10 Gambar Pemandangan yang Indah (Danau, Sawah, dll)

Diposting pada

Saat masih duduk di Sekolah Dasar (SD), biasanya guru meminta kita untuk menggambar sesuatu. Biasanya kebanyakan anak memilih untuk membuat gambar pemandangan. Selain gambar pegunungan, banyak juga yang membuat gambar langit, laut dan juga sawah.

Biasanya orang membuat gambar untuk merekam dan juga mengabadikan peristiwa maupun pemandangan. Menggambar bisa meningkatkan kreativitas dan juga melatih daya ingat. Tidak hanya bisa Anda lakukan saat Anda SD, menggambar juga bisa dilakukan sekarang!

Contoh Gambar Pemandangan dan Penjelasannya

Sebelumnya sudah kami singgung bahwa pada umumnya gambar yang dibuat memiliki beberapa tujuan, dimana biasanya tujuan tersebut adalah untuk mengabadikan atau merekam pemandangan maupun peristiwa yang indah.

Selain itu, ada juga orang yang menggambar dengan memiliki tujuan untuk melepaskan penat atau menghilangkan rasa stres. Ada kalanya Anda ingin meluapkan pemikiran melalui gambar namun tidak tahu harus menggambar apa.

Berikut sudah kami rangkum 10 contoh gambar pemandangan beserta dengan penjelasannya yang dapat Anda jadikan referensi maupun contoh untuk gambar Anda.

1. Pemandangan balon udara

Pemandangan-balon-udara

Balon udara dapat menjadi simbol kebebasan dan juga kesenangan. Hal ini dikarenakan balon udara dapat terbang atau mengudara di langit bebas. gambar pemandangan balon udara yang kami tampilkan dapat menjadi referensi untuk Anda.

Karena balon udara pada umumnya berwarna-warni, gambar atau lukisan Anda dapat menjadi lebih berwarna karena banyaknya balon udara. Danau dan pemandangan yang indah di sekitarnya juga dapat menjadi penunjang agar gambar Anda menjadi lebih indah.

2. Pemandangan hewan di daerah kaki gunung

Pemandangan-hewan-di-daerah-kaki-gunung

Pada gambar yang kami tampilkan di atas, Anda dapat melihat bahwa terdapat beberapa hewan yang sedang minum dan berkumpul di daerah danau kecil yang berada di kaki gunung. Anda dapat menambahkan batu-batu besar untuk aksen pada gambar Anda.

Adanya gembala yang sedang menaiki punggung kuda juga dapat menjadi objek yang mempercantik gambar Anda. Suasana yang teduh dan sejuk ditampilkan karena adanya gambar pohon yang menjulang tinggi.
Anda dapat membuat gambar ini dengan menggunakan cat air yang ditemukan oleh warga bangsa Tiongkok pada sekitar tahun 100 Masehi agar menghasilkan gambar dengan warna yang lembut.

3. Pemandangan sawah

Pemandangan-sawah

Selain gambar pemandangan balon udara maupun hewan di daerah kaki gunung, Anda juga dapat membuat gambar sawah atau ladang persawahan yang juga tidak jauh dari gunung. Di dalam gambar di atas, para petani sedang sibuk karena sedang memanen.

Karena padi sudah dalam keadaan siap panen, Anda dapat menggunakan warna kuning untuk padi tersebut. Untuk menambahkan kesan asri dan juga menggambarkan suasana pedesaan yang tenang, Anda dapat menambahkan gambar sungai seperti yang terdapat pada gambar di atas.

Selain menggambarkan pemandangan persawahan yang indah, Anda juga dapat menggunakan gambar ini sebagai referensi karena gambar yang kami tampilkan di atas juga menggambarkan kerukunan bermasyarakat karena masih bergotong-royong dan membantu satu sama lain.

4. Pemandangan danau

Pemandangan-danau

Gambar pemandangan selanjutnya yang dapat Anda jadikan referensi adalah gambar danau seperti yang terlihat pada gambar yang kami tampilkan di atas. Pada gambar tersebut, danau digambarkan sangat indah dengan arus air yang tenang.
Untuk mempercantik, pepohonan rindang dan rerumputan yang hijau juga ditambahkan di sekitar danau. Bebatuan juga dibuat untuk menambahkan aksen sehingga gambar tidak tampak terlalu biasa dan membosankan.

Jangan lupa saat menggambar air baik yang terdapat di danau maupun laut, Anda harus menambahkan efek pantulan sehingga gambar Anda akan terlihat semakin realistis.

5. Pemandangan senja di pinggir pantai

Pemandangan-senja-di-pinggir-pantai

pemandangan senja memang menjadi favorit bagi banyak orang karena semburat warna jingga di langit senja akan terlihat sangat indah. Untuk menuangkan keindahan tersebut ke dalam gambar, Anda dapat membuat gambar pemandangan senja di pinggir pantai seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Dengan bebatuan yang ada di pinggir pantai dan juga deburan ombak yang digambarkan karena menghantam bebatuan tersebut, gambar Anda akan terlihat sangat indah. Jangan lupa juga untuk menambahkan pohon kelapa yang menjadi ikon yang identik dengan pantai.

Hanya dengan melihat gambar dari pemandangan senja di pinggir pantai, baik Anda yang membuat maupun orang lain yang melihat akan merasakan ketenangan dan juga keindahan serta seakan-akan menikmati hembusan angin sambil mendengar debur ombak.

6. Pemandangan air terjun

Pemandangan-air-terjun

Air terjun merupakan salah satu pemandangan alam yang juga memiliki banyak peminat. Anda dapat menjadikan gambar air terjun di atas sebagai referensi untuk gambar yang akan Anda buat.

Dengan bunga dan juga tumbuhan hijau di sekitar air terjun, pemandangan yang indah akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Agar lebih mempercantik gambar Anda, Anda juga dapat menambahkan sepasang angsa seperti yang dapat terlihat pada gambar di atas.

7. Pemandangan tepi pantai

Pemandangan-tepi-pantai

Selain menggambar pemandangan pantai pada saat senja, Anda juga dapat membuat gambar pantai yang menggambarkan kehidupan para nelayan. Dengan perahu mereka, para nelayan sedang menjaring dan mencari ikan digambarkan pada gambar di atas.

Pasir putih dan juga air laut yang berwarna biru muda serta langit yang cerah akan membuat gambar pemandangan akan terasa lebih indah. Anda juga dapat menambahkan gambar pepohonan kelapa serta bukit untuk menambahkan keindahan gambar tersebut.

8. Pemandangan kota Paris zaman dahulu

Pemandangan-kota-Paris-zaman-dahulu

Tidak hanya menggambar pemandangan alam, Anda juga dapat membuat gambar pemandangan kota seperti yang terlihat pada gambar di atas. Dengan menggambar menggunakan pensil, Anda dapat memberikan kesan vintage kepada gambar kota Paris zaman dahulu ini.

Ikon dari Kota Paris yaitu menara Eiffel yang dikelilingi dengan gedung yang berjajar rapi di sepanjang jalan kota akan mampu memberikan serta meningkatkan kesan perkotaan Paris pada saat zaman dahulu.

9. Gambar pemandangan desa

Gambar-pemandangan-desa

Desa kecil yang digambarkan dengan tiga buah rumah yang masih dikelilingi dengan pepohonan yang rindang serta dihiasi oleh aliran sungai yang tenang dan airnya yang jernih dapat memberikan ketenangan.

Susunan bebatuan yang besar di area pinggir sungai namun rapi akan meningkatkan kesan indah dan juga sederhana dari gambar Anda. pemandangan alam di desa yang masih asri dapat Anda gambarkan melalui referensi gambar seperti di atas.

10. Gambar pemandangan pegunungan

Gambar-pemandangan-pegunungan

Tidak perlu dibuat berwarna, gambar pegunungan dapat Anda buat hanya dengan pensil seperti yang terlihat pada referensi gambar di atas. Yang terpenting dari menggambar dengan menggunakan pensil merupakan teknik pengarsiran.

Meskipun menggunakan satu pensil saja, Anda dapat membuat gambar pegunungan yang indah dan terlihat bagus dengan memperhatikan ketebalan arsiran pada bagian-bagian tertentu.

Gunung yang menjulang tinggi dengan pepohonan yang berjajar rapi dapat meningkatkan keindahan gambar Anda. Untuk menambahkan keindahan, Anda juga dapat menambahkan gambar rerumputan.

Dari 10 gambar pemandangan yang kami berikan kepada Anda, Anda dapat memilih satu, beberapa atau bahkan semua gambar untuk dijadikan referensi. Namun ingat, Anda juga harus kreatif dan tidak hanya meniru.

 

 

Referensi :

  1. rsddrsoebandi.id
  2. dekranasdadkijakarta.id
  3. starpetrochem.co.id
  4. kebangkitan-nasional.or.id
  5. suratkabar.id
  6. topijelajah.com
  7. wikidpr.id
  8. kopertis2.or.id
  9. greenlifestyle.or.id
  10. finland.or.id
  11. cides.or.id
Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan