Contoh Karangan Deskripsi

Contoh Karangan Deskripsi

Contoh Karangan Deskripsi – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Karangan Deskripsi yang dimana dalam hal ini meliputi contoh secara lengkap, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Contoh Karangan Deskripsi

Pengertian Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi merupakan suatu tulisan atau karangan yang menggambarkan atau memaparkan suatu objek, lokasi, keadaan atau benda dengan kata-kata. Biasanya apa yang kita gambarkan dalam karangan kita merupakan hasil pengamatan panca indra kita.


Ciri-Ciri Karangan Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri karangan deskripsi, antara lain sebagai berikut:

  • menggambarkan atau melukiskan sesuatu,
  • penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera,
  • membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.

Tujuan Karangan Deksripsi

Karangan deskripsi adalah jenis karangan yang bertujuan untuk menyodorkan gambaran mengenai suatu pokok persoalan, penggambaran sesuatu itu menurut apa adanya.


Karangan deskripsi adalah semacam bentuk wacana yang berusaha menyajikan suatu objek atau suatu hal sedemikian rupa, sehingga objek itu seolah-olah berada di depan mata kepala pembaca, seakan-akan para pembaca melihat sendiri objek itu.


Deskripsi memberi suatu citra mental mengenai sesuatu hal yang dialami, misalnya pemandangan, orang, atau sensasi.

Liat Juga : Contoh Karangan Eksposisi


Pendekatan dalam Karangan Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa pendekatan yang digunakan dalam karangan deskripsi, antara lain sebagai berikut:


  1. Pendekatan realistis atau ekspositoris

Di dalam pendekatan ini, penulis berupaya agar pendekatan terhadap objek yang diamati dapat dilukiskan secara objektif sesuai keadaan apa adanya. Hasil deskripsi tersebut diibaratkan sebagai objek pemotretan.


Contoh :

Seorang mahasiswa ingin mendeskripsikan lapangan parkir.

Di FKIK terdapat sebuah lapangan parkir yang luas. Lapangan ini dapat menampung motor yang dibawa oleh mahasiswa, dosen, pegawai Bank Kalbar, dan tamu. Lapangan ini terbagi atas dua bagian. Pada bagian kanan dikhususkan untuk parkir mobil. Sedangkan bagian kiri, dikhususkan untuk parkir motor mahasiswa.


  1. Pendekatan impressionistis

Di dalam pendekatan ini, penulis menggambarkan sesuatu yang diamatinya secara subjektif, artinya dalam penggambaran suatu objek yang diamati penulis mengemukakan objek dengan memasukkan kesan-kesan atau persepsi darinya.  Penulis ingin agar pembaca memperoleh kesan atau emosional dari apa yang ditulisnya.


Contoh :

Seorang mahasiswa ingin mendeskripsikan kolam tengah yang ada di Kampus Putih Untan.

Di bagian tengah kampus, terdapat kolam yang cukup luas dan dinamakan kolam hydrant. Airnya berwarna kecoklatan dan cukup menyejukkan mata jika dilihat di siang hari.  Di sekitarnya terdapat taman-taman indah yang dapat menenangkan hati jika memandangnya. Kolam ini dikenal sebagai jantung di kampus kami.


Pengembangan dalam Karangan Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa pengembangan dalam karangan deksripsi, antara lain sebagai berikut:


1. Deskripsi tempat

Tempat merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari sebuah peristiwa.  Semua peristiwa terjadi pada suatu tempat. Sebuah peristiwa akan lebih enak untuk diikuti jika dihubungkan dengan tempat terjadinya peristiwa tersebut.

Liat Juga : Contoh Paragraf Deskripsi


Contoh :

Kisah ekspedisi di dalam hutan akan lebih seru jika kita menggambarkan pula tentang keadaan hutan tersebut, tentang rimbun dan sejuknya udara yang ada di sana. Namun, pengarang tidak boleh asal memasukkan detail tempat yang akan dideskripsikan , pengarang harus dapat menemukan hubungan atau peranan tempat dalam peristiwa tersebut.


Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk mendeskripsikan suatu tempat.

  1. Kita bergerak secara teratur menelusuri tempat itu dan mendeskripsikan apa saja yang kita lihat.
  2. Kita dapat memulai dengan menyebutkan kesan umum yang diikuti oleh perincian yang paling menarik perhatian kita. Baru menyusul perincian lain yang kurang penting yang terdapat di sekitarnya.

Kedua cara di atas harus disampaikan secara logis sehingga pembaca mudah mengikutinya.

Beberapa aspek dalam memilih cara untuk mendeskripsikan tempat.


  • Suasana hati

Pengarang harus dapat menetapkan suasana hati yang akan ditonjolkan untuk dijadikan landasan. Suasana hati itu dipertajam dengan pengalaman-pengalaman sehingga mempengaruhi pendeskripsian terhadap suatu objek. Di sini akan terlihat apakah pengarang menggunakan pendekatan realistis (objektif) atau impresionistis (subjektif).


  • Bagian yang relevan

Pengarang deskripsi juga harus mampu memilih detail-detail yang relevan (terkait, bersangkut paut) untuk dapat menggambarkan suasana hati.


  • Urutan penyajian

Pengarang deskripsi harus mampu menentukan urutan yang paling baik dalam menampilkan detail-detail yang dipilih.


2. Deskripsi orang

Dalam mendeskripsikan keadaan seseorang pengarang harus mengetahui secara mendetail keadaan diri seseorang yang akan digambarkan itu, misalnya bentuk tubuh, tingkah laku, dan penampilannya.


Berikut ini dikemukakan cara menggambarkan atau mendeskripsikan seseorang dalam karangan deskripsi


  • Penggambaran bentuk fisik

Bentuk fisik seseorang dideskripsikan sejelas-jelasnya sehingga tampak lebih objektif. Bentuk tubuhnya yang tinggi, kekar, matanya yang menatap tajam, atau bentuk tubuh yang kurus, bermata sayu, wajah pucat dapat dideskripsikan dalam karangan deskripsi.


  • Penggambaran tingkah laku atau perbuatan

Tingkah laku seseorang dideskripsikan mendekati keadaan yang sebenarnya seperti perbuatan (apa yang dilakukan), atau gerak-gerik yang dilakukan seseorang dari satu tempat tertentu ke tempat lainnya dan dari suatu waktu tertentu kewaktu lainnya.


  • Penggambaran keadaan yang ada disekitar seseorang

Keadaan disekitar seseorang dapat pula dideskripsikan misalnya tempat kediamannya, kendaraan yang digunakan, pakaian, dan perhiasan yang digunakan.


  • Penggambaran perasaan

Perasaan seseorang agak suka digambarkan akan tetapi hal itu dapat saja dilakukan misalnya dengan memperhatikan gejala fisik seseorang seperti pandangan matanya, gerak-gerik, pancaran wajah, atau tatapan matanya.

Liat Juga : “Teks Deskripsi” Pengertian & ( Tujuan – Ciri – Struktur – Jenis – Contoh )


  • Penggambaran watak

Watak seseorang juga agak sukar digambarkan akan tetapi dapat saja dilakukan misalnya dengan melihat gejala fisik seseorang itu. Perasaan merupakan gejala kejiwaan yang berlangsung sesaat, sedangkan watak merupakan fenomena psikologis yang berlangsung permanen.


Langkah-Langkah Menulis Karangan Deksripsi

Berikut ini terdapat beberapa langkah-langkah menulis karangan deksripsi, antara lain sebagai berikut:


  1. Menetapkan Tema Tulisan

Tema tulisan, yaitu gagasan, persoalan, masalah, atau ide yang akan kita kemukakan dalam tulisan. Karena tulisan yang hendak kita kembangkan berbentuk deskripsi, tema tulisan tentu berupa objek yang akan kita tulis.


Misalnya, kita hendak menulis deskripsi sugestif tentang kegiatan yang terdapat di sekolah. Karena tema ini terlalu luas, maka perlu dipersempit lagi. Dari sini dapat ditetapkan beberapa tema kecil, seperti upacara bendera, pergelaran seni, atau pertandingan olahraga.


  1. Menetapkan Tujuan Tulisan

Dengan menulis deskripsi maka tujuan hendak dicapai ialah memberikan gambaran dan rincian suatu objek kepada pembaca. Jika yang kita tulis berbentuk deskripsi sugestif maka tujuan menulis ialah berusaha menciptakan penghayatan melalui imajinasi pembaca terhadap objek tertentu.


Akan tetapi, jika yang kita tulis itu berbentuk deskripsi teknis maka tujuan menulis ialah berusaha menanamkan pengertian kepada pembaca terhadap objek tertentu dengan cara memberikan indentifikasi dan informasi mengenai objek tersebut. Umpamanya kita hendak menulis deskripsi sugestif tentang jalannya upacara penaikan bendera di sekolah. Tujuan kita menulis ialah memberikan gambaran kepada pembaca tentang jalannya upacara penaikan bendera agar pembaca dapat menghayatinya.


  1. Mengumpulkan Bahan Tulisan

Bahan tulisan dapat diperoleh melalui berbagai cara, diantaranya :

  1. Dengan mengadakan pengamatan dan peninjauan langsung terhadap objek yang akan ditulis.
  2. Membaca buku, Koran, majalah, atau bahan bacaan lainnya. Cara seperti ini disebut studi bacaan atau studi kepustakaan.
  3. Melalui wawancara dengan narasumber yang menguasai permasalahan yang ingin kita ketahui.
  4. Melalui gabungan beberapa cara yang telah dikemukakan.

Kita hendak menulis deskripsi sugestif tentang upacara penaikan bendera di sekolah, bahan tulisan yang dapat diperoleh dan dikumpulkan adalah waktu upacara, petugas pelaksana upacara, tempat upacara, peserta upacara, pembina upacara, pesan pembina upacara, dan suasana upacara.


  1. Menyiapkan Kerangka Tulisan

Rancangan urutan gagasan-gagasan utama pada karangan deskripsi yang akan dikembangkan menjadi sebuah karangan deskripsi.


  1. Mengembangkan Tulisan

Jika kita menulis deskripsi tentang pelaksanaan upacara penaikan bendera di sekolah dengan menggunakan kerangka karangan seperti tampak pada langkah keempat.


Jenis-Jenis Karangan Deksripsi

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis karangan deksripsi, antara lain sebagai berikut:


  1. Deskripsi Ekspositori

Merupakann karangan yang sangat logis, biasanya merupakan daftar rincian atau hal yang penting-penting saja yang disusun menurut sistem dan urutan-urutan logis objek yang diamati.


  1. Deskripsi Impresionatis

Merupakan karangan yang menggambarkan impresi penulisnya, atau untuk menetralisir pembacanya. Deskripsi impresionistis ini lebih menekankan impresi atau kesan penulisnya ketika melakukan observasi atau ketika melakukan impresi tersebut.

Liat Juga : Pengertian Deskripsi, Narasi Dan Eksposisi Menurut Ahli Sastra


Contoh Karangan Deksripsi

Berikut ini terdapat beberapa contoh karangan deksripsi, antara lain sebagai berikut:


1. Contoh Karangan Deksripsi Fakta

Hampir semua pelosok Mentawai indah. Di empat kecamatan masih terdapat hutan yang masih perawan. Hutan ini menyimpan ratusan jenisflora dan fauna.


Hutan Mentawai juga menyimpan anggrek aneka jenis dan fauna yang hanya terdapat di Mentawai. Siamang kerdil, lutung Mentawai dan beruk Simakobu adalah contoh primata yang menarik untuk bahan penelitian dan objek wisata.


2. Contoh Karangan Deksripsi Fiksi

Salju tipis melapis rumput, putih berkilau diseling warna jingga; bayang matahari senja yang memantul.


Angin awal musim dingin bertiup menggigilkan, mempermainkan daun-daun sisa musim gugur dan menderaikan bulu-bulu burung berwarna kuning kecoklatan yang sedang meloncat-loncat dari satu ranting ke ranting yang lain.


3. Contoh Karangan Deksripsi Tentang Sekolah

RUANG KELAS WINA

Wina membuka pintu kelasnya perlahan-lahan. Dilihatnya sebuah jendela yang terbuka. Di bawah jendela, tampak sebuah meja guru yang memakai tapalak putih. Di atas taplak putih itu ada sebuah vas bunga dari kayu.


Vas bunga tersebut bergambar beberapa kuntum bunga matahari seperti bunga yang ada didalamnya. Disebelahnya tergeletak sebuah agenda kelas yang terbuka dan kalender duduk.


Wina lalu memasuki ruang kelasnya dengan langkah yang lambat. Dia memalingkan pandangan ke arah kanan. Tampak satu buah white board yang bersih tanpa coretan. Di sebelah kiri white board tersebut, terpasang sebuah tempat spidol berwarna biru muda, serasi dengan dinding yang bercatut biru tua. Dan disebelah kanan white board terpasang satu papan madding yang penuh tulisan-tulisan karya siswa.


Wina memutar pandanganya ke belakang kelas. Ada sebuah pribahasa berbahasa inggris yang berwarna kuning bertuliskan ‘practice make perpect’ dibawahnya terpasang sebuah system periodik unsur-unsur di kiri kananya juga terpasng sebuah denah duduk dan daftar kelompok belajar.


Selain itu, ditatapnya dinding kiri kelas. Di sana terpasang struktur organigram dan sebuah daftar regu kerja dari karton berwarna kuning. Struktur organigram dan daftar regu kerja tersebut ditutupi oleh plastic bening.


Wina berpaling kedinding kanan. Disana tergantung daftar pelajaran berwarna kuning. Daftar pelajaran itu disusun tak berurutan, hurf-hurufnya pun dari guntingan majalah. Meski tampak tidak rapi,namun cukup bagus dan menarik.


Wina menyusuri deretan bangku kosong didepanya. Tak usah dihitung lagi karena pasti ada 40 meja dan 80 kursi. Dan tanpa kata wina berjalan kebangkunya sendiri,dan duduk manis disana.


4. Contoh Karangan Deksripsi Tentang Pasar

Jalan-Jalan Ke Pasar

Hari ini adalah hari minggu, jadi pagi-pagi aku nggak usah berangkat ke sekolah. Aku dan Mama berencana untuk memasak masakan favoritku yaitu capcai. Untuk mendapatkan bahan-bahannya kami harus ke pasar pagi, dan aku berencana ikut mama ke pasar pagi.


Pasar pagi di daerah tempat aku tinggal terletak di pinggir pelabuhan, untuk menuju ke sana membutuhkan waktu lima menit menggunakan kendaraan bermotor, pagi-pagi pukul tujuh, aku dan Mama berangkat ke pasar pagi menggunakan sepeda motor.


Seratus meter mendekati pasar, sudah mulai kelihatan keramaian suatu pasar, di sepanjang jalan menuju pasar dipenuhi kendaraan lalu-lalang, tampak motor berjejer parkir di sebelah kiri jalan, dan sebelum jejeran parkir motor adalah jejeran parkir mobil. Kendaraan memang diparkir diluar area pasar.


Setelah memarkir sepeda motor, kami pun berjalan masuk ke pasar. Ketika memasuki pasar pagi, di pinggir jalan ada pedagang yang berjualan dengan membentang terpal, ibu-ibu itu menjual telur penyu, ibu-ibu sebelahnya menjual buah sawo. Di sebrang ibu-ibu berjualn tersebut mulai berjejeran kios, kios pertama menjual buah-buahan, disebelahnya lagi berjejeran kios yang menjual sayur mayur, cabe, wortel dan sebaginya.

Liat Juga : Contoh Paragraf Persuasi


Pasar pagi itu terdiri dari 2 jalur jalan sepanjang 20 meter. sepanjang jalan, banyak banget orang-orang lalu lalang, ada yang mau belanja, ada yang mau pulang, dan ada juga mobil pengangkut barang milik pedagang yang sedang menurunkan barang dagangannya berupa sayur mayur. Setelah deretan sayur mayur, mulai berjejeran kios-kios yang menjual dagi ayam dan daging sapi.


Setelah membeli bahan-bahan untuk membuat capcai, aku dan Mama pu akhirnya pulang.


Demikianlah contoh karangan deskripsi, pada karangan di atas tampak si penulis menggambarkan atau mendeskripsikan bagaimana keadaan suatu pasar pagi dikotanya.


5. Contoh Karangan Deksrispi Tentang Apotik

Apotik

Siang itu aku sedang duduk santai di sofa empuk di dalam apotik milikku yang baru saja dibuka. Apotik ini adalah impianku sejak aku kuliah di Farmasi dulu. Sekarang aku memandang puas pada usahaku selama ini. Aku bisa mendirikan apotik di kota kelahiranku.


Apotik ini cukup luas, beberapa rak besar tempat obat-obatan berjejer rapi dengan kemasan-kemasan obat warna-warni yang dikelompokkan menurut farmakologinya dan disusun alfabetis. Pandangan saya tertuju pada rak buku di pojok ruangan yang berisi buku-buku tebal. Ku ambil satu buku yang disampulnya tertulis Informasi Spesialis Obat atau yang biasa disebut kalangan farmasi dengan buku ISO.


Setelah ku pandangi aku tersenyum dan mengembalikannya ke tempat semula. buku ini adalah buku pertama yang kubeli saat aku kuliah dulu. Aku memandang lagi secara keseluruhan apotik ini, sebuah televisi 14 inci dan sebuah computer di meja kasir. Hembusan angin dari AC cukup membuat udara terasa sejuk di bulan Mei yang panas ini.


6. Contoh Karangan Deksripsi Sugestif

Kilometer Nol, Sebuah Lambang

Sebuah tugu di ujung Utara pulau Weah Aceh, berdiri tegak setinggi delapan meter. Landasannya, beton berteratak mirip tangga bersusun lima. Dengan panjang dan lebar sekitar enam meter. Tentu itu terletak di sebuah semak belukar di bilangan Jaboi, kotamadya Sabang.


Itulah kilometer nol Indonesia. Berada di tugu itu, terasa sesuatu merayap di kalbu, perasaan keindonesiaan. Lagu patriotik Dari Sabang sampai Marauke seakan-akan tergiang-ngiang di telinga. Kita sedang menginjak setapak tanah di ujung paling Barat Nusantara.


Lambang Garuda begitu megah bertenger di puncak tugu. Di bawah kaki Sang Garuda, ada relief yang melukiskan untaian zamrud kepulauan di Indonesia. Memang, sempat timbul tanda tanya, apakah kilometer nol ini benar menjadi ukuran pasti dimulainya bentangan jalan raya dari ujung Barat Indonesia ke Timur. Akan tetapi, berada dititik itu, slogan Sabang-Marauke tiba-tiba menjadi sangat bermakna.


Dari titik nol kilometer ini, jalan hanya selebar 3 meter. Itupun hanya permukaan sekitar 2 meter yang kelihatan, selebihnya tertutup semak belukar. Sulit dibayangkan, jika ada kendaraan 2 arah berada di jalur itu. Jarak kilometer nol ke kota Sabang 22,5 Km. Lalu, dari Sabang terbentang lagi jarak 28 mil laut atau hampir 52 Km dan tiga jam perjalanan feri ke ujung utara Sumatra.


Jalan menuju kilometer nol hampir tak berbicara sebagai sebuah jalan raya. Kilometer nol pun seakan-akan tak berbicara sebagai tanda kilometer di tempat lain. Bahkan pualam bertuliskan ”KM0” telah dicopot tangan-tangan jahil.


Sedangkan tugu-tugu yang kesepian itu tak pernah dihiraukan sebagai tanda kilometer jalan raya. Akan tetapi, dalam keheningan belukar di Jaboi, di bawah bola-bola awan yang keperakan, di sela-sela deburan ombak, tugu itu tetap tegar sebagai sebuah lambang yang berbicara tentang kesatuan Indonesia.


7. Contoh Karangan Deskripsi Teknis

Tentang Agroindustri

Salah satu sektor yang mempunyai arti strategis dalam Pembangunan Nasional Jangka Panjang adalah pengembangan agroindustri. Agroindustri adalah kegiatan industri yang memanfaatkan hasil pertanian sebagai bahan baku, merancang dan menyediakan peralatan pertanian serta jasa bagi kegiatan tersebut.


Titik berat Pembangunan Jangka Panjang adalah pembangunan ekonomi dengan sasaran utama mencapai keseimbangan antara bidang pertanian dan bidang industri yang kuat ditunjang oleh pertanian yang tangguh, yang dapat membawa perubahan fundamental dalam struktur perekonomian Indonesia, sehingga produksi nasional yang berasal dari sector luar pertanian merupakan bagian yang makin besar dan akhirnya menjadi tulang punggung perekonomian.


Industri yang kuat adalah industri yang strukturnya kukuh dan berakar pada kemampuan sumber daya alam yang dimiliki dan yang dapat menjelmakan kaitan ke depan, ke samping, dan ke belakang dengan industri lainnya.


Pertanian yang tangguh adalah yang mampu menyediakan bahan baku hasil pertanian dalam jumlah, mutu, dan waktu yang dapat mendorong pertumbuhan industri.


Dengan demikian, sector agroindustri merupakan mata rantai penghubung antara sector pertanian dan sector industri.


Pengembangan sector agroindustri di samping mempunyai arti strategis dalam kerangka Pembangunan Nasional Jangka Panjang juga dapat meningkatkan daya serap tenaga kerja dengan membuka spectrum baru lapangan kerja yang luas dan beragam, baik formal maupun nonformal.


Ruang lingkup agroindustri yang luas memungkinkan tenaga kerja informal bisa diserap lebih banyak. Agroindustri meliputi industri pengolahan hasil pertanian, industri peralatan dan mesin pertanian serta industri jasa pertanian.


Industri pengolahan hasil pertanian mempunyai lima subsektor, yaitu: industri pengolahan tanaman pangan, perkebunan, hasil hutan perkebunan, dan hasil peternakan. Industri peralatan dan mesin pertanian mencakup industri peralatan dan mesin pertanian budidaya serta pengolahan. Industri jasa sektor pertanian meliputi perdagangan, konsultasi, dan komunikasi.


8. Contoh Karangan Deksripsi Tentang Keindahan Alam

Keindahan Alam Indonesiaku

Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk terbanyak ke empat setelah China,India dan Amerika dan Indonesia merupakan nega dengan kekayaan alam yang melimpah rua dari sabang sampai marauke. Keindahan alam Indonesia memang di anggao tak ada tandingan nya di negara manapun di dunia.


Hampir semua peona alam yang berada di indonesia dari darat hingga lautan. Maka dari itu tak heran jika banyak para wisatawan asing yang rela berkunjung ke Indonesia untuk menikmati keindahan alamnya. Selain itu juga keindahan yang disajikan ternyata di dalamnya terdapat banyak hal tersembunyi yang bisa jarang kita lihat atau kita jumpai sperti flora dan fauna.


Alam Indonesia merupakan yang terkenal di mancanegara salah satu nya tentang keindahan pantainya yang terbentang dari ujung barat sampai ke ujung timur.


Banyaknya pulau yang ada di indonesia membuat kekayaan laut dan pantai semakin melimpah. Selain itu pula pantai keindahan bawah laut juga menjadi buruan para wisatawan utuk masuk kedalamnya dan ikut menikmati keindahan biota bawah laut di Indonesia nya.


Daerah yang memiki keindahan pantai yang waw atau menakjubkan di indonesia antara yang palig terkenal adalah Lampung, Lombok, Bali dan Raja Ampat.


Selain keindahan pantai juga, Indonesia merupakan negara dengan lautan hutan terbesar di Dunia. Oleh karena itu Indinesia juga disebut paru-paru dunia karena 1/3 hutan di dunia berada di indonesia.


Selain itu pula hewan dan tumbuhanendemik juga banyak yang menjadi buruan wisatawan yang berkunjung ke Indonesia hanyak untuk melihat keindahan alamnya.


9. Contoh Karangan Deksripsi Tentang Rumah

a) Contoh Pertama

Rumahku

Rumahku adalah rumah mungil di depan mushola. Rumah itu mempunyai luas sekitar 36 meter persegi. Dengan warna cat hijau muda membuat rumah itu terlihat sejuk dipandang mata. Halaman sempit di depan rumah penuh dengan tanaman yang ditanam di pipa. Setiap tanaman tumbuh subur, bahkan tanaman cabe sudah berbuah banyak.


Rumahku terdiri dari 1 ruang tamu, 1 kamar tidur, 1 ruang santai, dapur, dan 1 kamar mandi. Di ruang tamu hanya berisi karpet sebagai alas duduk dan rak buku yang terpasang di dinding. Agar suasana harum, ada pewangi semprot otomatis yang terpasang di dinding. Semua barang yang ada di rumah selalu tertata rapi. Lantai keramik berwarna putih membuat rumah mungil ini menjadi nampak luas.


b) Contoh Kedua

Rumahku Istanaku

Saya merupakan putri dari Kota Batu, tepatnya di jalan Sarimun no.43 Desa Beji Kecamatan Junrejo, Batu dimana rumahku berdiri kokoh yang dihiasi dengan keluarga yang sederhana namun bahagia.


Tampilan depan rumah yang sederhana tidak mencolok seperti rumah-rumah kebanyakan. Hanya saja tembok rumahku yang berwarna orange dan memiliki teras yang berwarna merah yang membedakan rumahku dengan rumah yang lainnya. Tampak pot-pot bunga yang berjejer rapi didepan rumah dan kandang burung besar yang terdapat dipojok rumahku.


Lantai satu rumahku terdapat ruang tamu, ruang tengah, 2 kamar, sebuah ruang keluarga, dan dapur bersih. Dan lantai 2 rumahku terdapat 1 kamar dan balkon kecil. Dapur kotor, kamar mandi, dan tempat membuat tempe ayahku terdapat didalam rumah bagian belakang. Dan dibelakang luar rumah terdapat kandang sapi.


c) Contoh Ketiga

Rumahku Laksana Surgaku

Rumahku terletak di Desa Banaran, Kecamatan Kandangan ,Kabupaten Kediri.Disinilah berdiri kokoh yang di hiasi kasih sayangi keluarga dan panorama pemandangan yang indah.


Bangunan tinggi dan ramping membuat rumahku terlihat mencolok dengan rumah rumah yang lain,dan mempunyai halaman yang luas yang sering di pakai bermain sepak bola oleh anak anak sekitar.


Barisan bunga dan pepohonan membuat rumah terlihat sejuk dan rindang,Di kebun belakang rumah terlihat berbagai jenis pepohonan,seperti pohon mangga,pohon rambutan,pohon durian,pohon kelengkeng,jika berbuah pasti banyak teman yang datang untuk mencicipinya.


Rumahku terdiri dari 3 kamar tidur,dua kamar di ruang tengah yaitu kamarku dan kamar orang tuaku di ruang depan kamar khusus tamu,di depan juga terdapat  ruang tamu,Ruang makan terdapat di ruang tengah,dan dapur berada di belakang.


Rumahku berdiri tahun 2002 hingga saat ini masih berdiri kokoh walau di terjang hujan,badai dan panas matahari,Itulah sekilas details rumahku.


10. Contoh Karangan Deskripsi tentang Hari Pendidikan Nasional

Hari pendidikan nasional adalah hari dari jati diri bangsa dimana hari pendidikan bisa menggambarkan atau ruh dari bangsa kita, bangsa yang besar adalah bangsa yang peduli akan pendidikan, dan pendidikan adalah modal awal dari perkembangkan bangsa.


Berbicara tentang pendidikan pasti kita mengenal sosok tentang Ki Hajar Dewantara,dengan itu kali ini kami akan mengupas tentang perjalanan Ki Hajar Dewantara  dan hari pendidikan nasional nya Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Pendidikan Nasional Dipandangan Ki Hajar Dewantara.


Dari di sinilah kita, siap sedia memberi korban yang sesuci-sucinya… sungguh, korban dengan ragamu sendiri adalah korban yang paling ringan… memang awan tebal dan hitam menggantung di atas kita. (Ki Hadjar Dewantara).


Siapa yang gak kenal sosok tokoh pendidikan Bapak Ki Hadjar Dewantara, tokoh yang berjasa memajukan pendidikan di Indonesia. Ki Hadjar pun aktif menjadi pengurus Boedi Oetomo dan Sarikat Islam. Ajaran kepemimpinan Ki Hadjar Dewantoro yang sangat poluler di kalangan masyarakat adalah Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani.


Jadi makna Ing Ngarso Sun Tulodo adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi bawahan atau anak buahnya. Sehingga yang harus dipegang teguh oleh seorang pemimpin adalah kata suri tauladan.


Sebagai seorang pemimpin atau komandan harus memiliki sikap dan perilaku yang baik dalam segala langkah dan tindakannya agar dapat menjadi panutan bagi anak buah atau bawahannya.


Sama halnya dengan Ing Madyo Mbangun Karso, Ing Madyo artinya di tengah-tengah, Mbangun berarti membangkitan atau menggugah dan Karso diartikan sebagai bentuk kemauan atau niat.


Karena itu seorang pemimpin juga harus mampu memberikan inovasi-inovasi dilingkungan tugasnya dengan menciptakan suasana kerja yang lebih kodusif untuk keamanan dan kenyamanan kerja. Sehingga artinya Tut Wuri Handayani ialah seorang komandan atau pimpinan harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang.


Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Karangan Deskripsi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Send this to a friend