Analisis Sistem adalah

Diposting pada

Analisis Sistem – Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Tugas, Langkah, Alat Bantu & Membuat Laporan – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Analisis Sistem yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli, fungsi, tujuan, tugas, langkah, alat bantu dan membuat laporan, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Analisis-Sistem

Pengertian Analisis Sistem

Analisis sistem adalah tahapan penelitian terhadap sistem berjalan dan bertujuan untuk mengetahui segala permasalahan yang terjadi serta memudahkan dalam menjalankan tahap selanjutnya yaitu tahap perancangan sistem.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Analisis SWOT adalah


Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli

Adapun pengertian Analisis Sistem menurut para ahli yang diantaranya yaitu:


  1. Menurut Mc Leod “2007, p74”

Analisis sistem adalah penelitian terhadap system yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem baru atau memperbaharui sistem yang telah ada tersebut.


  1. Menurut Al Fatta, “2007:4”

Analisis sistem adalah teknik pemecahan masalah yang menguraikan bagian-bagian komponen dengan mempelajari seberapa bagus bagian-bagian komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk mencapai tujuan mereka.


  1. Menurut Jimmy L. Goal “2008:73”

Analisis sistem adalah sebagai penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.


  1. Menurut Satzinger, J.W., Jackson, R.B., & Burd, S.D. “2010, p4”

Analisis sistem adalah proses pemahaman dan penentuan secara rinci apa yang seharusnya dicapai oleh sistem informasi.


  1. Menurut Kenneth & Jane “2006:G12”

Analisis sistem adalah kegiatan menganalisa permasalahan dari suatu perusahaan dan pemecahan masalah tersebut dengan menggunakan sistem informasi.


  1. Menurut O’Brien dan Marakas “2009:639”

Menurut mereka analisa sistem adalah kegiatan menganalisa komponen dan requirement dari sebuah sistem secara rinci.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : “Analisis Isi” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Tujuan – Tahapan )


  1. Menurut Bentley dan Whitten “2009:160”

Analisis sistem adalah sebuah metode untuk mencari solusi dari permasalahan sistem yang ada dengan cara mengelompokkan komponen yang ada menjadi komponen-komponen yang lebih kecil agar solusi yang ditemukan sesuai dengan kebutuhan sistem.


  1. Menurut Stair dan Reynolds “2010”

Analsis sistem adalah sistem yang menentukan sistem informasi apa yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah yang sudah ada dengan mempelajari sistem dan proses kerja untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan peluang untuk perbaikan.


  1. Menurut Laudon dan Laudon “2010”

Analisis sistem terdiri dari mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi penyebabnya, menentukan solusi dan mengidentifikasi kebutuhan informasi yang diperlukan oleh system.


  1. Menurut Mulyanto dkk “2008”

Analsis sistem adalah sebuah teknik pemecahan masalah yang menguraikan sebuah sistem menjadi komponen-komponennya dengan tujuan mempelajari seberapa bagus komponen-komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk meraih tujuan yang telah ditentukan.


Fungsi Analisis Sistem

Adapun beberapa fungsi dari sistem analisis yang diantaranya yaitu:

  • Dapat menidentifikasikan berbagai masalah dari pemakai “user”.
  • Menentukan secara jelas mengenai sasaran yang harus dicapai untuk dapat memenuhi kebutuhan pemakai.
  • Dapat memilih metode alternatif dalam memecahkan masalah pada sistem.
  • Dapat merencanakan maupun menerapkan rancangan sistem sesuai dengan apa yang diinginkan pemakai.

Tujuan Analisis Sistem

Berikut ini terdapat beberapa tujuan analisis sistem, terdiri atas:


  1. Memberikan pelayanan kebutuhan informasi kepada fungsi manajerial di dalam pengendalian pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan
  2. Membantu para pemngambil keputusan
  3. Mengevaluasi sistem yang telah ada
  4. Merumuskan tujuan yang ingin dicapai berupa pengolahan data maupun pembuatan laporan baru

Tugas Analisis Sistem

Berikut ini terdapat beberapa tugas analisis sistem, terdiri atas:


  • Mengumpulkan dan menganalisis semua dokumen, file, formulir yang digunakan pada sistem yang telah
  • Menyusun laporan dari sistem yang telah berjalan dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan pada sistem tersebut dan melaporankan semua kekurangan tersebut kepada pemakai
  • Merancang perbaikan pada sistem tersebut dan menyusun sistem baru.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : “Kinerja Keuangan” Pengertian & ( Pengukuran – Analisis – Penilaian )


Langkah-Langkah Analisis Sistem

Langkah-Langkah Analisis Sistem

Tahapan analisis sistem dilakukan setelah tahapan perencanaan dan sebelum tahapan desain sistem. Tahapan analisis sistem merupakan sebuah tahapan yang sangatlah penting hal ini dikarenakan apabila terjadi kesalahan dalam melakukan analisis sistem maka akan menyebabkan kesalahan pada tahap selanjutnya.


Langkah-langkah di Analisis Sistem yaitu:


1. Identify

Identify, yaitu proses yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah. Hal yang dilakukan diantaranya :

  1. Mengidentifikasikan penyebab masalah
  2. Mengidentifikasikan titik keputusan
  3. Mengidentifikasikan personil-personil kunci

2. Understand

Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisa cara kerja dari sistem berjalan. Hal yang dilakukan diantaranya :

  • Menentukan jenis penelitian
  • Merencanakan jadwal penelitian
  • Mengatur jadwal wawancara
  • Mengatur jadwal observasi
  • Membuat agenda wawancara
  • Mengumpulkan hasil penelitian

3. Analyze

Analyze, yaitu melakukan analisa terhadap sistem. Hal yang dilakukan diantaranya :

  1. Menganalisis kelemahan sistem
  2. Menganalisis kebutuhan informasi bagi manajemen (pemakai)

4. Report

Report, yaitu Membuat laporan dari hasil analisis yang telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Tujuan dari adanya laporan tersebut diantaranya :

  • Sebagai laporan bahwa proses analisis telah selesai dilakukan
  • Meluruskan kesalahan-kesalahan mengenai apa yang telahditemukandalam proses analisis yang tidak sesuai menurut manajemen.
  • Meminta persetujuan kepada manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya.

Alat Bantu Analisis Sistem

Alat Bantu Analisis Dan Perancangan Di dalam pendekata nsistem, penulis menggunakan alat bantu dalam metode analisis dan perancangan terstruktur, yang menghendaki adanya gambaran terhadap keseluruhan sistem menggunakan alat bantu seperti, Flow map maupun Data Flow Diagram (DFD), penggunaan ERD (Entity Relationship Diagram), proses normalisasi serta alat bantu pendekatan sistem yang lain.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Analisis Jabatan


Berikut dijelaskan beberapa alat bantu tersebut :


  1. Flow Map

Bagan alir Flow map menunjukkan arus dari pekerjaan secara keseluruhan dari sistem termasuk arus laporan dan formulir beserta tembusan-tembusannya.


Bagan alir ini digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. Flow map ini menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.


  1. Diagram Kontek

Diagram konteks adalah sebuah alat struktur analisis. Pendekatan terstruktur ini mencoba untuk menggambarkan sistem secara garis besar atau secara sederhana. Diagram Kontek adalah kasus khusus dari data alir diagram yang berfungsi memetakan model lingkungan yang refresentasikan dengan lingkungan tunggal yang mewakili keseluruhan sistem.


  1. Data Flow Diagram

Data Flow Diagram (DFD) adalah sebuah teknik grafis yang menggambarkan aliran informasi dan transformasi yang diaplikasikan pada saat data bergerak dari input menjadi output. DFD merupakan diagram yang menyatakan notasi-notasi untuk menggambarkan aliran data. Sebuah DFD menggambarkan aliran informasi tanpa representasi logika prosedural yang eksplisit yang dimana data tersebut mengalir atau akan disimpan.


Data Flow Diagram (DFD) sering digambarkan untuk menjelaskan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa memperhatikan lingkungan fisik dimana data tersebut akan disimpan. DFD merupakan alat yang digunakan pada metodologi pengembangan sistem yang terstruktur (structured analysis and design). DFD merupakan alat yang cukup popular sekarang ini karena dapat menggambarkan arus data di dalam sistem secara terstruktur dan jelas. Lebih lanjut DFD juga merupakan dokumentasi dari sistem yang baik.


DFD level 0 disebutjuga diagram konteks yang mempresentasikan seluruh elemen sistem sebagai lingkaran tunggal dengan data input / output ditunjukan oleh anak panah yang masuk dan keluar secara berurutan.


DFD level 1 merupakan partisidari level 0 untuk mengungkapkan secara detail fungsi-fungsi yang ada dalam DFD level 0 atau diagram konteks. DFD juga merupakan dokumentasi dari sistem yang baik. Beberapa simbol yang digunakan dalam DFD yaitu antara lain:

Simbol Data Flow Diagram


  1. Kamus Data

Kamus Data (KD) atau data dictionary atau disebut juga dengan istilah sistem data dictionary adalah kata log fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi. Dengan menggunakan kamus data, analis sistem dapat mendefinisikan data yang mengalir di sistem dengan lengkap, kamus data dibuat pada tahapan analisis sistem dan digunakan pada tahap analisis maupun tahap perancangan sistem.


Kamus data merupakan kumpulan data yang memberikan informasi mengenai deskipsi formal dari elemen-elemen yang ada pada Data Flow Diagram. Informasi tersebut mencakup definisi, struktur sertap emakai data.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Sistem Pendukung Keputusan adalah


Menganalisis Kelemahan Sistem

Berikut ini terdapat beberapa menganalisis kelemahan sistem, terdiri atas:

  • Menganalisis Distribusi Pekerjaan
  • Menganalisis Pengukuran Pekerjaan
  • Menganalisis Keandalan
  • Menganalisis Dokumen
  • Menganalisis Laporan
  • Menganalisis Teknologi

Membuat Laporan Hasil Analisis Sistem

Berikut ini membuat laporan hasil analisis sistem, terdiri atas:

  1. Pelaporan bahwa analisis telah selesai dilakukan
  2. Meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis oleh analis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen
  3. Meminta pendapat-pendapat dan saran-saran dari pihak manajemen
  4. Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya (dapat berupa meneruskan ke tahap desain sistem atau menghentikan proyek bila dipandang tidak layak lagi)

Demikianlah pembahasan mengenai Analisis Sistem – Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Tugas, Langkah, Alat Bantu & Membuat Laporan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan