Analisis adalah

Diposting pada

Analisis – Pengertian Menurut Para Ahli, Metode dan Jenis – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Analisis yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli metode dan jenis, nah agar dapat lebih memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Analisis

Pengertian Analisis

Analisis adalah kegiatan berpikir untuk menguraikan suatu hal menjadi bagian-bagian atau komponen tertentu sehingga bisa diketahui ciri atau tanda pada setiap bagian, hubungan antar bagian satu sama lain, dan juga fungsi dari masing-masing bagian. Untuk lebih memahami dan mengerti simak pemaparan selengkapnya mengenai pengertian analisis berikut ini.


Ketika menemukan suatu masalah atau ingin melakukan penelitian salah satu hal yang harus dilakukan ialah analisis, kegiatan yang satu ini perlu dilakukan demi memperoleh kesimpulan atau solusi dari permasalahan tersebut. Lantas apa itu pengertian analisis yang sebenarnya, simak ulasan selengkapnya mengenai pengertian analisis, tujuan analisis, langkah-langkah analisis, metode analisis, teknik analisis dan alat bantu analisis.


Pengertian laind ari analisis adalah kegiatan berpikir untuk menguraikan suatu hal menjadi bagian-bagian atau komponen tertentu sehingga bisa diketahui ciri atau tanda pada setiap bagian, hubungan antar bagian satu sama lain dan juga fungsi dari masing-masing bagian.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Analisis Sistem” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Fungsi – Tahapan )


Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian analisis menurut para ahli, terdiri atas:

  1. Menurut KBBI

    Pengertian analisis adalah penguraian suatu pokok dari berbagai bagian, penelaahan bagian itu sendiri dan juga hubungan antar bagian demi memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman secara keseluruhan.


  2. Menurut Harahap

    Pengertian analisis menurut Harahap adalah pemecahan atau penguraian suatu unit menjadi beberapa unit terkecil.


  3. Menurut Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa

    Pengertian analisis menurut Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa dengan tujuan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya “apa penyebabnya, apa perkaranya dan lain sebagainya”.


  4. Menurut Gorys Keraf

    Pengertian analisis menurut Gorys Keraf adalah suatu proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain.


  5. Menurut Dwi Prastowo Darminto & Rifka Julianty

    Analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.


  6. Menurut Syahrul & Mohammad Afdi Nizar

    Analisis berarti melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.


  7. Menurut Wiradi

    Analisis adalah aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditaksir maknanya.


  8. Menurut Kamus Akuntansi

    Analisis adalah melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.


  9. Menurut Komaruddin

    Analisis adalah kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungannya satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Analisis Jabatan” Pengertian & ( Tujuan – Manfaat – Elemen Yang Terdapat )


Fungsi dan Tujuan Analisis

Berdasarkan penjelasan tentang analisis diatas, sudah bisa dipahami ada beberapa fungsi dari analisis diantaranya, adalah:

  • Mengintegrasikansejumlah data yang didapat dari lingkungan tertentu,
  • Menetapkan sasaran yang didapat secara spesifik,
  • Memilih langkah alternatif untuk mengatasi masalah dan menetapkan langkah-langkah diantara yang terbaik untuk mendapati persiapan yang tepat guna sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, sebelum membangun perusahaan maupun pabrik di suatu tempat, perlu diperhatikan beberapa faktor pendukungnya. Kondisi tersebut bertujuan untuk memahami apakah pembangunannya laba ataupun rugi.


Sementara,tujuan dasar analisis adalah mengenali sejumlah data yang didapat dari populasi tertentu, supaya bisa didapat kesimpulan. Nantinya, kesimpulan tersebut akan digunakan para pelaku analisis untuk menetapkan kebijakan, mengambil keputusan dalam mengatasi suatu permasalahan.


Langkah-Langkah Analisis

Berikut ini terdapat beberapa langkah-langkah dalam analisis, terdiri atas:

  1. Mengumpulkan data-data penting.
  2. Memeriksa kejelasan dan kelengkapan tentang pengisian instrumen pengumpulan data.
  3. Melakukan proses identifikasi dan klasifikasi dari setiap pernyataan yang ada dalam instrumen pengumpulan data berdasarkan variabel yang akan dianalisis.
  4. Melakukan tabulasi atau kegiatan pencatatan data ke dalam tabel-tabel induk.
  5. Melakukan pengujian terhadap kualitas daya yakni dengan menguji validitas dan juga menguji reliabilitas instrumen dari pengumpulan data.
  6. Menyajikan data dalam bentuk tabel frekuensi ataupun diagram agar lebih mudah untuk memahami atau menganalisis karakteristik data.
  7. Menguji hipotesis, pada langkah ini dilakukan pengujian terhadap hipotesis apakah isinya benar atau tidak.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Analisis SWOT” Pengertian & ( Komponen – Manfaat )


Metode Analisis

Berikut ini terdapat beberapa metode dalam analisis, terdiri atas:


  • Analisis Data Secara Kualitatif

Metode analisis ini tidak menggunakan alat statistik tapi dilakukan dengan menginterpretasi tabel, grafik ataupun angka-angka yang ada, baru kemudian melakukan penguraian dan panafsiran.


  • Analisis Data Secara Kuantitatif

Metode analisis data secara kuantitatif merupakan metode analisis yang menggunakan alat statistik, dengan kata lain, analisis dilakukan menurut dasar-dasar statistik. Ada dua jenis alat statistik yang biasanya digunakan yakni statistik deskriptif dan statistik inferensial.


Teknik Analisis

Berikut ini terdapat beberapa teknik dalam analisis, terdiri atas:


  1. Teknik Analisis Data Secara Deskriptif

Teknik analisis data secara deskriptif ialah teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah dikumpulkan seadanya tanpa ada maksud untuk membuat generalisasi dari hasil penelitian. Contoh dari teknik analisis data secara deskriptif yaitu penyajian data ke dalam bentuk tabel, diagram, mean, modus, grafik, presentase, frekuensi dan lain sebagainya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Analisis Isi” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Tujuan – Tahapan )


  1. Teknik Analisis Data Secara Inferensial

Teknik analisis data secara inferensial ialah statistik yang digunakan untuk melakukan analisis data dengan cara menarik kesimpulan yang berlaku secara umum. Ciri khas dari teknik ini ialah dengan menggunakan rumus statistik tertentu, kemudian hasil perhitungannya akan menjadi dasar dari pembuatan generalisasi. Biasanya teknik analisis data secara inferensial digunakan untuk penelitian sampel.


Jenis-Jenis Analisis

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis analisis, terdiri atas:


1. Analisis Logika

Analisis logika adalah jenis analisis yang mempunyai rancangan dengan menjalankan pemecahan sesuatu ke bagian-bagian yang berisi keseluruhan atas dasar prinsip tertentu. Kondisi tersebut bertujuan untuk menjelaskan kelompok yang terbentuk sehingga mudah dibedakan. Analisis logika terbagi menjadi 2 bagian, terdiri atas:

  • Analisis universal, yaitu analisis dari term umum ke term-term khusus yang menjadi bagian penyusunnya.
  • Analisis dikotomi, yaitu analisis menurut dua kelompok yang saling terpisah, yaitu term positif dan term negatif. Atau dapat dikatakan bahwa analisis dikotomi tersebut didasarkan atas hukum logika “prinsip eksklusi tertii”, yaitu prinsip penyisihan jalan tengah. Dengan begitu, analisis tersebut beranggapan bahwa kemungkinan ketiga bukan merupakan jalan tengah.

2. Analisis Realis

Analisis realis adalah analisis yang mempunyai rancangan urutan benda yang berdasarkan pada sifat perwujudan bendanya. Analisis realis terbagi 2 bagian, terdiri atas:

  • Analisis esensial, yaitu analisis menurut unsur dasar penyusunnya.
  • Analisis aksidential, yaitu analisis menurut sifat-sifat yang dalam perwujudannya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Kinerja Keuangan” Pengertian & ( Pengukuran – Analisis – Penilaian )


Alat Bantu Analisis

Berikut ini terdapat beberapa alat bantu dalam analisis, terdiri atas:


  1. Flow Map

Flow Map ialah penggambaran grafik dari langkah-langkah atau urutan prosedur dari sebuah program. Flow map berfungsi untuk membantu programmer dalam menganalisis dan memecahkan masalah ke dalam segmen yang lebih kecil serta membantu dalam menganalisis alternatif pengoperasian.


  1. Diagram Konteks

Diagram konteks ialah diagram yang didalamnya terdapat sebuah proses yang menggambarkan hubungan antara sistem dengan pihak-pihak di luar lingkungan sistem, serta posisi sistem dalam lingkungan tersebut.


  1. Data Flow Diagram “DFD”

Data Flow Diagram merupakan suatu teknik grafik yang menggambarkan aliran data dan transformasi yang digunakan sebagai pergerakan data dari masukan menuju keluaran. Data Flow Diagram juga bisa diartikan sebagai model jaringan dari suatu sistem yang menggambarkan proses-proses yang terjadi dan aliran data didalamnya. Dengan adanya DFD kita memahami suatu sistem dengan baik dan mudah.


  1. Kamus Data

Kamus data ialah katalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi. Kamus data sengaja dibuat agar bisa digunakan untuk menganalisis sistem, kamus data bisa digunakan sebagai alat komunikasi antara analisis sistem dan pengguna sistem.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli


  1. Merancang Basis Data

Terdiri atas:

  • NormalisasiSebuah file memiliki banyak sekali elemen yang perlu diorganisasikan, proses untuk mengorganisasikan file dan menghilangkan elemen yang berulang-ulang ini disebuat dengan proses normalisasi.

  • Konsep Relasi EntitasAda beberapa jenis relasi yang bisa terjadi dalam suatu basis data yaitu relasi 1-1, relasi 1-N, relasi N-1, relasi N-N.


Demikianlah pembahasan mengenai Analisis – Pengertian Menurut Para Ahli, Metode dan Jenis semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan