Fungsi Vitamin

Diposting pada

Pengertian Vitamin

Pengertian Vitamin adalah sekelompok senyawa organik amina yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena vitamin berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh (vitamin mempunyai peran sangat penting dalam metabolisme tubuh), karena vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Jika manusia, hewan dan ataupun makhluk

Fungsi-Vitamin

hidup lain tanpa asupan vitamin tidak akan dapat melakukan aktivitas hidup dengan baik, kekurangan vitamin menyebabkan tubuh kita mudah terkena penyakit.

Baca Juga : Klasifikasi Vitamin


Fungsi Fitamin

Fungsi vitamin secara umum adalah vitamin berperan dalam beberapa tahap reaksi metabolisme energi, pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, pada umumnya sebagai koenzim atau sebagai bagian dari enzim. Sebagian besar koenzim terdapat dalam bentuk apoenzim, yaitu vitamin yang terikat dengan protein. Hingga sekarang fungs biokimia beberapa jenis vitamin belum diketahui dengan pasti.


Fungsi Vitamin A

Fungsi dari vitamin A adalah berperan dalam berbagai fungsi faali tubuh, diantaranya adalah :

  1. Penglihatan, jika kekurangan vitamin A akan mengakibatkan rabun senja.
  2. Diferensiasi sel, fungsi vitamin A berkaitan dengan sintesis glikoprotein khusus yang terlibat dalam pembentukan membran sel yang mengontrol diferensiasi sel dan kompleks vitamin A-CRBP masuk ke dalam nukleus sel sehingga mempengaruhi DNA.
  3. Kekebalan tubuh, kekurangan vitamin A dapat menurunkan respon antibodi yang bergantung pada sel-T (limfosit yang berperan pada kekebalan selular).
  4. Pertumbuhan dan perkembangan, karena berpengaruh terhadap sintesis protein yang berhubungan dengan pertumbuhan sel. Pada anak –anak akan terjadi kkegagalan dalam pertumbuhan jika kekurangan vitamin A.
  5. Reproduksi, kebutuhan vitamin A selama hamil akan meningkat  untuk kebutuhan janin.
  6. Pencegahan kanker dan penyakit jantung, kemmpuan retinoid mempengaruhi perkembangan sel epitel dan kemampuan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan diduga berpengaruh dalam pencegahan kanker, terutama kanker kulit, tenggorokan, paru – paru, payudara dan kantung kemih. Dalam penelitian menunjukkan bahwa vitamin A berperan dalampencegahan dan penyembuhan penyakit jantung.

Baca Juga : Pola Hidup Sehat


Fungsi Vitamin D

Fungsi utama vitamin D adalah membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang bersama vitamin A dan vitamin C, hormon paratiroid dan kalsitonin, protein kolagen, serta mineral – mineral kalsium, fosfor, magesium dan fluor. Fungsi khusus vitamin D adalah membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur agar kalsium dan fosfor tersedia di dalam darah untuk diendapkan pada proses pegerasan tulang.


Fungsi Vitamin E

Fungsi utama vitamin E adalah sebagai antioksidan yang larut dalam lemak dan memegang peranan biologik utama dalam melindungi asam lemak jenuh ganda dan komponen membran sel lain dari oksidasi radikal bebas. Fungsi lain dari vitamin E adalah sebagai berikut :

  1. Fungsi struktural dalam memelihara integritas membaran sel
  2. Sintesis DNA
  3. Merangsang reaksi kekebalan
  4. Mencegh penyakit hantung koroner
  5. Mencegah keguguran
  6. Mencegah gangguan menstruasi

Fungsi Vitamin K

Fungsi vitamin K adalah berperan dalam pembekuan darah dan diperlukan dalam pembentukan tulang. Tanpa vitamin K, tulang memproduksi protein yang tidak sempurna sehingga tidak dapat mengikat mineral-mineral yang diperlukan dalam pembentukan tulang.

Baca Juga : Fungsi Lambung


Fungsi Vitamin C

Fungsi vitamin C adalah sebagai antioksidan dalam reaksi hidroksilasi. Dalam industri pangan, turunan vitamin C dapat digunakan untuk mencegah proses menjadi tengik, perubahan warna pada buah dan untuk mengawetkan daging. Fungsi lain dari vitamin C adalah sebagai berikut :

  1. Sintesis kolagen
  2. Absorpsi dan metabolisme besi
  3. Absorpsi kalsium
  4. Mencegah infeksi
  5. Mencegah kanker dan penyakiit jantung

Fungsi Vitamin B1

Fungsi utama vitamin B1 (Tiamin) adalah metabolisme karbohidrat. Vitamin B1 juga dibutuhkan dalam metabolisme lemak, protein dan asam nukleat.


Fungsi Vitamin B2

Fungsi vitamin B2 (Riboflavin) adalah memiliki peran dalam proses metabolisme glukosa dan asam lemak.


Fungsi Vitamin B6

Fungsi vitamin B6 (Pirodoksin, Piridoksal, dan Piridoksamin) adalah memiliki peran dalam bentukk fosforilasi PLP dan PMP sebagai koenzim terutama dalam transaminasi, dekarboksilasi, dan reaksi lain yang berkaitan dengan metabolisme protein.

Baca Juga : Bakteri Yang Menguntungkan


Fungsi Vitamin B12

Fungsi vitamin B12 (Kobalamin) adalah untuk mengubah asam folat menjadi bentuk aktif dan dalam fungsi normal untuk metabolisme semua sel terutama sel saluran cerna, sumsum tulang dan jaringan saraf.


Pengertian Mineral

Mineral digolongkan ke dalam mineral makro dan mineral mikro, dibawah ini akan dijelaskan mengenai fungsi dari mineral makro ( natrium, klorida, kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan sulfur) dan mineral mikro (besi, seng, iodium, tembaga, mangan, krom, selenium, fluor dan kobal)


Mineral Makro


  • Fungsi Natrium (Na)

Fungsi natrium (Na) adalah mengatur tekanan osmosis  yang menjaga cairan tidak keluar dari darah dan masuk ke dalam sel –sel. Natrium menjaga keseimbanga asam basa di dalam tubuh  dengan mengimbangi zat zat yang membentuk asam, berperan dalam transmisi saraf dan kontraksi otot, absorpsi gula dan sebagai alat angkut zat gizi lain melalui membran terutama melalui dinding usus sebagai pompa natrium.


  • Fungsi Klor (CI)

Fungsi klor (Cl) adalah berperan dalam memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit, di dalam lambung klor merupakan bagian dari asam klorida (HCl) yang diperlukan untuk memelihara suasana asam di dalam lambung yang diperlukan untuk bekerjanya enzim pencernaan.


  • Fungsi Kalium (K)

Fungsi kalium (K) adalah pemeliharaan keseimbangan cairan dan elektrolit dan asam basa bersama natrium. Bersama kalsium, kalium berperan dalam transmisi saraf dan relaksasi otot. Di dalam sel kalium berfungsi sebagai katalisator dalam banyak reaksi biologik. Tekanan darah normal memerlukan perbandingan antara natrium dan kalium yang sesuai di dalam tubuh.


  • Fungsi Klasium

Fungsi kalsium (Ca) adalah pembentukan tulang dan gigi, mengatur pembekuan darah, katalisator reaksi-reaksi biologik, kontraksi otot.

Baca Juga : Lidah Adalah


  • Fungsi Fosfor

Fungsi fosfor, diantaranya adalah kalsifikasi tulang dan gigi, mengatur pengalihan energi, absorpsi dan transportasi zat gizi, bagian dari ikatan tubuh esensial, pengaturan keseimbangan asam-basa.


  • Fungsi Magnesium (Mg)

Fungsi magnesium (Mg), memegang peranan penting dalam lebih dari tiga ratus jenis enzim di dalam tubuh, bertindak sebagai katalisator dalam reaksi biologik, transmisi saraf, kontraksi otot dan pembekuan darah. Magnesium menncegah kerusakan gigi dengan cara menahan kalsium di dalam email gigi.


Mineral Mikro


  • Fungsi Besi (Fe)

Fungsi besi (Fe), diantaranya adalah membantu metabolisme energi, kemampuan belajar, sistem kekebalan tubuh dan pelarut obat-obatan.


  • Fungsi seng (Zn)

Fungsi seng (Zn), sebagai bagian integral enzim DNA polimerase dan RNA polimerasi yang diperlukan dalam sintesis DNA dan RNA. Seng juga berperan dalam pembentukan kulit, metabolisme jaringan ikat dan penyembuhan luka, pengembangan fungsi reproduksi laki – laki dan pembentukan sperma, detoksifikasi alkohol, metabolisme vitamin A dan juga berperan dalam fungsi kekebalan. Karena seng berperan dalam reaksi-reaksi yang luas, kekurangan seng akan berpengaruh banyak terhadap jaringan tubuh terutama pada saat pertumbuhan.


  • Fungsi Iodium (I)

Fungsi Iodium (I), berperan dalam perubahan karoten menjadi bentuk aktif vitamin A, sintesis protein dan absorpsi karboidrat, dan sintesis kolestrol darah dan merupakan bagian integral dari kedua macam hormon tiroksin triiodotironin dan tetraiodotironin yang berfungsi mengatur pertumbuhan dan perkembangan


  • Fungsi tembaga (Cu)

Fungsi tembaga (Cu), sebagian besar tembaga di dalam sel darah merah terdapat sebagai metaloenzim superoksida dismutase yang terlibat di dalam pemunahan radikal bebas (sebagai antioksidan), dan mencegah anemia.


  • Fungsi mangan (Mn)

Fungsi mangan (Mn), berperan sebagai kofaktor berbagai enzim yang membantu bermacam proses metabolisme. Beberapa bentuk enzim tersebut adalah glutamin sintetase, superoksida desmutase di dalam mitikondria dan piruvat karboksilase yang berperan dalam metabolisme karbohidrat dan lipida.


  • Fungsi krom (Cr)

Fungsi krom (Cr), krom dibutuhkan dalam metabolisme karbohidrat dan lipida. Krom bekerja sama dengan insulin dalam memudahkan masuknya glukosa ke dalam sel – sel, dengan demikian dalam pelepasan energi.


  • Fungsi selenium (Se)

Fungsi selenium (Se), berperan serta dalam sistem enzim yang mencegah terjadinya radikal bebas dengan menurunkan konsentrasi peroksida dalam sel, sedangkan vitamin E menghalangi bekerjanya radikal bebass setelah terbentuk. Denga demikian, konsumsi selenium dalam jumlah cukup menghemat penggunaan vitami E. Karena selenium mengurangi produksi radikal bebas di dalamtubuh, mineral mikro ini mempunyai potensi untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.

Baca Juga : Karbohidrat Adalah


  • Fungsi fluor (F

Fungsi fluor (F), dianggap sebagai zat gizi esensial karena peranannya dalam mineralisasi tulang dan pengerasan email gigi.


  • Fungsi Kobal (C0)

Fungsi kobal (Co), kobal merupakan komponen vitamin B12. Vitamin ini diperlukn untuk mematangkan sel darah merah dan menormalkan fungsi semua sel.


Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Fungsi Vitamin – A,D,E,K,C,B1,B2,B6,B12, Pengertian, Mineral, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan