Lambang ASEAN dan Artinya

Diposting pada

Lambang ASEAN – Sejarah, Prinsip, Arti, Anggota, Makna dan Semboyan – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai ASEAN yang dimana dalam hal ini meliputi sejarah, prinsip, arti, anggota, makna dan semboyan, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

lambang-asean-dan-artinya

Sejarah ASEAN

ASEAN adalah kepanjangan dari Association of South East Asia Nations. ASEAN disebut juga sebagai Perbara yang adalah singkatan dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Gedung sekretarianASEAN berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia. ASEAN didirikan tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN diprakarsai oleh 5 menteri luar negeri dari wilayah Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura:

  1. Perwakilan Indonesia : Adam Malik
  2. Perwakilan Malaysia : Tun Abdul Razak
  3. Perwakilan Thailand : ThanatKoman
  4. Perwakilan Filipina : Narcisco Ramos
  5. Perwakilan Singapura : S. Rajaratnam.

Sedangkan terdapat negara-negara lain yang bergabung kemudian ke dalam ASEAN sehingga total menjadi 11 negara, yaitu:

  • Brunei Darussalam tangal 7 Januari 1984
  • Vietnam tangal 28 Juli 1995
  • Myanmar tangal 23 Juli 1997
  • Laos tangal 23 Juli 1997
  • Kamboja tangal 16 Desember 1998

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : 5 Macam Bentuk Kerja Sama ASEAN (AEC) Dasar Bisnis Produksi


Prinsip Utama ASEAN

Prinsip-prinsip utama ASEAN digariskan seperti berikut: Menghormati kemerdekaan, kesamaan, integritas dan identitas nasional semua negara Setiap negara memiliki hak untuk menyelesaikan permasalahan nasionalnya tanpa ada campur tangan dari luar Penyelesaian perbedaan atau perdebatan antar negara dengan aman Menolak penggunaan kekuatan dan kekerasan meningkatkan kerjasama yang efektif antara anggota ASEAN dikukuhkan oleh lima negara pengasas; Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand di Bangkok Proses pembentukan ASEAN dibuat dalam sebuah penandatanganan perjanjian yang dikenal dengan nama “Deklarasi Bangkok”.


Adapun yang bertanda tangan pada Deklarasi Bangkok tersebut adalah para menteri luar negeri saat itu, yaitu Bapak Adam Malik (Indonesia), Narciso R. Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan ThanatKhoman (Thailand). Pada tanggal 8 Januari 1984, seminggu setelah mencapai kemerdekaannya, negara Brunei masuk menjadi anggota ASEAN.


11 tahun kemudian, tepatnya tanggal 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar menjadi anggota dua tahun kemudianya, yaitu pada tanggal 23 Juli 1997. Walaupun Kamboja sudah menjadi anggota ASEAN bersama sama Myanmar dan Laos, Kamboja terpaksa menarik diri disebabkan masalah politik dalam negara tersebut. Namun, dua tahun kemudian Kamboja kembali masuk menjadi anggota ASEAN pada 30 April 1999. LOGO ASEAN Logo ASEAN membawa arti ASEAN yang stabil, aman, bersatu dan dinamik. Warna logo ada 4 yaitu biru, merah, putih dan kuning. Warna tersebut merupakan warna utama lambang negara-negara ASEAN.


Warna biru melambangkan keamanan dan kestabilan. Merah bermaksud semangat dan dinamisme sedangkan putih menunjukkan ketulenan dan kuning melambangkan kemakmuran. Sepuluh tangkai padi melambangkan cita-cita pelopor pembentuk ASEAN di Asia Tenggara, yaitu bersatu dan bersahabat. Bulatan melambangkan kesatuan ASEAN.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Peran Negara Indonesia Dalam Asean Kerja Sama Antar Negara


Arti Lambang ASEAN

Lambang-ASEAN

Pada gambar diatas merupakan logo atau lambang ASEAN yang biasa kita jumpai atau lihat dibuku-buku maupun dimedia-media lainnya seperti di internet, koran, maupu poster. Dari gambar tersebut dapat kita lihat 10 buah padi yang terikat yang menggambarkan yakni persatuan, kesatuan dan persahabatan dari ke 10 negara-negara yang menjadi anggota ASEAN ( Organisasi Negara-Negara Di Asia Tenggara ).


Adapun dari warna yang berada pada lambang tersebut yang memiliki arti dan makna tersendiri yaitu :

  • Warna biru memiliki arti yaitu perdamaian dan keamanan.
  • Warna merah memiliki arti yaitu keberanian dan dinamika.
  • Warna putih memiliki arti yaitu kesucian.
  • Warna kuning memiliki arti kemakmuran dan kesejahteraan.
  • Dan pada lingkaran yang ada melambangkan persatuan antara negara-negara anggota ASEAN.

Anggota ASEAN

Perlu diketahui bahwa pada awalnya mulanya ASEAN hanya terdiri dari 5 negara saja, mereka itu ialah negara-negara pemrakarsa ASEAN yang terbentuk pada 8 Agustus 1967, negara-negara tersebut diantaranya ialah :

  • Indonesia
  • Malaysia
  • Thailand
  • Singapura
  • Dan Filipina

Namun pada saat ini jumlah anggota ASEAN sudah bertambah banyak menjadi 10 negara yang berada didalam kawasan yang luasnya 6 juta kilometer persegi dan inilah 10 dari negara ASEAN beserat nama ibukotanya sebagai berikut :

  1. Indonesia ibu kotanya yaitu Kota Jakarta
  2. Malaysia ibu kotanya yaitu Kota Kuala Lumpur
  3. Thailand ibu kotanya yaitu Kota Bangkok
  4. Singapura ibu kotanya yaitu Kota Singapura
  5. Filipina ibu kotanya yaitu Kota Manila
  6. Brunei Darussalam ibu kotanya yaitu Kota Bandar Seri Begawan
  7. Vietnam ibu kotanya yaitu Kota Hanoi
  8. Kamboja ibu kotanya yaitu Kota Phnom Phen
  9. Laos ibu kotanya yaitu Kota Vientiane
  10. Myanmar ibu kotanya yaitu Kota Naypyidaw

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Bentuk Kerjasama Asean Di Bidang Ekonomi Dan Bidang Kerjasama Yang Telah Berjalan


Makna Lambang ASEAN

Berikut ini terdapat beberapa makna lambang asean, terdiri atas:


  1. Lambang ASEAN ini digunakan sebagai lambang resmi ASEAN.
  2. Lambang ASEAN melambangkan kemantapan, perdamaian, persatuan, dan dinamika ASEAN. Warna-warna lambang – biru, merah, putih dan kuning – adalah warna-warna yang digunakan dalam berbagai bendera negara-negara anggota ASEAN.
  3. Warna biru melambangkan perdamaian dan kemantapan, merah melambangkan keberanian dan dinamika, putih melambangkan kesucian, dan kuning melambangkan kemakmuran.
  4. Sepuluh batang padi yang terikat melambangkan sepuluh negara anggota ASEAN. hal ini melambangkan harapan para bapak pendiri ASEAN yang memimpikan ASEAN terdiri atas seluruh sepuluh negara-negara Asia Tenggara yang terikat dalam persahabatan dan solidaritas.
  5. Lingkaran melambangkan persatuan ASEAN.
  6. Hak cipta Lambang ASEAN dimiliki oleh ASEAN.

Semboyan ASEAN

“Satu Visi, Satu Identitas, Satu Komunitas” (One Vision, One Identity, One Community).

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Jumlah Penduduk !! Dari Masing-Masing Negara Asean


Demikian Pembahasan Tentang Lambang ASEAN – Sejarah, Prinsip, Arti, Anggota, Makna dan Semboyan Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀

 

Advertiser >>> https://merekbagus.co.id/