Karakteristik Benua Afrika

Diposting pada

Afrika adalah benua terbesar kedua dunia dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. Dengan luas wilayah 30.224.050 km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi 20,3% dari seluruh total daratan Bumi. Benua ini merupakan tempat bagi sepertujuh populasi dunia.

Karakteristik-Benua-Afrika

Afrika memiliki gurun yang panas terbesar dan hutan tropis terbesar kedua di dunia yang menghambat pembangunan berarti benua dari transportasi, menghambat ekonominya. Di tengah-tengah benua, di sisi barat, hampir tak tertembus hutan hujan menghambat transit orang dan barang. Sahara menciptakan penghalang yang jelas untuk perdagangan dari utara. Walaupun Afrika memiliki sistem sungai besar seperti Sungai Nil, Niger, Kongo dan Zambezi, mereka tidak menghubungkan benua ke rute perdagangan secara efektif seperti yang terjadi di Eropa dan Cina.


Letak dan Luas Benua Afrika

Peta-Benua-Afrika

Secara astronomis benua ini terletak antara 37o21’ LU – 34o52’ LS dan 17o32’ BB – 51o26’ BT. Wilayah tersebut dibatasi oleh Laut Tengah dan Teluk Suez di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah timur, dan oleh Samudra Atlantik di selatan dan barat.


Benua Afrika menempati urutan ketiga terluas, setelah Asia dan Amerika. Luasnya kira-kira 30.208.000 km².


Berikut merupakan penjelasan mengenai letak benua Afrika secara geografis beserta kondisi, pengaruh dan batas wilayah benua Afrika selengkapnya.


  1. Letak Benua Afrika Secara Geografis

Benua Afrika terletak di belahan bumi bagian timur dan membentang dari bagian utara sampai selatan. Letak geografis benua Afrika diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Kedua benua ini mengapit dataran utama Afrika, dimana Samudera Atlantik berada di bagian barat benua Afrika sedangkan Samudera Hindia berada di bagian timur benua Afrika.


Benua Afrika dipisahkan dari benua Eropa oleh Laut Tengah. Sedangkan dataran benua Afrika menyatu dengan benua Asia di ujung timur lautnya melalui Terusan Suez. Semenanjung Sinai yang dimiliki oleh Mesir sering dianggap secara geopolitis sebagai bagian dari benua Afrika.


  1. Kondisi Geografis Benua Afrika

Benua Afrika merupakan benua terluas kedua di dunia setelah benua Asia (dengan asumsi Amerika Utara dan Amerika Selatan terpisah). Luas wilayah benua Afrika adalah 30.370.000 km persegi. Afrika terdiri dari dataran utama Afrika serta beberapa pulau termasuk pulau Madagaskar dan sejumlah kepulauan kecil lainnya di sekitar benua Afrika.


Wilayah benua Afrika bagian utara banyak terdiri dari wilayah gurun termasuk adanya Gurun Sahara yang menjadi salah satu gurun terbesar di dunia. Total terdapat 54 negara di benua Afrika yang diakui oleh dunia internasional serta 2 negara lain dengan pengakuan terbatas dan diperdebatkan.


  1. Pengaruh Letak Benua Afrika

Letak geografis benua Afrika tentu memberikan banyak pengaruh bagi negara negara di benua Afrika. Yang paling dipengaruhi adalah keadaan iklim di benua Afrika yang beragam antara negara satu dengan yang lain, tergantung pada letak geografis masing-masing negara di benua Afrika.

  • Afrika bagian Selatan : Iklim sedang/subtropis
  • Afrika bagian Tengah dan Barat : Iklim tropis dengan curah hujan teratur
  • Afrika bagian Utara dan Barat Daya : Iklim dan mengalami kering sepanjang tahun.
  • Afrika bagian paling Utara : Iklim mediterania
  • Daerah pegunungan dan dataran tinggi Afrika : Iklim pegunungan

Batas Benua Afrika

Berikut ini terdapat beberapa batas benua afrika, terdiri atas:

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Tengah atau Laut Mediterania dan Benua Eropa.
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Merah dan Samudra Hindia.
  3. Sebelah Selatan dan Barat ber-batasan dengan Samudra Atlantik.

Karakteristik Benua Afrika

Benua Afrika memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa karakteristik Benua Afrika.

  • Benua Afrika mempunyai wilayah daratan di benua lain, yaitu Semenanjung Sinai di Benua Asia.
  • Benua Afrika memiliki wilayah gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara.
  • Benua Afrika memiliki aliran sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil.
  • Benua Afrika merupakan benua termiskin bila dibandingkan dengan benua-benua lainnya.
  • Benua Afrika mempunyai ketampakan alam berupa Lembah Celah Besar (The Great Rift Valley) yang terbentang sepanjang 6.400 km dari pantai Laut Merah di Afrika Timur hingga Danau Tanganyika di Afrika Selatan.
  • Benua Afrika memiliki Terusan Suez yang menghubungkan Laut Merah dengan Laut Tengah sehingga mempersingkat lalu 7) Benua Afrika memiliki bangunan-bangunan bersejarah, seperti piramida, patung Sphinx, dan patung raja Ramses II.

Iklim Benua Afrika

Benua Afrika mempunyaiiklim yang bervariasi. Benua Afrika terbagiatasbeberapawilayahiklim yaitusebagaiberikut :

  1. Daerah iklim sedang/subtropis, yaitu meliputi daerah di pantai tenggara Afrika Selatan, wilayah selatan, dangaris balik selatan.
  2. Daerah iklim tropis, yaitu daerah di sekitar ekuator. Mengalami curah hujan yang teratur. Tapi, curah hujan semakin berkurang untuk daerah yang semakin jauh dari ekuator. Sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda, dan sebagian pantai di wilayah timur mengalami panas dan hujan sepanjang tahun.
  3. Daerah iklim gurun, jenis iklim yang satu ini terdapat di wilayah Afrika bagian utara (wilayah gurun) dan bagian barat daya benua. Daerah beriklim gurun bisa mengalami kering sepanjang tahun.
  4. Daerah iklim mediterania, jenis iklim yang satu ini terdapat di wilayah paling utara Afrika sekitar Laut Tengah.
  5. Daerah iklim pegunungan, jenis iklim yang satu ini terdapat di wilayah pegunungan / tinggi.

Kondisi Fisik Benua Afrika

Afrika merupakan benua yang unik, wilayahnya dilalui oleh tiga garis lintang utama, yaitu garis khatulistiwa (0°), garis balik Utara (23½°LU), dan garis balik Selatan (23½°LS). Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi dan bergurun. Meski demikian, terdapat juga kawasan-kawasan subur di dataran rendah, misalnya di Lembah Sungai Nil dan Lembah Sungai Zaire yang merupakan lembah sungai terbesar kedua setelah Lembah Sungai Amazone.


1 ) Gurun di Afrika

Gurun-di-Afrika

Persebaran gurun di Benua Afrika dapat dijumpai di sekitar garis balik Utara dan garis balik Selatan. Kawasan gurun di bagian Selatan memiliki posisi atau letak yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kawasan gurun di bagian Utara. Namun begitu, gurun di bagian Utara memiliki wilayah yang lebih luas. Gurun di wilayah Utara dikenal dengan sebutan Gurun Sahara (± 9.065.000 km²), membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur. Adapun gurun di wilayah Selatan, yaitu Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.


2 ) Gunung, Pegunungan dan Plato di Afrika

Gunung, Pegunungan dan Plato di Afrika

Plato dan pegunungan banyak terdapat di Afrika bagian Selatan.

Kawasan tersebut banyak memiliki mata air dan aliran sungai dengan ketinggian antara 500 – 1.200 m dari permukaan laut. Plato dan pegunungan di Afrika yang terkenal adalah Plato Umbagi dan Plato Tassilin-Ajjer di Sahara, Plato Shaba di bagian Tenggara, Plato Lunda dan Plato Drakensberg di bagian Selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di sebelah Timur, serta Plato Angola di bagian tengah.


Pegunungan yang terdapat di Afrika, yaitu Pegunungan Atlas yang membentang dari Pantai Barat Laut Afrika hingga Tunisia dan Pegunungan Cape di bagian Selatan. Gunung di Afrika pada umumnya tidak aktif, namun masih ada beberapa yang aktif. Adapun titik tertinggi Afrika berada di Gunung Kilimanjaro (5.894 m) di Afrika Timur yang selalu tertutup salju.


3 ) Sungai dan Danau di Afrika

Sungai-dan-danau-di-Afrika

Afrika banyak memiliki sungai besar. Sungai-sungai terkenal di Afrika adalah Sungai Nil yang panjangnya 6.500 km (terpanjang di dunia), Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria, dan Sungai Zambesi di Zambia. Beberapa aliran sungai tersebut dibendung untuk irigasi dan pembangkit listrik, misalnya bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil dan bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana.


Danau-danau di Afrika, yaitu Danau Victoria (± 69.484 km²) merupakan danau terbesar di Afrika, Danau Tanganyika, Danau Mobutu, Danau Rudolf, Danau Chad, dan Danau Zambesi. Selain itu, Afrika juga memiliki banyak air terjun besar, yaitu air terjun Tuguela di Afrika Selatan (984 m) dan air terjun Victoria (108 m) di Zimbabwe.


4 ) Flora dan Fauna di Afrika

Flora-dan-Fauna-di-Afrika

Kondisi flora dan fauna terkait dengan kondisi iklimnya. Di kawasan iklim hujan tropis (di bagian Afrika Tengah) terdapat variasi tumbuhan dan hutan hujan yang sangat lebat. Di bagian Utara dan Selatan (subtropis) terdapat stepa dan sabana yang luas, sedangkan di kawasan gurun hanya terdapat stepa dan tumbuhan kaktus. Kondisi alam Benua Afrika sangat mendukung penyebaran fauna.


Afrika mempunyai banyak jenis fauna, terutama hewan mamalia besar. Fauna khas Afrika, yaitu addax, zarafah, zebra, antilop, kuda nil, badak, dan gajah. Meskipun mempunyai kemiripan fisik dengan hewan-hewan sejenis di Asia, namun hewan-hewan Afrika memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar daripada hewan-hewan sejenis di Asia.


Bentang Alam Benua Afrika

Daerah Afrika terdiri dari Pegunungan tinggi, Gurun, Lembah, dan daerah depresi. Pegunungan di selatan dan timur, lebih tinggi dari pegunungan yang ada di utara dan barat. Gunung tertinggi adalah G. Kilimanjaro (6.010 m) yang terletak di Tanzania. Di Afrika utara terdapat gurun Sahara, yang merupakan gurun terluas di bumi. Sungai yang terdapat di Afrika antara lain adalah sungai Nil, yang merupakan sungai terpanjang di bumi (6.690 km). Di Afrika terdapat beberapa danau yang besar antara lain danau Victoria, danau Tanganyika, dan danau Malawi.


Penduduk Benua Afrika

Penduduk Benua Afrika tahun 2001 berjumlah ± 818.000.000 jiwa dengan angka pertumbuhan 2,4% dan sebagian besar merupakan bangsa Negro.


Jumlah penduduk Benua Afrika pada pertengahan tahun 2005 mencapai 924 juta jiwa, dan rata-rata pertumbuhan penduduknya 2,3 % per tahun. Suku bangsa penduduk Afrika antara lain:

  1. Orang Hamit yang berdiam di Afrika Utara dan Timur Laut.
  2. Orang Negro, meliputi Negro Sudan dan Negro Bantu. Sekitar 70% penduduk Afrika adalah orang negro.
  3. Orang ras khusus yang masih primitif, misalnya Ras Pygmy di hutan Kongo, Ras Bushmen di Gurun Kalahari, dan Ras Hottentot.
  4. Orang Eropa di Afrika Selatan. Bahasa yang digunakan yaitu Bahasa Swahili (mayoritas), Bahasa Arab, dan Hausa.

Di bawah ini adalah tabel jumlah dan kepadatan penduduk benua Afrika pada 1 juli 2008

Nama negara Luas (Km2) Jumlah penduduk Kepadatan penduduk (Km2)
1. Afrika Timur:
Burundi 27,830 8,988,091 322.9
Komoro 2,170 752,438 346.7
Djibouti 23,000 516,055 22.4
Eritrea 121,320 5,647,168 46.5
Ethiopia 1,127,127 85,237,338 75.6
Kenya 582,650 39,002,772 66.0
Madagaskar 587,040 20,653,556 35.1
Malawi 118,480 14,268,711 120.4
Mauritius 2,040 1,284,264 629.5
Mozambik 801,590 21,669,278 27.0
Rwanda 26,338 10,473,282 397.6
Seycelles 455 87,476 192.2
Somalia 637,657 9,832,017 15.4
Tanzania 945,087 41,048,532 43.3
Uganda 236,040 32,369,558 137.1
Zambia 752,614 11,862,740 15.7
2. Afrika Tengah:
Angola 1,246,700 12,799,293 10.3
Kamerun 475,440 18,879,301 39.7
Republik Afrika Tengah 622,984 4,511,488 7.2
Chat 1,284,000 10,329,208 8.0
Kongo 342,000 4,012,809 11.7
Republik Demikratik Kongo 2,345,410 68,692,542 29.2
Guinea katulistiwa 28,051 633,441 22.6
Gabon 267,667 1,514,993 5.6
São Tomé dan Príncipe 1,001 212,697 212.4
3. Afrika Utara
Algeria 2,381,740 34,178,188 14,3
Mesir 1,001,450 83,082,869 82,9
Libya 1,759,540 6,310,434 3.6
Maroko 446,550 34,859,364 78.0
Sudan 2,505,810 41,087,825 16.4
Tunisia 163,610 10,486,339 64.1
Sahara Barat 266,000 405,210 1.5
4. Afrika Selatan
Bostwana 600,370 1,990,876 3.3
Lesotho 30,355 2,130,819 70.2
Zimbawe 390,580 11,392,629 29.1
Namibia 825,418 2,108,665 2.6
Afrika Selatan 1,219,912 49,052,489 40.2
Swaziland 17,363 1,123,913 64,7
5. Afrika Barat
Benin 112,620 8,791,832 78.0
Vuekina Faso 274,200 15,746,232 57.4
Tanjung Ferde 4,033 429,474 107.3
Pantai Gading 322,460 20,617,068 63.9
Gambia 11,300 1,782,495 157.7
Ghana 239,460 23,832,459 99.5
Guinea 245,857 10,057,975 40.9
Guinea-Bissau 36,120 1,533,964 42.5
Liberia 111,370 3,441,790 30.9
Mali 1,240,000 12,666,987 10.2
Mauritania 1,030,700 3,129,486 3.0
Niger 1,267,000 15,306,252 12.1
Nigeria 923,678 158,259,000 161.5
Saint Helena, Ascension, dan Tristan Da Cunha 410 7,637 14.4
Senegal 196,190 13,711,597 69.9
Sierra Leone 71,740 6,440,053 89.9
Togo 56,785 6,019,877 106.0
Total 30,368,609 1,001,320,281 33.0

Perekonomian Benua Afrika

Berikut ini terdapat beberapa perekonomian benua afrika, terdiri atas:


  • Pertanian

Sebagian besar negara-negara di Afrika merupakan negara Agraris. Sekitar 60% penduduk benua afrika bekerja disektor pertanian. Hasil dari sektor pertaniannya adalah karet, kapas, kopi, cokelat, tebu, kelapa sawit, tembakau, gandum, dan kurma.ditahun yang sudah modern ini negara  yang sudah mengalami kemajuan besar dalam produksi pertanian seperti Brazil talah sepakat untuk berbagi tekhnologi dengan Afrika untuk lebih meningkatkan produksi pertanian di benua itu untuk membuatnya menjadi mitra dagang yang lebih layak. Peningkatan investasi dibidang produksi pertanian  Afrika secara umum memiliki potensi untuk mengurangi kemiskinan di Afrika.


  • Pertambangan dan Pengeboran

Afrika memiliki barang tambang yang melimpah dengan hasil tambang utama antara lain intan (98%), emas (60%), krom (35%), mangan (25%), dan tembaga (20%).


Ekspor Afrika yang paling berharga adalah mineral dan minyak bumi. Beberapa negara memiliki dan mengekspor sebagian besar sumber daya tersebut. Negara-negara selatan memiliki cadabgan emas, berlian, dan tembaga yang besar. Meskipun pertambangan dan pengeboran menghasilkan sebagian besar pendapatan afrika setiap tahun, industri ini hanya mempekerjakan sekitar dua juta orang, sebagian kecil dari penduduk benua itu.


  • Industri

Sektor industri berkembang pesat dengan adanya kekayaan minyak dan gas bumi yang dimiliki oleh beberapa negara. Negara di Afrika yang industrinya telah berkembang adalah Republik Afrika Selatan dan Mesir.


  • Perbankan

Perbankan di Afrika telah lama bermasalah karena, bank-bank lokal sering tidak stabil dan korup. Pemerintah dan industri bergantung pada bank-bank internasional. Hanya Afrika selatan dan mesir yang memiliki sektor perbankan yang berkembang.Dalam beberapa dekade terakhir, rformasi perbankan telah menjadi prioritas dari Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.


Salah satu reformasi penting adalah mendapatkan izin untuk peningkatan penetrasi oleh bank asing. Afrika Selatan dan Mesir telah menjadi paling sukses dalam menarik operasi lokal bank asing. Pada tahun 2007, Mesir melampaui Afrika Selatan sebagai penerima terbesar FDI $ 11,1 miliar rekaman. Kecenderungan ini berlanjut pada tahun 2008, di mana Mesir menarik $ 13,2 miliar FDI.


  • Komunikasi dan Teknologi Informasi

Telepon seluler di Afrika memiliki tingkat pertumbuhan pelanggan terbesar di dunia. Pasar Afrika berkembang dua kali lebih cepat daripada pasar Asia. Ponsel Afrika telah menciptakan dasar untuk perbankan selular.

Sementara ponsel dan infrastruktur di Afrika telah terlihat pertumbuhan yang mengesankan. Afrika masih butuh laptop, PC, dan kabel serat optik untu koneksi internet yang lebih cepat untuk sebuah revolusi TIK yang komperhensif.


Sistem Pemerintahan di Benua Afrika

Berikut ini adalah negara-negara yang ada di benua Afrika beserta ibukota dan bentuk pemerintahanya:

Nama Negara

Ibukota

Bentuk Pemerintahan

  1. Afrika Timur:
Burundi Bujumbura Republik
Eritrea Asmara Republik
Ethiopia Addis Ababa Republik
Djibouti Djibauti Republik
Kenya Nairobi Republik
Komoro Moroni Republik Federasi
Malagasi Antananarivo Republik
Malawi Lilongwe Republik
Mauritus Port Louis Persemakmuran
Mozambik Maputo Republik
Rwanda Kigali Republik
Seychelles Victoria Republik
Somalia Mogadishu Republik
Tanzania Dodoma Republik
Uganda Kampala Republik
2. Afrika Tengah:
Angola Luanda Republik
Gabon Libreville Republik
Kamerun Yaounde Republik
Kongo Brazzaville Republik
Afrika Tengah Bangui Republik
Saotome & Principe Sao Tome Republik Demokrat
Zaire Kinshasa Republik
Zambia Lusaka Persemakmuran
3. Afrika Utara:
Aljazair Aljir Republik Demokrat
Chad N’Djamena Republik
Libia Tripoli Republik
Maroko Rabat Kerajaan
Mesir Kairo Republik
Niger Niamey Republik
Sahara Barat Al Ainun DKM
Tunisia Tunis Republik
4. Afrika Selatan:
Afrika Selatan Pretoria Republik
Bostwana Gaborone Persemakmuran
Leshoto Maseru Persemakmuran
Namibia Widhoek Republik
Swaziland Mbabane Kerajaan
Zimbzwe Harare Persemamuran
5. Afrika Barat:
Benin Porto Novo Republik
Burkina Faso Ougadougou Republik
Gambia Banjul Persemakmuran
Ghana Accra Republik
Guinea Conarkry Republik
Guinea Bissau Bissau Republik
Liberia Monrovia Republik
Mali Bamako Republik
Mauritania Nouakchoot Republik Islam
Nigeria Abuja Republik
Pantai Gading Yamoussoukro Republik
Senegal Dakar Republik
Sierra Lione Freetown Republik
Tanjung Verde Praira Republik
Togo Lome Republik

Daftar Pustaka:

  1. Ratna Sukmayani, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas IX. Grasindo.

Demikianlah pembahasan mengenai Karakteristik Benua Afrika – Peta, Negara, Iklim, Bentang, Penduduk, Perekonomian dan Sistem Pemerintahan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. Karakteristik Benua Antartika
  2. Karakteristik Benua Australia
  3. Benua Australia
  4. “Lempeng Indo – Australia” Definisi & ( Sejarah Terbentuk – Batas Lempeng )
  5. “Ciri-Ciri Benua Amerika” Definisi & ( Bentang Alam – Iklim – Penduduk )
  6. Peta Benua Eropa
  7. Peta Benua Asia
  8. Terbentuknya Kepulauan Indonesia
Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan