Kebutuhan Primer

Diposting pada

Dalam hal ini seperti kita ketahui sebagai manusia kita pastinya memiliki berbagai kebutuhan untuk dapat menjalani kehidupan kita ini. Kebutuhan tersebut itu sendiri memiliki tiga jenis yang salah satunya yakni kebuthan primer.

Untuk hal ini kebutuhan primer merupakan salah satu jenis kebutuhan yang sangat dibutuhkan manusia yang dapat dibilang sebagai kebutuhan pokok yang dimana harus dapat terpenuhi terlebih dahulu dibandingkan dengan kebutuhan yang lainnya. Kebutuhan ini memiliki beberapa perbedaan dengan jenis kebutuhan lainnya “kebuthan sekunder dan tersier”.

Pada artikel kali ini kami akan membahas materi ekonomi mengenai kebutuhan primer, adapun yang akan kita bahas dalam postingan kali ini yakni meliputi dua bagian. Yang dimana pada bagian pertama kami akan membahas mengenai pengertian dari kebutuhan primer dan dilanjutkan pada bagian kedua kami akan membahas contoh dari kebutuhan primer. Tujuan dari setiap bagian tersebut tidak lain agar pembaca bisa untuk memhami materi ini secara lebih dalam. Nah untuk kalian yang ingin memulai memahami materi ini lebih dalam bisa menyimak ulasan dibawah ini.


Pengertian Kebutuhan Primer

Dalam mata pelajaran ekonomi pada materi kebutuhan, ada tiga jenis kebutuhan manusia yakni kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Kebutuhan yang bersifat mendesak dan pokok bisa disebut sebagai kebutuhan primer.

Kebutuhan primer adalah salah satu jenis kebutuhan yang dalam pemenuhannya tidak bisa ditawar dan wajib terpenuhi. Kebutuhan ini menjadi dasar dari kebutuhan manusia. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi maka akan menyebabkan kesulitan dalam menjalani kehidupan. Oleh sebab itu setiap manusia berusaha keras agar kebutuhan dasar yang satu ini harus terpenuhi terlebih dahulu dibanding dengan jenis kebutuhan lainnya.

Baca Juga :  Kebutuhan Sekunder


Contoh Kebutuhan Primer

Contoh kebutuhan primer antara lain seperti sandang “pakaian”, pangan “makanan dan minuman” dan papan “rumah atau tempat tinggal”, nah dibawah ini kalian bisa memahami ulasan dari setiap kebutuhan tersebut.


  • Kebutuhan Pakaian “Sandang”

Dalam hal ini pakaian merupakan suatu kebutuhan yang wajib terpenuhi karena disamping digunakan sebagai penutup aurat, pakaian juga digunakan untuk menutupi tubuh dari berbagai penyakit, menjaga suhu tubuh agar tetap stabil, serta sebagai penunjang penampilan. Maka tanpa pakaian pastinya kita akan mudah terserang penyakit serta penampilan kita juga akan terlihat kurang sopan.


  • Kebutuhan Makanan Dan Minuman “Pangan”

Kebutuhan ini merupakan kebutuhan nomer satu dan dalam pemenuhannya bersifat wajib bagi seluruh makhluk hidup dimuka bumi ini tidak terkecuali manusia, karena setiap makhluk hidup dimuka bumi ini akan memerlukan asupan nutrisi serta gizi dari makan dan minuman. Tanpa makan dan minuman makhluk hidup akan mati, oleh sebab setiap makhluk hidup harus makan dan minum demi keberlangsungan hidupnya.

Baca Juga :  Kebutuhan Manusia


  • Kebutuhan Tempat Tinggal “Papan”

Tempat tinggal atau rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang digunakan sebagai tempat berlindung dari terpaan sinar matahari langsung, hujan, hewan liar, serta bahaya lainnya. Seiring perkembangan waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi IPTEK kebutuhan pokok atau primer manusia bertambah dengan kebutuhan akan pendidikan serta kesehatan.


Macam Jenis Kebutuhan


Kebutuhan Menurut Intensitas


  • Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang pertama harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup. Kata primer sendiri berasal dari kata primus, yang berarti pertama. Kebutuhan tersebut muncul secara alami. Kebutuhan primer disebut juga ‘kebutuhan alamiah. Secara umum contoh dari kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan; atau makanan, pakaian, dan rumah. Tanpa makanan, pakaian, dan rumah manusia bisa mati kelaparan, kedinginan, dan kepanasan.


  • Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua yang dipenuhi, setelah kebutuhan primer terpenuhi. Adapun kata sekunder berasal dari kata scundus, yang berarti kedua. Merupakan kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primernya tercukupi. Kebutuhan sekunder untuk masing-masing orang berbeda. Seseorang yang memiliki penghasilan yang tinggi untuk membeli mobil keluaran terakhir merupakan kebutuhan sekunder sedangkan bagi seorang pegawai rendahan yang berpenghasilan pas-pasan sebuah mobil atau motor merupakan barang mewah yang mustahil dapat dibeli.

Baca Juga : Seminar Pendidikan

Contoh kebutuhan sekunder, yaitu meja, kursi, lemari, sepatu, tas, sisir, kaos kaki, buku, pensil, televisi, radio, tempat tidur, dan kendaraan. Manusia memenuhi kebutuhan sekunder dalam rangka mengaktualisasikan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya.


  • Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan ketiga yang dipenuhi, setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kata tersier berasal dari kata tertius, yang berarti ketiga. Kebutuhan tersier disebut juga kebutuhan mewah atau lux. Kebutuhan ini umumnya dipenuhi oleh orang yang berpendapatan tinggi dan dilakukan untuk meningkatkan prestise atau kebanggaan di mata masyarakat.

Baca Juga : Standar Nasional Pendidikan

Contoh kebutuhan tersier, yaitu pakaian mewah, tas mewah, mobil mewah, rumah mewah, dan kapal pesiar mewah. Yang perlu diketahui, kebutuhan sekunder dan tersier berbeda untuk setiap orang atau golongan. Bagi masyarakat kota, radio, televisi, kulkas, dan komputer merupakan kebutuhan sekunder. Akan tetapi bagi masyarakat pedalaman terpencil, benda-benda tersebut merupakan kebutuhan tersier. Selain itu, untuk orang-orang dengan pekerjaan tertentu, komputer bukan merupakan kebutuhan sekunder, melainkan merupakan kebutuhan primer.


Kebutuhan Menurut Sifat

Kebutuhan menurut sifat terdiri atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.


  • Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh jasmani atau badan.  Contoh yang termasuk ke dalam kebutuhan jasmani dalam bentuk barang antara lain pakaian, makanan, minuman, obat-obatan, dan vitamin. Adapun yang yang termasuk ke dalam kebutuhan jasmani dalam bentuk jasa antara lain kebutuhan rekreasi, mendengarkan musik, dan menonton televisi dan bioskop


  • Kebutuhan Rohani

Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh rohani atau jiwa. Contoh: untuk menyegarkan pikiran, manusia memerlukan hiburan; untuk menguatkan iman, manusia memerlukan siraman rohani berupa petunjuk dan nasihat keagamaan; untuk mencerdaskan pikiran dan meningkatkan keterampilan, manusia memerlukan pendidikan.


Kebutuhan Menurut Subjek

Kebutuhan menurut subjek terdiri atas kebutuhan individu dan kebutuhan kualitatif/bersama.


  • Kebutuhan Individu

Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang harus dipenuhi secara individu atau perorangan. Contoh: kebutuhan makan, minum, pakaian, sepatu, dan sikat gigi. Kebutuhan individu setiap orang berbeda. Misalnya seorang pelajar akan butuh buku-buku pelajaran, pulpen, jangka, pensil dan sebagainya. Sedangkan seorang tukang kayu membutuhkan gergaji, palu, paku, bor, serut kayu, dan pensil untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaannya.


  • Kebutuhan Kualitatif/Bersama

Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kepentingan bersama dan dilakukan secara bersama-sama. Kebutuhan kualitatif yang berwujud misalnya jalan, jembatan, listrik, dan angkutan umum. Kebutuhan kelompok yang tidak berwujud misalnya keamanan, ketertiban, kebersihan umum, dan menang dalam pertandingan. Berbagai kebutuhan kelompok tersebut diselenggarakan oleh umum, dengan jalan usaha bersama dan atau dibiayai oleh pemerintah dari uang hasil pajak.

Baca Juga : Pendidikan Barat Di Indonesia


Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Kebutuhan Primer : Pengertian, Contoh, Macam, Jenis, Intensitas, Sifat, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan