Tanda-Tanda Hari Kiamat

Diposting pada

Definiai Hari Kiamat

Kiamat dalam bahasa Arab disebut “Yaumul Qiyamah (يوم القيامة)” adalah hari terakhir untuk semua makhluk  Ciptaan Alloh SWT yang ada di alam semesta. Islam memberikan panduan yang jelas kepada para pengikutnya tentang akhir zaman. Ada berbagai tanda-tanda  yang terkandung dalam Al-Quran dan Sunnah kedatangan akhir zaman.

Tanda-tanda ini dapat dibagi menjadi dua bagian, besar (Kubra) dan kecil (Sughra). Tanda-tanda besar termasuk kedatangan Dajjal, Imam Mahdi dan kemudian Nabi Isa (yang akan menyatukan semua kekuatan yang baik melawan kejahatan), ia meniup terompet dan tanda-tanda kecil yang akan mendahuluinya.

Eskatologi Islam terkait dengan Qiyamah (Kiamat), akhir dunia, dan penghakiman terakhir umat manusia. Eskatologi Ini adalah salah satu dari enam rukun iman (aqidah) dalam Islam. Seperti agama-agama Ibrahim lainnya.

baca juga : Tauhid Adalah

Islam mengajarkan kebangkitan mayat, pemenuhan rencana ilahi untuk penciptaan, dan keabadian jiwa manusia; orang benar akan dihargai dengan kesenangan Jannah (surga), sedangkan orang fasik akan dihukum di neraka.

Al-Quran banyak sekali membahas keyakinan ini, dengan banyak hadits yang menguraikan tema dan detail. Literatur Islam apokaliptik yang menggambarkan Armageddon dikenal sebagai fitnah (ujian) dan Malahim (atau ghayba dalam tradisi Syiah).


Macam-Macam / Jenis-Jenis Kiamat


  1. Kiamat Sughra/Sughro (Kiamat Kecil)

Kiamat Sughra adalah kiamat kecil yang sering terjadi dalam kehidupan manusia yaitu kematian. Setelah mati roh seseorang akan berada di alam barzah atau alam kubur yang merupakan alam antara dunia dan akhirat.

Kiamat sughra sudah sering terjadi dan bersifat umum atau biasa terjadi di lingkungan sekitar kita yang merupakan suatu teguran Allah SWT pada manusia yang masih hidup untuk kembali ke jalan yang lurus dengan taubat.


  1. Kiamat Kubra/Kubro (Kiamat Besar)

Kiamat kubra adalah kiamat yang mengakhiri kehidupan di dunia ini karena hancurnya alam semesta beserta isinya. Setelah kiamat besar maka manusia akan menjalani alam setelah alam barzah / alam kubur.

baca juga : Asam Sulfat – Pengertian, Sifat, Rumus, Bahaya dan Proses

Kiamat kubra akan terjadi satu kali dan itu belum pernah terjadi dengan kejadian yang benar-benar luar biasa di luar bayangan manusia dengan tanda-tanda yang jelas dan pada saat itu segala amal perbuatan tidak akan diterima karena telah tertutup rapat.

hari kiamat


Karakterisitk Kiamat Akan Terjadi Pda Pndangan Islam

Keyakinan tentang akhir zaman dalam pemikiran referensi Syi’ah Islam didasarkan pada Al-Quran, ajaran Nabi Muhammad dan Ahlul Bait. Ada beberapa varian dari teori yang sama dalam eskatologi Syi’ah, tetapi mereka semua berkisar pada tokoh mesianis, Muhammad al-Mahdi, yang dianggap sebagai pengganti Syiah Nabi Muhammad yang ditunjuk.

Dalam pemikiran Islam Syi’ah, ada realitas duniawi yang disebutkan akan terjadi sebelum akhir kehidupan manusia di bumi. Kejadian-kejadian tersebut, terutama dalam kehidupan.

Dajjal dan kemampuannya untuk memikat manusia ke agama dunia baru, agama tidak diberikan oleh Allah. Munculnya Imam Mahdi untuk membantu manusia melawan “Tipu muslihat besar” juga utarakan dalam tradisi Sunni, tetapi secara khusus diletakkan sebagai Muhammad al-Mahdi dalam sumber-sumber Syi’ah.

Mayoritas ulama Syi’ah sepakat akan Tanda-Tanda peristiwa yang akan terjadi di hari-hari akhir zaman

  • Dajjal akan mengaku sebagai penyelamat umat manusia dan masyarakat semua agama akan bersatu di bawah agamanya.
  • Akan terjadi atas pembunuhan massal di Irak Syiah (sekitar sungai Eufrat), dan untuk kepala mereka akan disediakan hadiah uang, meskipun mereka bukan penjahat.
  • Akan adanya pemberontakan oleh “Yamani” yang akan kalah dalam usahanya itu.
  • Imam Mahdi akan muncul kembali dan menyampaikan pidatonya di Bait Allah dan akan mengumpulkan pasukan dengan 313 jenderal dan ribuan pengikutnya untuk mengalahkan Dajjal.
  • Seseorang bernama “Sufyani” (agama tidak disebutkan, meskipun ia adalah keturunan dari dinasti Ummayyah yang berantakan keturunan menyebar kemungkinan di Levant dan Spanyol atau Maroko selama abad 12 lalu) akan memimpin pasukan dari Irak ke Suriah di Saudi untuk mengalahkan pasukan pasukan Mahdi melancarkan bersama-sama dengan sekutu-sekutunya.

baca juga : Perbedaan Nabi dan Rasul

  • Imam Mahdi akan mendirikan kembali Islam yang sejati dan dunia akan menemukan perdamaian dan ketenangan.
  • Imam Mahdi akan memerintah untuk sementara waktu.
  • Kebangkitan manusia akan dimulai sebagai Hari Penghakiman.

Tanda-tanda Hari Kiamat Menurut Pandangan Islam Suni

Islam Sunni adalah mayoritas Muslim di dunia, dan menggunakan Al-Quran dan Hadis sebgai arahan tanda-tanda hari kiamat. Tanda-tanda dalam Islam Sunni berkisar pada pembersihan bumi dari orang-orang yang tidak percaya kepada Alloh, baik melalui tobat massal orang-orang yang tidak percaya kepada Alloh, atau dalam kasus-kasus tertentu dengan kematian. Imam Mahdi akan muncul sebagai kekhalifahan Islam terakhir dan Isa Almasih naik ke surga pada saat ini.

Sebelum tanda-tanda besar yang disebutkan ini, semua tanda-tanda kecil sudah terjadi dan meliputi :

  • Lahirnya Nabi Muhammad dan wafatnya (sudah terjadi, kelahiran Muhammad sendiri dipahami sebagai tanda-tanda hari penghakiman.).
  • Waktu akan berlalu lebih cepat.
  • Perang dan pembunuhan menjadi umum di kalangan pria.
  • Pencurian merajalela, penipuan dan skandal di kalangan pria.
  • Perzinahan merajalela.
  • Munculnya bangunan-bangunan besar.
  • Popularitas minuman beralkohol di antara manusia, hingga namanya diubah, misalnya: bir, anggur, jenever dan seterusnya.
  • Padang pasir Arab berubah menjadi hijau.
  • Bangunan tinggi dari pegunungan di Mekah dibangun di Mekkah.

Tanda-tanda besar bahwa semua memiliki implikasi penting bagi umat manusia adalah sebagai berikut :

baca juga : Nabi Ayyub a.s. Dalam Qishashul Anbiya

  1. Matahari terbit dari ufuk barat, menandai ditutupnya pintu pertobatan Allah dan orang-orang kafir tidak dapat berbalik lagi setelah titik ini. Dikatakan bahwa matahari akan terbenam dan tidak bekerja selama tiga hari sampai publikasi di barat.
  2. Munculnya Dajjal (Anti-Kristus), dan menipu mayoritas umat manusia untuk mengikut dan menyembah dia. Kemudian ia akan dibunuh oleh Yesus Kristus di Yerusalem.
  3. Turunya Isa Almasih dari surga dan berdoa di belakang Mahdi. Dalam waktkunya ia akan membunuh babi, mematahkan salib dan membunuh orang-orang kafir.
  4. Pelepasan Ya’juj dan Ma’juj, menyebabkan kelaparan dan bencana di dunia dan akhirnya diluncurkan panah di langit untuk menunjukkan bangsa-bangsa bahwa Tuhan dapat dibunuh, panah ini kemudian jatuh bersimbah darah menyebabkan orang percaya mu’min yang lemah percaya dan menyerahkan kepada Ya’juj dan Ma’juj. Mereka kemudian dibunuh oleh ulat yang muncul dari lubang hidung unta dan mayat-mayat mereka akan tersebar di bumi.
  5. Seorang pria muncul di Madinah dan diminta oleh ulama untuk pindah ke Mekah. Di sana ia akan dinyatakan sebagai khalifah dan Imam Mahdi disebut dan memerintah sebagai khalifah terakhir Islam yang memimpin umat manusia ke dalam era kemakmuran yang pernah melihat atau mendengar sebelumnya. Ia juga akan meluruskan semua sekte Islam ke Islam yang benar. Namanya juga Muhammad bin Abdullah, nama yang sama dengan nama Nabi dan keturunannya, ia juga memiliki tanda gelap pada pipi kanannya dan gambar yang sama dengan Nabi Muhammad.
  6. Perang besar antara Muslim dengan Yahudi di Palestina yang mengakibatkan kekalahan Yahudi.
  7. Kematian Isa Almasih dan diikuti atau didahului oleh Imam Mahdi. Perhatikan bahwa hari penghakiman terjadi 60 tahun setelah Kembalinya Isa Almasih ke surga.
  8. Munculnya Binatang dari bumi Dabbad Al-Ard tampaknya aneh di sebuah gunung di Mekkah, yang memiliki cincin Nabi Sulaiman dan tongkat Nabi Musa. Binatang dari bumi Dabbad Al-Ard  akan cap manusia sebagai orang kafir atau orang-orang Mukmin.
  9. Akan Terjadi serangan terhadap Mekah tapi prajurit penyerang akan tenggelam di padang gurun sebelum mencapai Mekah.
  10. Angin akan mengambil jiwa semua orang Muslim dan hanya meninggalkan orang-orang kafir di muka bumi.

Peristiwa berikut adalah langkah-langkah akhir dari hari penghakiman :

baca juga : Ekonomi Syariah adalah

  • Tiupan pertama Sangkakala mematikan semua manusia di muka bumi.
  • Tiupan Terompet kedua Sangkakala akan kebangkitan.
  • Menunggu akan pertimbangan amal baik dan buruk oleh seluruh umat manusia, sebuah proses yang dikatakan berlangsung selama ribuan tahun di bawah terik matahari.
  • Penghakiman atas manusia dimulai.

Dalil Tentang Hari Kiamat

Firman Alloh SWT Tentang Hari Kiamat :

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلا مَتَاعُ الْغُرُورِ

“tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, Maka sungguh ia telah beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan”. (QS : Ali-Imran : 185).

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ

“semua yang ada di muka bumi itu akan musnah (binasa)”.(QS : Ar-Rahman : 26).

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمْ إِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيمٌ

“Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; Sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat)”.(QS : Al-Hajj : 1).

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”.(QS : Ar-Rumm : 41)

فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُمْ بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَيْ أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِنْ سِدْرٍ قَلِيلٍ

“tetapi mereka berpaling, Maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar[1236] dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr[1237]”.

baca juga : Penyimpangan Sosial


Peristiwa dan Kehidupan Setelah Hari Kiamat


  1. Alam Kubur / Alam Barzah

 Alam barzah adalah suatu dunia lain yang dimasuki seseorang setelah meninggal dunia untuk menunggu datangnya kebangkitan kembali pada hari kiamat. Pada alam kubur akan datang malaikat mungkar dan nakir untuk memberikan pertanyaan seputar keimanan dan amal perbuatan kita. Jika kita beriman dan termasuk orang baik, maka di dalam kubur akan mendapatkan nikmat kubur yang sangat menyenangkan daripada nikmat duniawi, sedangkan sebaliknya bagi orang yang tidak beriman kepada Allah SWT, siksa kubur praneraka yang pedih sudah menanti di depan mata.


  1. Hari Kebangkitan / Yaumul Ba’ats

 hari kebangkitan adalah hari dibangkitkannya seluruh manusia yang pernah hidup di dunia baik yang tua, muda, besar, kecil, hidup di zaman nabi adam as, baru lahir saat kiamat, dsb akan bangkit kembali dari mati untuk kemudian dihitung amal perbauatannya selama hidup di dunia. Seluruh manusia akan bangkit kembali dengan jasad / tubuh ketika masih muda dengan raut yang wajah berbeda-beda sesuai amal perbuatannya.


  1. Yaumul Mahsyar

Yaumul mahsyar adalah tempat dikumpulkannya seluruh manusia dan makhluk hidup lainnya dari awal zaman hingga akhir jaman untuk dilakukan hisab atau peradilan tuhan yang sejati pada yaumul hisab. Selanjutnya akan diberangkatkan ke jembatan shirotol mustaqim untuk disortir mana yang masuk surga dan mana yang masuk neraka. Yang terjatuh di neraka akan menjadi penghuni neraka baik yang kekal abadi maupun yang hanya sementara hingga segala dosa-dosanya yang tidak terlalu berat itu termaafkan.


Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Tanda-Tanda Hari Kiamat : Dalil Jenis, Macam, Definisi, Karakterisitik, Peristiwa Kehidpan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.