Anatomi Otak

Diposting pada

Pengertian Otak

  1. Otak adalah benda putih yg lunak terdapat di dalam rongga tengkorak yg menjadi pusat saraf; benak(n) ; ki alat berpikir; pikiran; benak (Kamus besar Bahasa Indonesia)
  2. Otak adalah suatu organ penting dari tubuh manusia, merupakan pusat sistem syaraf yang mengatur gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh serta melatih emosi, ingatan dan motorik
  3. Otak adalah pusat sistem saraf  pada vertebrata dan banyak invertebrata
  4. Otak adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron.

Baca Juga : Otak Tengah


Anatomi Otak

anatomi-otak

Seperti terlihat pada gambar di atas, otak dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

  1. Cerebrum (Otak Besar)
  2. Cerebellum (Otak Kecil)
  3. Brainstem (Batang Otak)
  4. Limbic System (Sistem Limbik)

  • Cerebrum (Otak Besar)

Cerebrum adalah bagian terbesar dari otak manusia yang juga disebut dengan nama Cerebral Cortex, Forebrain atau Otak Depan. Cerebrum merupakan bagian otak yang membedakan manusia dengan binatang. Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuan berpikir, analisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori dan kemampuan visual. Kecerdasan intelektual atau IQ Anda juga ditentukan oleh kualitas bagian ini.

anatomi-otak


  • Cerebellum (Otak Kecil)

Otak Kecil atau Cerebellum terletak di bagian belakang kepala, dekat dengan ujung leher bagian atas. Cerebellum mengontrol banyak fungsi otomatis otak, diantaranya : mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.

Baca Juga : Pons Otak adalah


  • Brainstem (Batang Otak)

Batang otak (brainstem) berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengatur proses pencernaan, dan merupakan sumber insting dasar manusia yaitu fight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya.


  • Limbic System (Sistem Limbik)

Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju. Limbik berasal dari bahasa latin yang berarti kerah. Bagian otak ini sama dimiliki juga oleh hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia. Komponen limbik antara lain hipotalamus, thalamus, amigdala, hipocampus dan korteks limbik. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang.


Otak Kecil

Otak kecil (Cerebellum) merupakan bagian terbesar otak belakang. Otak kecil ini terletak di bawa lobus oksipital serebrum. Otak kecil terdiri atas dua belahan dan permukaanya berlekuk-lekuk. Fungsi otak kecil adalah untuk mengatur sikap atau posisi tubuh, keseimbangan, dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar. Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya orang tersebut tidak mampu memasukkan makanan ke dalam mulutnya.

Cerebellum, fungsi dan pengantar anatomi

Cerebellum adalah organ sentral yang terletak di fossa posterior intrakranial. Bagian atas cerebellum ditutupi oleh durameter yang disebut sebagai tentorium cerebelli. Tentorium cerebelli ini sekaligus memisahkan cerebellum dengan cerebri. Cerebellum dihubugnkan dengan batang otak melalui pedunkulus yang terdiri atas 3 macam, yaitu pedunkulus cerebella superior, pedukulus cerebella media, serta pedunkulus cerebelli inferior. Ketiga pedunkulus tadi terdiri masing-masing sepasang di bagian lateral cerebellum yang menghubungkan cerebellum dengan batang otak.

Ventrikel empat merupakan ruangan yang terdapat diantara pedunkulus cerebelli. Ventrikel keempat dihubungkan dengan ruang subarachnoid dengan foramen lucshka dibagain anterolateral serta foramen Magendi di bagian posterior.

Baca Juga : Otak Manusia

Dibagian caudal dari pedunkulus media dan inferior terspat struktur yang terletak di sisi kanan kiri yang disebut sebagai floculus. Kedua struktur ini dihubungkan oleh suatu bangungan yang mengalami penyempitan yang disebut sebagai nodulus. Kedua bangunan ini disebut sebagai floculonodulus


Cara Kerja Otak Manusia

Tulisan ini saya buat untuk sebuah rangkuman training yang pernah saya dapatkan ketika bekerja ataupun dari tempat lain. Saat ini saya akan menulis tentang cara kerja otak manusia yang pernah saya dapatkan dalam salah satu training ditempat saya bekerja. Otak pada dasarnya hanya mencari nikmat dan menghidari sengsara. Lalu bagaimana dengan cara kerja OTAK MODERN? Mudah-mudah dengan membaca posting ini kita dapat memahami dan mengendalikan otak kita sesuai dengan keinginan. Silahkan dibaca… (Yang mau copas boleh aja tapi jangan lupa sumber ya.. hehehhe.. Belagu amat)


Otak Bekerja Dengan Cara BERTANYA:

  • “Mau fokus kesana atau tidak?” –> Otak menjawab berdasarkan kepentingan yaitu TUJUAN dan KEYAKINAN.
  • “Apa artinya hal ini?” –> Otak menjawab dengan asosiasi kenikamatan atau sengsara.
      1. Asosiasi salah: Nikmat jangka pendek, sengsara jangka panjang.
      2. Asosiasi benar: Nikmat jangka panjang, sengsara jangka pendek.
      3. Asosiasi sempurna: Nikmat jangka pendek, nikmat sekali jangka panjang.
  • “Apa yang akan saya lakukan?” –> Otak menjawab dengan mengarah pada apa yang akan kita hubungkan dengan nikmat dan menjauhi sengsara.

Otak BINGUNG Ketika:

  • Terlalu banyak fokus;
  • Ada interupsi dan;
  • Asosiasi nikmat dan sengsara saling bertabrakan.

Otak FRUSTASI Ketika:

  • Apa yang diasosiasikan selalu berakhir sengsara;
  • Apa yang dilakukan hasilnya selalu sengsara.

Cara KOMUNIKASI Otak:

  • Penglihatan;
  • Perasaan/Gerakan dan;
  • Pendengaran.

Dua Hal Yang DIHINDARI OTAK MODERN:

  • Takut tidak cukup;
  • Takut tidaj dicintai.

Baca Juga : Letak Pankreas


Enam Hal Yang DICARI OTAK MODERN:

  • Kepastian/kenyamanan;
  • Ketidak pastian/variasi;
  • Konesksi/Cinta/Relasi;
  • Signifikan/Unggul/Berbeda;
  • Tumbuh/Lebih Baik dan;
  • Kontribusi/Berarti bagi orang lain.

Otak Menjadi DAHSYAT Ketika:

  • Mampu mengasosiasikan kearah yang sengsara dengan tindakan yang berguna untuk diri sendiri maupun orang lain.
  • Mengetahui cara untuk mau dan mapu memanfaatkan situasi dalam kondisi apapun untuk kebaikan sendiri dan orang lain.
  • Mampu mengaitkan asosiasi apa yang harus dikerjakan dengan kenikmatan bila dikerjakan dan kesengsaraan bila tidak dikerjakan.
  • Punya alasan yang kuat untuk mencapai tujuan.
  • Akibat terbentuk pola/kebiasaan yang mampu mengartikan asosiasi sempurna.

Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Anatomi Otak : Fungsi, Struktur, Gambar, Kecil, Cara Kerja, Pengertian, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan