Taman Hutan Raya adalah

Diposting pada

Taman Hutan Raya Di Indonesia – Pengertian, Kriteria, Tujuan & Manfaat – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Taman Hutan Raya yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, kriteria, tujuan dan manfaat, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Taman-Hutan-Raya

Pengertian Taman Hutan Raya

Taman Hutan Raya adalah sebuah kawasan pelestarian hutan alam untuk tujuan koleksi tumbuhan dan atau hewan yang alami maupun bukan alami, baik jenis asli maupun tidak asli, yang dimanfaatkan untuk kepentingan. Kepentingan umum yang dilakukan ditaman hutan raya ini antara lain ialah penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan bidang pendidikan, serta perlindungan bagi flora dan fauna. Selain itu taman hutan raya ini juga digunakan sebagai fasilitas yang menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan juga rekreasi.


Taman hutan raya adalah bagian dari hutan konservasi di Indonesia yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990. Taman hutan raya mempunyai beberapa kriteria agar bisa ditetapkan sebagai taman hutan raya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : “Hutan Suaka Alam” Pengertian & ( Contoh – Manfaat – Fungsi – Ciri )


Kriteria Yang Memenuhi Syarat Taman Hutan Raya

Adapun beberapa kriteria yang memenuhi syarat sebagai taman hutan raya antara lain ialah sebagai berikut:


  1. Memiliki Suatau Ciri Khas

Salah satu ciri agar suatu kawasan ditetapkan sebagai taman hutan raya ialah mempunyai suatu ciri khas khusus atau tersendiri. Ciri khas ini bisa asli atau alami atau bisa karena buatan manusia, keunikan atau ciri khas ini juga bisa berada di kawasan yang ekosistemnya masih utuh maupun yang ekosistemnya sudah berubah.


  1. Memiliki Keindahan Alam

Suatu kawasan juga bisa ditetapkan sebagai taman hutan raya apabila memiliki keindahan alam. Selain keindahan alam, kawasan ini juga bisa mempunyai gelaja alam, seperti adanya sumber air panas, mata air dan lain sebagainya.


  1. Berukuran Luas

Kawasan yang dipilih sebagai taman hutan raya juga mempunyai luas yang cukup untuk dapat menampung berbagai macam tumbuhan dan juga satwa baik jenis asli kawasan tersebut maupun bukan asli kawasan tersebut.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Cagar Alam adalah


Tujuan Taman Hutan Raya

Taman hutan raya dibentuk di Indonesia buka tidak mempunyai tujuan atau maksud. Taman hutan raya sengaja diakan oleh pemerintah untuk menunjang program-program pemerintah. Keberadaan taman hutan raya sangat diharapkan mempunyai fungsi perlindungan sistem penyangga kehidupan keanekaragaman jenis tumbuhan dan juga satwa serta keindahan alamnya dapat dimanfaatkan untuk tujuan rekreasi.


Selain itu keberadaan taman hutan raya juga diharapkan dapat memenuhi fungsi koservasi, koleksi, edukasi dan secara tidak langsung dapat meningkatkan sosial ekonomi masyarakat yang ada di sekitarnya. Lebih lengkapnya beberapa tujuan pemerintah mengadakan taman hutan raya antara lain sebagai berikut:


  • Terjaminnya Kelestarian Kawasan Hutan Beserta Ekosistemnya

Tujuan diadakannya pengelolaan taman hutan raya yang pertama dan yang utama ialah terjaminnya kelestarian hutan beserta ekosistem hutan yang ada didalamnya. Tujuan ini seolah menjadi tujuan yang utama. Taman hutan raya sebagai salah satu bagian dari hutan konservasi memang diperuntukkan untuk menjaga kelestarian hutan dan juga ekosistem yang ada didalamnya, seperti tanaman dan juga binatang-binatang yang ada didalamnya agar tidak menjadi objek perburuan liar.


  • Terbinanya Koleksi Tumbuhan Dan Satwa

Pengelolaan taman hutan raya juga mempunyai tujuan lainnya yakni memperbanyak jenis tumbuhan dan juga satwa. Bertambahnya koleksi ini juga sekaligus agar tumbuhan dan hewan tersebut selalu terawat, berkembang biak sehingga terhindar dari kepunahan.


  • Potensi Sumber Daya Alam

Keberadaan taman hutan raya memiliki banyak sekali potensi sumber daya alam. Jadi binatang dan tumbuh-tumbuhan juga termasuk sumber daya alam, khsusnya ialah sumber daya alam yang dapat diperbarui. Tanaman mempunyai banyak sekali fungsi. Disamping memiliki fungsi pohon yang masih hidup hutan juga mempunyai fungsi-fungsi yang lainnya. Demikian halnya dengan binatang, binatang juga mempunyai banyak sekali fungsi atau manfaat.


  • Menunjang Dalam Berbagai Proses, Seperti Penelitian, Pendidikan, Budaya Serta Adat Istiadat

Tujuan yang sangat penting dari pengelolaan taman hutan raya ialah untuk menunjang berbagai macam aktivitas manusia aktivitas-aktivitas ini tentu saja aktivitas yang sangat penting dan beraneka ragam. Beberapa jenis aktivitas yang dapat dilakukan ditaman hutan raya ini seperti rekreasi, penelitian dan pengembangan, kebudayaan serta adat istiadat.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Konservasi Serta Permasalahannya


Manfaat Taman Hutan Raya

Berikut ini terdapat beberapa manfaat taman hutan raya, terdiri atas:

  1. Tempat berkumpul dan bersosialisasi antara sesama manusia
  2. Tempat bersantai melepas penat
  3. Sumber oksigen di suatu wilayah
  4. Sebagai tempat mencari nafkah bagi beberapa pedagang
  5. Tempat bagi beberapa event dilaksanakan
  6. Sebagai sumber oksigen

Taman Hutan Raya Di Indonesia

Berikut ini terdapat beberapa taman hutan raya di indonesia, terdiri atas:


1. Pulau Sumatera

taman hutan raya di sumatera

Terdiri atas:

  1. Tahura Pocut Meurah Intan (Cut Nyak Dien), Aceh
  2. Tahura Bukit Barisan, Sumatera Utara
  3. Tahura Bung Hatta, Sumatera Barat
  4. Tahura Sultan Syarif Hasyim, Riau
  5. Tahura Thaha Syaifudin, Jambi
  6. Tahura Raja Lelo, Bengkulu
  7. Tahura Wan Abdul Rahman, Lampung

2. Pulau Jawa

taman hutan raya di jawa

Terdiri atas:

  1. Tahura Pancoran Mas Depok, Jawa Barat
  2. Tahura Ir. Djuanda, Bandung, Jawa Barat
  3. Tahura Palasari, Jawa Barat
  4. Tahura KGPAA Mangkunagoro I, Karanganyar, Jawa Tengah
  5. Tahura Gunung Bunder, Yogyakarta
  6. Tahura R. Suryo, Jawa Timur

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Hewan Mamalia


3. Pulau Bali dan Nusa Tenggara

taman hutan raya di Bali dan Nusa Tenggara

Terdiri atas:

  1. Tahura Ngurah Rai, Bali
  2. Tahura Nuraksa, Nusa Tenggara Barat
  3. Tahura Prof. Ir. Herman Yohanes, Nusa Tenggara Timur

4. Pulau Kalimantan

taman hutan raya di Kalimantan

Terdiri atas:

  1. Tahura Bukit Soeharto, Kalimantan Timur
  2. Tahura Sultan Adam, Kalimantan Selatan

5. Pulau Sulawesi

taman hutan raya di sulawesi

Terdiri atas:

  1. Tahura Murhum, Sulawesi Tenggara
  2. Tahura Palu, Sulawesi Tengah
  3. Tahura Poboya Paneki, Sulawesi Tengah
  4. Tahura Bontobahari, Sulawesi Selatan

Demikianlah pembahasan mengenai Taman Hutan Raya Di Indonesia – Pengertian, Kriteria, Tujuan & Manfaat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan