Tumbuhan Sirih

Diposting pada

Pada tumbuhan yang satu ini mempunyai nama latin yakni Piper Betle yang dikenal sebagai tumbuhan yang merambat. Pohon sirih ini biasanta hidup dengan besandar pada pohon yang lain dan dapat mampu tumbuh mencapai tinggi berkisar 15 meter. Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang dapat tumbuh dengan merambat atau bersandar pada batang pohon yang lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur.

Manfaat-Daun-Sirih-Merah

Namun dengan mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Juga kapurnya membuat pengerutan pada gusi (periodentitis) yang bisa membuat gigi menjadi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang. Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka), sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun melayu.


Untuk di Indonesia, sirih merupakan flora khas provinsi kepulauan Riau. Masyarakat kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit. Walaupun demikian tanaman sirih banyak dijumpai di seluruh Indonesia, dimanfaatkan atau hanya sebagai tanaman hias.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Taksonomi Tumbuhan


Pengertian Daun Sirih

Sirih (Piper betle) adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm.


Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1, 5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1, 5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.


Biasanya daun sirih banyak dimanfaatkan oleh orang-orang tua untuk “nginang” atau yaitu mengunyah daun sirih yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti gambir, pinang, dan kapur. Menurut Warinah (70 tahun) warga desa Bulurejo kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri yang hingga sekarang masih mempertahankan kebiasaan ini, nginang bertujuan untuk menjaga gigi agar tetap kuat dan tidak mudah keropos.


Tradisi nginang ini telah ada sejak nenek moyangnya dan diwariskan secara turun temurun hingga sekarang. Akan tetapi menurutnya tanaman sirih memiliki banyak kegunaan lain misalnya untuk mengobati belekan (sakit mata), sakit gigi karena berlubang, bisul, luka bakar, obat batuk, bahkan bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan.


Selain itu ternyata sirih juga memiliki nilai ekonomis tinggi karena beberapa produsen jamu tradisional sengaja membudidayakan tanaman ini sebagai salah satu bahan utama untuk membuat jamu-jamu tradisional tersebut. Wiwin (31 tahun) seorang produsen sekaligus penjual jamu yang masih bertahan hingga saat ini mengaku memang untuk jamu yang berbahan dasar sirih memang rasanya cenderung pahit dan kurang sedap baunya, tapi meskipun demikian jumlah pelanggan yang memesan jamu ini karena khasiatnya yang dipercaya sangat ampuh contohnya saja jamu kunci sirih yang terbuat dari  bahan-bahan seperti daun kunci dan daun sirih ditambah dengan beberapa bahan lain yaitu jambe beluntas dan kencur.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Tumbuhan Merambat


Ciri-Ciri Tumbuhan Sirih

Ada beberapa ciri-ciri tumbuhan sirih diantaranya yaitu:

  1. Memiliki akar lekat untuk menempel pada tumbuhan lain untuk mendapatkan sinar matahari.
  2. Memiliki bau yang khas untuk melindungi diri dari ulat.

Fungsi Daun Sirih

Selain beberapa manfaat daun sirih yang tertera diatas, masih ada lagi fungsi daun sirih yaitu:

  • Dapat memperlancar haid dengan cara meminum air rebusan dari daun sirih.
  • Bisa untuk mengobati asma.
  • Untuk mengobati penyakit radang tenggorokkan.
  • Menghilangkan gatal pada kulit, caranya tumbuk daun sirih kemudian balurkan ke bagian tubuh yang gatal.
  • Mengobati demam berdarah,
    Daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah, caranya dengan merebus daun sirih kemudian minum air rebusan daun sirih. Daun sirih berfungsi untuk membunuh kuman penyebab demam berdarah.
  • Dapat mengobati sariawan, gigi dan gusi bengkak.

Manfaat Daun Sirih Merah

Manfaat-Daun-Sirih-Merah

Selain bersifat antiseptic, sirih merah juga bisa dipakai untuk mengobati penyakit diabetes, dengan meminum air rebusan sirih merah setiap hari akan menurunkan kadar gula darah sampai pada tingkat yang normal.


Selain itu tanaman sirih merah mempunyai manfaat menyembuhkan penyakit ambeien, keputihan dan bisa digunakan sebagai obat kumur, karena alkaloid di dalam sirih merah inilah yang berfungsi sebagai anti mikroba.


  1. Mengatasi Keputihan

Khasiat daun sirih merah ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan, karena salah satu khasiat dari daun sirih merah adalah sebagai antiseptic. Yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan untuk membilas organ kewanitaan.


  1. Menghilangkan Bau Badan

Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas. ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil,airnya diminum.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Tumbuhan Berbiji – Ciri, Struktur, Reproduksi dan Klasifikasi


  1. Menghilangkan Bau Mulut

Satu lembar daun sirih setelah dicuci bersih dikunyah-kunyah, ditahan bebearapa menit dalam mulut lalu diludahkan. Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari. Cara lainnya rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.


Khasiat Daun Sirih Merah

Nah dibawah ini adalah beberapa khasiat daun sirih merah serta cara meracik daun sirih merah untuk pengobatan.


  • Kandungan Kimia Yang Terdapat Dalam Daun Sirih Merah

Para ahli pengobatan tradisional telah banyak menggunakan tanaman sirih merah oleh karena mempunyai kandungan kimia yang penting untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Dari buku ”A review of natural product and plants as potensial antidiabetic” dilaporkan bahwa senyawa alko-koloid dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah.


Kandungan kimia lainnya yang terdapat di daun sirih merah adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada. Karena banyaknya kandungan zat/ senyawa kimia bermanfaat inilah, daun sirih merah memiliki manfaat yang sangat luas sebagai bahan obat.Eugenol dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, sedangkan tanin dapat digunakan untuk mengobati sakit perut.


  • Daun Sirih Merah Untuk Pengobatan Penyakit Diabetes

Petik tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.


  • Dengan ramuan tanaman obat lain

Ambil tiga lembar sirih merah ukuran sedang, 40 gram kulit kayu gayam yang sudah dibersihkan bagian luarnya, dan 30 gram kulit kayu jamblang kering. Bahan-bahan ini diseduh dengan 2 gelas (400 ml) air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring, minum sehari dua kali tiap pagi dan sore hari sebelum makan. Sekali minum setengah gelas.


Kandungan dan Manfaat Daun Sirih Hijau

Menurut literatur, kandungan daun sirih hijau sangat banyak. Beberapa kandungan tersebut antara lain: minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula. Semua zat itu, menyebabkan sirih seperti ditakdirkan menjadi tanaman yang dapat menyehatkan manusia, karena kaya manfaat dan kegunaannya.


Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun sirih hijau untuk kesehatan:

  • Cairan daun Sirih Hijau, bisa untuk obat semprot hama dan tidak mematikan tanaman. Penyakit dan kutu yang menyerang tanaman bisa sirna.
  • Bisa untuk mengobati gigi dan gusi bengkak. Caranya mudah, kunyah daun Sirih Hijau secukupnya. Atau berkumur dengan rebusan daun sirih ini. Sakit gigi dan gusi bengkak, berangsur-angsur akan hilang.
  • Daun Sirih Hijau, dipercaya bisa untuk mengobati keputihan. Rebus daunnya dengan porsi secukupnya. Bisa diminum, disamping itu airnya untuk membasuh vagina.
  • Bagi mereka yang terkena sariawan, daun Sirih Hijau, bisa dijadikan solusi yang baik. Kunyah daunnya atau kumur dengan rebusannya.
  • Bila secara rutin berkumur dengan rebusan Sirih Hijau, bau mulut tidak sedap pun akan hilang.
  • Sirih Hijau, daunnya juga dipercaya bisa untuk mengobati demam berdarah. Minum rebusan daunnya, bisa mematikan kuman penyebab demam berdarah. Atau oleskan gilingan daun Sirih Hijau ke tubuh, dibalurkan, nyamuk penyebab demam berdarah tidak berani menggigitnya.
  • Meminum air rebusan bisa memperlancar haid yang tidak teratur
  • Bisa untuk mengobati Asma
  • Mengobati radang tenggorokan
  • Air rebusannya dapat digunakan untuk membersihkan mata
  • Dapat menghilangkan bau ketiak
  • Mampu mengobati luka bakar. Caranya ambil daun Sirih Hijau, panaskan supaya layu, lalu tempelkan pada luka bakar.
  • Bila hidung keluar darah terus (mimisan), gulungan daun Sirih Hijau yang disumpalkan di hidung, bisa membuat darah yang keluar pun terhenti. Jadi bisa dijadikan obat mimisan.
  • Menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya balurkan tumbukan daun Sirih Hijau, ke bagian tubuh yang gatal-gatal, niscaya gatalnya jadi reda atau bahkan hilang sama sekali.
  • Daun Sirih Hijau juga bisa untuk mengobati eksim, atau penyakit kulit lainnya.
  • Tanaman Sirih Hijau, ternyata bisa mengusir semut, nyamuk, lalat dan serangga lain. Di sekitar lokasi tanaman ini, semut dan serangga akan menyingkir.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : 101 Pengertian Gerak Tropisme, Nasti Dan Taksis Lengkap


Cara Pemanfaatan Daun Sirih Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Ini adalah beberapa contoh penyakit yang mungkin bisa disembuhkan oleh daun sirih, berikut cara pengobatannya :


  1. Obat Batuk
  • Siapkan 15 lembar daun sirih
  • Tiga gelas air
  • Cuci bersih daun sirih tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian.
  • Minum bersamaan dengan madu

  1. Obat Bronkitis
  • Rebus 7 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama sepotong gula batu dalam 2 gelas air bersih.
  • Tunggu sampai tersisa menjadi 1 gelas. Minum 3 x sehari masing-masing sepertiga gelas.

  1. Menghilangkan bau badan
  • Ambil 5 lembar daun sirih dan rebus dengan 2 gelas air.
  • Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas.
  • Minum pada siang hari.

  1. Obat Luka Bakar
  • Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih.
  • Peras airnya dan tambahkan sedikit madu.
  • Bubuh-kan ke tempat luka bakar.

  1. Obat Mimisan
  • Siapkan 1 lembar daun sirih yang agak muda, kemudian memarkan dan gulung.
  • Sumbatkan hidung yang berdarah.

  1. Obat Bisul
  • Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih.
  • Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul.
  • Balut dan ganti 2 x sehari.

  1. Obat Mata Gatal dan Mata Merah
  • Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih.
  • Jika sudah, tunggu sampai dingin.
  • Gunakan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata 3 x sehari sampai sembuh.

  1. Obat Koreng dan Obat Gatal
  • Rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih.
  • Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.

  1. Obat Gusi Berdarah
  • Rebus 4 lembar daun sirih dalam 2 gelas air.
  • Berkumurlah secukupnya.

  1. Obat Sariawan
  • Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih.
  • Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Tali Putri


  1. Menghilangkan Bau Mulut
  • Siapkan 2-4 lembar daun sirih, Cuci bersih dan remas.
  • Seduh dengan air panas lalu gunakan untuk berkumur.

  1. Obat Jerawat
  • Ambil 7-10 lembar daun sirih , cuci bersih dan tumbuk halus.
  • Seduh dengan dua gelas air panas.
  • Gunakan air tersebut untuk mencuci muka.
  • Lakukan 2-3 x sehari.

  1. Obat Keputihan
  • Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dalam 2,5 liter air.
  • Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk Miss V -nya.

  1. Mengobati ASI Berlebih
  • Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa.
  • Kemudian hangatkan di atas api sampai layu.
  • Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.

  1. Dapat memperlancar buang air besar
  • Daun sirih di blender diberi air putih 3 gelas
  • Setelah selesai bisa ditambahkan campuran susu, gula atau madu sebagai pemanis

  1. Mengobati sakit persendian
  • Daun sirih dibuat jus dicampur 1 sendok madu
  • Diminum dua kali sehari
  • Atau bisa ditempelkan pada tempat yang sakit tepat pada saraf-sarafnya

  1. Mengatasi mata gatal dan merah
  • Sediakan lima sampai enam lembar daun sirih
  • Rebus dengan satu gelas air sampai mendidih
  • Setelah dingin gunakan untuk cuci mata
  • Sehari tiga kali sampai sembuh.

Cara Membudidayakan Sirih

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membudidayakan sirih, diantaranya :


  1. Dengan Cara Steck

Bagi Anda yang ingin mencoba menanam sirih, cobalah dengan cara steck. Caranya :

  • Sediakan media tanam steck berupa tanah, pasir, dan kompos. Perbandingannya tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 3:1:3. Masukkan ke dalam polybag berdiameter 10 cm yang bagian bawahnya sudah dilubangi, atau menggunakan bekas botol aqua gelas
  • Pilih batang sirih yang sudah tua.
  • Potong batang sirih kira-kira dua ruas. Jangan asal potong. Sebaiknya batang yang diplih sudah memiliki 2 -3 lembar daun.
  • Rendam potongan batang ini ke dalam air biasa kira-kira 15 menit lalu angkat.
  • Masukkan steck ke dalam media tanam yang sudah disediakan.
  • Letakkan steck yang sudah ditanam di tempat teduh. Sinar matahari kira-kira 60% saja.

  1. Runduk

Pilih batang sirih yang sudah panjang, kemudian cukup letakan di tanah atau di media yang telah kita siapkan. Setelah beberapa minggu, akar akan tumbuh, dan batang sirih siap di potong.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Asal Usul Tanaman Jagung Serta Persebarannya


  1. Steck Air

Cara ini paling mudah. Cukup potong batang sirih, kemudian batangnya di rendam di air sampai akarnya keluar. Tapi cukup batangnya saja yang di rendam, jangan dengan daun sirihnya. Bisa kita masukan di botol bekas air mineral.


Daftar Pustaka:

  1. Thomas A.N.S.1989. Tanaman Obat Tradisional I. Kanisius : Yogyakarta
  2. Santoso. Hieronymus Budi. 2008. Ragam & Khasiat Tanaman Obat. PT Agromedia Pustaka: Jakarta
  3. Rini Damayanti Moeljanto dan Mulyono. 2003. Khasiat & Manfaat Daun Sirih. PT Agromedia Pustaka: Jakarta

Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat Daun Sirih Merah – Pengertian, Ciri, Fungsi, Khasiat, Kandungan dan Budidaya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan