Macam Bunga

Diposting pada

Pengertian Bunga

Bunga (flos) atau kembang adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae, “tumbuhan berbiji tertutup”). Pada bunga terdapat organ reproduksi (benang sari dan putik). Bunga secara sehari-hari juga dipakai untuk menyebut struktur yang secara botani disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence.

Baca Juga : Bagian-Bagian Bunga

Bunga majemuk adalah kumpulan bunga-bunga yang terkumpul dalam satu karangan. Dalam konteks ini, satuan bunga yang menyusun bunga majemuk disebut floret. Bunga berfungsi utama menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang menjadi buah. Buah adalah struktur yang membawa biji.


Fungsi Bunga

Fungsi utama bunga bagi tanaman itu sendiri adalah untuk menghasilkan buah. Proses pembuahan ini akan menghasilkan biji. Pembuahan pada bunga harus melalui proses penyerbukan, lalu pembuahan dan selanjutnya pembentukan biji. Pembuahan dilakukan agar dapat memperbanyak bunga yang tumbuh. Fungsi bunga juga terletak pada wanginya yang khas dan semerbak. Hal ini berguna untuk memikat hewan serangga yang membantu proses penyerbukan. Serangga seperti kupu-kupu sangat menyukai wangi, bentuk dan warna-warna bunga yang bervariasi.

Kupu-kupu juga menyukai madu yang ada di dalam kepala putik. Fungsi bunga yang lain yaitu sebagai tanaman hias. Orang-orang menggunakan tanaman bunga untuk menghiasi taman, kebun, halaman rumah, halaman perkantoran, bahkan di pinggir-pinggir jalan. Tanaman hias bunga beraneka ragam dan variasinya bila dibudidayakan, dapat dengan cara pencangkokan dan penyilangan antara bunga yang sejenis.Selain digunakan sebagai tanaman hias, orang-orang senang dimanjakan dengan warna-warna bunga atau hanya sekedar mencium wanginya.


Baca Juga : Pengertian Bunga


Struktur Jaringan Penyusun Bunga

Secara anatomi daun mahkota dan daun kelopak memiliki struktur yang sama yaitu terdapat sel-sel parenkimatis. Parenkim ini juga disebut mesofil. Paren kim ini terletak di antara epidermis atas dan bawah. Daun kelopak umumnya memiliki struktur sederhana.

Epidermis daun kelopak pada bagian luarnya dilapisi kutin, stomata dan trikomata. Seperti struktur pada daun, sel-sel daun kelopak ini juga mengandung klorofil. Struktur daun mahkota sel-selnya memiliki satu atau banyak berkas pengangkut yang kecil-kecil. Daun mahkota memiliki epidermis berbentuk khusus yaitu berupa tonjolan yang disebut papila dan dilapisi kutikula.

Sementara itu, benang sari dan putik memiliki struktur sangat berbeda. Secara umum benang sari terdiri atas kepala sari dan tangkai sari. Tangkai sari tersusun oleh jaringan dasar yaitu sel-sel parenkimatis yang memiliki vakuola tanpa ruang antarsel. Pada epidermis tangkai sari terdapat kutikula, trikomata atau mungkin juga stomata.

Kepala sari memiliki struktur yang kompleks, terdiri atas dinding yang berlapis-lapis dan di bagian terdalam terdapat lokulus ( ruang sari ) yang berisi butir-butir serbuk sari. Jumlah lapisan dinding kepala sari untuk setiap jenis tumbuhan berbeda.

Kepala sari memiliki beberapa lapisan dinding sebagai berikut.

  • Epidermis
    Merupakan lapisan terluar yang terdiri dari satu lapis sel. Epidermis menjadi memipih dan membentuk papila pada kepala sari yang masak dan berfungsi sebagai pelindung epidermis.
  • Endotesium
    Merupakan lapisan yang terletak di sebelah dalam epidermis.
  • Lapisan Tengah
    Merupakan lapisan yang terletak di sebelah dalam endotesium dan terdiri dari 2-3 lapis sel atau lebih tergantung jenis tumbuhannya.
  • Tapetum
    Merupakan dinding terdalam dari antera dan berkembang mencapai maksimum pada saat terbentuk serbuk sari tetrad. Bagian perhiasan bunga ( mahkota dan kelopak ) pada tanaman Dicotyledoneae biasanya berjumlah 2, 4, 5 atau kelipatannya, sedangkan pada tumbuhan Monocotyledoneae berjumlah 3 atau kelipatannya.

Baca Juga : Tanaman Bunga Matahari


Macam-Macam Bunga


  • Bunga Mawar

Macam-Bunga

Bunga Mawar merupakan Tanaman Hiasan bunga yang paling banyak dicari dan disukai oleh semua orang. Karena dengan warna dan bentuknya yang cantik, serta wanginya yang harum mampu menggugah perasaan seseorang. Oleh karena itu bunga Mawar merupakan bunga yang paling populer di dunia, dengan banyaknya jenis Mawar yang begitu memikat. Bunga Mawar disukai oleh orang tidak hanya untuk dipajang atau ditanam dalam vas atau pot bunga, tetapi juga dengan membuat kebun bunga Mawar.


  • Bunga Tulip

Macam-Bunga

Bunga Tulip yang banyak tumbuh dan terkenal di negara Belanda, juga merupakan jenis Hiasan Bunga yang banyak dicari. Bunga ini tumbuh di musim dingin, dan tidak dapat tumbuh subur di tempat yang beriklim tropis.

Baca Juga : Bunga Adalah


  • Bunga Teratai

Macam-Bunga

Bunga Teratai lebih dikenal masyarakat dunia dengan nama Water lily. Namun Bunga Hiasan ini bukanlah jenis dari bunga Lily. Bunga ini adalah bunga dari tanaman yang hidup dan tumbuh di permukaan air. Tanaman ini dapat tumbuh di permukaan air yang tenang, seperti di kolam, sungai atau rawa. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang ingin memelihara bunga ini haruslah memiliki kolam untuk membudidayakannya.


  • Kembang Sepatu

Macam-Bunga

Kembang Sepatu berasal dari Asia Timur. Bunga ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena warna-warnanya yang cantik. Bunga ini merupakan jenis tanaman semak dan tumbuh di daerah yang suhunya hangat. Bunga tumbuh pada tanaman yang dapat mencapai ketinggian 2 sampai 5 meter. Daunnya mempunyai bentuk yang agak lebar dan bulat dengan ujung daun yang meruncing.

Baca Juga : Penyerbukan Bunga


  • Kateliya (Cattleya)

Macam-Bunga

Bunga Kamboja berasal dari Amerika Tengah dan banyak tumbuh di Meksiko dan Venezuela. Bunga ini lebih dikenal dengan nama Plumeria, yang diambil dari nama seorang ahli tanaman yang berasal dari Perancis dan terkenal pada abad ke-17, yaitu Charles Plumier. Sebelum terkenal dengan nama Plumeria, bunga Kamboja dikenal dengan nama Frangipani. Nama ini adalah nama seorang berkebangsaan Itali yang menemukan dan membuat minyak wangi dari bunga Kamboja di abad ke-16.


  • Bunga Melati (Jasmine)

Macam-Bunga

Bunga yang tumbuh setiap tahun ini memiliki wangi yang sangat harum dan khas. Bunga ini tumbuh di daerah tropis dan mekar pada musim semi atau musim panas. Biasanya bunga ini kuncup pada malam hari dan akan mekar lagi pada pagi hari.


  • Bunga Anyelir

Macam-Bunga

Ketenaran bunga Anyelir hampir menyamai bunga Mawar, dan juga merupakan salah satu bunga yang paling populer di dunia. Bunga ini merupakan ekspresi dari suatu perasaan yang sentimental, kecantikan, serta kesegaran yang tahan lama. Bunga Anyelir kebanyakan berwarna merah muda, namun ada pula yang berwarna merah, putih, kuning dan hijau. Bentuknya bulat dengan komposisi beberapa bagian kelopak yang terpisah. Bunga ini tumbuh dan mekar di tiap tangkainya temukan aneka bunga unik di Jual Tanaman Bunga & Jual Aneka Bunga.


  • Bunga Anggrek

Macam-Bunga

Bunga Anggrek yang berasal dari spesies yang bernama Orchidaseae ini dikenal sebagai bunga yang tahan lama. Bunga ini juga sangat populer dengan keeksotikannya. Oleh karena itu banyak orang yang menjadikannya sebagai tanaman hias. Bunga Anggrek mempunyai banyak warna seperti ungu, merah keunguan, putih, dan kuning.


  • Bunga Aster

Macam-Bunga

Sebuah taman bunga tidak lengkap bila tidak ada Tanaman Hiasan bunga Aster. Bunga dengan banyak jenis dan warna yang cantik ini mencerminkan keriangan, kegembiraan dan kesederhanaan. Apabila anda ingin berbagi keceriaan pada seseorang dengan bunga, maka bunga Aster adalah pilihan yang tepat.


Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Macam Bunga – Mawar, Tulip, Teratai, Sepatu, Kateliya, Melati, Anyelir, Anggrek, Aster, Pengertian, Fungsi, Struktur, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuana.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan