Efektif adalah

Efektif adalah

Efektif adalah – Pengertian Menurut Para Ahli, dan Contoh – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Efektif yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli dan contoh, untuk lebih memahami dan mengerti simak ulasan dibawah ini.

Efektif adalah

Pengertian Efektif

Efektif adalah pencapaian hasil yang sesuai dengan tujuan seperti yang telah ditetapkan.


Pengertian Efektif Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian efektif menurut para ahli, diantaranya adalah:


1. Menurut Sondang P. Siagian (2001 : 24)

Efektif adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Kalimat Efektif – Pengertian, Syarat, Ciri, Unsur, Contoh & Pernyataannya


Efektivitas menunjukan keberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan. Jika hasil kegiatan semakin mendekati sasaran, berarti makin tinggi efektivitasnya.


2. Menurut Abdurahmat (2003:92)

Efektif adalah pemanpaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.


3. Menurut Hidayat (1986)

Efektif adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas,kualitas dan waktu) telah tercapai. Dimana makin besar presentase target yang dicapai, makin tinggi efektifitasnya.


4. Menurut Schemerhon John R. Jr. (1986:35)

Efektif adalah pencapaian target output yang diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya (OA) dengan output realisasi atau sesungguhnya (OS), jika (OA) > (OS) disebut efektif.


5. Menurut Prasetyo Budi Saksono (1984)

Efektif adalah seberapa besar tingkat kelekatan output yang dicapai dengan output yang diharapkan dari sejumlah input.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Efektivitas Adalah


6. Menurut Mardiasmo (2009:132)

Efektif adalah hubungan antara keluaran dengan tujuan atau sasaran yang harus dicapai. Kegiatan operasional dikatan efektif apabila kegiatan mencapai tujuan dan sasaran akhir kebijakan (spending wisely).


Perbedaan Efektif dan Efisien

Berikut ini terdapat beberapa perbedaan efektif dan efisien, diantaranya adalah:

NoEfektif Efisien
1.Melakukan sesuatu yang sesuai dengan apa yang diinginkanBekerja menggunakan sumber daya dan energi yang sesuai tanpa pemborosan.
2.Melakukan sesuatu yang benar (do the right thing)Melakukan sesuatu dengan benar (do the thing right)
3.Tepat sasaranTepat guna

Cara Agar Bisa Bekerja Efektif

Berikut ini terdapat beberapa cara agar bisa bekerja efektif, diantaranya adalah:

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Contoh Karangan Eksposisi


1. Membagi Waktu dan Jadwal

Maksud dari membagi waktu dan jadwal ini adalah untuk mengingatkan suatu pekerjaan yang hendak anda jalankan setiap hari, sebaiknya anda harus membagi waktu dan jadwal anda secara efektif.


2. Memikirkan dan Backup File

Seseorang tentu sudah mendapati lupa saat mengingat-ingat suatu barang itu ditaruh dimana, seperti halnya anda lupa dimana menyimpan file untuk rapat, sedangkan untuk mencarinya anda memerlukan waktu banyak.


Untuk itu, hendaknya anda harus memikirkan dan harus membackup semua file yang penting agar tidak lupa meletakkan dimana.


3. Menghindari Semua Gangguan

Apabila anda sedang berada diruang rapat, maka ada baiknya anda menghindari untuk mengecek pesan dan menerima panggilan bahkan kalau perlu anda harus mematikan ponsel terlebih dahulu supaya anda tetap fokus pada pertemuan rapat yang penting tersebut dan pekerjaan anda bisa menyelesaikannya dengan baik.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Manajemen Sumber Daya Manusia


Contoh Efektif

Berikut ini terdapat beberapa contoh efektif, diantaranya adalah:

  • Seorang karyawan customer service diharapkan dapat melayani 10 pelanggan setiap harinya. Pada kenyataannya karyawan tersebut dapat melayani 11 pelanggan per hari maka karyawan tersebut dianggap memiliki efektivitas yang baik.
  • Seorang manajer membawahi 20 orang pegawai dan harus membagi tugas/pekerjaan masing-masing pegawai tersebut. Pada kenyataannya manajer tersebut tidak menentukan orang terbaik disuatu posisi, maka manajer tersebut dianggap tidak memiliki efektivitas yang baik.
  • Sebuah mesin foto copy melayani 20 orang pegawai dan diharapkan dapat mengcopy 500 kertas per hari. Pada kenyataannya mesin foto copy tersebut dapat mengcopy lebih dari 500 kertas per hari, maka mesin tersebut dianggap efektif.

Demikianlah pembahasan mengenai Efektif adalah – Pengertian Menurut Para Ahli, dan Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Send this to a friend