Koran adalah

Diposting pada

Koran adalah – Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis, Syarat, Cara & Contoh – Untuk pembahasan kali kami akan mengulas mengenai Koran yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, fungsi, manfaat, jenis, syarat, cara dan contoh, nah untuk dapat lebih memahami dan dimengerti simak uraian dibawah ini.

Koran-adalah

Pengertian Koran

Koran adalah sebuah media massa yang dicetak dan disusun atau dibentuk dari kertas buram yang berukuran besar yang isinya memuat tentang informasi-informasi seputar kehidupan sehari-hari dan informasi sekitar, berita yang ada didalamnya dicari dan ditulis oleh para jurnalis ataupun wartawan.


Untuk bentuknya sendiri terdiri dari kertas yang memiliki ukuran besar, dan dibentuk dari kertas buram dengan ukuran font tulisan sekitar 12px. Diterbitkan oleh suatu lembaga atau perusahaan tertentu seperti koran sindo atau suara merdeka diperuntukkan dengan tujuan komersial bagi penerbit.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Contoh Cerpen


Karena ukurannya yang besar biasanya ditekuk menjadi lebih kecil agar mudah dibawa, selain itu terdiri dari kurang dari 30 halaman jadi bisa mudah ditekuk menjadi dua atau empat bagian. Selain itu dengan ukuran tulisan yang relatif kecil bagi orang tua umumnya mereka akan memakai kacamata untuk membaca surat kabar ini agar tulisan bisa mudah dibaca dan lebih jelas.


Biasanya mereka memperoleh keuntungan dari iklan yang disisipkan di dalamnya, kalian jika sudah pernah membacanya pasti pernah melihat ada iklan-iklan kecil seperti iklan pencarian pegawai, penjualan rumah atau anak hilang. Beberapa perusahaan juga melirik surat kabar ini sebagai media promosi dengan pemasangan iklan bergambar dan berwarna karena perusahaan atau bahwa cara ini sangat efektif mengingat orang yang menikmati berita dalam koran di Indonesia sangatlah banyak. Untuk biaya pemasangan iklan sepertinya cukup mahal terlebih jika memakai gambar dan bahkan berwarna.


Tujuan Koran

Koran bertujuan untuk memberikan informasi atau berita-berita terkini jadi isinya lebih menitikberatkan informasi terkini yang ada disekitar kita. Contohnya ialah berita kenaikan bensin, berita kebakaran, kecelakaan, kejahatan, kejadian alam, selain itu berita ekonomi juga disajikan di dalamnya.


Fungsi dan Manfaat Koran

Sebagai media penyampaian informasi harian secara tercetak pada beberapa lembar kertas. Biasanya dicetak pada kertas dengan harga ekonomis yang rendah sehingga tidak terlalu riskan jika harus dibuang atau dijadikan pembungkus setelah informasi yang ada telah diterima.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Contoh Karangan Deskripsi


Jenis Koran

Untuk jenisnya ada beberapa macam yakni surat kabar harian, bulanan, tahunan, lalu dibagi lagi menjadi surat kabar harian nasional, daerah dan lokal. Lalu jenis berita yang ada ialah News atau Straight News yang berarti disajikan berita apa adanya sesuai kajadian sebenarnya.


Syarat Utama Koran

  • Publisitas atau Publicity yakni berarti informasi di dalamnya dikhususkan atau diperuntukkan bagi khalayak ramai.
  • Periodesitas atau Periodicity yaitu keteraturan dalam masa cetaknya bisa satu hari sekali, satu minggu sekali atau lainnya.
  • Universalitas atau Universality yaitu Isinya ada banyak dan terdiri dari berbagai macam, serta berita didalamnya datang dari berbagai penjuru negeri bahkan dunia.
  • Aktualitas atau Actuality yakni di dalamnya memuat informasi terbaru yang ada di lapangan.

Sebenarnya bukan hanya koran yang menjadi media penyampaian informasi pada khalayak ramai, namun buletin, majalah, tabloit, selebaran, poster, surat kabar juga menjadi sumber informasi bagi masyarakat umum. Namun koran menjadi salah satu yang paling diminati karena isi di dalamnya lengkap dan harga yang terjangkau bagi masyarakat umumnya. Bahkan sekarang ini sudah ada koran digital.


Cara Pembuatan Kolom Koran

Dalam pengetikan sering kita jumpai naskah yang berbentuk seperti tulisan Koran. Untuk membuat naskah tersebut kita terlebih dahulu mengetik naskahnya, kemudian kita gerakkan cursor mouse pada bagian kolom dan kita tentukan berapa kolom yang kita inginkan. Sebagai contoh dibawah ini terdapat beberapa kolom Koran yang akan kita ketik.


Perangkat keras sistem komputer dapat diklasifikasikan dalam 3 (tiga) kelompok yaitu: Memori, Central Processing Unit (CPU), dan Input/Output (I/O). Unit-unit ini  terhubung satu dengan yang lainnya. Unit-unit I/O digunakan untuk komunikasi antara representasi informasi internal dari sinyal-sinyal elektris dalam komputer dengan representasi eksternal seperti terminal, printer, dan alat-alat sensor atau kontrol. Program-program tersimpan dalam memori dan dikerjakan oleh CPU.


CPU membaca deskripsi, atau representasi tiap program dari memori, membaca data yang diperlukan untuk setiap langkah mengeksekusi atau memproses setiap langkah program, kemudian mengembalikan hasilnya ke memori yang sesuai. Program komputer merupakan kumpulan instruksi yang mengatur sistem komputer melakukan operasi input dan output, operasi aritmatik, dan operasi logika.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Contoh Pamflet


Demikianlah sekilah tentang pembuatan kolom koran melalui paket Microsoft Word, semoga ada manfaatnya untuk seluruh peserta pendidikan.


Created By : FERY AFRIANTO, S.Kom

Universitas Putra Indonesia “YPTK“ Padang


Contoh Koran

Jelang MotoGP, Amtenar Harap Lombok Tengah Jadi Contoh di Indonesia

Jelang digelarnya Moto GP di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah, Group Band Regge ternama di Lombok, Amtenar berharap Lombok Tengah menjadi contoh dalam tertib berkendara, terutama para kaum mudanya. Hal ini disampaikan Vokalis Amtenar, Wen, usai live performance dalam acara Milenial Road Safety Festival di Praya, Lombok Tengah, Minggu, [Minggu,3/3]


Amtenar berharap dengan adanya Milenal Road Safety Festival dapat memupuk kesadaran semua pihak untuk sadar dalam berlalu lintas.


” Harapannya sih, Lombok Tengah bisa menjadi contoh. karena bagaimanapun juga tu, [akan ada] Sirkuit Motor kan. Ndak jauh jauh dari Safety berkendara. Jangan contoh untuk kabupaten, tapi Indonesia.” katanya.


Wen menegaskan Lombok Tengah diberikan anugerah sebagai tempat sirkuit Moto GP yang disorot dunia. Untuk itu, semua elemen masyarakat harus menyambut hal tersebut dengan cara memberikan citra yang baik dalam berkendara.


Anak anak muda, ia harapkan tidak melakukan balapan liar di jalan, namun bisa mengasah kemampuannya di ajang balapan yang nantinya bisa diwadahi di Sirkuit yang rencananya akan dibuka pada tahun 2021 itu.


”Jalan raya jangan dijadikan ajang kebut-kebutan. Sirkuit ada buat mereka kan. bagi yang senang kebut-kebutan,” katanya.


Sementara itu, Kapolres Lombok Tengah, AKBP Budi Santosa menyambut baik harapan dari dari Band Regge yang banyak digandrungi kaum muda itu di Lombok itu.


Budi menegaskan dengan membangun kesadaran masyarakat yang melibatkan semua unsur, Lombok Tengah bisa menjadi percontohan wilayah yang tertib lalu lintas dalam rangka menyambut Moto GP 2021 di Sirkuit Mandalika, Kute.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Contoh Teks Negosiasi Berbagai Kasus (Baik & Benar)


”Untuk arah kesana kita akan rencanakan, untuk menjadi pilot project, tidak hanya satu instansi saja, mulai dari Pemda, Diknas, tokoh masyarakat, tokoh agama dan semua unsur harus kita gandeng untuk mensukseskan untuk mewujudkan rencana itu,” katanya.


Demikianlah pembahasan mengenai Koran adalah – Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis, Syarat, Cara & Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan