa berlari kencang.

Mereka dapat berlari 28-30 km/jam. Dengan kecepatan tersebut, tidak mengherankan andai kuda nil dapat mengejar dan membunuh manusia.


3. Kuda Nil Tidak Pandai Berenang

Meski tidak sedikit menghabiskan masa-masa di dalam air, kuda nil nyatanya tidak bisa berenang dengan baik. Mereka akan terbenam dan terbawa arus andai berendam di aliran sungai yang deras.

Itulah kenapa kuda nil lebih suka berendam di perairan yang dangkal dan berarus tenang.


4. Nafsu Makan Kuda Nil Kecil

Meski buas dan dapat membunuh manusia, nafsu santap kuda nil relatif kecil bila dikomparasikan dengan besar tubuhnya. Kuda nil merupakan fauna darat terbesar ketiga di dunia sesudah gajah dan badak putih.

Kuda nil jantan bermutu 1.600-3.200 kilogram, sedangkan betina 650-2.350 kilogram. Namun, mereka makan melulu 1-1,5 persen dari berat badan mereka masing-masing hari. Mereka bahkan dapat bertahan tanpa santap selama tiga minggu.


5. Kuda Nil Hanya ‘Menguap’ di Air

Pernahkah menyaksikan kuda nil membuka mulut di TV? Sebenarnya, kuda nil membuka mulut bukan menguap secara harfiah. Itu ialah peringatan guna menandai wilayahnya.

Karena kuda nil lebih sering menguras waktu di air, itulah kenapa kuda nil melulu ‘menguap’ di air atau di dekat air. Tidak melulu itu, mereka pun kerap ‘mendengus’ untuk menyerahkan peringatan supaya kamu atau kuda nil beda tidak mendekat.


6. Kuda Nil Aktif di Malam Hari

Kuda nil seringkali keluar dari air sekitar empat hingga lima jam di malam hari. Selama masa-masa tersebut, dia dapat berjalan sepanjang 10 kilometer.

Kuda nil memang herbivora dan mempunyai empat bilik perut. Namun, mereka bukan pemamah sejati, laksana antelop atau sapi.


7. Kuda Nil Kebal Penyakit

Kuda nil kebal terhadap tidak sedikit penyakit yang mengganggu sub-Sahara Afrika, yang mengakibatkan mereka bertahan lebih lama dari spesies lainnya. Mereka bisa bertahan hidup sampai usia 45 tahun.

Hal itu terjadi sebab kuda nil menerbitkan zat merah berminyak yang beraksi sebagai pelembap, tabir surya, dan pelindung mereka dari kuman. Hal tersebut juga menciptakan mereka terlihat laksana berkeringat darah.


8. Suara Kuda Nil Sangat Nyaring

Pita Suara kuda nil begitu kuat. Mereka dapat menghasilkan suara sebesar 115 Desibel. Itu setara dengan suara konser band metal yang dapat memekakkan telingamu.

Terkadang, kuda nil ‘menipu peluit’-nya tersebut pun untuk memberi peringatan.


9. Hanya Ada 2 Spesies Kuda Nil

Ada 10.000 spesies burung di dunia, 350 ekor kuda, dan lebih dari 3.000 spesies ular tersebar di semua dunia. Tapi kuda nil? Hanya dua.

Pertama, kuda nil standar (Hippopotamus amphibius), yang biasa anda lihat di TV atau media lainnya. Kedua, kuda nil kerdil (Choeropsis liberiensis). Seperti namanya, ukurannya jauh lebih kecil dari kuda nil yang gemuk.


10. Kuda Nil Bukan Berkerabat dengan Kuda atau Babi, Melainkan dengan Paus

Sebelumnya, kuda nil dikelompokkan ke dalam famili Suidae, atau sejenis babi. Namun, riset terbaru pada tahun 2015 mengkonfirmasi bahwa kuda nil berkerabat dengan mamalia laut, laksana paus dan lumba-lumba.


Demikianlah pembahasan mengenai Kuda Nil adalah: 9 Ciri, Habitat Beserta 10 Fakta Menarik. semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


Baca Juga:

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan