Humas adalah

Humas adalah

17 Pengertian Humas Menurut Para Ahli, Fungsi dan Tujuan – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Humas yang dimana dalam hal ini meliputi fungsi, pengertian menurut para ahli, dan tujuan, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

pengertian humas menurut para ahli

Pengertian Humas

Humas adalah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Humas bisa mencakup sebuah organisasi atau suatu individu yang mendapatkan eksposur ke khalayak mereka menggunakan topik kepentingan publik dan berita yang tidak memerlukan pembayaran langsung.


Untuk tujuan itu sendiri dari hubungan masyarakat oleh perusahaan sering untuk membujuk masyarakat investor, mitra, karyawan dan pemangku kepentingan lainnya untuk mempertahankan sudut pandang tertentu hal itu, kepemimpinannya produk atau keputusan politik. Dalam kegiatan di umum termasuk berbicara di konferensi memenangkan perhargaan industri, bekerja sama dengan pers dan komunikasi karyawan.


Sebagai sebuah profesi dari seorang humas bertanggung jawab untuk dapat memberikan sebuah informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati dan membangkitkan ketetarikan masyarakat sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli


Pengertian Humas Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian humas menurut para ahli, terdiri atas:


  1. Frank Jefkins

Humas adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu kedalam maupun kelua, antara satu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian’ (Humass, Frank Jefkins Revisi Daniel Yadin. 2002 hal 10).


  1. W. Emerson Reck

Humas adalah kelanjutan penetapan kebijakan dari sebuah institusi agar mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.


  1. Edward L.Berney

Humas adalah membujuk publik untuk memiliki pengertian yang mendukung serta memiliki niat baik.


  1. Scott M. Cutlip dan Allen H. Center

Humas adalah menejemen publik dalam menilai suatu sikap, menilai suatu kebijakan serta tata cara suatu organisasi untuk kepentingan publik.


  1. J.C., Seidel,

Humas adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari pelanggan, pegawai dan public yang lebih luas. Kedalam mengadakan analisis dan perbaikan diri sendiri, sedangkan keluar memberikan pernyataan-pernyataan.


  1. Oemi Abdurrachman, MA

Humas adalah falsafah manajemen yang didalam tiap keputusan dan tindakannya mendahulukan kepentingan orang lain.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Pemasaran – Menurut Para Ahli, Konsep, Manajemen, Tujuan, Contoh, Jenis & Syarat


  1. Anthony Davis

Humas adalah manajemen komunikasi antara suatu organisasi dengan publiknya.


  1. Menurut (British) Institute of Humas

Humas adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam menciptakan dan memelihara niat baik (good-will) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya’.


  1. Drs. Muslimin, M.Si, Tahun. 2000

Humas adalah suatu fungsi manajemen yang menilai sikap publik, menunjukan kebijaksaan dan prosedur dari individu atau organisasiatas dasar kepentingan publik dan melaksanakan rencana kerja untuk memperoleh pengertian dan pengakuan dari publik.


  1. Dr. Rex Harlow.

Public Relatoin adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian dan kerja sama.


  1. Public Relation World Conference

Humas merupakan penggabungan dari ilmu pengetahuan dan kesenian untuk memprediksi dan memperkirakan konskwensi yang akan didapatkan oleh perusahaan serta memberikan saran terbaik bagi perusahaan.


  1. Prof. Drs. H.A.W. Widjaja, Tahun. 2002

Humas adalah profesi yang mengurusi hubungan antara sesuatu unit dan publiknya yang menentukan hidup unit itu.


  1. Jeffkins Dan Daniel Yadin

Humas merupakan sebuah sistem dari komunikasi yang bertujuan membangun niat yang baik bagi beberapa pihak.


  1. M. Linggar Anggoro, 2000

Humas merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap organsasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial (perusahaan) maupun organisasi yang nonkomersial.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : 7 Pengertian Citra (Image) Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya


  1. Webster’s New Wold Dictionary

Humas merupakan suatu hubungan yang dibentuk untuk masyarakat dengan organisasi yang terkait dengan penciptaan opini masyarakat atau pembentukan suatu citra diri organisasi.


  1. Maria Assumpta Rumanti

Humas adalah kegiatan atau aktivitas yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu penelitian yang didahului penemuan, analisis, pengolahan data dan sebagainya; perencanaan yang direncanakan; pelaksanaan yang tepat; evaluasi, penilaian setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.


  1. Onong Uchjana Effendy (2006:23)

Hubungan Masyarakat (Humas) adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerjasama dan pemenuhan kepentingan bersama.


Jenis-Jenis Media Humas

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis media humas, terdiri atas:


  • Iklan

Iklan sebagai alat humas adalah dengan melihat pesan yang diiklankan. Selama pesan iklan berkaitan dengan produk, maka dapat dikatakan saat itu iklan merupakan media/alat marketing. Namun, ketika iklan membawa pesan yang berkaitan dengan perusahaan, maka saat itu iklan merupakan alat atau media humas.


  • Pameran

Kegiatan pameran, baik yang diadakan sendiri maupun oleh organisasi lain, merupakan ajang publikasi yang baik. Disinilah humas memanfaatkan pameran untuk memperoleh publisitas. Petugas humas melobi pejabat atau tokoh masyarakat yang diminta membuka pameran untuk mengunjungi stand perusahaannya.


  • Media Internal

Media internal atau dikenal dengan istilah majalah Ing-griya, perusahaan suatu terbitan yang ditunjukkan untuk publik internal (karyawan dan keluarga karyawan), berisi tentang beberapa informasi perusahaan, sifatnya top down maupun bottom up, tujuannya diciptakan untuk menciptakan kondisi yang well informed dan membina loyalitas antara karyawan dengan perusahaan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : 22 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Terlengkap


  • Fotografi

Dalam humas, foto sangat diperlukan sebagai bahan publikasi, laporan, berita, iklan, maupun untuk kepentingan arsip/dokumentasi. Foto-foto ini diambil oleh fotografer yang professional dengan sutradara seorang humas yang terlatih. Humas harus tetap mengambil kemudi dalam hal pengambilan dan penyimpanan foto ini tentu ada alasannya. Karena bagaimanapun, foto yang digunakan untuk keperluan publikasi maupun yang lain mestinya tidak boleh bertentangan dengan terjaganya image perusahaan.


  • Film

Film bagi humas merupakan media komunikasi, instruksi, riset dan sebagainya. Melalui film humas dapat menyampaikan pesan-pesannya. Tidak hanya film documenter, film cerita pun merupakan media yang efektif. Semuanya mengajak masyarakat untuk memaklumi kelemahan-kelemahan profesionalnya, menghargai kejujuran, dan bertepuk tangan atas pengorbanannya. Artinya kembali tujuan film itu adalah membentuk image positif.


  • Pers

Termasuk dalam kelompok media massa adalah radio, televisi, surat kabar, majalah, dan buku. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan humas dalam hubungan ini adalah jumpa pers, press tour press clipping. Ada banyak keuntungan melakukan kegiatan berhubungan dengan pers. Tidak hanya memperoleh publisitas bila termuat di media mereka, melainkan humas juga dapat memposisikan pers sebagai sumber informasi dan evaluasi.


Fungsi Humas

Fungsi-fungsi utama yang dilakukan oleh seorang humas dalam organisasinya meliputi berbagai bidang dan segi, dibawah ini terdapat beberapa fungsi humas yang paling utama, yaitu:

  1. Menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antara lembaga/organisasi engan publiknya, baik publik intern maupun ekstern dalam rangka menanamkan pengertian.
  2. Menilai dan menentukan pendapat umum yang berkaitan dengan organisasinya.
  3. Memberi saran kepada pemimpin tentang cara-cara mengendalikan pendapat umum sebagaimana mestinya.
  4. Menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam rangka menciptakan iklim pendapat publik yangmenguntungkan organisasi/lembaga.
  5. Menggunakan komunikasi untuk mempengaruhi pendapat umum.

Profil Humas

Berikut ini terdapat beberapa profil humas, terdiri atas:


  1. Humas yang Melembaga

Sebagai bidang yang melembaga beraarti memiliki seseorang yang memimpin, memiliki staf dan mestinya memiliki ruang/tempat dan sarana-prasarana pendukungnya.Pengorganasasian disini berbicara tentang struktur, wewenang, tugas dan tanggung jawab. Humas yang melembaga lebih dikenal dengan istilah, bagian/departermen/ divisi humas/ PR/ communication. Dalam bentuk ini terdapat dua system, yaitu sistem sentralisasi dan desentralisasi.


  1. Humas Eksternal

Humas eksternal adalah sebuah lembaga/perusahaan independen yang berbadan hukum dan bergerak dalam layanan dibidang humas. Fungsi humas eksternal adalah sebagai berikut :


  • PR Full Service

Sebuah perusahaan tersendiri yang bergerak dalam bisnis pelayanan kehumasan, meliputi kegiatan konseling dan sekaligus pelayanan konsultasi dan pelayanan apa yang mereka berikan kepada klien (perseorangan/perusahaan PR tersebut).


  • PR Consultant

Perusahaan humas yang bergerak dalam yayanan konsultasi kehumasan. Pelayanan kosultan yang diberikan tergantung dari kompetensi yang dimiliki para konsultannya.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Manajemen Pendidikan adalah


Beberapa perusahaan Full Service dan Consultant memberi pelayanan di beberapa bidang antara lain :

  1. Pemulihan citra
  2. Pembentukan citra
  3. Corporate culture
  4. Media relations dan publisitas
  5. Government relations
  6. Marketing PR
  7. Komunikasi organisasi
  8. Community relations

  • Even Organizer

Perusahaan yang melayani jasa sebagai pelaksana sebuah event / kegiatan yang berhubungan dengan publik.


  1. Profil Petugas Humas

Kualitas seseorang praktisi humas yang baik,meliputi hal-hal berikut ini:

  • Mampu menghadapi semua orang yang memiliki aneka ragam karakter dengan baik.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik, menjelaskan segala sesuatu dengan jelas da lugas, baik lisan maupun tertulis,atau bahkan secara visual.
  • Mampu mengorganisir segala sesuatu, termasuk dalam perencanaan prima.
  • Memiliki integritas personal,baik dalam profesi maupun kehidupan pribadi.
  • Mempunyai imajinasi.
  • Serba tahu, dalam hal ini adalah akses informasi yang seluas-luasnya.

Tujuan Humas

Tujuan humas adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan partisipasi, dukungan, dan bantuan secara konkret dari masyarakat baik berupa tenaga, sarana prasaran maupun dana demi kelancaran dan tercapainya tujuan organisasi.
  2. Menimbulkan dan membangkitkan rasa tanggung jawab yang lebih besar pada masyarakat terhadap kelangsungan program dari organisasi tersebut secara efektif dan efisien.
  3. Mengikutsertakan masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi.
  4. Menegakkan dan mengembangkan suatu citra yang menguntungkan (favorable image) bagi organisasi terhadap para stakeholdernya dengan sasaran yang terkait, yaitu publik internal dan publik eksternal.
  5. Membuka kesempatan yang lebih luas kepada para pemakai produk/lulusan dan pihak-pihak yang terkait untuk partisipasi dalam meningkatkan mutu organisasi.

Kegiatan Humas

Kegiatan humas pada hakikatnya adalah kegiatan berkomunikasi dengan berbagai macam simbol komunikasi, verbal maupun nonverbal. Kegiatan komunikasi nonverbal sebagian besar adalah pekerjaan menulis proposal, artikel, progress report, menulis untuk presentasi,


menulis untuk press, membuat rekomendasi, penyelenggaraan pameran, seminar, special event, riset / penelitian, pers kliping, dan lain sebagainya. Sedangkan verbal lisan antara lain jumpa pers, open house, announcer, presenter, desk information, dan lain sebagainya.


Organisasi Profesi Humas

Berikut ini terdapat beberapa organisasi profesi humas, terdiri atas:


  • PERHUMAS

Pada tanggal 15 Desember 1972 para praktisi humas di Indonesia mendirikan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) di jakarta. Berikut tujuan-tujuan PERHUMAS adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan perkembangan dan keterampilan profesional hubungan masyarakat di Indonesia.
  2. Memperluas dan memperdalam pengetahuan mengenai hubungan masyarakat.
  3. Meningkatkan kontak dan pertukaran pengalaman diantara para anggotanya.
  4. Menyelenggarakan hubungan dengan organisasi-organisasi serumpun dengan bidang hubungan masyarakat, di dalam maupun diluar negeri.

Tahun 1977 Perhumas memprakarsai berdirinya organisasi humas di Asia Tenggara yaitu FAPRO (Federation of ASEAN Public Relations Organization) di Kuala Lumpur. Indonesia melalui Perhumas ditunjuk menjadi tuan rumah konferensi FAPRO di jakarta.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Komunikasi Bisnis – Materi, Unsur, Proses, Fungsi, Manfaat, Bentuk Dan Contoh


Sebagai organisasi resmi, Perhumas telah menetapkan kode etik profesi dan telah terdaftar di Departermen Dalam Negeri dan Departermen Penerangan waktu itu, serta tercatat dan diakui oleh International public Relations Association (IPRA), yang merupakan organisasi profesi di tingkat internasional.


  • APPRI

Di Indonesia juga terdapat organisasi yanng menghimpun perusahaan humas, yakni APPRI (Asosiasi Perusahaan Public Relations). APRI didirikan pada 10 April 1987 di Jakarta bersifat independen. Tujuan Apri Adalah sebagai berikut:

  1. Menghimpun, membina dan mengarahkan potensi perusahaan public relations nasional, agar secara aktif, positif, dan kreatif, turut serta dalam usaha mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, berlandaskan pancasila dan UUD 1945.
  2. Mewujudkan fungsi public relations yang sehat, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan kode praktik dan kode etik yang lazim berlaku secara nasional dan internasional.
  3. Mengembangan dan mewujudkan kepentingan asosiasi dengan memberikan kesempatan kepada para anggota dengan konsultasi dan kerjasama serta memberikan saran bagi pemerintah.
  4. Memberi informasi kepada klien bahwa anggota APPRI memenuhi syarat untuk memberikan nasihat dalam bidang public relations dan akan bertindak untuk klien menurut kemampuan profesionalnya.
  5. Merupakan sarana untuk para anggotanya dalam soal-soal kepentingan usaha dan profesi, dan menjadi forum koordinasi praktik publik relations.
  6. Merupakan medium bagi masyarakat umum untuk mengetahui mengenai pengalaman dan kualifikasi para anggotanya.
  7. Membantu mengembangkan kepercayaan umum atas jasa public relations.
  8. APPRI juga telah menetapkan kode etik profesi dan memberlakukan pada anggotanya. Sampai sejauh ini anggota APPRI telah berkiprah di tingkat internasional.

Demikianlah pembahasan mengenai 17 Pengertian Humas Menurut Para Ahli, Fungsi dan Tujuan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Send this to a friend