Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Diposting pada

41 Pengertian Menurut Para Ahli, Contoh, Unsur dan Jenis – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Berita yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, contoh, unsur dan jenis, nah agar dapat lebih memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Berita

Berita adalah suatu laporan cepat mengenai peristiwa terbaru dan penting untuk disampaikan kepada masyarakat. Berita ini dapat disajikan dalam bentuk surat kabar, radio, siaran tv maupun median online. Atau arti lain dari berita yakni suatu informasi mengenai fakta atau sesuatu yang sedang terjadi. Biasanya disampaikan dalam bentuk media cetak, siaran tv, radio, mulut ke mulut dan media online.


Berita dapat dikatakan juga sebagai laporan mengenai suatu kejadian yang sedang terjadi atau keterangan terbaru dari suatu peristiwa. Berita merupakan fakta yang memang dianggap penting harus segera disampaikan kepada masyarakat. Tetapi tidak semua fakta dapat dijadikan berita oleh media, fakta-fakta yang ada akan dipilih sehingga fakta mana saja yang pantas untuk disampaikan kepada masyarakat.


Biasanya berita tidak hanya memberikan informasi mengenai peristiwa-peristiwa terbaru, tapi kadang-kadang berita juga digunakan untuk memberikan pengaruh kepada masyarakat yang mendengar atau membacanya. Terutama berita mengenai politik, sering sekali masyarakat dipengaruhi pembawa atau penulis berita agar mengikuti arus politik tersebut.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Contoh Teks Berita


Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian berita menurut para ahli, terdiri atas:


  1. J.B Wahyudi (penulis buku komunikasi jurnalistik)

Berita adalah sebuah uraian tentang fakta dan atau pendapat yang mengandung nilai berita dan yang sudah disajikan melalui media massa periodic.


  1. Adi Negoro

Berita adalah sebuah pernyataan diantara manusia yang saling memberitahukan.


  1. Neil McNeil (pembantu utama redaktur malam New York Times)

Berita adalah gabungan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan perhatian atau kepentingan bagi para pembaca surat kabar yang memuatnya.


  1. Charles A. Dana (editor New York Sun)

Berita adalah laporan setiap saat atau sesuatu yang menarik bagi pembacanya dan berita terbaik dinilai kemenarikannya bagi para pembaca.


  1. Gerarld W. Johnson (The Battimore Evening Sun)

Berita adalah penyebab dari macam-macam peristiwa yang dijadikan pertimbangan utama oleh orang surat kabar untuk menulis dan mengumumkannya demi memperoleh kepuasan hatinya.


  1. Catledge Turner (New York Times)

Berita adalah segala sesuatu yang tidak diketahui masyarakat kemarin.


  1. United Press Nation (perkumpulan pers di Amerika)

Berita adalah segala sesuatu dan apa saja yang menimbulkan minat akan kehidupan dan barang-barang dalam segala manifestasinya.


  1. Robert Tyell 

Berita adalah informasi yang baru, menarik perhatian, mempengaruhi orang banyak, dan mampu membangkitkan selera masyarakat untuk mengikutinya.


  1. Mochtar Lubis (sastrawan, budayawan, dan wartawan Indonesia)

Berita adalah apa saja yang ingin diketahui banyak orang dan membacanya.


  1. Kamus Komunikasi 

Berita adalah laporan mengenai hal atau peristiwa yang baru terjadi,menyangkut kepentingan umum dan disiarkan secara cepat oleh media massa : surat kabar, majalah, radio siaran, televisi siaran.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Kalimat Berita Positif & Negatif” Pengertian & ( Contoh – Perbedaan )


  1. Menurut Dean M. Lyle Spencer

Berita adalah suatu kenyataan atau ide yang benar yang dapat menarik perhatian sebagian besar dari pembaca.


  1. Menurut Willard C. Bleyer

Berita adalah sesuatu yang termasa ( baru ) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar. Karena itu ia dapat menarik atau mempunyai makana bagi pembaca surat kabar, atau karena ika dapat menarik pembaca – pembaca tersebut.


  1. Menurut William S Maulsby

Berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.


  1. Menurut Eric C. Hepwood

Berita adalah laporan pertama dari kejadian yang penting yang dapat menarik perhatian umum.


  1. Menurut Dja’far H Assegaf

Berita adalah laporan tentang fakta atau ide yang termasa ( baru ), yang dipilih oleh staff redaksi suatu harian untuk disiarkan, yang dapat menarik perhatian pembaca. Entah karena luar biasa, entah karena pentingnya, atau akibatnya, entah pula karena ia mencakup segi – segi human interest seperti humor, emosi dan ketegangan.


  1. Menurut J.B. Wahyudi

Berita adalah laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memilki nilai penting, menarik bagi sebagian khalayak, masih baru dan dipublikasikan melalui media massa periodik.


  1. Menurut Amak Syarifuddin

Berita adalah suatu laporan kejadian yang ditimbulkan sebagai bahan yang menarik perhatian publik media massa.


  1. Menurut Willard Grosvenor Bleyer

Berita adalah segala sesuatu yang terkait waktu dan menarik perhatian banyak orang dan berita terbaik adalah hal-hal yang paling enarik yang boleh  menarik sebanyak mungkin orang (untuk membacanya).


  1. Menurut Chilton R. Bush

Berita adalah informasi yang “merangsang”, dengan informasi itu orang biasa dapat merasa puas dan berghairah. Sementara Charnley sendiri menyebutkan bahawa berita adalah laporan tentang fakta atau pendapat orang yang terikat oleh waktu, yang menarik dan atau penting bagi sejumlah orang tertentu.


  1. Menurut W.J.S. Purwadarminta

Berita adalah laporan tentang satu kejadian yang terbaru. Berita juga dapat didefinisikan sebagai informasi baru tentang kejadian yang baru, penting, dan bermakna, yang berpengaruh pada para pendengarnya serta relevan dan layak dinikmati oleh mereka.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Tugas DPR


  1. Menurut Nasution

Berita adalah laporan tentang peristiwa–peristiwa yang terjadi yang ingin diketahui oleh umum, dengan sifat aktual, terjadi di lingkungan pembaca, mengenai tokoh terkemuka, akibat peristiwa tersebut berpengaruh terhadap pembaca.


  1. Menurut Djuraid

Berita adalah sebuah laporan atau pemberitahuan mengenai terjadinya sebuah peristiwa atau keadaan yang bersifat umum dan baru saja terjadi dan disampaikan oleh wartawan di media massa.


  1. Menurut Sumadiria

Berita adalah laporan tercepat mengenai ide atau fakta terbaru yang benar, menarik dan penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media internet.


  1. Menurut Clarence Hach dan Earl English

Menyebutkan bahwa asal ada fakta, interest dan audience, sudah ada berita. Berita mengesampingkan syarat penting dan aktualitas.


  1. Menurut James M Neal

Berita adalah kecenderungan, kondisi, situasi dan interpretasi.


  1. Menurut Douglas Wood Miller

Berita adalah kejadian yang bisa menyentuh rasa insani yang selalu menarik perhatian oleh banyak orang.


  1. Menurut United Press Nation

Berita adalah segala sesuatu dan apa saja yang menimbulkan minat akan kehidupan dan barang-barang dalam segala menifestasinya.


  1. Menurut Nasution dalam Alief

Berita adalah laporan tentang peristiwa-peristiwa atau kejadian yang terjadi yang ingin diketahui oleh umum, dengan sifatnya yang aktual, terjadi di lingkungan pembaca, mengenai tokoh terkemuka, akibat kejadian tersebut berpengaruh terhadap pembaca.


  1. Menurut Oxford Paperback Dictionary

Berita dapat diaritikan sebagai kejadian terbaru.


  1. Menurut Romli

Berita adalah sajian utama pada sebuah media massa di samping opini.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : BUMN Adalah


  1. Menurut Suhandang

Berita adalah laporan pemberitahuan tentang segala peristiwa aktual yang menarik perhatian orang banyak.


  1. Menurut Paul De Maeseneer

Berita adalah informasi baru tentang kejadian yang baru, penting, dan bermakna, yang berpengaruh pada para pendengarnya serta relevan dan layak dinikmati oleh mereka.


  1. Menurut Doug Newson dan James A. Wollert

Berita adalah apa saja yang ingin dan perlu diketahui seseorang atau lebih luas lagi oleh masyarakat.


  1. Menurut Kamus Bahasa Inggris

Berita adalah suatu peristiwa terbaru atau baru terjadi ataupun suatu informasi baru yang belum terdapat atau belum diketahui sebelumnya.


  1. Menurut Helena

Berita adalah suatu informasi baru tentang peristiwa yang baru, penting dan bermakna, yang berdamapak pada pendengarnya dan relevan dan layak dinikmati oleh mereka.


  1. Menurut Haris Sumadiria

Berita adalah suatu informasi tercepat tentang ide atau gagasan yang benar, menarik dan yang penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti radio, televisi, surat kabar dan media online internet.


  1. Menurut KBBI

Berita adalah suatu laporan atau informasi tentang peristiwa atau kejadian yang hangat. Jadi berita bisa berhubungan dengan kejadian atau peristiwa yang terjadi.


  1. Menurut Mitchell V. Charnley

Berita adalah suatu laporan atau informasi tercepat dari suatu peristiwa yang aktual, menarik dan penting bagi sebagian besar pembaca serta bersangkutan kepentingan bagi mereka.


  1. Menurut Purnama Kusumaningrat

Berita adalah sesuatu atau seseorang yang dipandang oleh media sebagai subjek yang layak untuk dijadikan berita.


  1. Menurut Wikipedia

Berita adalah suatu informasi baru tentang sesuatu yang sedang terjadi, yang disiapkan lewat bentuk cetak, siaran, internet ataupun dari mulut ke mulut kepada orang ketiga maupun orang banyak.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Perusahaan Perseorangan


  1. Menurut A.M. Hoeta Soehoet

Berita adalah suatu informasi tentang suatu kejadian atau isi pernyataan seseorang yang menurutnya perlu diketahui untuk mewujudkan filsafat hidupnya.


Jenis-Jenis Berita

Adapun beberapa jenis berita dalam jurnalistik sebagai berikut:


  • Straight News

Merupakan berita langsung ditulis secara singkat, lugas dan ada adanya. Umumnya sebagian besar bagian halaman depan surat kabar berisi berita seperti ini, jenis dari berita straight news dibagi menjadi 2 macam yang diantaranya:

  1. Hard News
    Merupakan berita yang memiliki nilai lebih, berkualitas dan ter-update. Karena sangat penting maka harus segera disampaikan dan diketahui oleh masyarakat. Biasanya berisi berita bersifat khusus atau dapat juga mengenai peritiwa yang terjadi secara tiba-tiba.
  2. Soft News
    Merupakan berita pendukung, berita yang ringan dan nilai beritanya dibawah hard news.

  • Depth News

Merupakan berita yang mendalam, beritanya ini dikembangkan secara mendalam dan tujuannya untuk lebih mengangkat suatu permsalahan secara lebih mendalam.


  • Investigation News

Merupakan berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian ataupun penyelidikan yang dilakukan dari berbagai macam sumber. Investigation news hampir mirip depth news, bedanya pada depth news hanya melaporkan peritiwa yang terjadi secara mendalam saja.


  • Interpretative News

Merupakan berita yang dikembangkan dengan pendapat maupun penelitian yang dilakukan oleh penulisnya.


  • Opinion News

Merupakan berita tentang pendapat seseorang, misalnya pendapat mahasiswa, pejabat, para ahli mengenai suatu kejadian atau peristiwa.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Hari Besar Nasional Dan Internasional


Bagian-Bagian Berita

Adapun bagian-bagian berita secara umum diantaranya sebagai berikut:


  1. Headline

Headline dapat disebut juga sebagai judul, umumnya dilengkapi juga dengan anak judul yang fungsinya untuk memudahkan para pembaca supaya dapat segera mengetahui peristiwa apa yang akan disampaikan dan menonjolkan berita tersebut dengan dukungan grafik supaya lebih menarik.


  1. Deadline

Biasanya deadline terdiri dari nama media massa tempat peristiwa dan juga tanggal terjadinya peristiwa. Tujuannya untuk menunjukan tempat peristiwa dan inisial dari media massa yang menyampaikan berita.


  1. Lead

Merupakan unsur yang sangat penting dalam berita, karena dapat menentukan apakah isi dari berita tersebut akan dibaca atau tidak oleh masyarakat. Dapat dikatakan juga sebagai inti suatu berita, yang berfungsi untuk menggambarkan seluruh isi berita tapi secara ringkas. Biasanya disebut dengan teras berita dan dituliskan pada paragraf pertama.


  1. Body

Merupakan bagian tubuh berita, isinya peristiwa-peristiwa yang dilaporkan dengan bahasa yang singkat, jelas dan padat. Body dapat disebut juga sebagai bagian perkembangan berita.


Sifat-Sifat Berita

Berita memiliki beberapa sifat yang diantaranya yaitu:

  • Baru Atau Aktual
    Peristiwa yang baru memiliki nilai lebih untuk dijadikan berita jika dibandingkan dengan peritiwa yang sudah lama terjadi.
  • Penting
    Suatu berita akan dianggap penting jika peristiwa atau hal-hal tersebut berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Jadi intinya suatu berita itu harus yang dianggap penting oleh masyarakat.
  • Akibat
    Suatu peristiwa menjadi berita karena dapat berakibat atau memiliki dampak.
  • Jarak
    Masyarakat atau pembaca akan lebih tertarik dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar mereka untuk dijadikan berita dari pada peristiwa yang terjadi ditempat jauh.
  • Emosi
    Sesuatu akan menjadi berita jika saat dikabarkan akan membuat emosi seperti marah, kecewa, sedih dll.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Penggunaan Tanda Baca


Unsur-Unsur Berita

Unsur-unsur dari berita yaitu 5W + 1H ( What, Who, Why, When, Where dan How ) maksudnya:

  1. What (apa): Apa yang sedang terjadi?
  2. Who (Siapa): Siapa yang terlibat di dalam peristiwa tersebut?
  3. Why (Mengapa): Mengapa peristiwa atau hal tersebut dapat terjadi?
  4. When (Kapan) : Kapan peristiwa tersebut terjadi?
  5. Where (Dimana): Dimana peristiwa tersebut terjadi?
  6. How (Bagaimanakah): Bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi?

Syarat-Syarat Berita

Dalam membuat berita haruslah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut dibawah ini:

  • Berdasarkan fakta atau kenyataan.
  • Aktual.
  • Berimbang.
  • Lengkap.
  • Akurat.
  • Sistematis.
  • Menarik.
  • Mudah.

Ciri-Ciri Berita Yang Baik

Beberapa ciri dari berita yang baik, diantaranya seperti:

  • Menarik perhatian.
  • Terkini atau aktual.
  • Dipercaya.
  • Jelas dan menggunakan kalimat yang sederhana.

Contoh Berita

MAGRIB, SIMPANG SURABAYA MACET TOTAL


Banda Aceh – Arus lalu lintas di sepanjang jalan Banda Aceh-Medan menuju Jl. T. Hasan Dek melintasi simpang Surabaya macet pada Sabtu (13/12/2014) sebelum magrib menyebabkan pengguna jalan tidak bisa bergerak selama hampir 30 menit.


Antrian panjang yang terjadi mulai dari depan Gedung Sosial itu diakibatkan karena banyaknya kendaraan yang tidak sesuai dengan kapasitas jalan.


Kemacetan yang itu menyebabkan banyak pengendara sepeda motor yang menerobos jalur pejalan kaki, bahkan menerobos area perparkiran sepeda motor.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Semantik adalah


Selain karena jumlah pengguna jalan yang ramai pada waktu menjelang magrib, kemacetan juga diakibatkan oleh adanya kendaraan yang mengikuti isyarat lampu merah tidak berhebti pada jalurnya. Sehingga menghambat kendaraan yang akan menuju ke Jl. T. Hasan Dek.


Seorang pedagang pemilik kios setempat juga membenarkan bahwa sering terjadi kemacetan disimpang pada jam-jam menjelang magrib. Bahkan terkadang kemacetan terjadi hingga pukul 19.30.


Demikianlah pembahasan mengenai 41 Pengertian Menurut Para Ahli, Contoh, Unsur dan Jenissemoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂