Contoh Biografi : Struktur, Tujuan, Jenis, Unsur, Ciri dan Pengertian

Diposting pada

Contoh Biografi : Struktur, Tujuan, Jenis, Unsur, Ciri dan Pengertian – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Biografi yang dimana dalam hal ini meliputi Pengertian Biografi, Ciri Biografi, Struktur Biografi dan Jenis Biografi, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.


Pengertian Biografi

Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup, dab graphien yang berarti tulis. Dengan kata lain biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang. Biografi, secara sederhana dapat dikatakan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi dapat berbentuk beberapa baris kalimat saja, namun juga dapat berupa lebih dari satu buku.

Biografi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Biografi biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tidak terkenal, namun demikian, biografi tentang orang biasa akan menceritakan mengenai satu atau lebih tempat atau masa tertentu. Biografi seringkali bercerita mengenai seorang tokoh sejarah, namun tak jarang juga tentang orang yang masih hidup. Banyak biografi ditulis secara kronologis. Beberapa periode waktu tersebut dapat dikelompokkan berdasar tema-tema utama tertentu (misalnya “masa-masa awal yang susah” atau “ambisi dan pencapaian”). Walau begitu, beberapa yang lain berfokus pada topik-topik atau pencapaian tertentu.

Biografi memerlukan bahan-bahan utama dan bahan pendukung. Bahan utama dapat berupa benda-benda seperti surat-surat, buku harian, atau kliping koran. Sedangkan bahan-bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku-buku referensi atau sejarah yang memaparkan peranan subyek biografi itu.

Biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (non-fiction / kisah nyata). Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tangga lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi.

Baca Juga : Signifikan : Pengertian, Contoh Dan Dalam Penelitiannya


Contoh Biografi :

Kristen James Stewart, lahir di kota Los Angeles 20 tahun silam. Dalam usia yang tergolong muda, Kristen bisa dibilang cukup berpengalaman di dunia akting. Hingga saat ini Kristen sudah bermain dalam 17 judul film, baik sebagai peran utama maupun peran pendukung.

Kedua orang tua Kristen tidak asing dengan industri perfilman. Ayahnya, John Stewart adalah seorang manajer teater yang juga produser untuk televisi Fox, sedangkan ibunya Julie-Mann Stewart adalah seorang penulis naskah asal Australia.

Bakat Kristen pertama kali terbaca oleh seorang pemandu bakat saat dirinya berperan dalam drama Natal di sekolahnya, saat itu Kristen baru berusia 8 tahun. Segera saja Kristen memasuki kancah seni peran dengan bermain dalam film The Thirteenth Year produksi Disney. Dalam film pertamanya itu, Kristen tak kebagian dialog sama sekali.

Nama Kristen mulai dikenal saat bermain di film The Panic Room. Dalam film tersebut, Kristen berakting prima sebagai putri dari tokoh Meg Altman yang diperankan Jodie Foster. Sejak saat itu tawaran demi tawaran mulai membanjiri Kristen, sejumlah film dan serial pernah dibintanginya. Namun yang paling mengangkat namanya ke seantero dunia adalah Twilight Series, dimana dia berperan sebagai Isabella Swan, salah satu tokoh utama serial tersebut. Kristen pertama bermain di Twilight pada tahun 2008. Berkat aktingnya dalam film tersebut, Kristen memperoleh enam penghargaan bidang akting.

Saat ini ia sedang disibukkan dengan syuting untuk bagian pertama dari seri terakhir saga Twilight, The Breaking Dawn. Pada tahun 2010, Kristen juga berperan sebagai rocker legendaris Joan Jett dalam film The Runaways.

Kristen Stewart kini tinggal di daerah Woodland Hills, Los Angeles. Ia pernah mengatakan dirinya tertarik untuk tinggal dan bekerja di Australia, tanah kelahiran ibunya. Kristen juga berencana ingin kuliah dalam waktu dekat ini. Cita-citanya adalah menjadi seorang penulis. Kristen Stewart mengaku pernah berkencan dengan aktor Michael Arangano, lawan mainnya di film Speak. Kini, ia adalah kekasih dari Robert Pattinson, lawan mainnya di Twilight.

 

Profil singkat Kristen Stewart:

Nama : Kristen Jaymes Stewart
Nama Beken / Nama Akrab : Kristen Stewart / Kris, Kstew
Tempat / Tanggal Lahir : Los Angeles, California / 9 April 1990

 

Filmografi :

  • 1999: The Thirteenth Year
  • 2000: The Flintstones in Viva Rock Vegas
  • 2001: The Safety of Objects
  • 2002: Panic Room
  • 2003: Cold Creek Manor, Speak
  • 2004: Catch That Kid, Undertow
  • 2005: Fierce People, Zathura
  • 2007: The Messengers, In the Land of Women, The Cake Eaters, Into the Wild, Cutlass
  • 2008: Jumper, What Just Happened, Twilight
  • 2009: Adventureland, The Twilight Saga: New Moon
  • 2010: The Yellow Handkerchief, The Runaways, Welcome to the Rileys, The Twilight Saga: Eclipse
  • 2011: On the Road, The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 1
  • 2012: The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 2

Ciri-Ciri Biografi

Kita dapat mengenali suatu tulisan biografi dengan memperhatikan karakteristiknya, adapun ciri-ciri biografi yaitu:

  1. Biografi memiliki struktur baku dalam pembuatannya yang dimana meliputi orientasi, reorientasi dan peristiwa.
  2. Isi biografi dibuat berdasarkan fakta “faktual” sesuai dengan kisah hidup tokoh yang diceritakan.
  3. Gaya penulisan biografi dibuat dalam bentuk narasi sehingga lebih menarik untuk dibaca.
  4. Terdapat kisah yang menarik dan menginspirasi dalam kehidupan tokoh biografi sehingga dapat mempengaruhi pembaca.
  5. Biografi juga mengandung hal-hal yang dapat memotivasi seseorang sehingga mencontoh atau meneladani kehidupan tokoh dalam biografi tersebut.
  6. Teks biografi harus memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh yang diceritakan dalam bentuk narasi

  7. Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan

  8. Teks biografi memiliki struktur yang jelas yang terdiri atas : orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.

  9. Faktualnya (fakta) berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.

Baca Juga : Tujuan Belajar : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis Dan Faktor


Struktur Biografi dan Contohnya

Secara umum struktur teks biografi terdiri dari tiga bagian, mengacu pada pengertian biografi, adapun struktur biografi tersebut ialah sebagai berikut:

  • Orientasi

Orientasi merupakan bagian dimana menjelaskan tentang pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.

  • Peristiwa dan Masalah

Bagian peristiwa atau kejadian merupakan bagian yang berisi tentang sebuah  peristiwa atau kejadian yang pernah dialami, termasuk didalamnya memuat tentang masalah yang pernah dihadapinya dalam mencapai tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga diuraikan dalam bagian ini.

  • Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian penutup. Bagian ini berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya  pada bagian ini boleh ada atau tidak.


Struktur Teks Biografi

Di dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII (8) semester 1 kurikulum 2013 dan kelas IX (9) Kurikulum KTSP, siswa akan diajak untuk mengenal tokoh Inspirasinya. Banyak tokoh Indonesia yang menjadi sosok inspirasi, mulai dari pahlawan, olahragawan, seniman, atau bahkan hingga gubernur dan presiden. Seberapa besarkah pengaruh tokoh inspirasi bagi setiap orang yang mengenal dan mengaguminya. Terkadang kita menemukan orang yang sangat fanatik terhadap sosok yang diinspirasikannya.

Di antara berbagai tokoh inspirasi, dapatkah siswa menyebutkannya satu persatu di antara banyaknya tokoh inspirasi? Di antara banyaknya tokoh inspirasi mungkin ada siswa yang sudah mengenal Baharudin Jusuf (BJ) Habibie, Presiden pertama Ir. Soekarno, Wakil Presidennya yakni Muh. Hatta, Panglima Besar Jendral Sudirman, Kapitan Patimura, Susi Susanti, Chris Jhon, dan banyak lagi tokoh inspirasi lainnya.

Tujuan dari pembelajaran mengenal struktur teks Biografi ini guna menumbuhkan nilai-nilai positif yang telah dilakukan tokoh inspirasi guna dilakukan oleh penginspirasi. Salah satu bentuk mengenal tokoh inspirasi yakni dengan membacanya, mempelajarinya sehingga tidak akan ada kata melupakan jasa sosok inspirasi selama ini, baik yang masih ada maupun yang sudah meninggal dunia.

Tahapan yang akan dilakukan dalam mempelajari struktur teks biografi ini yakni melalui teks model. Adapun hal pertama yang harus dilakukan guru guna menumbuhkan rasa ingin tahu takni dengan mengajukan beberapa pertanyaan, di antaranya ;

  1. Siapakah yang dianggap sosok inspirasi?
  2. Siapa saja sosok inspirasi yang siswa kenal?
  3. Aapakah tokoh yang dimaksud bisa dijadikan sosok inspirasi bagai kehidupan siswa?
  4. Sudahkah siswa mengenal sosok inspirasi yang ada di daerahnya, baik kota/kabupaten atau provinsi?
  5. Mengapa tokoh yang disebutkan tersebut termasuk pahlawan, berikan alasannya!
  6. Apakah pelajar, olahragawan, dan artis dapat dikatakan sebagai sosok inspirator?
  7. Beriakan alasannya mengapa kita tidak boleh melupakan jasa pahlawan!

Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut maka akan menimbulkan penggambaran dan pembayangan siswa akan sosok-sosok inspirasinya. Dengan mengenal sosok atau tokoh inspirasi akan menjadikan siswa mengenal sosok inspirasi nyatanya bukan sekadar khayalan layaknya superhero yang ada di televisi atau film kartun semata.

Metode permodelan yang dimaksud di atas yakni memberikan contoh biografi sosok inspirasi, salah satu sosok inspirasi pendidikan yakni Ki Hajar Dewantara. Adapun contoh biografi singkat beliau sebagai model sebagai berikut ;

Baca Juga : Bentuk Agresi : Pengertian, Jenis, Faktor Penyebab Dan Aspek Perilakunya


Contoh Teks Biografi

Ki Hajar Dewantara, Sosok Inspirasi Pendidikan Indonesia

  • Nama kecil Ki Hajar Dewantara yakni Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Beliau lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Berasal dari kalangan keluarga Kraton. Ada yang unik, ketika usianya menginjak 40 tahun, beliau mengganti namanya menjadi Ki Hajar Dewantara, tujuan dari penggantian tersebut, agar beliau bisa berbaur dengan kalangan masyarakat pada umumnya.
  • Di pendidikannya, beliau menamatkan sekolah dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan pendidikannya ke STOVIA (sekolah Dokter Bumiputera), beliau tidak sampai menamatkan sekolahnya karena sakit. Kemudian menginjak dewasa beliau bekerja sebagai wartawan di beberapa media surat kabar, di antaranya Sedyotomo, Midden Java, De Express, Kaoem Moeda dan sebagainya.
  • Selain aktif dalam dunia kewartawanan dan tulis menulis, beliau juga aktif di beberapa organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, beliau aktif sebagai propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia. Beliau sering menyuarakan perihal pentingnya persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara.
  • Semangat perjuangan Ki Hajar Dewantara semakin menggebu dalam bentuk perjuangannya hingga pada bulan Nopember 1913 beliau membentuk Komite Boemipoetra hingga melancarkan kritikan terhadap pemerintahan belanda yang ingin merayakan 100 tahun kebebasan Belanda dari penjajahan Prancis dengan menarik uang dari rakyat jajahannya.
  • Kepribadian dan perjuangannya dalam dunia pendidikan tidak disangsikan lagi mengingat beliau merupakan pendiri Perguruan Nasional Taman Siswa pada 3 Juli 1922. Sepak terjangnya di dunia pendidikan menjadikannya Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama, hingga tanggal lahirnya, yakni 2 Mei dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Setelah siswa dan guru diajak untuk membaca teks model, guru meminta siswa untuk mempelajari materi tentang biografi

Baca Juga : Globalisasi Dalam Bidang Budaya Beserta Contohnya


Unsur Kebahasaan Teks Biografi

  • Kata penghubung

Kata yang digunakan untuk menyambung kata pada kata lain atau menyambung kalimat pada kalimat lain, seperti dan, namun, tetapi, jika, untuk, dan lain sebagainya.

  • Rujukan kata

Kata yang digunakan untuk merujuk kata atau kalimat yang sudah dijelaskan di sebelumnya. Seperti, ini, itu, hal tersebut, disana, disini, diatas, dibawah, dan lain sebagainya.

  • Peristiwa, waktu dan tempat

Kata yang digunakan untuk menunjukkan secara detail mengenai peristiwa, waktu dan tempat sehingga cerita tersebut benar-benar meyakinkan pembaca bahwa hal itu memang benar-benar terjadi.

  • Kata kerja

Kata yang digunakan sebagai petunjuk apa yang dilakukan oleh tokoh.


Tujuan Teks Biografi

Tujuan dari penulisan teks biografi sangat banyak, berikut paparannya:

  1. Agar pembaca terinspirasi bahwa untuk meraih prestasi membutuhkan usaha kerja keras, do’a dan tawakal. Usaha yang keras pasti akan mendapatkan hasil yang baik, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.
  2. Memotivasi pembaca untuk lebih giat dalam belajar, bekerja maupun melakukan kegiatan lainnya dengan sungguh-sungguh, agar menjadi orang yang sukses dan  bermanfaat untuk orang lain.
  3. Memberikan informasi bahwa setiap manusia baik jabatan tinggi maupun tidak tinggi  pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, dan menyadarkan pembaca bahwa mengidolakan tokoh agar tidak berlebihan.
  4. Sebagai contoh atau mengambil hikmahnya. Sehingga hal baik yang dilakukan oleh tokoh dapat dicontoh, dan hal yang tidak baik dapat ditinggalkan.
  5. Agar pembaca menghilangkan kebiasaan-kebiasan yang tidak baik dalam hidupnya, sehingga dapat mengambil pelajaran dalam membaca biografi seorang tokoh.
  6. Menjadi patokan penulis dan pembaca dalam meraih prestasi, setidaknya bias melebihi dari tokoh yang menjadi inspirasi pembaca maupun penulis.
  7. Sebagai wawasan untuk penulis dan pembaca tentang hal-hal yang belum diketahui, sehingga dengan adanya biografi, penulis dan pembaca dapat menyelusuri lebih dalam mengenai hal-hal yang baru didapat.

Tujuan Mempelajari Biografi

Tujuan utama pembaca mempelajari biografi seorang tokoh adalah sebagai berikut:

  • Mencontoh semua kebaikan berupa prestasi, karya besar, jasa, dan pengorbanannya
  • Meninggalkan atau menjauhi kebiasaan tidak baik pada diri tokoh yang menjadi penghambat dalam meraih keberhasilan
  • Menumbuhkan kesadaran bahwa prestasi besar harus diraih melalui usaha keras, keterampilan ditumbuhkan dari latihan, dan keterkenalan nama harus dirintis dari bawah secara bertahap. Hal ini sangat bermanfaat agar pembaca tidak sepenuhnya menggantungkan diri pada faktor keturunan dan nasib baik
  • Mempelajari unsur manusiawi tokoh berupa kelebihan dan kekurangan yang selalu hadir dalam pribadi seseorang. Dengan demikian, tidak terjadi pengidolaan secara berlebihan (kultus individu).

Baca Juga : Penelitian – Karakteristik, Tujuan, Unsur, dan Jenisnya


Jenis – Jenis Biografi

Biografi dapat dibedakan ke dalam tiga kelompok, sesuai dengan pengertian biografi diatas adapun beberapa jenis biografi ialah sebagai berikut:

Jenis-Jenis Biografi

Biografi Berdasarkan Izin Penulisan

  • Authorized Biography yaitu suatu biografi yang penulisannya telah mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya.
  • Unauthorized Biography yaitu suatu biografi yang penulisannya tidak atas izin dan sepengetahuan tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya. Umumnya penulisan unauthorized biography dilakukan karena tokoh yang akan diceritakan telah wafat.

Biografi Berdasarkan Isinya

  1. Biografi perjalanan hidup yaitu biografi yang isinya tentang perjalanan hidup seorang tokoh secara lengkap atau mengambil beberapa bagian dari perjalanan hidup yang dianggap berkesan.
  2. Biografi perjalanan karir yaitu biografi yang isinya tentang perjalanan karis seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini atau dapat juga menceritakan perjalanan karir seorang tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu.

Biografi Berdasarkan Masalah Yang Dibahas

  • Biografi Politik yaitu biografi yang isinya tentang kisah hidup tokoh suatu negara dilihat dari sudut pandang politik, meskipun melalui riset pada umumnya biografi politik mengandung sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang diceritakan.
  • Biografi Intelektual yaitu biografi yang isinya menjelaskan kisah hidup tokoh intelektual dilihat dari sudut pandang ilmiah. Biografi intelektual dibuat melalui berbagai riset dan penulisannya menggunajan bahasa ilmiah.
  • Berdasarkan jurnalistik yaitu biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan tokoh yang akan ditulis kisahnya.

Biografi Berdasarkan Penerbit

  1. Buku sendiri yaitu suatu biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Tujuan dari penulisan biografi ini adalah untuk dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.
  2. Buku subsidi yaitu biografi tokoh yang biaya penulisannya dan produksinya ditanggung oleh sponsor. Jika dilihat dari sisi komersil, biografi seperti tidak akan laku atau harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

Pola Penyajian Teks Biografi

Pola penyajian teks dalam biografi dibagi menjadi 4 yakni:

  • Alur cerita, yakni runtutan cerita entah itu dari masalalu menuju masa sekarang atau masa sekarang kemudian masa lalu, dapat menggunakan salah satu dari kedua alur tersebut.
  • Sudut pandang tokoh, sudut pandang yang digunakan yakni orang kedua, jika orang  pertama itu dinamakan autobiografi.
  • Gaya penulisan
  • Fokus penceritaan

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Biografi : Struktur, Tujuan, Jenis, Unsur, Ciri dan Pengertian semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.