Akibat Rotasi Bumi

Akibat Rotasi Bumi

Akibat Rotasi Bumi – Percobaan, Proses, Dampak dan Gambar – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Rotasi Bumi yang dimana dalam hal ini meliputi akibat, percobaan, proses, dampak dan gambar, untuk lebih memahami dan mengerti simak ulasan dibawah ini.

Akibat Rotasi Bumi

Bumi adalah salah satu planet di tata surya kita ini. Dimana pada tata surya tersebut planet-planet lain yang terdiri dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus berputar mengelilingi matahari sehingga membentuk suatu sistem tata surya. Selain berputar mengelilingi matahari, planet-planet tersebut juga berputar pada porosnya.


Bumi pun berputar mengelilingi matahari dan juga berputar pada sumbunya.

Baca Juga Artikel yang  Mungkin Berkaitan : Tata Surya – Teori, Susunan, Anggota, Struktur dan Gambar


Pengertian Rotasi Bumi

Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Kala rotasi adalah waktu yang dibutuhkan oleh suatu benda untuk berputar pada porosnya. Sekali berotasi bumi memerlukan waktu 23 jam 56 menit atau 24 jam kurang 4 menit. Inilah yang menyebabkan adanya tahun kabisat dimana perbedaan waktu 4 menit tersebut membuat jumlah hari pada bulan Februari ditahun kabisat berjumlah 29 hari.


Bagaimana tanda-tanda adanya rotasi? Tanda-tanda adanya rotasi dapat kita lihat dengan adanya pergerakan bulan dan matahari. Bulan yang tadinya misalkan ada disebelah Timur beberapa jam kemudian tepat berada diatas kepala kita. Hal ini menunjukan bahwa bumi berputar.


Akibat Rotasi Bumi

Berikut Akibat dari Rotasi bumi, diantaranya adalah:


1. Pergantian Siang dan Malam

Pergantian Siang dan Malam

Matahari memancarkan cahaya kearah bumi, namun bentuk bumi yang bulat dan cahaya matahari yang bergerak lurus maka menyebabkan pancaran sinar matahari yang tidak merata, sehingga menimbulkan bagian bumi yang terang pada bagian depan yang berhadapan langsung dengan matahari dan bagian gelap yang berada dibelakang bumi. Hal ini menyebabkan siang ( bagian terang bumi ) dan malam (bagian gelap bumi).


2. Perbedaan Waktu di Berbagai Tempat di Bumi

Perbedaan Waktu di Berbagai Tempat di Bumi

Dengan adanya bagian gelap terang pada bumi, yang menjadi bagian siang dan malam maka terjadilah perbedaan waktu. Yang bagian terang sedang mengalami waktu siang hari sedangkan pada bagian gelap mengalami malam hari.


Selain itu juga, untuk memudahkan pembagian waktu maka waktu dibagi berdasarkan dengan garis bujur dengan titik pusatnya di Greenwich (GMT 0). Greenwich adalah kota di London, Inggris yang dilalui garis bujur 0 derajat dan setiap pergeseran 15 derajat dari Greenwich maka akan berbeda satu jam ( GMT +1 disetiap 15 derajat).


15 Derajat ini diperoleh dari 360 derajat dibagi 24 (jumlah waktu dalam jam). Indonesia sendiri memiliki perbedaan waktu 7 jam ( GMT +7 pada WIB), 8 Jam (GMT +8 pada WITA) dan 9 Jam (GMT +9 pada WIT) dari Greenwich, London, Inggris.

Baca Juga Artikel yang  Mungkin Berkaitan : Kulit Bumi (Litosfer) – Pengertian, Teori, Struktur dan Manfaat


3. Gerak Semu Harian Bintang

Akibat rotasi bumi, maka kita yang ada di bumi melihat seolah olah matahari yang bergerak berputar dari timur kebarat mengelilingi bumi. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah matahari tidak bergerak, tetapi bumi yang bergerak berputar mengelilingi matahari dari barat ke timur. Gerak yang tidak sebenarnya ini dinamakan gerak semu harian bintang. Disebut gerak semu harian karena kita dapat mengamatinya setiap hari atau setiap saat.


4. Perbedaan Percepatan Gravitasi


Karena perputaran bumi (rotasi bumi) maka akan menimbulkan gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal sendiri terjadi akibat perputaran suatu benda dan semakin besar jari-jari rotasi suatu benda maka akan semakin besar gaya sentrifugalnya.


Gaya sentrifugal ini akan mengakibatkan bumi pepat di bagian kutub (garis tengah bumi bagian kutub lebih kecil dibanding garis tengah bumi bagian katulistiwa). Perbedaan garis tengah ini mengakibatkan percepatan gravitasi bumi berbeda, sesuai hukum Newton tentang gravitasi.

Baca Juga Artikel yang  Mungkin Berkaitan : Hukum Newton


5. Pembelokan Arah Mata Angin

Seperi yang kita ketahui bahwa udara bergerak dari daerah yang bertekanan rendah kedaerah yang bertekanan tinggi. Inilah yang membuat terjadinya angin (pergerakan udara). Namun, karena adanya gaya semua yang timbul akibat rotasi bumi dan gerak benda relatif terhadap bumi (gaya Coriolis) maka angin pun berbelok sehingga tidak sama persis bergerak kearah gradien tekanan.


6. Matahari Terlihat Terbit Di Timur dan Tenggelam Di Barat

Dalam kenyataan sehari-hari, kita tidak merasakan bumi berputar pada sumbunya. Yang kita ketahui adalah matahari terbit di sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat. Gerakan matahari yang demikian disebut gerak semu harian matahari.


Gerakan yang demikian tidak saja dialami oleh matahari, tetapi juga dialami oleh benda-benda langit lainnya seperti bintang dan bulan. Pada malam hari jika kita perhatikan dengan cermat, bulan dan bintang pun terlihat bergerak dari timur ke barat. Hal ini dikarenakan bumi berotasi dari barat ke timur.

Baca Juga Artikel yang  Mungkin Berkaitan : “Satelit” Pengertian & ( Fungsi – Jenis – Pembentukan )


Percobaan Rotasi Bumi

Berikut ini terdapat tiga (3) percobaan rotasi bumi para ilmuwan, diantaranya adalah:


1. Jean Bernard Léon Foucault

Pada tahun 1851, Jean Bernard Léon Foucault mengadakan percobaan pendulum (bandul) yang diikatkan atau digantungkan pada puncak bangunan tinggi. Supaya bandul yang di ayunkan arahnya tetap, maka dipakai patokan bintang spica (bintang tetap). Ternyata stelah diamati, setiap 6 jam bandul mempunyai gerak yang berbeda.


2. Benzeinberg

Pada tahun 1802, Benzeinberg mengadakan percobaan dengan menjatuhkan sebuah peluru logam dari puncak menara. Ternyata peluru itu tidak jatuh persis dibawahnya, namun agak melenceng kea rah timur. Hal itu membuktikan bahwa bumi berotasi dari barat ke timur.


4. Reich

Pada tahun 1831, Reich mengadakan percobaan yang serupa pada sebuah lubang pertambangan, dan ternyata hal yang serupa di dapatkan.


Proses Rotasi Bumi

Proses rotasi bumi secara umum adalah perputaran bumi pada porosnya. Rotasi bumi ini ada arahnya, bumi berputar menuju ke arah timur atau melawan arah perputaran jarum jam. Arah rotasi ini menyebabkan berbagai dampak rotasi bumi yang dapat kita rasakan dari bumi.


Salah satu diantaranya adalah kita bisa menjumpai malam dan siang, meskipun panjang malam dan siang antara satu tempat dengan tempat yang lain berbeda-beda.

Baca Juga Artikel yang  Mungkin Berkaitan : Pengertian Dan Tipe Air Laut Pasang Dan Surut Serta Penyebab Terjadinya Pasang Laut


Perputaran atau rotasi bumi ini akan semakin melambat karena pengaruh dari gaya gravitasi bulan Pelambatan gerak gravitasi bulan ini dapat kita lihat dari melambatnya satu hari sebanyak 1,7 milidetik dibandingkan seabad yang lalu.


Dampak Rotasi Bumi

Rotasi bumi adalah salah satu peristiwa harian yang dilakukan oleh bumi. Tidak hanya bumi, namun juga planet- planet di tata surya yang lainnya. Setiap aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh benda- benda langit pastilah menimbulkan dampak atau akibat yang dapat dirasakan.


Demikian dengan rotasi bumi. Adanya rotasi bumi, dapat menimbulkan berbagai macam dampak atau akibat yang nantinya bisa kita rasakan. Bahkan beberapa dampak dari rotasi bumi ini akan menjadi peristiwa harian di bumi.


Jika revolusi bumi memberikan dampak berupa penanggalan masehi dan dalam bentuk tahunan, maka rotasi bumi mengakibatkan terjadinya waktu harian. Maksudnya, rotasi bumi ini menyebabkan terjadinya siang dan malam sehingga akan terbentuk satu waktu harian.

Baca Juga Artikel yang  Mungkin Berkaitan : “Bintang” Pengertian & ( Penamaan – Karakteristik – Jenis )


Rotasi bumi memakan waktu kurang lebih 23 jam 46 menit 4,901 detik, dan masa itu dibulatkan menjadi 24 jam. Maka dari itulah waktu satu hari satu malam terdiri dari 24 jam. Selain terjadinya siang dan malam, rotasi bumi juga menimbulkan banyak sekali akibat.


Gambar Rotasi Bumi

Gambar Rotasi Bumi


Demikian Pembahasan Tentang Akibat Rotasi Bumi – Percobaan, Proses, Dampak dan Gambar Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca DosenPendidikan.Com Aminnn … 😀

Send this to a friend