Karakteristik Benua Amerika

Diposting pada

Konsep regional, seperti yang telah banyak dikemukakan oleh para ahli Geografi,merupakan suatu konsep yang mempelajari suatu wilayah Geografi. Suatu regionukurannya bervariasi, dari yang sangat luas sampai luasnya terbatas. Yang menjadipatokan adalah region harus memiliki karakteristik tertentu, memiliki kekhususan, yang dapat dibedakan dari region, wilayah lainnya.

Karakteristik-Benua-Amerika

Geografi Regional Dunia merupakan ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari gejala-gejala dan kenyataan-kenyataan geografi dunia dalam hubungannya dengan berbagai aspek kehidupan di dunia tentunya.


Amerika adalah sebuah benua di dunia yang merujuk kepada wilayah daratan di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Benua ini umumnya dibagi menjadi Amerika Utara dan Amerika Selatan. Istilah ini juga merujuk kepada wilayah Karibia, pulau-pulau sekitar Laut Karibia, dan Greenland (namun bukan Islandia).


Karakteristik Fisik Benua Amerika

Berikut ini terdapat beberapa karakteristik fisik benua amerika, terdiri atas:


  1. Letak Geografis Benua Amerika

Berikut ini terdapat beberapa letak geografis benua amerika, terdiri atas:


  1. Secara Astronomis

Amerika adalah benua terbesar kedua yang terletak di belahan bumi sebelah Barat. Secara astronomis, benua ini terletak antara ± 80°LU – 56°LS dan ±170°BB – 36°BB. Bentuk wilayahnya yang memanjang ini seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dengan Kutub Selatan.


Luas wilayah daratannya mencapai ± 41.825.581 km² atau sekitar 28,1% dari seluruh luas wilayah daratan dunia dengan batas-batas berikut ini.

  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Benua Antartika.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.
  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Arktik.

  1. Secara Geografis

Secara geografis, Benua Amerika dapat dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu kawasan Amerika Utara, kawasan Amerika Tengah dan kawasan Amerika Selatan.

  1. Amerika Utara

Wilayah Amerika Utara terbentang dari Kutub Utara ke selatan sampai Jazirah Florida dan dari Samudra Pasifik ke timur sampai Samudra Atlantik, mencakup bagian utara Meksiko, Teluk Meksiko, daratan Amerika Serikat, Kanada, dan Kepulauan Arktik. Luas wilayah Amerika Utara ±24.500.000 km².


  1. Amerika Tengah

Wilayah Amerika Tengah meliputi wilayah Kepulauan Karibia di Samudra Atlantik dan daratan Amerika Tengah, (mencakup seluruh Meksiko). Luas wilayah Amerika Tengah ±253.926 km².


  1. Amerika Selatan

Wilayah Amerika Selatan terbentang dari Terusan Panama sampai dengan Semenanjung Horn di selatan di wilayah Argentina. Wilayahnya meliputi Argentina, Brasil, Bolivia, Chili, Colombia, Ekuador, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, Venezuela, serta Guyana Prancis dan Kepulauan Falkland. Luas wilayah Amerika Selatan ±17.821.601 km².


  1. Secara Geologis

Secara geologis benua Amerika terbagi mejadi dua bagian. Bagian tersebut yaitu sebagai berikut.

  • Bagian barat atau pantai pasifik merupakan rangkaian pegunungan muda sirkum pasifik, yaitu pegunungan batu yang terletak di utara dan Cordilleras los andes di selatan.
  • Bagian pantai timur benua Amerika dapat dijumpai kelompok pegunungan tua.
Peta-Benua-Amerika
Peta Benua Amerika

  1. Iklim Benua Amerika

Benua Amerika, ketika memasuki musim panas bertiup angin kering yang panas dari Teluk Mexico menuju utara. Kemudian, pada musim dingin, bertiup angin basah dari utara yang disertai dengan topan salju. Angin barat bertiup di pantai barat Amerika Serikat dan Chili selatan. Angin barat yang melewati pegunungan Andes turun menuju Patagonia. Angin ini merupakan angin kering yang memunculkan guru dan prairie atau Sabana – Stepa.


Selanjutnya, daerah pantai barat memiliki iklim subtropis. Angin pasat tenggara dan angin pasat timur laut dari Atlantik menurunkan curah hujan di sepanjang tahun. Sedangkan, di Amazon beriklim tropis yang basah. Amerika Utara dan Kanada memiliki iklim kutub. Kemudian, di Argentina memiliki iklim sedang, namun kering. Hal tersebut disebabkan letak Argentina yang berada di daerah bayangan hujan.


Lebih lanjut, iklim yang ada di benua Amerika dapat dijelaskan menjadi beberapa iklim. Iklim-iklim tersebut yaitu:

  • Iklim kutub atau dingin yang banyak mempengaruhi wilayah paling utara dari benua Amerika.
  • Iklim sedang atau subtropis yang banyak mempengaruhi wilayah sebelah selatan iklim kutub. Selain itu, juga terdapat di daerah muara sungai Missisippi dan di sekitar tanjung Kennedy yang terletak di Florida.
  • Iklim tropis yang dapat dijumpai di Amerika tengah dan sebagian lagi di Amerika Selatan.
  • Iklim semi gurun dan gurun yang dapat ditemui di daerah bayangan hujan atau daerah-daerah yang terletak di balik pegunungan.
  • Iklim kontinental atau iklim darat yang terdapat di sekitar danau-danau besar. Tepatnya di bagian timur Amerika Serikat sampai perbatasan Kanada.
  • Iklim laut yang berada di sepanjang utara pantai Samudra Pasifik, pantai barat Kanada, Amerika Serikat, dan Cili.
  • Iklim stepa merupakan iklim yang dapat ditemui di sebelah timur pegunungan Rocky sampai menuju Kanasa dan di dataran tinggi Brasil yang terletak di Amerika Selatan.
  • Iklim kering yang dapat ditemui di Amerika serikat bagian barat, tepatnya di gurun Mojave dan pantai Cili yang terletak di Amerika Selatan. Selain, kedua wilayah tersebut, juga dapat ditemui di Pegunungan Rocky bagian barat.

  1. Pegunungan Di Benua Amerika

Pegunungan-Di-Benua-Amerika

Benua Amerika memiliki pegunungan, daratan tinggi, daratan rendah, dan sungai. Pegunungan Rocky dan Pegunungan Andes menjadi pegununganutama yang ada di benua Amerika. Di Alaska, puncak tertinggi dari pegunungan berada di dekat pantai. Bahkan, sepertiga dari wilayah Amerika Utara ditutupi oleh pegunungan. Di antara pegunungan-pegunungan tersebut terdapat puncak tertinggi, yaitu:

  1. Gunung Aconcagua dengan ketinggian 6960 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Argentina.
  2. Gunung Bonete dengan ketinggian 6870 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Bolivia.
  3. Gunung Tupungato dengan ketinggian 6800 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Argentina.
  4. Gunung Mercedario dengan ketinggian 6770 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Argentina.
  5. Gunung Huan Carau dengan ketinggian 6723 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Peru.

  1. Sungai Di Benua Amerika

Sungai-Di-Benua-Amerika

Selain memiliki pegunungan yang utama, benua Amerika juga memiliki sungai utama, yaitu sungai Missisipi, sungai Ohio, dan sungai Missouri yang terletak di Amerika Utara. Selain sungai tersebut, masih terdapat sungai yang lain, yaitu sungai Arkansas dan sungai Red River atau sungai merah. Di Amerika Selatan terdapat sungai Parana, sungai Colorado, sungai Rio Grande dan sungai Amazon. Sungai Amazon merupakan sungai yang terluas di dunia dan terletak di Brazil.


  1. Gurun Di Benua Amerika

Gurun-Di-Benua-Amerika

Benua Amerika juga memiliki wilayah gurun, meskipun wilayahnya tidak seluas gurun di Benua Asia. Gurun yang terdapat di Benua Amerika, yaitu Gurun Great Basin, Gurun Mojave, Gurun Sonora, dan Gurun Chihuahua yang kesemuanya berada di wilayah Benua Amerika bagian Utara.


Adapun gurun yang berada di wilayah Benua Amerika bagian Selatan, yaitu Gurun Atacama di Cile (± 140.000 km²) yang merupakan gurun terkering di dunia dan Gurun Patagonia di perbatasan Cile – Argentina (± 673.000 km²). Berbeda dengan kondisi gurun di kawasan Asia yang pada umumnya datar, gurun di Benua Amerika pada umumnya berbentuk pegunungan yang tandus.


  1. Danau Di Benua Amerika

Benua Amerika juga memiliki banyak danau besar, seperti Danau Superior (± 83.270 km) yang merupakan danau terluas kedua di dunia, Danau Huron, Danau Michigan, Danau Great Bear, Danau Great Slave, Danau Erie, Danau Winnipeg, dan Danau Ontario. Danau-danau tersebut berada di Benua Amerika bagian Utara, sedangkan di Benua Amerika bagian Selatan hanya dijumpai beberapa danau kecil, seperti Danau Titicaca, Danau Paopo, Danau Sao Paolo, dan Danau Reprosa De Furnas.


  1. Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah Di Benua Amerika

Dataran tinggi yaitu Dataran Tinggi Guyana di perbatasan Guyana – Suriname dan Dataran Tinggi Mattogrosso di Brasil. Selain itu, di kawasan Amerika Tengah juga terdapat Plato Tengah Meksiko yang bentuknya semakin melandai ke arah Utara serta Dataran Tinggi Colorado (Amerika Utara). Adapun dataran rendah terdapat di Amerika Utara bagian tengah, yaitu di kawasan Kanada, bagian tengah Amerika Serikat yang disebut Great Plain di Lembah Sungai Mississippi, serta Dataran Tinggi Anahuac di Meksiko. Sementara itu di Amerika Selatan, dataran rendahnya terdapat di Lembah Sungai Amazone (Brasil), Grand Chaco, dan Lembah Sungai Parana di Argentina.


  1. Flora dan Fauna Di Benua Amerika

Flora-dan-Fauna-Di-Benua-Amerika

Flora di kawasan Amerika Utara didominasi oleh padang rumput hijau (prairi) yang kini telah dimanfaatkan untuk lahan pertanian yang subur. Selain itu, terdapat pula tumbuhan khas daerah tundra berupa hutan konifera (berdaun jarum) dan tumbuhan semusim lainnya. Di wilayah Amerika Tengah mulai terdapat variasi tanaman, di daerah Karibia terdapat hutan tropis yang diselingi padang rumput dan pohon pinus tropis, sedangkan di daerah kering hanya dijumpai semak dan pohon yang dapat meranggas.


Wilayah Amerika Selatan didominasi oleh hutan hujan tropis yang lebat, bahkan kawasan Lembah Sungai Amazone merupakan kawasan hutan hujan tropis terlebat di dunia. Hal ini tentu saja menyediakan habitat untuk berbagai variasi fauna yang hidup di dalamnya. Fauna endemik di daerah ini adalah ikan piranha dan burung macau di hutan Amazone. Adapun hewan khas Amerika Utara adalah bison, beruang kutub, penguin, dan ikan salmon.


  1. Bentang Alam Di Benua Amerika

Benua Amerika adalah benua yang berbentuk meridian (memanjang dari utara-selatan)Benua Amerika memiliki air terjun tertinggi, yaitu air terjun Angel (1000 m) di VenezuelaBenua Amerika memiliki air terjun dengan debit air terbesar di dunia, yaitu air terjun Guaira di Brasil (13.310 m³/detik)Benua Amerika memiliki gunung api aktif tertinggi, yaitu Gunung Ojos de Salado di Argentina-Chili (6.908 m) Benua Amerika memiliki tanah genting dan terusan di Panama (Amerika Tengah) yang menghubungkan Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.


Benua Amerika memiliki peninggalan bersejarah, yaitu Piramida bangsa IncaBenua Amerika memiliki lembah sungai terluas, yaitu Lembah Sungai Amazone. yang merupakan lembah hutan tropis di negara BrasilBenua Amerika memiliki tempat terkering di dunia, yaitu Gurun Atacama di Chili. Benua Amerika memiliki ngarai terbesar di dunia, yaitu Grand Canyon di Colorado, Arizona.


Karakteristik Non-Fisik Benua Amerika

Berikut ini terdapat beberapa karakteristik non-fisik benua amerika, terdiri atas:


  • Penduduk Di Benua Amerika

Jumlah penduduk Benua Amerika pada tahun 2003 adalah 873 juta jiwa. Kepadatan penduduknya 74 jiwa/km2. Penduduk Amerika terdiri atas 3 golongan berdasarkan pada sifat aslinya. Penduduk di benua amerika dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Penduduk asli. Merupakan suku bangsa asli yang hidup di wilayah Amerika Serikat, Amerika tengah bagian timur, dan Amerika Latin. Suku bangsa ini yaitu suku Indian. Selain suku Indian, juga terdapat suku eskimo. Suku eskimo ini hidup di daerah kutub. Orang eskimo terkenal dengan rumahnya yang antik. Rumahnya tersebut terbuat dari es yang disebut dengan Iglo. Kedua suku tersebut, baik suku Indian maupun Suku eskimo merupakan penduduk minoritas di benua Amerika.
  • Penduduk pendatang. Penduduk pendatang ini terdiri dari
  1. Orang-orang Eropa, yang terdiri dari Inggris, Perancis, Spanyol, Belanda, dan Portugis.
  2. Orang-orang Asia, yang terdiri dari Cina, Jepang, dan Melayu.
  3. Orang-orang Afrika, yang terdiri dari orang-orang negro yang terkenal dengan sebutan Black American.
  • Penduduk campuran. Penduduk campuran ini, antara lain
  1. Ras Mulato merupakan percampuran antara kulit putih dan kulit hitam.
  2. Ras Mestizo merupakan percampuran antara kulit putih dan indian.
  3. Ras Zambo merupakan percampuran antara Indian dan Negro.

Penduduk di benua amerika menganut beragam agama. Agama dengan jumlah pemeluk terbanyak ialah katolik roma yang pemeluknya tersebar di seluruh kawasan amerika selatan. Di amerika bagian utara, banyak pemeluk agama kristen protestan. Agama lainnya yang dipeluk oleh penduduk di benua amerika meliputi yahudi, islam, hindu, buddha, kong hucu, serta kepercayaan animisme yang masih banyak dianut oleh suku indian.


Agama yang berkembang di Benua Amerika adalah sebagai berikut.

  1. Agama Katholik, banyak dianut penduduk Amerika Tengah dan Amerika Selatan.
  2. Agama Kristen Protestan, banyak dianut penduduk Amerika Utara.
  3. Agama Islam, banyak dianut penduduk keturunan Arab, Melayu, dan Negro.
  4. Agama Yahudi, banyak dianut penduduk Amerika keturunan Yahudi.
  5. Agama Hindu, banyak dianut penduduk Amerika keturunan India, Nepal, dan Sri Lanka.
  6. Agama Buddha, Tao, Kong Hu Chu, dan Shinto banyak dianut oleh warga keturunan China, Jepang, Korea, dan Indo-Cina.
  7. Agama Kristen Anglikan, banyak dianut warga keturunan Inggris.

Bahasa yang digunakan penduduk Amerika adalah bahasa Portugal (di Brasil), bahasa Belanda (di Suriname), bahasa Spanyol (di Argentina, Chili, Kolombia, Kosta Rica, Kuba, Dominika, Ekuador, El Savador, Venezuela, Peru, Panama, Nikaragua, dan Meksiko), serta bahasa Inggris (di Amerika Serikat, Bahama, Barbados, Kanada, Guyana, Saint Lucia, St. Crhisthoper, dan Jamaika).


  • Kegiatan Perekonomian Di Benua Amerika

Terdiri atas:


  1. Pertanian

Hasil pertanian berupa Padi terdapat di daerah Lousiana, California, Georgia, Carolina, dan Texas. Kapas terdapat di daerah Lousiana, Oklahoma, Texas, Arkansas, Nevada, Georgia, dan Alabama. Kopi dihasilkan dari daerah Argentina, Kolumbia, Elsavador,dan Guatemala. Gula dihasilkan dari daerah Hawai, Masissipi, Lousiana, Karibia, dan Kuba.


  1. Pertambangan

Hasil-hasil pertambangan di Benua Amerika antara lain:

  • Minyak bumi dan Gas alam terdapat di Negara Meksiko dan Venezuela.Batu bara terdapat di daerah Pegunungan Appalachia, Negara Chili. Tembaga terdapat di Arizona, Peru, Bolivia, dan Meksiko. sementara Emas dan Perak terdapat diperbatasan Missouri dan Meksiko. Pertambangan permata Ekati , Canada.
  • Di belahan bumi Canada, pertambangan permata Ekati yang berada dibagian utara benua Amerika yang merupakan pertambangan permata komersial pertama , pertama dibuka 1998, sebagai efek demam permata sehingga penggalian terus digenjot dan tanpa ragu digali bagaikan tiada akhir. Sebenarnya hanya berjarak selemparan batu dari pertambangan permata Diavic sekitar 20 km saja dengan arah lebih dekat dengan lingkaran Artic – karena sangat dinginnya hingga orang mengatakan disanalah tempat pinguin lagi backpacking.

  1. Industri

Amerika merupakan negara industri terbesar nomor satu di dunia. Amerika mempunyai kawasan The Black Country, yang berpusat di Pittsburgh sebagai industri baja. The Black Country merupakanjulukan untuk kawasan industri yang memiliki banyakasap hitam dari sisa perindustrian, sehingga disebut The Black Country.


  1. Perdagangan

Perdagangan di sektor perdagangan, Amerika Serikat menjalin hubungan dagang dengan para mitra dagang di seluruh dunia. Barang-barang yang diimpor Amerika Serikat, antara lain berupa pakaian jadi, minyak bumi, kayu, dan lain-lain. Adapun ekspornya berupa mesin-mesin, mobil, alat-alat elektronik, pesawat terbang, kapal, peralatan senjata, bahan kimia, serta makanan dan minuman berkemasan kaleng.


Ciri-Ciri Benua Amerika

Benua Amerika memiliki ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi ini. Berikut ini beberapa ciri khas Benua Amerika:

  • Benua Amerika merupakan benua yang berbentuk meridian (memanjang dari Utara – Selatan).
  • Benua Amerika memiliki air terjun tertinggi, yaitu air terjun Angel (1.000 m) di Venezuela.
  • Benua Amerika memiliki air terjun dengan debit air terbesar di dunia, yaitu air terjun Guaira di Brasil (13.310 m³/detik).
  • Benua Amerika memiliki gunung api aktif tertinggi, yaitu Gunung Ojos de Salado (6.908 m).
  • Benua Amerika memiliki tanah genting dan terusan di Panama (Amerika Tengah) yang menghubungkan Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.
  • Benua Amerika memiliki peninggalan bersejarah, yaitu piramida bangsa Inca.
  • Benua Amerika memiliki lembah sungai terluas, yaitu Lembah Sungai Amazone (7.045.000 km²).
  • Benua Amerika memiliki tempat terkering di dunia, yaitu Gurun Atacama, Cile.
  • Benua Amerika memiliki ngarai terbesar di dunia, yaitu Grand Canyon di Colorado, Arizon.

Pembagian Wilayah Benua Amerika

Pembagian-Wilayah-Benua-Amerika

Berikut ini terdapat beberapa pembagian wilayah benua amerika, terdiri atas:


  1. Benua Amerika Bagian Utara

Amerika Utara adalah benua di belahan bumi utara. Di utara berbatasan dengan Lautan Arktik, di sebelah timur dengan Samudra Atlantik Utara, di sebelah selatan dengan Laut Karibia, dan di sebelah barat dengan Samudra Pasifik Utara. Benua ini meliputi wilayah sebesar 24.500.000 km² atau sekitar 4,8% dari permukaan bumi.


Mulai Juli 2002, penduduknya diperkirakan lebih dari 514.600.000. Benua adalah benua ketiga yang paling besar menurut luas, setelahAsia dan Afrika, dan ialah keempat menurut penduduk setelah Asia, Afrika, dan Eropa. Baik Amerika Utara dan Selatan dinamakan menurut Amerigo Vespucci, yang adalah orang Eropa pertama yang melontarkan gagasan bahwa Amerika tidak sama dengan Hindia Timur. Ia adalah orang Eropa pertama yang menemukan ‘Dunia Baru’.


Hubungan tanah satu-satunya dari Amerika Utara ke Amerika Selatan ialah tanah genting Panama. (untuk alasan geopolitik, seluruh Panama – termasuk timur bagian Terusan Panama sering dianggap sebagai sebagian Amerika Utara juga) menurut beberapa pakar, Amerika Utara mulai tidak di tanah genting Panama tetapi di tanah genting Tehuantepec, dengan daerah menghalangi dianggap Amerika tengah dan bersandar pada lempingan Caribbean.


Kebanyakan orang cenderung menganggap Amerika Tengah sebagai daerah Amerika Utara karena mereka berpendapat bahwa ini terlalu kecil untuk menjadi benua sendiri. Greenland, walaupun merupakan bagian Amerika Utara secara geografis dan di atas lempingan tektonik sama (lempingan Amerika Utara), tidak dianggap bagian benua ini secara politis.


  • Kenampakan Alam Benua Amerika Utara

Benua Amerika Utara adalah benua terbesar ketiga di dunia. Benua ini berada di belahan bumi barat. Wilayah Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dibatasi oleh Tanah Genting Panama.

  1. Benua Amerika Utara dapat dibagi menjadi wilayah bagian barat, tengah, dan timur. Wilayah Bagian Barat Pegunungan Rocky ke barat.
  2. Pegunungan, Pegunungan Rocky (Kanada dan Amerika Serikat), Pegunungan Pantai (Kanada dan Amerika Serikat), Pegunungan Cascade (Amerika Serikat), Pegunungan Sierra Nevada (Amerika Serikat), Pegunungan Madre Barat (Meksiko), Pegunungan Madre Timur (Meksiko)
  3. Lembah, Great Basin (Amerika Serikat), Lembah Kematian/Death Valley (–86 meter) di AmerikaSerikat, titik terendah di Benua Amerika Utara
  4. Danau dan Sungai , Danau Garam Besar (Amerika Serikat, Sungai Kolorado (Amerika Serikat), Sunga Kolombia (Amerika Serikat dan Kanada) Sungai Yukon (Kanada)

  • Wilayah Bagian Timur

Wilayah bagian timur mencakup Pegunungan Appalachia ke timur.

Pegunungan dan Dataran Rendah, Pegunungan Appalachia (Amerika Serikat), Dataran Pantai Atlantik (Amerika Serikat) Wilayah Bagian Tengah mencakup wilayah antara Pegunungan Rocky dan Appalachia. Dataran Tinggi dan Perbukitan, Great Plains (Kanada dan Amerika Serikat), Dataran Rendah, Interior Plain, Dataran Pantai Teluk Meksiko

a) Danau

Danau Superior (82.414 km ²) di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat, terbesar di Benua Amerika Utara, Danau Michigan (Amerika Serikat), Danau Huron (Kanada dan Amerika Serikat), Danau Ontario (Kanada dan Amerika Serikat), Danau Erie (Kanada dan Amerika Serikat)

b) Sungai

Sungai Mississipi  (6.020 km) di Amerika Serikat, terpanjang di Benua Amerika Utara, Sungai Missouri (Amerika Serikat), Sungai Arkansas (Amerika Serikat), Sungai Machenzie (Kanada), Sungai Nelson (Kanada), Sungai Rio Grande (Amerika Serikat), Sungai Saint Lawrence (Kanada),  Sungai Mackenzie (Kanada)

c) Iklim

Wilayah Benua Amerika Utara yang luas memiliki iklim tropis, subtropis, sedang, dingin, dan kontinental (benua).

d) Penduduk

Penduduk Amerika Utara terdiri atas bangsa Indian dan Eskimo (penduduk asli) serta penduduk dari bangsa Eropa.


Negara-negara Besar di Amerika Utara :

  1. Kanada
  2. Amerika Serikat
  3. Meksiko

Kenampakan buatan terkenal di Amerika Utara : Terusan Panama di Mexico, Patung Liberty dia New York (Amerika Serikat), dan Gedung Putih ( White house) di Washington DC (Amerika Serikat).


  1. Benua Amerika Bagian Tengah

Amerika Tengah adalah kawasan di Amerika Utara bagian selatan, mencakupi wilayah di sebelah selatan Teluk Meksiko hingga perbatasan antara Panama dan Kolombia. Berdasarkan definisi lazim, kawasan ini meliputi negara-negara di antara Meksiko dan Kolombia:

  • Belize
  • El Salvador
  • Guatemala
  • Honduras
  • Kosta Rika
  • Nikaragua
  • Panama

Menurut pengertian geografis, Amerika Tengah juga dapat digolongkan sebagai sebuah tanah genting besar, meliputi beberapa negara bagian Meksiko yang terletak di sebelah timur Tanah Genting Tehuantepec.


  • Geografi

Amerika Tengah menempati wilayah seluas 540.000 km² yang diapit oleh Samudra Pasifik dan Laut Karibia di sisi barat dan timur.


Aktivitas geologi seperti  letusan gunung dan gempa bumi di kawasan ini relatif tinggi. Pada 1931 dan 1972, kejadian-kejadian gempa bumi memorak-porandakan Managua, ibu kota Nikaragua. Tanah subur bekas aliran lava mendorong aktivitas pertanian di daerah pegunungan. Kawasan ini terletak di Lempeng Karibia.


Amerika Tengah merupakan kawasan tersempit di Benua Amerika, terutama di Terusan Panama dan Terusan Nikaragua, sebuah terusan yang rencananya akan dibangun.


  1. Benua Amerika Bagian Selatan

Amerika Selatan adalah sebuah benua yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utaramelalui Tanah Genting Panama. Benua ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan.


Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat.


Diduga Amerika Selatan didiami pertama kali oleh manusia yang bermigrasi dari Asia melalui Tanah Genting Bering (sekarang merupakan Selat Bering) menuju Amerika Utara dan ke selatan menuju Amerika Selatan. Dugaan lain tentang hal migrasi tersebut ke Amerika Selatan adalah dari bagian selatan Samudera Pasifik melalui kepulauan di Oceania.


Luas area Amerika Selatan berada pada peringkat keempat setelah Asia, Afrika dan Amerika Utara sedangkan populasinya terdapat pada peringkat kelima setelah Asia, Afrika, Eropa dan Amerika Utara.


  • Ekonomi

Pada 2002, tingkat pengangguran di Amerika Selatan adalah 10,8%. Dikarenakan inflasi yang tinggi di hampir seluruh negara-negara Amerika Selatan, suku bunga turut meningkat dan investasi menurun. Suku bunga biasanya dua kali lipat dibanding dengan Amerika Serikat. Contohnya, suku bunga di Venezuela sekitar 22% dan 23% di Suriname. Dengan pengecualian di Chili, yang dimulai sejak 1973 di bawah Augusto Pinochet.


South American Community of Nations adalah sebuah zona dagang bebas yang direncanakan di benua ini untuk menyatukan dua organisasiperdagangan bebas yang telah ada; Mercosur dan Andean Community.


Di Amerika Selatan, perbedaan antara yang kaya dan miskin sangat besar. Di Venezuela, Paraguay, Brasil, dan banyak negara Amerika Selatan lainnya, orang-orang 20 persen yang terkaya dapat memiliki lebih dari 60% kekayaan negara, sedangkan 20 persen termiskin hanya memiliki kurang dari 5%. Perbedaan ini dapat dilihat di banyak kota-kota besar Amerika Selatan yang memiliki rumah kumuh dan gubuk dekat dengan pencakar langit dan apartemen mewah kelas-atas.


Benua Amerika Selatan terletak di selatan Benua Amerika Utara. Benua Amerika Selatan termasuk bagian belahan bumi barat. Panjang benua lebih dari 7.000 km dan lebarnya lebih dari 5.000 km.  Kenampakan Alam Benua Amerika Selatan Wilayah Benua Amerika Selatan dapat dibagi menjadi lima wilayah utama sebagai berikut:

→ Bagian Barat

Cordillera/Pegunungan/ Gunung Di bagian barat, diArgentina, terdapat Gunung Aconcagua (6.969 meter), tertinggi di Benua Amerika Selatan. Di bagian utara, Pegunungan Andes di Kolombia bercabang menjadi tiga, yaitu Cordillera Occidental, Central, dan Oriental. Sungai dan Danau, Sungai Magdalena-Causa (Kolombia),Danau Titicaca di perbatasan Peru dan Bolivia,terbesar di Benua Amerika Selatan.

→ Bagian Timur Laut

Dataran Rendah dan dataran tinggi, Dataran Rendah Amazon (Brasil),Dataran Rendah Orinoko (Venezuela), Dataran Tinggi Guiana (Guyana dan Venezuela). Sungai, Sungai Amazon (Brasil), Sungai Orinoko (Venezuela)

→ Bagian Timur

Dataran Tinggi Brasil (Brasil), Mato Grasso (Brasil)

→ Bagian Tenggara

Dataran Rendah lembah Sungai Parana dan Paraguay (Argentina dan Paraguay).

→ Bagian Selatan

Dataran Tinggi Patagonia (Argentina)


  • Iklim

Benua Amerika Selatan memiliki iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin.


  • Penduduk

Penduduk Amerika Selatan berasal dari bangsa Latin (Spanyol dan Portugis), Indian, Negro, serta bangsa campuran (Mestizo, Mulato, Zambo,dan Kreol).


Negara-Negara Di Benua Amerika

Nama region dan
territoral dengan bendera
Luas
(km²)
Populasi
(perkiraan 1 Juli 2008)
Kepadatan Penduduk
(per km²)
Ibu kota
Argentina2.766.89039.537.94314,3Buenos Aires
Bolivia1.098.5808.857.8708,1La Paz
Brasil8.511.965186.112.79421,9Brasília
Chili756.95016.800.00021,1Santiago, Valparaíso
Kolombia1.138.91042.954.27937,7Bogotá
Ekuador283.56013.363.59347,1Quito
Kepulauan Falkland12.1732.9670,24Stanley
Guyana Prancis91.000195.5062,1Cayenne
Guyana214.970765.2833,6Georgetown
Paraguay406.7506.347.88415,6Asunción
Peru1.285.22027.925.62821,7Lima
Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan3.093Grytviken
Suriname163.270438.1442,7Paramaribo
Trinidad dan Tobago1.339.000261.02,7Port of Spain
Uruguay176.2203.415.92019,4Montevideo
Venezuela912.05025.375.28127,8Caracas
        Total17.821.601371.274.00420,8

Daftar Pustaka:

  1. Achmad Chaldun, 1995. Atlas Pengetahuan Sosial Indonesia Wawasan Nusantara dan Dunia, Surabaya: Karya Pembina Swajaya.
  2. Munawir. 2006.  Cakrawala Geografi 3.  Jakarta Timur. Yudhistira
  3. Suradisastra, Djodjo,dkk. 1992. Pendidikan IPS 2. Jakarta:Departemen pendidikan dan kebudayaan.

Demikianlah pembahasan mengenai 11 Karakteristik Benua Amerika – Peta, Negara, Pembagian, Flora dan Fauna semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. Karakteristik Benua Asia
  2. Karakteristik Benua Afrika
  3. Karakteristik Benua Antartika
  4. Karakteristik Benua Australia
  5. “Ciri-Ciri Benua Amerika” Definisi & ( Bentang Alam – Iklim – Penduduk )
  6. Peta Benua Eropa