2 Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus di Masyarakat Lengkap

Diposting pada

17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan Negara Indonesia. Hingga sampai saat ini tanggal tersebut selalu disambut dengan sukacita oleh masyarakat melalui beberapa kegiatan. Berikut ini ada contoh proposal kegiatan 17 Agustus di masyarakat yang perlu Anda ketahui.

Kenapa sih harus banget pakai proposal? Karena pasti di dalamnya akan ada Rencana Anggaran dan Biaya untuk menunjang kegiatan agar tetap berjalan dengan lancar. Yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya!

Tujuan Membuat Proposal Kegiatan 17 Agustus

Membuat contoh proposal kegiatan 17 Agustus di masyarakat memang tidak bisa sembarangan. Pertama-tama Anda harus tahu apa sih tujuan dibuatnya, apakah hanya untuk merancang anggaran dan biaya saja atau hanya lainnya? Berikut ini tujuan membuat proposal kegiatan 17 Agustus di masyarakat:

1. Sebagai Arsip Program Tahunan

Sebagai-Arsip-Program-Tahunan

Tujuan pembuatan proposal yang pertama adalah sebagai arsip program tahunan, yang mana semua dokumentasi, anggaran dan kepanitiaan yang tertera akan disimpan rapi oleh pihak desa. Apabila suatu saat ada penilaian dari pemerintah pusat, maka ada datanya.

Adanya proposal juga sangat membantu pemerintah desa setempat dalam melakukan evaluasi dan perbaikan setiap tahunnya. Sekaligus mempunyai pandangan apa saja sih yang harus disiapkan tahun depan.

2. Menarik Partisipasi Masyarakat

Menarik-Partisipasi-Masyarakat

Tujuan yang kedua adalah menarik partisipasi masyarakat karena mereka tahu dengan jelas arah kegiatan yang akan berlangsung, sehingga bisa membantu mempersiapkan apa saja kira-kira yang dibutuhkan.

Namun harus ada transparansi proposal, dalam artian per KK berhak tahu agar mereka bisa memberikan kritik dan saran yang membangun. Jika Anda berniat untuk membuatnya, lebih baik ringkas proposal menjadi mini poster agar lebih mudah dipahami juga.

3. Kegiatan Berjalan dengan Sukses

Kegiatan-Berjalan-dengan-Sukses

Apabila pemerintah desa dan masyarakat berpartisipasi secara aktif karena sudah mengetahui detail kegiatan yang akan dilaksanakan, pasti semuanya berjalan dengan lancar dan sukses. Tidak ada hambatan yang berarti karena semuanya saling mendukung.

Tujuan di atas wajib Anda pahami dengan sungguh-sungguh sebelum mengetahui contoh proposal kegiatan 17 Agustus di masyarakat. Jadi, jika suatu saat mendapatkan pertanyaan kenapa harus repot-repot pakai proposal, maka Anda sudah tahu jawabannya.

Bagaimana Sih Cara Membuat Proposal 17 Agustus yang Benar?

Secara sekilas, membuat proposal memang sangat mudah. Namun ternyata, ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan agar maksud yang ada bisa tersampaikan dengan baik. Begini loh cara membuat proposal 17 Agustus:

1. Cover Harus Rapi dan Jelas

Cover-Harus-Rapi-dan-Jelas

Langkah pertama, cover sebagai halaman depan harus terlihat rapi dan jelas. Rapi yang dimaksud adalah tidak kotor, tidak ada penulisan huruf atau kalimat yang salah serta jelas, yaitu mencakup keseluruhan isi dari proposal tersebut.

Pada halaman depan, Anda juga harus memperhatikan kepenulisannya dengan benar. Contoh yang salah adalah Peringatan Ulang Tahun RI ke-75, padahal umur RI tidak hanya sampai 75 tahun saja. Lalu bagaimana yang benar? Yaitu Peringatan Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia.

2. Maksud dan Tujuan Harus Rinci

Maksud-dan-Tujuan-Harus-Rinci

Nah selain tujuan yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, Anda juga harus menyebutkan secara rinci tujuan real dari proposal tersebut. Sampaikan dengan bahasa yang jelas, mudah dipahami dan maksudnya bisa tersampaikan.

3. Mencantumkan Kebutuhan Biaya

Mencantumkan-Kebutuhan-Biaya

Pada kenyataannya, proposal juga digunakan untuk mencari tambahan biaya di luar anggaran yang sudah disiapkan. Hal ini dilakukan karena pasti ada kebutuhan yang tidak terduga, seperti penambahan hadiah lomba atau yang lainnya.

Pun untuk membuat donatur bisa mempertimbangkan besaran biaya yang harus dikeluarkannya untuk membantu jalannya kegiatan.

4. Transparansi Panitia

Transparansi-Panitia

Nah proposal kegiatan juga harus mencantumkan susunan panitia mulai dari ketua hingga anggota. Tujuannya agar jelas siapa yang akan dimintai pertanggungjawaban apabila suatu saat terjadi masalah atau yang dihubungi ketika ada donatur yang ingin memberikan tambahan biaya.

Nah sampai sini jelas kan bagaimana caranya membuat proposal yang baik dan benar? Sekarang sudah waktunya Anda mengetahui contoh proposal kegiatan 17 Agustus di masyarakat.

Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus di Masyarakat Terbaru 2021

Daripada Anda sibuk berangan-angan bagaimana bentuk proposal kegiatan 17 Agustus, yuk langsung lihat contohnya di bawah ini:

1. Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus di masyarakat yang Diselenggarakan Karang Taruna

Contoh-Proposal-Kegiatan-17-Agustus-di-masyarakat-yang-Diselenggarakan-Karang-Taruna

PROPOSAL PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-75

REPUBLIK INDONESIA

KARANG TARUNA MAJU JAYA

 

Latar Belakang

17 Agustus tahun 1945 adalah hari bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada waktu itu, proklamator Soekarno Hatta menyampaikan bahwasanya Indonesia telah menyatakan kemerdekaannya. Hasil tersebut tidak didapat dari bersenang-senang, melainkan pertumpahan darah para pahlawan yang telah gugur mendahului. Peperangan, kelaparan, kesakitan telah dirasakan oleh pejuang terdahulu. Kini masyarakat tinggal memetik hasilnya dan merasakan kebebasan, terlebih di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini.

Rakyat yang baik adalah rakyat yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya. Semangat inilah yang membuat Karang Taruna Maju Jaya membuat kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia dengan tujuan memperingati semangat para pahlawan dan turut merayakan sukacita tanggal 17 Agustus 1945 kala itu.

Landasan Kegiatan

Karang Taruna Majujaya membuat proposal ini bukan tanpa landasan, melainkan mengacu pada UUD 1945 yang mengatur bersosial di masyarakat. Pancasila luhur yang mengutamakan kesatuan dan persatuan. Program tahunan Karang Taruna Maju Jaya yang secara khusus membahas tentang perayaan kegiatan 17 Agustus beserta anggaran dasarnya.

Nama dan Tema Kegiatan

Tema dari kegiatan ini adalah “Indahnya Menjaga Kesatuan NKRI Tercinta” dengan nama kegiatan “Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia.

Tujuan

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Memupuk persatuan antar semua warga, khususnya anggota Karang Taruna.
  2. Memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang sukacita.
  3. Meneladani sikap para pahlawan yang tak kenal lelah menggapai kemenangan.
  4. Meningkatkan semangat juang untuk membangun Indonesia lebih baik lagi.
  5. Meningkatkan sportifitas semua kalangan.
  6. Mempererat tali persaudaraan yang sudah terjalin.

Bentuk Kegiatan

Kegiatan yang dilaksanakan dibagi menjadi beberapa acara, yaitu”

  1. Lomba Ibu-Ibu
  • Balap sarung.
  • Sepak bola sarung dan kertas kerucut.
  • Makan kerupuk.
  • Mencari koin di dalam tepung.
  • Tebak benda berhadiah.
  1. Lomba Anak-Anak
  • Balap kelereng.
  • Pecah balon.
  • Makan kerupuk.
  • Mengambil koin dalam jeruk yang sudah diolesi minyak.
  • Pecah air.
  • Tuang air ke dalam bak secara bersinggungan (group).
  • Sepak bola daster (group).
  • Bakiak (group).
  1. Lomba Umum
  • Balap egrang.
  • Lomba joget.
  • Merias wajah dengan mata tertutup.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2020 pukul 08.00-selesai di halaman depan Balai Desa Maju Jaya.

Susunan Panitia Pelaksana

Berikut ini susunan panitia kegiatan 17 Agustus Karang Taruna Maju Jaya:

  • Ketua : …………………..
  • Wakil ketua : …………………..
  • Sekretaris : …………………..
  • Bendahara : …………………..
  • Seksi Acara : …………………..
  • Seksi Konsumsi : …………………..
  • Seksi Perlengkapan : …………………..
  • Seksi Keamanan : …………………..

Estimasi Biaya

Rancangan dan Anggaran Biaya (RAB):

No Nama barang Jumlah Harga Satuan Total
1. Bola 5  buah Rp. 6.000 Rp. 30.000
2. Kerupuk 30 buah Rp. 1.000 Rp. 30.000
3. Tepung terigu 2 kg Rp. 8.000 Rp. 16.000
4. Kelereng 20 buah Rp. 500 Rp. 10.000
5. Balon 20  buah Rp. 1.000 Rp. 20.000
6. Jeruk 5 buah Rp. 6.000 Rp. 30.000
7. Plastik 5 pack Rp. 5.000 Rp. 25.000
8. Bak air 4 buah Rp. 10.000 Rp. 40.000
9. Baskom 5 buah Rp. 2.000 Rp. 10.000
10. Riasan wajah 4 set Rp. 50.000 Rp. 200.000
11. Air kemasan 3 dus Rp. 25.000 Rp. 75.000
12. Snack dan makanan ringan Rp. 50.000
13. Hadiah Rp. 500.000
Total Rp. 961.000

Peserta Kegiatan

Peserta kegiatan adalah seluruh warga Kelurahan Maju Jaya, baik anak-anak, perempuan, laki-laki, ibu-ibu dan  bapak-bapak.

Penutup

Demikian proposal ini dibuat agar bisa dijadikan bahan pertimbangan. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

……………………. 10 Juli 2020

Ketua Panitia                        Ketua Karang Taruna

 

………………                                   …………………..

2. Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus di masyarakat Tingkat RT/RW

 Contoh-Proposal-Kegiatan-17-Agustus-di-masyarakat-Tingkat-RT-RW

PROPOSAL PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-75

REPUBLIK INDONESIA

RT 08 RW 02 KELURAHAN SUKAMAJU

 

Latar Belakang

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, inilah yang tertulis dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang tidak boleh diubah oleh siapapun. Pada tanggal 17 Agustus 1945, rakyat Indonesia mengumandangkan proklamasi yang membawa perubahan besar hingga saat ini.

Filosofi kemerdekaan tidak hanya dimulai pada saat itu saja melainkan hingga saat ini walaupun perkembangan teknologi modern sudah sangat canggih. Kesenjangan antar generasi berpotensi untuk mengikis persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Oleh karena itu,, warga RT 08 RW 02 berniat akan menyelenggarakan kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia.

Landasan Kegiatan

Warga RT 08 RW 02 Sukamaju membuat proposal ini bukan tanpa landasan, melainkan mengacu pada UUD 1945 yang mengatur cara bersosial di masyarakat. Pancasila luhur yang mengutamakan kesatuan dan persatuan. Program tahunan warga RT 08 RW 02 yang secara khusus membahas tentang perayaan kegiatan 17 Agustus beserta anggaran dasar rumah tangga.

Nama dan Tema Kegiatan

Tema dari kegiatan ini adalah “Indonesia maju, rakyat sejahtera” dengan nama “Peringatan HUT Ke-75 Republik Indonesia”.

Tujuan

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah:

  1. Memupuk persatuan dan kesatuan warga RT 08 RW 02.
  2. Meningkatkan semangat juang agar Indonesia lebih baik dari sebelumnya.
  3. Menumbuhkan minat masyarakat akan sejarah Indonesia dan para pahlawan.
  4. Menjadi manusia yang tangguh dan senantiasa berjuang untuk sekitarnya.

Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan ini dibagi menjadi dua, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pemutaran Film Kemerdekaan
  • Kartini untuk perempuan (ibu-ibu, remaja dan orang dewasa) pada pukul 08.00-10.00.
  • Darah Garuda untuk anak-anak yaitu Pukul 10.00-12.00.
  • Guru Bangsa Tjokroaminoto untuk pemuda, bapak-bapak pada pukul 13.00-14.00
  1. Perlombaan
  • Anak-Anak
  1. Lomba kelereng.
  2. Lomba menyanyi.
  3. Lomba pidato.
  4. Lomba sepak bola kerucut.
  5. Lomba tarik tambang.
  • Pemuda/Bapak-Bapak
  1. Lomba sepak bola sarung.
  2. Lomba pindah air (group).
  3. Lomba tarik tambang.
  4. Lomba cari koin dalam tepung.
  • Ibu-Ibu/Pemudi
  1. Lomba joget.
  2. Lomba menyanyi.
  3. Lomba merias wajah dengan mata tertutup.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2020 pukul 08.00-selesai di halaman depan Ketua RT 08 RW 02 Kelurahan Sukamaju.

Susunan Panitia Pelaksana

Berikut ini susunan panitia kegiatan 17 Agustus Karang Taruna Maju Jaya:

  • Ketua : …………………..
  • Wakil ketua : …………………..
  • Sekretaris : …………………..
  • Bendahara : …………………..
  • Seksi Acara : …………………..
  • Seksi Konsumsi : …………………..
  • Seksi Perlengkapan : …………………..
  • Seksi Keamanan : …………………..

Estimasi Biaya

No Nama barang Jumlah Harga Satuan Total
1. Bola 5  buah Rp. 6.000 Rp. 30.000
2. Kerupuk 30 buah Rp. 1.000 Rp. 30.000
3. Tepung terigu 2 kg Rp. 8.000 Rp. 16.000
4. Kelereng 20 buah Rp. 500 Rp. 10.000
8. Bak air 4 buah Rp. 10.000 Rp. 40.000
9. Baskom 5 buah Rp. 2.000 Rp. 10.000
10. Riasan wajah 4 set Rp. 50.000 Rp. 200.000
11. Air kemasan 3 dus Rp. 25.000 Rp. 75.000
12. Snack dan makanan ringan Rp. 50.000
13. Hadiah Rp. 500.000
14. Sewa LCD 1 buah Rp. 150.000 Rp. 150.000
15. Tali 1 buah Rp. 50.000 Rp. 50.000
16. Sewa Sound System 1 buah Rp. 200.000 Rp. 200.000
17. Sewa Microphone 1 buah Rp. 50.000 Rp. 50.000
Total Rp. 1.411.000

 Peserta Kegiatan

Peserta kegiatan adalah seluruh warga RT 0 RW 02 Kelurahan Sukamaju, baik anak-anak, perempuan, laki-laki, ibu-ibu dan  bapak-bapak.

Penutup

Demikian proposal ini dibuat agar bisa dijadikan bahan pertimbangan. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

……………………. 10 Juli 2020

Ketua Panitia                                  Ketua RT 08 RW 02

 

………………                                            …………………..

3. Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus di masyarakat tingkat Kampus

Contoh-Proposal-Kegiatan-17-Agustus-di-masyarakat-tingkat-Kampus

PROPOSAL PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-75

REPUBLIK INDONESIA

UNIVERSITAS TARUMAJAYA

Latar Belakang

Mahasiswa adalah agent of change, yang artinya adalah penggerak perubahan dalam masyarakat. Kemampuan menggerakan masyarakat tidak didapatkan begitu saja, melainkan kerja keras dan latihan. Salah satunya adalah melalui sarana peringatan kemerdekaan yang melibatkan beberapa pihak agar turut berpartisipasi.

Hal itulah yang melandasi Mahasiswa Tarumajaya untuk mengadakan kegiatan peringatan hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia yang akan diadakan di kampus tercinta. Landasan, yema, tujuan, bentuk, waktu, tempat dan estimasi biaya akan dijelaskan lebih detail.

Landasan Kegiatan

Perwakilan Mahasiswa Universitas Tarumajaya membuat proposal ini bukan tanpa landasan, melainkan mengacu pada UUD 1945 yang mengatur cara bersosial di masyarakat. Pancasila luhur yang mengutamakan kesatuan dan persatuan. Program tahunan Perwakilan Mahasiswa Universitas Tarumajaya yang secara khusus membahas tentang perayaan kegiatan 17 Agustus beserta anggaran dasar rumah tangga.

Nama dan Tema Kegiatan

Tema dari kegiatan ini adalah “Indahnya Menjaga Kesatuan NKRI Tercinta” dengan nama kegiatan “Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia.

Tujuan

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Memupuk persatuan antar semua warga, khususnya mahasiswa Universitas Tarumajaya.
  2. Memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang sukacita.
  3. Meneladani sikap para pahlawan yang tak kenal lelah menggapai kemenangan.
  4. Meningkatkan semangat juang untuk membangun Indonesia lebih baik lagi.
  5. Meningkatkan sportifitas semua kalangan.
  6. Mempererat tali persaudaraan yang sudah terjalin.

Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan ini dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Seni Teater Kemerdekaan

Seni teater kemerdekaan akan dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Tarumajaya yang sudah ditunjuk. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2020 pukul 08.00-10.00

  1. Perlombaan
  • Mahasiswa Perempuan
  1. Lomba kelereng.
  2. Lomba menyanyi.
  3. Lomba pidato.
  4. Lomba sepak bola kerucut.
  5. Lomba tarik tambang.
  6. Karya Tulis Ilmiah (KTI) bertemakan kemerdekaan.
  • Dosen Laki-Laki
  1. Lomba sepak bola sarung.
  2. Lomba pindah air (group).
  3. Lomba tarik tambang.
  4. Lomba cari koin dalam tepung.
  5. Film dokumenter bertemakan kemerdekaan.
  • Dosen Perempuan
  1. Lomba joget.
  2. Lomba menyanyi.
  3. Lomba merias wajah dengan mata tertutup.
  4. Lomba fashion show batik/ baju adat.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2020 pukul 08.00-selesai di halaman depan Ketua Himpunan Eksekutif Mahasiswa Universitas Tarumajaya.

Susunan Panitia Pelaksana

Berikut ini susunan panitia kegiatan 17 Agustus Karang Taruna Maju Jaya:

  • Ketua : …………………..
  • Wakil ketua : …………………..
  • Sekretaris : …………………..
  • Bendahara : …………………..
  • Seksi Acara : …………………..
  • Seksi Konsumsi : …………………..
  • Seksi Perlengkapan : …………………..
  • Seksi Keamanan : …………………..

Estimasi Biaya

No Nama barang Jumlah Harga Satuan Total
1. Bola 5  buah Rp. 6.000 Rp. 30.000
2. Kerupuk 30 buah Rp. 1.000 Rp. 30.000
3. Tepung terigu 2 kg Rp. 8.000 Rp. 16.000
4. Kelereng 20 buah Rp. 500 Rp. 10.000
8. Bak air 4 buah Rp. 10.000 Rp. 40.000
9. Baskom 5 buah Rp. 2.000 Rp. 10.000
10. Riasan wajah 4 set Rp. 50.000 Rp. 200.000
11. Air kemasan 3 dus Rp. 25.000 Rp. 75.000
12. Snack dan makanan ringan Rp. 50.000
13. Hadiah Rp. 500.000
14. Sewa LCD 1 buah Rp. 150.000 Rp. 150.000
15. Tali 1 buah Rp. 50.000 Rp. 50.000
16. Sewa Sound System 1 buah Rp. 200.000 Rp. 200.000
17. Sewa Microphone 1 buah Rp. 50.000 Rp. 50.000
Total Rp. 1.411.000

Peserta Kegiatan

Peserta kegiatan adalah seluruh pengajar, mahasiswa dan civitas akademika Universitas Tarumajaya.

Penutup

Demikian proposal ini dibuat agar bisa dijadikan bahan pertimbangan. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

……………………. 10 Juli 2020

Ketua Panitia                       Ketua Perwakilan Mahasiswa

 

………………                                       …………………..

Sekarang apakah Anda sudah mempunyai pandangan untuk membuat contoh proposal kegiatan 17 Agustus di masyarakat dalam berbagai tingkatan? Jika sudah segera buat sekarang dan rayakan kemerdekaan dengan penuh sukacita dan meneladani sikap para pahlawan.

 

Referensi :

  1. journal-litbang-rekarta.co.id
  2. rsup-drsitanala.co.id
  3. Domino RP
  4. Aplikasi Sadap WA
  5. mangaku pro
  6. nekopoi
  7. mangaku pro
  8. gratisoe tv

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan