Ansambel adalah

Diposting pada

Ansambel adalah – Pengertian, Sejarah, Jenis, Alat Musik & Contoh – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Musik Ansambel yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, sejarah, jenis, alat musik dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Ansambel adalah

Pengertian Musik Ansambel

Musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik dan kemudian memainkan lagu dengan aransemen yang sederhana.  Kata ansambel sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang mempunyai arti rombongan musik dan ansambel dalam kamus musik mempunyai definisi kelompok kegiatan musik. Musik sendiri digunakan banyak orang saat sedang belajar karena dipercayai sebagai salah satu cara  menghindari stress saat belajar.


Sejarah Musik Ansambel

Kata Ansambel berasal dari bahasa Perancis yaitu ensemble yang berarti bersama-sama.  Jadi, Musik Ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu serta memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana.


Ansambel musik yang memakai alat-alat terbuat dari perunggu di Sumatera biasanya terdiri dari perlengkapan yang punya empat sampai dua belas gong kecil, satu atau dua gong besar yang digantung, dua sampai sembilan kendang, satu alat tiup, penyari dan gembreng.  Satu Ansambel yang khas jenis ini ada gondang sabangunan dari batak toba.  Ansambel ini masih dipakai dalam upacara agama Parmalim.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan :  Seni Rupa


Jenis-Jenis Musik Ansambel

Musik ansambel terbagi menjadi dua kelompok, yaitu musik ansambel sejenis dan musik ansambel campuran. Berikut penjelasannya :


  1. Musik Ansambel Sejenis

Musik ansambel sejenis adalah salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan alat-alat sejenis. Contohnya : ansambel  rekorder.


  1. Musik Ansambel Campuran

Musik ansambel campuran adalah salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan beberapa alat music. Contohnya : ansambel pianika, ansambel gitar, ansambel triangle, dll. Apabila anda belum mempunyai keahlian dalam memainkan gitar,tentu anda bisa belajar dengan  membaca cara cepat belajar gitar dengan mudah.

Selain musik ansambel bisa digolongkan menjadi 2 jenis yaitu musik ansambel sejenis dan musik ansambel campuran, musik ansambel pun bisa digolongkan menjadi 3 macam apabila kita melihat dari aspek fungsi dari alat-alat music yang digunakan.


Berikut 3 macam musik ansambel dilihat dari aspek fungsi alat musik yang dipakai :


  • Musik Ansambel Melodis

Alat musik yang digunakan dalam musik ansambel melodis adalah alat musik yang dimainkan dengan tujuan menghasilkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi sebuah lagu. Contoh : piano, harmonika, rekorder, terompet.


  • Musik Ansambel Ritmis

Musik ansambel ritmis dalam penyajiannya menggunakan alat musik yang gunanya agar mengatur irama sebuah lagu. Contoh : Drum set, triangle, gong, gendang, dan tamborin.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Apresiasi Seni Rupa


  • Musik Ansambel Harmonis

Musik ansambel harmonis memakai alat musik yang dapat berperan ganda yaitu sebagai memainkan rangkaian nada-nada dan mengatur irama dari sebuah lagu.


Musik ansambel pada hakikatnya mempunyai definisi memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan berbagai alat musik secara bersama-sama. Apabila kelompok tersebut merupakan musik ansambel sejenis sudah tentu mereka memainkan musik secara bersama-sama dengan satu jenis alat musik saja namun kalau kelompok tersebut merupakan musik ansambel, itu berarti mereka mengkombinasikan beberapa jenis alat musik yang berbeda-beda untuk dimainkan.


Musik ansambel memang menawarkan penyajian musik dengan kemasan yang menarik karena setiap personil harus bekerja sama untuk menciptakan suara yang harmonis. Oleh karena itu musik sendiri pun dipecayai dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus dan melatih otak kanan. Bahkan bayi dengan diperdengarkan musik saat masih di kandungan saja dapat meningkatkan IQ bayi tersebut.


Jenis-Jenis Alat Musik Ansambel

Pembagian alat musik ansambel dibagi 3 :


  1. Alat Musik Melodis

Alat musik yang berfungsi untuk memainkan melodi dalam sebuah lagu.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Seni Rupa Murni – Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh, Dan Perbedaannya


  • Contoh Alat Musik Melodis:

No

GambarNama MusikAsal DaerahCara Memainkan
1.AngklungAngklungSundadigoyang
2.BiolaBiolaItaliaDigesek
3.BonangBonangJawaDipukul
4.GitarGitarSpanyolDipetik
5.HarmonikaHarmonikaItaliaDitiup
6.KecapiKecapiSundaDipetik
7.PianikaPianikaEropaDitekan
8.RecorderPortugisDitiup
9.MandolinMandolinSpanyolDipetik
10.AkrodionAkrodionSkotlandia

Digencet


  1. Alat Musik Ritmis

Alat Musik Ritmis adalah alat musik yang berfungsi untuk memberi irama atau biasanya, mengatur irama dan alat musik ini tidak memiliki nada.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Seni Rupa Kontemporer


  • Contoh Alat Musik Ritmis:

No

GambarNama MusikAsal DaerahCara Memainkan
1.DrumDrumCinaDipukul
2.KastanyetKastanyetSpanyolMenggesek-an ibu jari
3.KendangKendangJawaDipukul
4.KongoKongoAfrikaDipukul
5.MarakasMarakasAmerikadigoyang
6.RebanaRebanaTimur TengahDipukul
7.TamborinTamborinEropadigoyang
8.Simbal TanganSimbal TanganTurkiDipukul
9.TifaTifaMalukuDipukul
10.TriangleTrianglePeru

dipukul


  1. Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis adalah alat musik yang berfungsi untuk mengiri jalannya melodi/ memainkan nada.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Seni Rupa 2 Dimensi


  • Contoh Alat Musik Harmonis:

No

GambarNama MusikAsal DaerahCara Memainkan
1.PianoPianoItaliaDitekan
2.OrganOrganItaliaDitekan
3.KeyboardKeyboardAmerika SerikatDitekan
4.SiterSiterJawaDipetik
5.SasandoSasandoNusa Tenggara TimurDipetik
6.HarmonikaHarmonikaItaliaDitiup
7.RebabRebabJawaDigesek
8.GitarGitarSpanyolDipetik
9.SerulingSerulingJawa BaratDitiup
10.HarpaHarpaYunani

Dipetik


Alat Musik Ansambel Berdasarkan Sumber Bunyinya

Menurut sumber bunyinya jenis alat musik dibedakan menjadi 5 macam, yaitu:

  1. Aerophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara, biasanya dimainkan dengan cara ditiup. Contohnya; pianika, terompet, harmonika, recorder.
  2. Chordhophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari senar, tali, kawat, dawai, dan dimainkan dengan cara digesek atau dipetik. Contohnya; biola, siter, gitar, harpa, rebab, mandolin, dll.
  3. Membranophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput tipis, kulit, plastik, ataumika, dan dimainkan dengan cara ditepuk atau dipukul. Contohnya; drum, kendang, ketipung, rebana, tamburin, dll.
  4. Idiophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari lempeng logam, atau kayu dan dimainkan dengan cara dipukul. Contohnya; Gong, kulintang, belira, xylophone, dan sebagainya.
  5. Elektrophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari listrik (baterai). Contohnya; organ, keyboard, gitarlistrik, dll.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : “Berkarya Seni Rupa” Pengertian & ( Konsep – Proses )


Alat Musik Ansambel Berdasarkan Cara Memainkan

Menurut cara memainkan jenis alat musik dapat dibedakan, yaitu dimainkan dengan cara;

  1. Ditiup, Contohnya; recorder, pianika, flute, terompet, saxophone, dll.
  2. Dipetik, Contohnya; gitar, harpa, kecapi, cak, cuk, siter, dll.
  3. Digesek, Contohnya; biola, rebab, cello.
  4. Dipukul, Contohnya; drum, cymbal, kulintang, dll.
  5. Digoyangkan, Contohnya; angklung, ringbell.
  6. Ditekan, Contohnya; piano, organ.
  7. Ditepuk, Contohnya; kendang, ketipung, tifa.

Demikianlah pembahasan mengenai Ansambel adalah – Pengertian, Sejarah, Jenis, Alat Musik & Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂