File Adalah

Diposting pada

Pengertian File

File Adalah – Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Membuat Dan Contoh – File adalah kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program, atau definisi file ialah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer.


Dikutip dari wikipedia bahwa pengertian file adalah suatu identitas dari data yang disimpan di dalam sistem berkas yang dapat diakses dan diatur oleh pengguna. Sebuah berkas atau file mempunyai nama yang unik dalam suatu direktori atau folder dimana file itu berada.

file-adalah
file-adalah

Setiap software atau program pastilah memiliki jenis atau tipe file tersendiri. Sebagai contoh, misalnya program Photoshop secara default filenya berjenis PSD, MS PowerPoint berjenis PPT, MS Word berjenis DOC, dan lain sebagainya. Format atau jenis file pada program-program tersebut umumnya dikembangkan oleh perusahaan yang menciptakan program yang bersangkutan. Meskipun tidak bisa digeneralisasi, namun jenis file yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan penghasil software umumnya bertujuan untuk memberikan identitas pada dokumen yang dihasilkan atas penggunaan software tersebut.


Keragaman jenis file berpengaruh pada keragaman program yang digunakan untuk membuka atau mengakses jenis file tersebut. Jenis file tertentu umumnya hanya bisa dibuka menggunakan program yang menghasilkan jenis file itu. Namun kini hal tersebut tidaklah berlaku mutlak, karena telah banyak bereddar program yang dapat digunakan untuk membuka atau mengakses file dengan jenis tertentu. Misalnya jenis file ZIP atau RAR yang awalnya hanya bisa dibuka dengan program penghasil jenis file tersebut, kini dapat diakses melalui program lain seperti 7Zip dan lain sebagainya.


Baca Juga: “Folder” Pengertian & ( Fungsi – Cara Membuat )


Selain format, ada pula yang disebut dengan file extension. Sebagaian orang, mungkin juga termasuk anda beraanggapan bahwa antara format file dengan file extension memiliki pengertian yang sama. Secara sekilas memang format file tidak jauh berbeda dengan file extension, terutama dalam hal penyebutan nama jenis file.

Namun, jika ditelisik secara lebih mendalam, format file berbeda dengan file extension. File extension umumnya terdiri atas tiga atau lebih karakter yang ditempatkan pada akhir nama sebuah file. Adapun fungsi file extension, yaitu membantu mempermudah sistem operasi komputer untuk mengidentifikasi informasi data yang terdapat dalam file beserta dengan aplikasi atau program yang terkait dengan file tersebut.


Format file cenderung mengarah pada nama jenis file, sedangkan file extension merupakan salah satu metode untuk mengidentifikasi jenis file. Secara lebih jauh, format file umumnya dituliskan dalam huruf kapital, sedangkan file extension dituliskan dalam huruf kecil yang mengikuti nama file. Sebagai contoh, misalnya untuk jenis file video salah satu formatnya adalah flv sehingga sering kali ditulis file FLV. Sementara untuk menunjukkan extension untuk format file tersebut adalah .flv. Dari sini jelas bahwa format file dengan extension file memiliki perbedaan pada cara penulisannya. Meskipun demikian, file extension biasanya terdiri atas karakter yang sama dengan format file.


Pengertian File pada Teknologi Komputer

File di komputer pada umumnya disimpan di dalam suatu folder tertentu tergantung si pemilik komputer tersebut ingin dimana ia menyimpannya, setiap file memiliki ekstensi masing-masing tergantung jenis file itu sendiri. Ekstensi file ialah sebagai tanda yang membedakan jenis-jenis dari file.


Banyaknya program atau software yang beredar berpengaruh pada jenis file yang semakin beragam, Berkenaan dengan hal tersebut, kami mandalamaya.com akan berusaha untuk memberikan informasi mengenai jenis-jenis file yang sudah banyak dikenal oleh pengguna komputer.


Selain itu kami akan menjelaskan bagaimana kita membuka suatu file yang bertipe tertentu. Hal tersebut tentunya akan sangat berguna mengingat kita sering menemukan file yang tidak langsung dapat dibuka menggunakan program yang ada pada komputer. Demikianlah artikel kami tentang pengertian file pada teknologi komputer, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat.


Baca Juga: 20 Contoh Dan Pengertian Sistem Operasi Jaringan


Pengertian File Menurut Para Ahli

Pengertian file menurut beberapa ahli, bisa di simak berikut ini:

  • Menurut Hendrayudi

File ialah data-data yang tersimpan dalam media yang mempunyai informasi besar file, tanggal & jam penyimpanan file, nama file, ciri file “ciri aplikasi yang membuat” & attribut file”.

  • Menurut Rachmad Hakim S.

File merupakan dokumen yang mengandung informasi tertentu & dapat dibuka dengan program.

  • Menurut Sindhunata

File ialah kumpulan catatan atau arsip.

  • Menurut Mcleod (PEARSON)

File ialah koleksi record yang saling berhubungan seperti satu file dari seluruh record yang berisi field kode-kode mata kuliah dan namanya.

  • Menurut Edi S. Mulyanta

File merupakan urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital untuk urusan penyimpanan & pertukaran data.


Baca Juga: 10 Fungsi & Manfaat Serta Kategori Sistem Operasi


Perbedaan antara File dan Folder

Pada umumntya file terdiri dari 2 bagian :

  1. Nama file yaitu nama yang kita berikan untuk mengenali file.
  2. Extension file yaitu sebuah kode yang terdiri dari beberapa huruf yang sengaja di berikan secara otomatis oleh program pembuatnya.

Sebagai contoh sebuah file dengan nama” Surat.doc “.


Dalam hal ini “ Surat “ adalah nama file tersebut, sedangkan “ doc “ adalah Extension file yang di berikan oleh pembuatnya.

Berbeda dengan file, folder tidak mempunyai extension. Sehingga folder hanyah terdiri dari nama folder saja. Di dalam sebuah folder kita dapat membuat folder-folder tambahan yang di sebut Sub folder. Folder induk di sebut juga dengan Parent folder dan Sub folder di sebut Child folder.


Biasanya Sub folder dibuat untuk memilah file-file kebeberapa bagian menurut jenis, macam, fungsi dan lain sebagainya. Bila kita langsung meenekan Enter tanpa mengetik senuah nama untuk sub folder baru tersebut maka computer akan secara otomatis memberi nama sub folder baru tersebut dengan nama New folder, New folder 1, New foler 2 dan seterusnya.


Baca Juga: Pengertian Dan Sejarah Teknologi Informasi


  • Menampilkan extension file

Ketika kita sedang mengakses salah satu folder yang berisi berbagai macam jenis file dalam jumlah yang cukup banyak, tentu ini akan sangat merepotkan ketika hendak memeilah-milahnya kedalam beberapa sub folder, jika extension filenya tidak tertampilkan. Sebab program screen reader akan membacakan nama-nama file dan nama-nama folder yang ada. Oleh karena itu perlu bagi kita untuk menampilkan extension file untuk memudahkan pekerjaan kita tersebut.


  • Cara menampilkan Extension

Cara untuk menapilkan Extension file adalah sebagai berikut :

Tekan Alt + T + O untuk dialog “folder options” kemudian tekan control + tab untuk menuju “view” page lalu tekan tab beberapakali sampai ke “Advanced Settings”, disini computer akan mengatakan “ three one, the view” kemudian gunakan panah bawah dan cari “Hide Extension For Know File Type”, setelah ketemu lihat settingnya apakah dalam posisi “ON” atau dalam posisi “OFF” jika settingan dalam posisi “ON” maka tekan tombol space untuk mengubahnya menjadi “OFF” lalu tekan Tab beberapa kali sampai ke “OK” dan tekan Enter.


Setelah melalui langkah-langkah di atas maka file Extension yang sebelumnya tak terlihat akan muncul dibelakang setiap nama file yang ada. Namun jika ada beberapa nama yang tertampil tidak mempunyai Extension file berarti nama tersebut adalah nama-nama sub folder yang bercampur di folder tersebut.


Baca Juga: HTTP Adalah


Contoh Dan Jenis File Serta Ekstensinya

Berikut ini contoh jenis file dan macam-macam ekstensinya yaitu:

  • System= sys, com, bk, bat, tmp dan exe.
  • Video= avi, KV, mpg, mpeg, wmv, 3gp dan flv.
  • Dokumen= html, doc, odt, xls, ods dan pdf.
  • Suara= wav, rm, mp3 dan midi.
  • Gambar= jpeg, jpg, gif, png tif dan tiff.
  • Dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan mengenai File Adalah – Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Membuat Dan Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan