Jenis Ikan Hias Air Laut

Diposting pada

Pengertian Ikan Hias

Ikan hias merupakan komoditas perikanan yang potensial untuk dikembangkan, karena selain mempunyai potensi sumber daya yang memadai juga peluang pasar yang cukup baik di dalam dan luar negeri.

Industri ornamental organisme laut, terutama untuk kepentingan hobby akuarium telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut telah menyebabkan permintaan hasil dari alam semakin meningkat, walaupun untuk beberapa spesies telah berhasil dikembangkan dengan budidaya, veriasi spesies yang menjadi permintaan hobbyes belum dapat terpenuhi dari budidaya meskipun budidaya berkembang beberapa kali lipat dalam tahun-tahun yang akan datang, ketergantungan pengambilan dari alam masih akan tetap terjadi.

tidak seperti halnya ikan hias air tawar , kesulitan dalam budidaya ditambah dengan tingginya dan keanekaragaman dari ikan hias air laut. Akuakultur nampaknya akan berkembang secara signifikan dan menjanjikan dapat mengurangi tekanan pengambilan secara langsung dari alam, tetapi tidak akan “menyelamatkan terumbu karang”. Industri ornamental hasil laut hanya seujung kuku dari permasalahan lingkungan yang dialami terumbu karang. Namun demikian manakala persepsi dan kenyataan “bertabrakan” didalam pemikiran masyarakat, persepsi akan selalu menang.


Potensi Penyebaran Ikan Hias

Potensi ikan hias sampai saat sekarang sulit dihitung. Namun demikian dari data hasil survei terhadap tangkapan nelayan dan sensus visual yang dilakukan oleh Puslitbangkan dan P3O- LIPI menggambarkan sebagai berikut :

Laut Flores dan Makassar + 410 ekor/100 m2

Lautan Hindia

  1. Gunung Kidul (Yogyakarta) +70 ekor/100 m2
  2. Teluk ekas (Lombok Timur), Gn.Linus, dan Sopak + 80 ekor/100 m2
  3. Selatan Jawa Barat luas karang 4.175.000 m2 +280 ekor/100 m2
  4. Bali (Sanur,Serangan) luas karang 7,35 km2 +280 ekor/100 m2
  5. Pulau Nias +380 ekor/100 m2

Laut Jawa

  1. Pulau Pari luas karang 48.461 km2 + 267 ekor/m2
  2. Karimun Jawa + 74 ekor/100 m2
  3. Utara Bali luas karang 15,5 km2 + 5000 ekor/100 m2
  4. Lombok (Gili kerawangan) dll + 1371 ekor/100 m2

Laut Banda

  1. Kei Kecil, Kei Besar luas karang 1.188.750 m2 + 720-770 ekor/100 m2;
  2. Kei Kecil, Banda dan Nusa laut luas karang 6.949.250 m2 + 640-710 ekor/100 m2;

Laut Seram dan Teluk Tomini

  1. Banggai dengan luas karang 2.215 m2 +447 ekor/100 m2

Alat Penangkapak Ikan Hias

Bubu, Jaring penghalang ( barrier net), dan pancing adalah jenis-jenis alat tangkap yang sebenarnya digunkan oleh nelayan sejak lama. Jenis-jenis tersebut banyak ditinggalkan sejak diperkenalkan sianida pada perikanan karang yang menjajikan kemudahan pengoperasian dan hasil tangkapan berlipat ganda, Keterangan fungsi dan cara pengoperasian alat tangkap tsb adalah sebagai berikut :


  • Bubu

Bubu merupakan alat tangkap pasif, tradisional yang berupa perangkap ikan , terbuat dari bambu dan rotan yang di jalin sedemikian rupa sehingga ikan yang masuk tidak dapat keluar, bubu juga dapat digunakan untuk menangkap ikan hias karang. Kelebihanya ikan tertangkap hidup-hidup dan jenis-jenis ikan tertentu saja yang tertangkap, tergantung besar pintu, atau ukuran mesh jaring. Alat ini biasanya oleh nelayan ditinggalkan semalam baru besoknya ikannya di panen atau di ambil hasilnya. Nelayan Somatera, Jawa dan Sulawesi sudah lama dan berpengalaman dalam pengoperasian alat ini.


  • JaringPenghalang

Pengunaan jaring penghalang (barier net) selalu dikombinasikan dengan jaring kecil (Scoopnet) untuk mengkap ikan yang sudah digiring dengan penyelam atau berenang.
Jaring penghalng ini biasanya hanya digunkan untuk menangkap ikan hias, fungsinya agar ikan tidak lari jauh dan selanjutnya ditangkap dengan sero (Scoopnet).


  • Sianida

Sianida yang banyak dikenal masyaratkat dengan Bius atau Potas yang bahannya adalah kaliun syanida yang biasa digunakan di pertambangan emas dan kilang baja. Akibat sianida ini tidak membius ikan target, tapi dapat membunuh ikan-ikan kecil dan biota lainya di sekitarnya. Sianida ini banyak digunkan dalam penangkapan ikan Hias dengan cara menyemprotkan sianida tersebut ke lobang-lobang karang.


Jenis Ikan Hias Laut


  • Lionfish

Jenis-Ikan-Hias-Air-Laut

Lionfish adalah salah satu ikan hias yang paling berbisa di dasar laut. Ikan ini memiliki duri yang berbisa disekitar punggungnnya yang berguna untuk pertahanan. Namun, Duri ini biasanya tidak terlalu fatal bagi manusia, tetapi orang yang terkena sengatan duri ini akan mengalami sakit yang luar biasa, dan mungkin muntah2, sakit kepala, dan sesak napas. Terlepas daripada itu ikan ini adalah ikan yang indah dan berwarna-warni.


  • Rainbow Parrot Fish (Scarus guacamaia)

Jenis-Ikan-Hias-Air-Laut


  • Wrasses Ikan Napoleon Wrasse (Cheilinus undulatus)

Jenis-Ikan-Hias-Air-Laut

Ikan Napoleon atau Ikan Napoleon Wrasse (Cheilinus undulatus) merupakan ikan karang berukuran besar anggota dari familia Labridae, dengan ukuran bisa mencapai 2 m dan berat 190 kg. Ikan Napoleon terutama ditemukan di terumbu karang di kawasan samudra hindia dan samudra pasifik. Ikan ini mempunyai pola reproduksi hermafrodit protogini dengan sebaran di wilayah perairan india-pasifik. Ikan napoleon merupakan jenis ikan karang yang mempunyai daya tarik menarik bagi para penyelam untuk menikmati wisata alam bawah laut


  • Coral Beauties (Synchiropus splendidus)

Jenis-Ikan-Hias-Air-Laut

Ikan jenis ini tidak sulit ditemukan di perairan dunia seperti lautan pasifik, lautan hindia zdan hampir semua perairannya. Pada artikel ini penulis ingin menuliskan dan membahas secara lengkap dalam artikel yang bertopik utama pada ikan coral beauty


Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Jenis Ikan Hias Air Laut : Penyebara, Alat Penangkapa, Pengertian, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan