Alat Musik Harmonis

Diposting pada

Musik merupakan sesuatu yang menyenangkan dan bisa membuat perasaan menjadi lebih gembira. Dalam mendengarkan atau menikmati musik, Anda juga bisa menggunakan alat musik yang dikuasai. Ada banyak jenis alat musik yang bisa dimainkan, salah satunya jenis alat musik harmonis.

Ada tiga elemen penting pada musik yang masing-masing memiliki peran pentingnya sendiri. Elemen penting itu adalah melodi, harmonis dan rhyhm. Jika disatukan, ketiganya akan menjadi paduan yang sempurna dan mampu menghasilkan musik yang asyik dan enak didengar.

Pengertian Alat Musik Harmonis

Pengertian-Alat-Musik-Harmoni

Sebuah alat musik yang pada umumnya digunakan untuk memainkan harmoni pada sebuah lagu, disebut dengan alat musik harmoni. Akan ada tiga nada yang diperoleh ketika Anda memainkan alat musik bernuansa harmoni tersebut. Anda juga bisa mendapatkan lebih dari tiga nada bersamaan.

Jenis alat musik yang satu ini adalah beberapa alat musik yang bernada tetapi tidak bisa dibentuk. Secara umum, fungsi dari alat musik ini adalah menjadi melodi dari suatu nada yang ada di sebuah lagu.

Selain itu, alat musik ini juga tidak bisa memainkan chord sendirian saja, tetapi harus dibantu dengan jenis alat musik yang lainnya.

Jenis-jenis Alat Musik Harmonis yang Modern

Ada beberapa alat musik yang termasuk ke dalam jenis harmonis, dan merupakan jenis alat musik yang tergolong modern. Alat musik modern harmonis tersebut diantaranya yaitu:

1. Recorder

Recorder

Alat musik yang satu ini biasanya diajarkan di sekolah pada pelajaran seni musik. Jika dilihat secara sekilas, alat musik recorder bentuknya mirip dengan seruling dan merupakan alat musik tiup sama seperti suling.

Namun beda recorder dengan suling adalah adanya lubang dari jempol yang letaknya berlawanan arah, dari lubang bagian atas yang jumlahnya ada 7. Recorder dibuat dari bahan sintesis dan biasanya memiliki warna putih.

2. Piano

Piano

Alat musik yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Orang yang mahir dalam memainkan alat musik piano biasanya disebut dengan pianis. Piano sering dipakai dalam satu genre dari musik instrumental, di berbagai jenis alat musik yang lainnya.

3. Gitar

Gitar

Alat musik modern lainnya yang termasuk musik harmonis adalah gitar. Gitar juga dikategorikan sebagai alat musik yang memiliki melodis dan juga dawai. Seperti yang kita ketahui, cara memainkan gitar adalah dengan dipetik baik dengan jari atau dengan plektrum.

4. Biola

Biola

Alat musik modern yang dikenal hingga ke berbagai belahan dunia adalah biola. Bentuk dari biola ini cukup unik dan mampu menghasilkan suara yang indah. Banyak pecinta musik yang mendengarkan suara biola yang dimainkan secara tunggal tanpa adanya penonton.

5. Cello

Cello

Alat musik modern berikutnya memiliki bentuk dan tipe yang hampir sama dengan alat musik biola. Alat musik harmonis cello ini terbilang jarang dimainkan di Indonesia, karena musik yang dihasilkan dari cello ini kurang cocok dengan musik tradisional Indonesia.

Alat musik klasik yang satu ini lebih sering dan lebih banyak dimainkan di wilayah Eropa.

6. Pianika

Pianika

Alat musik ini hampir mirip dengan alat musik piano tetapi cara memainkannya ditekan sekaligus ditiup. Jika ukuran piano besar maka ukuran dari pianika ini jauh lebih kecil, sehingga pianika lebih fleksibel karena mudah dibawa ke mana saja.

Macam-macam Alat Musik Harmonis Tradisional

Jika tadi pembahasannya tentang alat musik modern harmonis, maka sekarang kita bahas alat musik tradisionalnya. Alat musik ini berasal dari Indonesia asli dan biasanya dimainkan untuk acara-acara seperti hiburan atau acara adat Indonesia.

Berikut ini beberapa macam alat musik tradisional harmonis yang perlu Anda ketahui:

1. Siter dan Celempung

Siter-dan-Celempung

Jenis alat musik yang cara memainkannya adalah dipetik adalah celempung dan siter yang berasal dari daerah Jawa. Biasanya alat musik ini dimainkan di acara pertunjukan gamelan Jawa.

Cara memainkan siter dan celempung ini sama-sama dipetik tetapi hasil yang keluar dari petikan tersebut berbeda. Secara umum, nada dari alat musik celempung disetel satu oktaf lebih tinggi dari nada siter.

2. Kecapi

Kecapi

Alat musik jenis harmonis yang berasal dari daerah Jawa Barat adalah Kecapi. Cara memainkan alat musik kecapi adalah dengan dipetik di satu bagian dawainya. Ada sekitar 5 tangga nada pada kecapi, yang merupakan jumlah tangga nada terbanyak.

Nama 5 tangga nada atau pentasionis ini adalah Da, Mi, Na, Ti dan La. Secara umum, alat musik ini akan dimainkan bersamaan dengan seruling di suatu acar pertunjukkan.

3. Sampek

Sampek

Alat musik tradisional harmonis lainnya yang berasal dari Indonesia adalah sampek. Alat musik sampek berasal dari daerah Kalimantan. Cara memainkannya adalah dengan memetik bagian dawainya.

Alat musik yang berasal dari Suku Dayak ini dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia, karena bunyi yang dihasilkan dari sampek memang sangat indah.

Pada saat Anda mendengarkan musik dari sampek, Anda akan merasa seolah-seolah sedang berada di Kalimantan.

4. Sasando

Sasando

Masih ada lagi alat musik tradisional harmonis lainnya yang berasal dari Indonesia, yaitu sasando. Asal muasal alat musik sasando ini adalah dari Rote NTT. Cara memainkan sasando adalah dengan memetik 2-3 bagian dawainya dengan cara bersamaan.

Alat musik sasando dibuat dari bahan bambu, yang kegunaannya adalah untuk resonansi. Kemudian bagian tersebut dikelilingi oleh bantalan kayu yang bentuknya melingkar dari arah bawah.

5. Gambus

Gambus

Jenis alat musik petik tradisional harmonis yang berasal dari Indonesia adalah gambus. Alat musik gambus ini berasal dari daerah Riau. Alat musik ini mengadopsi alat musik Al’ud yang berasal dari Negara Arab.

Biasanya masyarakat Riau akan memainkan gambus secara sendiri-sendiri, dan dimainkan oleh para nelayan sebagai hiburan ketika mencari ikan. Namun di zaman sekarang, gambus sering dimainkan untuk pengiring Zapin.

6. Trigon/Rebab

Trigon-Rebab

Alat musik tradisional harmonis yang diperkenalkan di Negara Timur Tengah adalah trigon atau rebab. Alat musik ini diperkenalkan di Indonesia ketika terjadi perdagangan dengan orang-orang dari Timur Tengah di zaman dahulu kala.

Alat musik ini sering digunakan di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Biasanya trigon atau rebab digunakan sebagai hiburan semata, atau untuk mengiringi suatu kegiatan/acara adat.

7. Angklung

Angklung

Alat musik tradisional yang juga berasal dari Jawa Barat ini disebut dengan angklung, dan dibuat dari bambu yang disusun kembali hingga bentuknya mirip dengan pipa. Nada yang dihasilkan oleh angklung hanya satu saja.

Seperangkat angklung yang lengkap terdiri dari beberapa buah angklung, yang sesuai dengan format tangga nada diatonis pada alat musik tersebut. Cara memainkannya adalah dengan menggoyangkannya, sesuai dengan nada yang dibutuhkan.

Itulah yang membuat alat musik angklung mampu menghasilkan ciri yang harmonis dari sebuah alat musik itu sendiri.

Pada umumnya, fungsi dari alat musik harmonis adalah sebagai alat musik yang dipakai untuk membuat sebuah lagu menjadi lebih indah. Caranya yaitu dengan menjadi pengiring dari melodi yang juga disertai dengan musik.

 

Lihat Juga :

  1. Alat Musik Melodis
  2. Alat Musik Ritmis Adalah
  3. Musik Modern adalah
  4. Musik Tradisional adalah
  5. Video Bokeh Museum
  6. Alight Motion Pro
Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan