Bagian Mata dan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Mata

Mata adalah bagian yang sangat penting, karena merupakan salah satu dari panca indera manusia. Mata dapat berfungsi dengan baik apabila ada cahaya. Dengan adanya cahaya ini maka mata akan dapat melihat dengan baik. Bila di dalam kegelapan maka mata tidak mampu melihat benda dikarenakan tidak ada cahaya yang masuk. Mata sendiri terdiri dari dua organ, yaitu organ dalam dan luar.


Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya

Akhirnya kita bertemu lagi sobat genggaminternet kali ini kita akan membahas mengenai Materi Biologi yang sangat-sangat penting bagi ke hidupan manusia, Yakni Bagian Mata dan Fungsinya, seperti yang kita ketahui bersama mata merupakan salah satu dari 5 indra manusia, Mata merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh manusia yang letaknya di bagian kepala manusia, Jika kita melihat bagian-bagian yang terdapat pada mata sangatlah Kompleks, yang mana dengan Berkembangnya teknologi yang sangat pesat maka manusia akan terus mengamati dan mempelajari lebih dalam mengenai pemahaman tentang mata ini.

baac juga : Pengertian Mata

mata

Bola Mata manusia memiliki susunan hal ini karena mata tersusun atas selaput, Nah selaput mata itu sendiri terdiri atas tiga lapisan, Yakni Sklera atau yang di kenal dnegan selaput putih, koroid yang di kenal dengan selaput hitam dan juga Retina atau yang lebih di kenal dengan selaput jala, sekarang kita bahas satu persatu ketiga bagian yang baru saja kita sebutkan. berikut penjelasanya.


  • Selaput Putih (Sklera)

Selaput putih (Sklera) Merupakan bagian luar dari bola mata manusia yang mana terusun dari zat tanduk dan merupakan lapisan yang kuat, berwarna putih. Fungsi dari selaput inti adalah melindungi struktur mata yang sangat halus dan membantu mempertahankan bentuk dari biji mata. Sklera membentuk yang namanya kornea. Apakah itu kornea ?. Kornea adalah lapisan bening dan transparan yang berfungsi menerima cahaya yang masuk ke mata. Kornea dilindungi oleh selaput tipis yang disebut dengan Konjungtiva.Kornea terus menerus dibasahi oleh air yang ada dimata yang disebut air mata, nah sekarang teman-teman sudah mengetahuinya bukan Putih-putih pada bola mata itu di sebut dengan Sklera.


  • Selaput Hitam

Selaput hitam (koroid) adalah lapisan tengah dari bola mata yang banyak mengandung pembuluh darah Fungsi dari selaput ini adalah memberi nutrisi dan oksigen ke mata serta menyerap cahaya dan mengurangi cahaya yang memantul di sekitar mata yang terdapat di bagian dalam. Pada koroid memiliki iris itu membentuk warna mata, pupil, lensa mata itik dekat mata, dan titik jauh mata.

baca juga : Stomata Adalah


  • Selaput Jala

Jika ada orang yang menyebut Retina maka itulah selaput jala, Retina merupakan lapisan yang paling dalam yang terdapat pada mata yang peka terhadap cahaya. Retina memiliki sel-sel syaraf. yang mana pada retina terdapat bintik kuning dan bintik buta. Nah beikut penjelasannya tentang Bintik Kuning. Bintik kuning merupakan bagian retia yang paling peka terhadap cahaya karena merupakan tempat perkumpulan sel-sel syaraf yang berbentuk kerucut dan batang, Nah apa saja sih fungsi dari sel kerucut dan sel batang, Berikut penjelasanya.


Organ Mata Luar Beserta Fungsinya

Pada bagian ini Fungsinya adalah sebagai pelindung mata dari berbagi macam gangguan yang datang secara tidak terduga


  • Bulu Mata

Bulu ini terletak dekat sekali dengan mata yang berfungsi menyaring sinar/ cahaya yang akan di terima sebelum masuk ke bola mata.


  • Kelopak Mata

Kelopak mata itu yang dapat membuka dan menutup mata yang memikili kegunaan sebagai penutup serta pelindung mata.

baca juga : Bagian Bagian Mikroskop


  • Alis Mata

Berada tepat di atas kelopak mata yang sebenarnya memiliki fungsi untuk menahan mata dari air jatuh dari atas seperti keringat dan saat hujan.


Organ Mata Dalam Beserta Cara Kerjanya

Jika teman-teman sudah membaca penjelasan di atas tentu teman-teman sudah mengerti Fungsinya ya, Bagian dalam mata memiliki Fungsi dan tugas masing-masing akan tetapi mereka selalu bekerja sama di dalam Cara kerjanya untuk tujuan yang sama, yakni membuat manusia dapat melihat.


  • Kornea

Bagian ini terletak paling luar dari mata yang bening dan tembus pandang, munutupi iris dan pupil. Salah satu karakteristiknya saat kita sentuh mata akan menutup secara reflek. Fungsinya untuk menerima cahaya dari lingkungan sekitar


  • Lensa Krisalin

Lensa ini memiliki fungsi untuk mengfokuskan cahaya yang masuk kebagian belakang mata tepat pada retina sehingga perannya sangat fital.


  • Iris

Inilah bagian mata yang memiliki warna yang pada manusian kadang berbeda-beda sesuai dengan ganetiknya. Posisi dari iris ini ada di tenga dan berfungsi untuk membatasi banyaknya cahaya yang masuk.

baca juga : Bagian Bagian Sel Hewan Dan Tumbuhan


  • Aqueous Humor

Bagian ini berfungsi membiaskan cahaya kedalam mata


  • Pupil

Berwarna hitam dan berada di tengah Iris yang dapat membuka dan menutup, adapun fungsinya adalah untuk mengatur masuknya cahaya pada bola mata.


  • Retina / Selaput Jala

Retina adalah lapisan yang sangat tipis dari jaringan di dalam mata. Fungsi Retina Mata untuk menangkap sinar cahaya yang masuk ke mata. Impuls cahaya kemudian dikirim ke otak untuk diproses, melalui saraf optikSyaraf


  • Optik

Saraf optik mentransmisikan impuls cahaya yang di tangkap retina menuju otak. Menghubungkan ke bagian belakang mata dekat makula. Bagian terlihat dari saraf optik disebut disk optik.


  • Otot Mata

Otot ini berguna untuk mengatur besar dan kecilnya lensa yang juga merupakan penyangga lensa kristalin.


  • Vitreus Humor

Selanjutnya cairan bening yang umumnya berada pada rongga mata. Memiliki fungsi meneruskan cahaya dari lensa menuju ke retina.


  • Bintik Kuning

Posisi dari bagian ini di retina yang memiliki bagian yang paling peka terhadap respon dari luar.

baca juga : Bagian-Bagian Hati


Gambar Anatomi Mata

gambar anatomi mata

 

Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Bagian Mata – Fungsi, Cara Kerja, Gambar, Sklera, Organ, Pengertian, Anatomi, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan