Karakteristik Benua Australia

Diposting pada

Australia adalah sebuah Negara benua yang Lokasi 35°15′ LS 149°28′ BT. Australia beribu kota Canberra tetapi memiliki Kota terbesar Sydney. Austrlia mengunakan Bahasa resmi Inggris hal ini dikarenakan Australia merupakan salah satu negara persemakmuran Inggris (Commonwelth). Pemerintahan negara Australia masih menyatu pada kerajaan Inggris sehigga Ratu merupakan simbol pemerintahaan dan untuk mewakilinya di Australia pemerintahaan Inggris diwakili oleh Gubernur Jendral. Bentuk negara australia adalah negara yang berbentuk monarki konstitusional.

Karakteristik-Benua-Australia

Sejarah Australia dimulai ketika manusia pertama migrasi ke Australia dari utara, sekitar 40.000-50.000 tahun yang lalu. Periode ini disebut sebagai prasejarah Australia. Sejarah tertulis pertama Australia dimulai ketika orang-orang Eropa pertama kali melihat negara ini. Dan kemudia dibagi lagi menjadi dua periode: sebelum dan sesudah dia menjadi dominion dari Kekaisaran Britania pada 1901.


Untuk mengetahui lebih lanjut sejarah australia dan terbentuknya negara serta bangsa Australia, maka dari itu makalah ini akan membahas lebih lanjut sejarah negara dan bangsa Australia.


Letak, Batas dan Luas Benua Australia

Australia merupakan benua yang paling kecil. Sejarah ditemukannya benua ini adalah sebagai berikut

  1. Tahun 1606 orang Belanda yang bernama Willem Jansz menemukan teluk yang paling utara yang disebut Teluk Carpentaria.
  2. Tahun 1644 orang Belanda yang bernama Abel Tasman, menemukan Tasmania dan Selandia Baru.
  3. Tahun 1770 orang Inggris yang bernama James Cool mendarat di pantai timur yang tanahnya lebih baik dan mengetahui bahwa Selandia Baru merupakan dua buah pulau. Kemudian daerah itu menjadi jajahan Kerajaan Inggris.
  4. Tahun 1786 Benua Ausrtalia digunakan oleh Kerajaan Inggris sebagai tempat pembuangan penjahat-penjahat dari Inggris. Setelah abad ke-19 dengan ditemukannya tambang emas disana, pengiriman penjahat dihentikan  dan mulailah orang Inggris berdatangan ke Australia.

Benua Australia terletak di belahan bumi selatan, secara astronomis berada pada posisi 9’LS-45’ LS dan 113’BT-154’BT. Batas wilayah Australia adalah:

Sebelah Utara : Indonesia dan Papua Nugini

Sebelah Selatan : Laut Antartika

Sebelah barat : Samudera Hindia

Sebelah Timur : Selandia Baru


Luas keseluruhan Benua  Australia adalah 7.862.300 km2 atau sekitar empat kali luas daratan Indonesia. Berikut adalah peta Benua Australia :

Benua-Australia


Karakteristik Benua Australia

Karakteristik Benua Australia yang membedakan dengan benua-benua lainnya ialah sebagaiberikut.

  • Merupakan benua terkecil di dunia.
  • Benua yang hanya ditempati oleh satu negara.
  • Seluruh wilayahnya terdapat di belahan Bumi selatan.
  • Terdapat deretan pulau karang yang terbesar di dunia yaitu The Great Barrier Reef di perairan sebelah timur Australia.
  • Terdapat batu granit yang terbesar di dunia yaitu Ayers Rock.
  • Terdapat penduduk asli Aborigin yang mempunyai senjata khas bumerang, senjata ini akan kembali apabila setelah dilempar tidak mengenai sasaran.
  • Banyak memiliki jenis hewan yang berkantung seperti kanguru.

Keadaan Alam Australia

Benua Australia, secara astronomis terletak pada posisi 10°41’LS – 43°39’LS dan 113°BT – 153°39’BT. Akibat dari letak astronomis ini, Australia dibagi menjadi tiga bagian daerah waktu, yaitu:


  1. Waktu Australia bagian barat
  2. Waktu Australia bagian tengah
  3. Waktu Australia bagian timur

Tabel. Negara bagian di Australia

Negara Bagian atau DaerahIbu Kotakm 2
New South Wales (NSW)

Victoria (VIC)

Queensland (QLD)

Australia Barat (WA)

Australia Selatan (SA)

Tasmania (TAS)

Wilayah Australia Utara (NT)

Wilayah Ibukota Australia (ACT)

Sydney

Melbourne

Brisbane

Perth

Adelaide

Hobart

Darwin

Canberra

801.600

227.600

1.727.200

2.525.500

984.000

67.800

1.346.200

2.400


Bentang Alam Benua Australia


  1. Wilayah Australia Bagian Barat

Wilayah ini terdiri atas pegunungan Mac Donnell dan Pegunungan Musgrave. Selain itu wilayah ini juga berupa gurun, antara lain: Gurun Pasir Besar, Gurun Pasir Victoria, dan Gurun Pasir Gibson.


  1. Wilayah Australia Bagian Tengah

Wilayah ini berupa barisan pegunungan yang memanjang dar Tanjung York sampai Tasmania. Kawasan pegunungan ini disebut Eastern Highlands, merupakan rangkaian Pegunungan Alpen Australia. Gunung tertingg di Australia adalah Gunung Kosciusko (2.228 m).


  1. Wilayah Australia Bagian Timur

Terdapat pegunungan Plato dan Barisan Pegunungan Timur. Diantara kedua pegunungan tersebut terdapat Lembah Murray-Darling dan dataran rendah. Danau yang ada di wilayah ini, yaitu: Danau Eyre (merupakan danau terbesar di Australia), Danau Carey, Danau Mackay, Danau Disappoinment, dan Danau Amadeus. Di wilayah tengah juga terdapat gurun Pasir Simpson. Wilayah ini memanjang dari Teluk Carpentaria sampai ke pantai selatan.


Luas wilayah Australia adalah 7.682.300 km2. Lebar wilayah tersebut kira-kira 3200 km dari pantai timur ke barat dan panjangnya 3700 km dari Tanjung York di pantai utara sampai Tanjung Tenggara di Tasmania. Australia adalah benua terkecil, sedangkan yang terbesar adalah Asia yang luasnya 44.614.000 km2. Australia adalah negara terbesar keenam di dunia dari segi luasnya, lebih kecil bila dibandingkan dengan Rusia, Kanada, Cina, Amerika Serikat, dan Brasil.


Iklim Benua Australia

Daerah iklim di Australia dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa faktor pembentuknya, antara lain letak lintang dan faktor angin.

  1. Berdasarkan letak lintang, Australia memiliki iklim tropis dan iklim sedang.
  2. Berdasarkan pengaruh angin, Australia memiliki bermacam-macam iklim, yaitu sebagai berikut:

1) Iklim musim, iklim yang terjadi pada bulan-bulan musim panas angin yang berhembus adalah anginbarat laut yang telah melewati samudera, sehingga membawa hujan di Australia utara.

2) Iklim gurun pasir, iklim ini berpengaruh di wilayah Australia barat dan Australia tengah. Hujan rata-ratanya kurang dari 250 mm per tahun. perbedaan suhu di musim panas dan musim dingin sangat besar. Demkian pula antara siang dan malam hari.

3) Iklim hujan, iklim ini terdapat di daerah tropisdan berpengaruh di pantai timur Australia. Angin pasat tenggara yang banyak membawa uap air menurunkan hujan di daerah ini. Daerah sebelah barat pegunungan kurang mendapat hujan karena merupakan daerah bayangan hujan.

4) Iklim sub tropis, iklim ini terdapat di kawasan Australia sebelah barat daya sepanjang pantai selatan. Daerah ini dipengaruhi oleh angin musim tenggara. Pada musim dingin, angin barat banyak membawa air.

5) Iklim laut sedang, iklim ini dialami wilayah bagian selatan Victoria dan Tasmania. Daerah ini banyak mendapat hujan karena pengaruh angin barat yang bertiup sepanjang tahun.


Vegetasi dan Marga Satwa di Australia

Berikut ini terdapat beberapa vegetasi dan marga satwa yang terdapat di bentu australia, terdiri atas:


  1. Vegetasi

Vegetasi khas Australia adalah eucalyptus akasia. Jenis eucalyptus terdapat di sebagian besar wilayah Australia. Jenis eucalyptus terbesar adalah pohon Mountain Ask yang ketinggiaannya mencapai 100 m. Jenis lain adalah pohon jarak dan pohon para saljuyang tahan dingin. Berbagai jenis akasia juga banyak tersebar di Australia. Disamping kedua vegetasi tadi, terdapat berbagai jenis bunga liar dan pohon botol-botolan. Jenis bunga liar, antara lain waratah, flannel, sertpea, Christmas bush, dan bunga cakar kanguru.


Persebaran vegetasi di Australia dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu perbedaan curah hujan dan perbedaan musim masing-masing daerah. Akibatnya adalah sebagai berikut:

  • Daerah pantai tenggara memiliki musim tumbuh selama 9 bulan. Daerah Queensland Utara dan New South Wales Utara, mempunyai daerah pantaiyang selalu hijau. Tasmania mempunyai hutan, sedangkan bagian lain di tenggara ditutupi semak-semak yang daunnyaberlapis lilin
  • Daerah pantai utara memilikimusim tumbuh sekitar 5-9 bulan, dengan tumbuhan semak-semak dan hutan yang tumbuhannya jarang.
  • Bagian selatan Queensland dan New South Wales memiliki musim tumbuh 5 bulan. Di daerah ini terdapat padang rumput dan savanna. Khusus daerah yang berbatasan dengan gurun terdapat stepa.
  • Di daerah alpen Australia dan pegunungan di Tasmania terdapat daerah sempit yang ditumbuhi vegetasi Alpina.

  1. Marga Satwa

Di Australia tidak ada binatang menyusui besar, kecuali binatang yang dipelihara oleh manusia. Binatang asli Australia adalah hewan berkantung dan berkaki empat serta bermoncong paroh bebek. Binatang menyusui tersebut, antara lain jenis kanguru, koala, wambat,dingo, possum, dugong (binatang laut menyusui), landak, dan platypus (binatang menotremata yang kulitnya berbulu, berparuh, berkaki, seperti itik, bertelur, dan menyusui anaknya).


Jenis burung yang terdapat di Australia, antara lain burung emu, merak bower, kooka barra, bellbird, dan whipbird. Burung-burung tersebut dianggap sebagai burung endemik, yaitu burung yang hanya tinggal di habitat tertentu saja di satu wilayah.


Pembagian Wilayah Benua Australia

Berikut ini terdapat beberapa pembagian wilayah benua australia, terdiri atas:


  • Canberra

Canberra

Ibukota Australia yang terletak di Australian Capital Territory, 300 km sebelah barat daya Sydney dan 650 km timur laut Melbourne. Canberra adalah kota terbesar ketujuh di Australia dan kota di daerah pedalaman yang paling besar.


  • New South Wales

New-South-Wales

New South Wales adalah salah satu negara bagian Australia, negara bagian yang paling tua yang didirikan pada tahun 1788. Ibu kota negara bagian ini adalah Sydney. Negara bagian ini juga merupakan negara bagian yang paling banyak penduduknya. Pada Maret 2006, penduduknya berjumlah 6.817.100 jiwa.


  • Victoria

Victoria

Negara bagian Australia terkecil yang masuk di benua tersebut (Tasmania tidak termasuk) dan beribukotakan Melbourne adalah negara bagian dengan penduduk terpadat kedua di Australia.


  • Queensland

Queensland

Negara bagian terbesar kedua di Australia setelah Australia Barat, dan menempati daerah timur laut di benua ini. Negara bagian ini adalah negara bagian terpadat penduduknya ketiga setelah New South Wales dan Victoria. Beribukota di Brisbane.


  • Australia Selatan

Australia-Selatan

Beribukota di Adelaide, Negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan 983.482 km². Sebelum bergabung dengan Persemakmuran Australia pada 1901, wilayah ini berstatus sebuah provinsi Britania Raya.


  • Australia Barat

Australia-Barat

Negara bagian terbesar di Australia. Mencakupi sepertiga luas wilayah Australia, negara bagian ini berbatasan dengan Australia Selatan dan Teritori Utara. Ibukotanya ialah Perth. Australia Barat merupakan entitas subnasional terbesar kedua di dunia setelah Sakha, Rusia.


  • Tasmania

Tasmania

Beribukota di Hobart, negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan 22.357 km² dan populasi 484.700 jiwa (2005). Letaknya 200 km di sebelah selatan Australia Daratan, dengan Selat Bass sebagai pemisah. Negara bagian ini juga mengelola Pulau Macquarie.


  • Australia Wilayah Utara

Australia-Wilayah-Utara

Wilayah federal Australia yang berada di utara bagian tengah Australia. Wilayah ini berbatasan dengan Australia Barat di barat, Australia Selatan di selatan, dan Queensland di timur. Di utara wilayah itu adalah Laut Timor, Laut Arafura, dan Teluk Carpentaria. Wilayah Utara adalah yang paling sedikit penduduknya, kurang dari setengah penduduk Tasmania. Sejarah arkeologis Wilayah Utara dimulai lebih dari 40.000 tahun yang lalu.


Ibukota sekaligus kota terbesarnya adalah Darwin. Penduduknya tidak terkonsentrasi di daerah pesisir, melainkan di sepanjang Stuart Highway. Wilayah permukiman besar lainnya adalah (diurutkan berdasarkan jumlah penduduk) Palmerston, Alice Springs, Katherine, Nhulunbuy, dan Tennant Creek.


Penduduk Benua Australia

Penduduk Autralia, berdasarkan perhitungan pada pertengahan tahun 2004 berjumlah 20,1 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk Australia rata-rata 0,6% per tahun dengan tingkat kepadatan 2,5 jiwa/km². Angka kelahiran 13 dan angka kematian 7. Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah penduduk Australia pada tahun 2025 diperkirakan akan mencapai24,2 juta jiwa. Komposisi etnis yabg terdapat di Australia adalah sebagai berikut.

  1. Orang-orang kulit putih (94,4%)
  2. Orang-orang dari Asia (2,1%)
  3. Orang Aborigin (1,1%)
  4. Lain-lain (2,4%)

Pada umumnya, gaya hidup rakyat Australia bergaya masyarakat Eropa dan Amerika Utara. Gejala ini merupakan pertanda bahwa kebanyakan penduduk Australia berasa dari luar/imigran. Orang-orang pribumi (aborigin) pada ummunya lebih rendah dalam standar pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, dan perumahan.


Tingkat kesejahteraan penduduk Australia relative tinggi. Pada tahun 1983 tercatat 86% penduduk memiliki mobil, 85% memilii telepo, 99,6% memiliki alat pendingindan lemari es, 91,7% memiliki mesin cuci, dan 98,7% memiliki kamar air panas. Pelayanan kesehatan di Australia juga tergolongnmaju. Satu dokter hanya melayani 552 penduduk.


Australia merupakan negara anggota persemakmuran dan secara formal tunduk kepada kerajaan Inggris. Penguasa dari Inggris diwakili oleh seorang gubernur jendral. Kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri.


Politik Australia

Australia adalah monarki konstitusional dengan pembagian kekuasaan federatif. Pemerintah Australia menganut sistem parlementer dengan Ratu Elizabeth II sebagai puncak kepemimpinannya, yakni sebagai Ratu Australia, suatu peran yang berbeda dengan kedudukannya sebagai ratu bagi Dunia Persemakmuran lainnya. Ratu menetap di Britania Raya, dan dia diwakili oleh utusan yang menetap di Australia, (Gubernur Jenderal pada level federal dan oleh Gubernurpada level negara bagian), yang menurut konvensi bertindak menurut nasehat menteri-menterinya.


Otoritas eksekutif tertinggi berada pada Konstitusi Australia, tetapi kekuasaan untuk menjalankannya diserahkan menurut konstitusi kepada Gubernur Jenderal. Pelaksanaan kekuasaan cadangan Gubernur Jenderal di luar permintaan Perdana Menteri adalah pembubaran Pemerintah Whitlam ketika terjadi krisis konstitusional 1975. Terdapat tiga cabang pemerintahan di Australia:

  • Legislatif: Parlemen Australia yang terdiri dari Gubernur-Jenderal, Senat, dan Dewan Perwakilan.
  • Eksekutif: Dewan Eksekutif Federal; praktisnya adalah Gubernur-Jenderal yang dinasehati oleh Perdana Menteri dan Menteri-Menteri Negara.
  • Judisial: Mahkamah Agung Australia dan pengadilan-pengadilan federal lainnya, yang para hakimnya diangkat oleh Gubernur-Jenderal berdasarkan nasehat Dewan.

Australia mempunyai parlemen yang bikameral, masing-masing kamarnya adalah Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat. Di dalam Senat (majelis tinggi), terdapat 76 senator: yakni dari enam negara bagian masing-masing dikirimkan 12 wakil, sedangkan dari dua teritorial masing-masing dikirimkan dua wakil. DPR (majelis rendah) terdiri dari 150 anggota yang dipilih dari 150 elektorat, artinya dari satu elektorat dikirim hanya satu wakil. Elektorat (atau disebut juga kursi) dialokasikan ke negara-negara bagian menurut basis populasi, dengan ketentuan tiap-tiap negara bagian asli diberi jaminan untuk memperoleh minimal lima kursi.


Pemilihan untuk masing-masing kamar biasanya diselenggarakan setiap tiga tahun sekali secara serempak, para senator memiliki masa jabatan yang tumpang tindih selama enam tahun, kecuali yang berasal dari teritorial, yang masa jabatannya tidak ditetapkan tetapi terikat dengan daur pemilihan majelis rendah; dengan demikian hanya 40 dari 76 kursi di Senat dilibatkan ke dalam pemilihan kecuali jika daur pemilihan diganggu oleh pembubaran kembar.


Kegiatan Ekonomi

Berikut ini terdapat beberapa kegiatan ekonomi australia, terdiri atas:

  1. Pertanian

Lahan pertanian di Australia dapat dikelompokkan menjadi lahan hutan, lahan penggembalaan, lahan pertanian, dan lahan untuk keperluan lain. Berdasarkan data pada tahun 1983, 58,4% lahan di Australia dimanfaatkan untuk penggembalaan, 6,13% untuk budidaya pertanian dan tanaman tahunan, 13,9% lahan hutan, dan 21,6% untuk keperluan lain. Walaupn 70% lahan Australia merupakan lahan kering, dengan perlengkapan pertanian modern, Australia sanggup tampil sebagai penghasil gandum terbesar ketiga di dunia. Ekspor utama negara ini adalah wool.


Gandum berasal dari daerah aliran sungai Murray, Darling, dan Swan. Tebu dihasilkandi Queensland; pisang di bagian utara; apel, anggur, dan sayur-sayuran dihasilkan di daerah selatan.


  1. Peternakan

Di Australia banyak terdapat peternakan domba. Domba tersebut diambil bulunya untuk dibuat kain wool. Jepang merupakan negara pengimpor wool Australia terbesar. Di Australia juga terdapat peternakan sapi potong yang dagingnya diekspor ke Amerika. Sapi ternak bersal dari Queensland, New South Wales, Victoria, dan Australia Selatan.


  1. Perikanan

Perikanna terdapat di sepanjang pantai. Hasil perikanan utama berupa uadang, kerang, dan kepiting. Hasil lainnya adalah tiram, remis, kerang laut, dam pembididayaan kerang mutiara.


  1. Pertambangan

Tambang emas terdapat di Kalgoorli Australia Barat. Tambang besi terdapat di Australia Barat, Australia Selatan, dan Victoria. Tambang batu bara terdapat di Queensland, Australia Barat, dan New South Wales.


  1. Perdagangan

Ekspor Australia ke Indonesia berupa gandum, wool, aluminium, kapas, dan baja. Impor Australia dari Indonesia adalah minyak mentah, benang, dan pakaian jadi.


  1. Perindustrian

Industri yang berkembang di Australia adalah industry mesin-mesin pabrik, tekstil, sepatu, alat-alat elektronika, mobil, kapal laut, dan barang-barang dari plastik. Pusat industri terdapat di kota Sydney dan New Castle. Sementara itu, pusat industri hasi pertanian terdapat di Adelaide, Brisbane, Hobart, dan Perth.


  1. Pariwisata
  • Sydney, kota tertua di Australia, juga sekaligus merupakan kota seni dan pelabuha alam pantai pasir yang indah.
  • Hobart, merupakan kota tertua kedua dengan bangunan gaya mutakhir.
  • Melbourne, merupak kota bercorak khas Inggris, di sini terdapat kebun raya. Selain itu, sebagai kota olah raga berkuda dan golf.
  • Perth, kota dengan julukan City of Light, terkenal dengan taman suakanya yang disebut King Park.

Gurun Di Australia

Gurun-Di-Australia

Wilayah gurun mendominasi daratan Benua Australia, luasnya ± 1.492.000 km² meliputi Gurun Pasir Besar, Gurun Victoria Besar, Gurun Tanami, Gurun Gibson, Gurun Shimpson, dan Gurun Stewart. Gurun-gurun tersebut pada umumnya merupakan plato, hanya di bagian tengah yang berupa gurun dataran rendah.


Gunung dan Pendudukan Di Australia

Gunung-dan-Pendudukan-Di-Australia

Pegunungan di Benua Australia terdapat di bagian Timur dengan bentuk memanjang sejajar pantai sejauh ± 4.000 km. Rangkaian pegunungan tersebut dikenal dengan sebutan Pegunungan Pemisah Besar (The Great Dividing Ringe). Jalur pegunungan tersebut berawal dari Semenanjung York di Utara (wilayah negara bagian Queensland) dan memanjang sejajar Pantai Timur serta berakhir di kawasan Pantai Selatan (negara bagian Victoria), mencakup Pegunungan Biru (Blue Mountains) di sebelah Barat Sydney dan Pegunungan Salju (Snowy Mountains) yang terletak di sepanjang perbatasan negara bagian New South Wales dan Victoria. Puncak tertinggi Australia berada di sebelah Tenggara, yaitu di Gunung Kosciusko (2.230 m) yang termasuk rangkaian Pegunungan Salju.


Dataran Tinggi Di Australia

Dataran-Tingg-Di-Australia

Dataran tinggi Australia terdapat di Plato Barat. Kawasan tersebut dahulu adalah kawasan pegunungan yang telah tererosi selama jutaan tahun. Kawasan plato Barat Australia mencakup Plato Hammersley, Plato Kimberley, dan Plato Tanah Arnhem, termasuk juga wilayah pegunungan dan perbukitan rendah, seperti Pegunungan Mac Donnell, Pegunungan Musgrave, Perbukitan Throssell, dan Perbukitan Robertson. Di kawasan plato Barat ini terdapat ketampakan alam berupa batu cadas raksasa yang disebutAyer’s Rock atau Uluru. Di kawasan plato Barat inilah terletak gurun-gurun Australia yang terkenal, seperti Gurun Victoria Besar, Gurun Pasir Besar, Gurun Gibson, dan Gurun Tanami.


Dataran Rendah Di Australia

Dataran-Rendah-Di-Australia

Dataran rendah Australia terdapat di bagian tengah dan Selatan, tepatnya di sebelah Utara Teluk Australia Besar yang disebut dengan Dataran Nurlabor (Nurlabor Plain), di kawasan Danau Eyre, dan di Lembah Sungai Darling di New South Wales. Kawasan dataran rendah tersebut merupakan kawasan air bawah tanah yang membentang sejauh 2.000 km dari Utara ke Selatan dan 1.600 km dari Timur ke Barat. Cekungan tersebut terletak di bawah dataran tengah dan mencakup tiga perempat Queensland, seperempat New South Wales, sepertiga Australia Selatan, dan seperdelapan Daerah Khusus Utara. Air bawah tanah itu dapat dipompa ke luar sebagai air artesis untuk menghidupi domba dan ternak.


Sungai dan Danau Di Australia

Sungai-dan-Danau-Di-Australia

Sungai di Australia dapat dibedakan atas sungai yang bersifat permanen dan bersifat periodik. Beberapa sungai yang terdapat di kawasan Plato Barat, yaitu Sungai Ord, Gascoyne, dan Murchison yang semuanya mengalir ke Barat atau Utara. Di sebelah Utara terdapat Cekungan Carpentaria. Di sebelah Selatan Cekungan Carpentaria ada Cekungan Danau Eyre yang sangat luas. Di kawasan ini pada umumnya terdapat sungai periodik yang hanya mengalir pada musim hujan.


Sungai-sungai tersebut mengalir ke danau-danau besar di daerah pedalaman dan tidak pernah sampai ke laut. Salah satu danau besar di kawasan ini adalah Danau Eyre yang merupakan suatu cekungan. Di sebelah Selatan Cekungan Danau Eyre dijumpai Lembah Sungai Murray-Darling yang dialiri oleh kedua sungai terbesar di Australia, yakni Sungai Murray (2.520 km) dan Sungai Darling (3.750 km).


Hubungan Australia dengan Indonesia

Australia telah berjasa baik terhadap Indonesia. Negara ini sanggup menjadi anggota Komosi Tiga Negara (KTN) bersama Amerika Serikat dan Belgia, ketika menengahi konflik antara Indonesia dan Belanda.


Indonesia dan Australia sudah lama menjalin kerjasama di bidang perdagangan, berkat kerjasama ini ekspor Indonesia selama tahun 1990-2002 terus mengalami kenaikan. Walaupun antara tahun 1998-2001 sempat ada ketegangan antara Australia dengan Indonesia, karena adanya masalah Timor-Timur. Setelah permasalahan tersebut diselesaikan dengan baik, kini hubungan dagang dengan Australia dan Indonesia lancer seperti tahun sebelumnya.


Ekspor utama Indonesia berupa minyak bumi mentah, teh kopi, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Selain itu, dijalin pula kerjasama di bidang pendidikan, berupa pertukaran pelajar antara kedua negara. Banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di Australia.


Kerja Sama Internasional

Kerja sama Internasional yang diikuti Indonesia dan Australia adalah sebagai berikut:

a). Indonesia  dan Australia ikut menjadi anggota pasukan perdamaian PBB untuk  menengah perang Irak-Iran.

b). Indonesia dan Australia mengikuti pertandingan olahraga internasional,   misalnya Olempiade dan Thomas Cup.

c). Indonesia mendapatkan pinjaman modal dari  Australia melalui IGGI ( sekarang CGI ) .

d). Indonesia mengadakan pertukaran misi kesenian dan kebudayaan dengan Australia.

e). Bahasa Indonesia di ajarkan di sekolah-sekolah menengah di Australia.

f). Dalam bidang pendidikan Indonesia mengadakan pertukaran pelajar dan mahasiswa dengan Australia.

g). Dalam perang kemerdekaan, Indonesia diwakili oleh Australia dalam Komisi Tiga Negara ( KTN ) untuk menyelesaikan sengketa Indonesia dengan Belanda tentang Agresi Militer Belanda II.

h). Setiap tahun banyak mahasiswa Australia berdatangan ke Bali dan objek-objek wisata lainnya di Indonesia.


Flora dan Fauna Benua Australia

Flora-dan-Fauna-Benua-Australia

Kebanyakan tanaman dan hewan Australia hanya dijumpai di Australia. Untuk jenis tanaman, pohon kayu eukaliptus merupakan jenis tanaman yang paling banyak ditemui di Australia. Tidak kurang dari 569 jenis pohon eukaliptus dan 772 jenis pohon akasia tersebar di berbagai kondisi iklim dan tempat di Australia. Mallee adalah kawasan hutan yang terdiri atas pohon-pohon eukaliptus rendah dan berdahan banyak serta dijumpai di dekat padang pasir.


Fauna khas Australia dapat digolongkan atas hewan marsupial dan monotrem. Hewan marsupial adalah hewan berkantung. Contohnya adalah koala dan kanguru. Adapun monotrem adalah jenis hewan-hewan yang bertelur, tetapi menyusui anaknya seperti hewan mamalia. Contohnya adalah platypus. Selain itu, kawasan gurun  Australia juga menyimpan potensi fauna sejenis reptil berupa ular dan biawak yang hidup di kawasan gurun, bahkan Australia tercatat memiliki berbagai jenis biawak dan ular terbanyak di dunia.


Demikianlah pembahasan mengenai Karakteristik Benua Australia – Letak, Iklim, Batas, Pembagian, Penduduk, Kegiatan Ekonomi, Flora dan Fauna semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. Benua Australia
  2. “Lempeng Indo – Australia” Definisi & ( Sejarah Terbentuk – Batas Lempeng )
  3. “Ciri-Ciri Benua Amerika” Definisi & ( Bentang Alam – Iklim – Penduduk )
  4. Peta Benua Eropa
  5. Peta Benua Asia
  6. Terbentuknya Kepulauan Indonesia