Database adalah

Diposting pada

Di suatu perusahaan ataupun organisasi pastilah mempunyai teknologi yang mempunyai peranan penting untuk pencapaian tujuan dari perusahaan atau organisasi tersebut. Semakin jauhnya era modernisasi teknologi yang di pakai oleh perusahaan atau organisasi haruslah dapat di andalkan agar dapat bertahan dari para pesaingnya.

Database-adalah

Teknologi yang di pakai biasanya berupa teknologi yang dapat memproses data mentah menjadi informasi yang berguna, yang di maksud di sini adalah suatu sistem pengolah basis data (Database). Database ini sangat berguna seperti misalnya di suatu perusahaan dapat di gunakan oleh kasir untuk mencari jumlah ataupun harga barang yang nantinya akan di jual.


Contoh transaksi yang membutuhkan database antara lain seperti transaksi pemesanan tiket, sebuah transaksi perbankan, aplikasi pencatat pajak, dan masih banyak lagi yang dapat kita temukan.


Pengertian Database

Database (basis data) adalah kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file yang lain sehingga membentuk data untuk menginformasikan satu perusahaan dan instansi. Bila terdapat file yang tidak dapat dipadukan atau dihubungkan dengan file yang lainnya, berarti file tersebut bukanlah kelompok dari satu database, melainkan membentuk satu database sendiri. Database juga merupakan landasan bagi pembuatan dan pengembangan program aplikasi. Oleh sebab itu, database harus dibuat sedemikian rupa sehingga pembuatan program lebih mudah dan cepat.


Database adalah salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Database terdiri dari data yang akan digunakan atau diperuntukkan terhadap banyak user, dari masing-masing user akan menggunakan data tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya.


Pengertian Database Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian database menurut para ahli, terdiri atas:

  • S. Attre mengungkapkan bahwa database merupakan kumpulan data yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain dengan penggunaan yang beragam.
  • Gordon C. Everest, database merupakan kumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi dan terdefinisi dengan formal melalui suatu pengorganisasian.
  • Toni Fabbri, menyatakan bahwa database adalah sebuah sistem file terintegrasi yang memiliki setidaknya satu primary key sebagai pengulangan.
  • C. J. Date, database ialah data operasional yang digunakan oleh system aplikasi dari sebuah pengorganisasian.

Ciri-Ciri Database

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri database, terdiri atas:

  1. Sistem yang dapat menyimpan data ke dalam floppy disk atau
  2. Sistem yang menganut pengolahan data untuk ditambah, diubah, atau dihapus dengan mudah dan terkontrol.
  3. Data terpisah dari program.

Tujuan Database

Berikut ini terdapat beberapa tujuan database, terdiri atas:

  • Membuat agar user mudah mendapatkan data.
  • Menyediakan tempat penyimpanan data yang relevan.
  • Menghapus data yang berlebihan.
  • Melindungi data dari kerusakan fisik.
  • Memungkinkan perkembangan lebih lanjut di dalam sistem database.

Komponen Utama Database

Komponen database adalah terdiri atas:


  1. Perangkat Keras (Hardware)

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.


  1. Sistem Operasi (Operating System)

Yakni merupakan perangkat lunak yang memfungsikan, mengendalikan seluruh sumber daya dan melakukan operasi dasar dalam sistem komputer. Harus sesuai dengan DBMS yang digunakan.


  1. Basis Data (Database)

Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.


  1. Sistem (Aplikasi/Perangkat Lunak) Pengelola Bisnis Data (DBMS)

Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola basis data. Contoh kelas sederhana:  dBase, Foxbase, Rbase,  MS. Access, MS. Foxpro, Borland Paradox. Contoh kelas kompleks: Borland-Interbase, MS. SQL Server, Oracle, Informix, Sybase.


  1. Pemakai (User)

Pengguna software.


  1. Aplikasi (perangkat lunak) lain

Perangkat lunak pelengkap yang mendukung.


Struktur Database

Struktur database adalah terdiri atas:


  • Data:Sekumpulan fakta mengenai objek tertentu, orang dan lain-lain yang dinyatakan dengan angka, huruf, gambar, film, suara dan sebagainya yang relevan dan belum mempunyai arti.
  • Informasi:Hasil pengolahan data yang konkrit dan sudah mempunyai arti untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Tabel:Merupakan hal yang paling mendasar dalam hal penyimpanan data yang terdiri dari field dan record.
  • Entititas : Orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam.
  • Field (kolom):Merupakan elemen dari tabel yang berisikan informasi tertentu yang spesifik tentang subjudul tabel pada sebuah item data.

Syarat-syarat pembentukan Field Name pada tabel:

  1. Harus Unik atau Spesifik
  2. Boleh disingkat
  3. Pemisah sebagai pengganti spasi dalam pembentuk field adalah tanda lambang “_”

Contoh: Kode Barang menjadi KdBarang, KodeBrg, Kd_Brg, Kd_Barang.

  • Record (baris):Sekumpulan data yang saling berkaitan tentang sebuah subjek tertentu, misalnya data seorang siswa akan disimpan dalam record yang terdiri dari beberapa kolom / field.
  • Data Value : Merupakan data aktual atau infomasi yang disimpan ditiap data elemen. Isi atribut disebut nilai data.
  • Kunci Elemen Data ( Key Data Element ) : Tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas. Contoh Entitas Mahasiswa yang mempunyai atribut-atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir menggunakan Kunci Elemen Data npm.

Manfaat Database

Adapun manfaat database adalah:

  1. Sebagai komponen utama atau penting dalam system  informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi.
  2. Menentukan kualitas informasi yaitu cepat, akurat, dan  relevan, sehingga informasi yang disajikan tidak basi. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkanya.
  3. Mengatasi kerangkapan data (redundancy data).
  4. Menghindari terjadinya inkonsistensi data.
  5. Mengatasi kesulitan dalam mengakses data.
  6. Menyusun format yang standar dari sebuah data.
  7. Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user). Sebuah database bisa dimanfaatkan sekaligus secara bersama oleh banyak pengguna (multiuser).
  8. Melakukan perlindungan dan pengamanan data. Setiap data hanya bisa diakses atau dimanipulasi oleh pihak yang diberi otoritas (kekuasaan) dengan memberikan  login dan password terhadap masing-masing data.
  9. Agar pemakai mampu menyusun suatu pandangan (view) abstraksi dari data. Hal ini bertujuan menyederhanakan interaksi antara pengguna dengan sistemnya dan database dapat mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para pengguna, programmer dan administratornya.

Kelebihan Database

Adapun kelebihan database adalah:


  • Mempercepat Dan Mempermudah

Database mempunyai beberapa keunggulan yang di antaranya memiliki kemampuan untuk dapat menyeleksi data untuk di jadikan suatu kelompok yang berurut secara cepat. Maka dari itu data yang berisi informasi dapat dengan cepat di hasilkan. Kecepatan pemprosesan datanya tergantung dari perancangan sebuah databasenya.


  • Dapat Di Pakai Bersama-Sama

Umumnya suatu database dapat dipergunakan oleh siapa saja pada suatu organisasi atau perusahaan. Dan di ambil contoh suatu database mahasiswa yang ada di dalam salah satu perguruan tinggi memerlukan beberapa bagian, misalnya ada bagian admin, ada bagian keuangan sendiri, dan bagian tentang akademik. Dari semua itu nantinya akan memerlukan satu database saja dan dapat di simpan di server pusat. Dan nantinya semua aplikasi dari bagian itu dapat terhubung ke database mahasiswa.


  • Kontrol Datanya Terpusat

Ini masih berkaitan dengan manfaat yang ke dua tadi, walaupun pada suatuorganisasi atau perusahaan mempunyai banyak bagian akan tetapi database yang di perlukan hanya satu saja. Dan inilah yang mempermudah dalam pengontrolan data-datanya, seperti misalnya ketika kita ingin melakukan update data tidak perlu memerlukan banyak perubahan hanya perlu merubah database yang ada di server pusat saja.


  • Penghematan Dalam Pembiayaan Perangkat

Karena database memoliki sistem yang terpusat maka masing-masing bagian atau para divisinya tidak memerlukan suatu perangkat untuk menyimpan database karena database terhubung maka hanya membutuhkan satu yang di simpan pad server pusat. Dan di karenakan database yang di simpan pada server hanya satu jadi hanya memerlukan sedikit biaya untuk pembelian perangkatnya.


  • Menjamin Keamanan Datanya

Di semua aplikasi manajemen database mempunyai fasilitas manajemen pengguna. Di manajemen pengguna ini dapat memberi hak akses berbeda dan dapat di sesuaikan dengan posisi ataupun kepentingan yang di miliki si pengguna. Dan juga data yang tersimpan di dalam database meminta password untuk dapat masuk dan mengaksesnya.


  • Mempermudah Dalam Pembuatan Sebuah Aplikasi Baru

Database di rancang dengan sangat baik dan sesempurna mungkin sehingga mempunyai fitur untuk dapat menambah aplikasi baru dan tidak perlu untuk mengubah struktur yang ada. Dan si programer cukup dengan membuat dan mengatur aplikasinya saja.


Contoh Database

Contoh-Database


Demikianlah pembahasan mengenai Database adalah – Ciri, Tujuan, Komponen, Struktur, Manfaat, Kelebihan dan Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.


Baca Juga :

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan