Kebutuhan Manusia

Diposting pada

Pengertian Kebutuhan

Setiap manusia yang dilahirkan ke dunia ini mempunyai unsur jasmani dan rohani yang dilengkapi dengan perasaan, akal, dan naluri. Dari kedua unsur tersebut memiliki kebutuhan-kebutuhan yang perlu untuk dipenuhi. Contohnya, unsur jasmani yang memerlukan kebutuhan jasmani yang memiliki wujud nyata, seperti makan, minum, pakaian, rumah dan sebagainya. Begitu juga dengan unsur rohani yang pastinya memerlukan kebutuhan contohnya, berupa kesenangan, ketenangan, kenikmatan, rekreasi, pendidikan, agama, dan siraman rohani. Beberapa kebutuhan tersebut harus dipenuhi agar manusia bisa melangsungkan hidupnya didunia ini.

kebutuhan

Pada dasarnya sifat manusia yang selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya ialah suatu bukti bahwa manusia merpakan makhluk ekonomi, homo Econimus. Homo yang artinya manusia, sedangkan economicus yang artinya hidup, menurut kepentingannya sendiri. Jadi manusia merupakan sebagai makhluk ekonomi ( homo economicus ) yang merupakan manusa yang selalu mencari dan memperoleh kemakmuran diri yang bertindak sebagai makhluk ekonomi.

baca juga : Ekonomi Syariah adalah


Faktor Yang Mempengaruhi Di Dalam Kebutuhan Manusia

Pada penjelasan diatas telah disebutkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan hidup manusia, adapun faktor-faktor tersebut ialah :


  • Kebutuhan Tempat Tinggal

Untuk tempat tinggal manusia sangat berpengaruh terhadap keinginan mereka didalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Setiap manusia didaerah tertentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dengan manusia yang hidup didaerah lainnya. Dengan adanya perbedaan tersebut muncul akibat letak geografis dan iklim tempat tinggal mereka yang berbeda. Manusia yang tinggal dipesisir pantai, memiliki berbagai kebutuhan yang berbeda dengan manusia yang tingga di daerah pegunungan.

Contohnya : manusia yang tempat tinggalnya berada didaerah tropis, yang memiliki dua perubahan musim ( musim hujan dan musim kemarau ) pada umumnya membutuhkan pakaian yang tipis, makanan yang berkalori tinggi dan rumaha dengan memiliki ventilasi yang cukup lebar. Kebutuhan tersebut tentu sangat berbeda dengan kebutuhan manusia yang tempat tinggalnya yang berada didaerah sub tropis yang mempunyai empat perubahan musim.

baca juga : Prinsip Ekonomi adalah


  • Kebutuhan Segi Pendidikan

Kebutuhan pendidikan juga turut untuk mempengaruhi kebutuhan hidup manusia, manusia yang pendidikannya tinggi, seperti sarjana memiliki keinginan yang berbeda dengan manusia yang pendidikannya rendah, hal ini dikarenakan semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin banyak dan bervariasi pula keinginan manusia tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


  • Usia ( Umur )

Manusia dewasa yang memiliki keinginan yang lebih besar daripada remaja atau anak-anak. Hal ini dikarenakan semakin dewasa usia seseorang maka semakin juga banyka keinginan mereka untuk memenuhi kebutuhan hidupny.
Contoh : orang dewasa sangat membutuhkan alat transportasi, uang dan lain-lain, sedangkan anak-anak kecil hanya membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang lebih saja.


  • Sumber Data Alam ( SDA ) Dan Sumber Daya Manusia ( SDM )

Untuk sumber daya alam disuatu daerah sangat turut mempengaruhi kebutuhan hidup manusia baik sumber daya alamnya maupun juga manusia. Manusia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang melimpah biasanya memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih besar bila dibandingkan dengan mereka yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang kurang.

baca juga : Materi Sistem Perekonomian

Tetapi untuk ketersediaan sumber daya alam dan manusia berbanding terbalik. Manusia yang memiliki sumber daya alam yang banyak, tetapi sumber daya manusianya sedikit, memiliki keinginan untuk memnuhi kebutuhan yang rendah karena ketidakmampuan mereka mengolahnya.


Macam Jenis Kebutuhan Manusia

Sebagai manusia yang terdiri dari unsur jasmani dan rohani manusia memiliki dua jenis kebutuhan hidup yang harus mereka penuhi yaitu :


  • Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani ialah kebutuhan yang perlu mereka penuhi untuk pemuasaan komponen jasmani mereka kebutuhan ini berbentuk nyata.
Contoh : makan, minum, pakaian, uang dan lain-lain.

baca juga : Pranata Ekonomi


  • Kebutuhan Rohani

Kebutuhan-kebutuhan yang perlu dipenuhi untuk pemuasan komponen rohani manusia, kebutuhan ini menyebabkan rasa puas, ketenangan, kedamaian dan sebagainya bagi manusia.
Contoh : rekreasi, siraman rohani dan lain-lain.


Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer yakni kebutuhan yang pokok, dasar, atau utama yang harus dipenuhi seseorang. Artinya, kebutuhan inilah yang pertama harus dipenuhi seseorang. Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan yang lainnya ketika kebutuhan utama ini belum terpenuhi. Contoh kebutuhan primer meliputi sandang, pakan, dan papan. Artinya, kebutuhan pokok manusia adalah baju, makanan, dan tempat tinggal. Inilah kebutuhan utama yang berusaha dipenuhi oleh orang kaya maupun miskin.


Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan ini adalah kebutuhan nomor dua yang dipenuhi setelah kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder bersifat melengkapi kebutuhan primer. Bukan berarti kebutuhan sekuder tidak penting, justru kebutuhan inilah yang mendukung supaya kehidupan manusia berjalan dengan baik.
Contohnya, motor, televisi, tempat tidur, meja, kursi, dan lain-lain.

baca juga : Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli


Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang mewah, seperti mobil, apartemen, wisata luar negeri, pesawat pribadi, dan sebagainya.

baca juga : Ekonomi Manajerial

Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Kebutuhan Manusia – Faktor Yang Mempengaruhi, Pengeritan, Macam, Jenis, Primer, Skunder, Tersier, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan