Materi Pangsa Pasar

Diposting pada

Market share atau pangsa pasar merupakan bagian dari pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, dan umumnya dinyatakan dalam persentase. Market share atau pangsa pasar ialah persentase total penjualan suatu perusahaan dari seluruh sumber dengan total penjualan produk “barang dan jasa” dalam suatu industri tertentu.

Pangsa-Pasar

Pengertian Pangsa Pasar

Apa itu market share atau pangsa pasar ??? Dalam hal ini pengertian market share atau pangsa pasar adalah bagian dari seluruh permintaan atas suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen berdasarkan ciri khasnya “market segment”. Penggolongan konsumen dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat penghasilan, usia, jenis kelamin, pendidikan dan status sosial.


Mengukur Keberhasilan Perusahaan Dalam Market Share

Market share atau pangsa pasar ialah persentase penjualan yang dibukukan oleh suatu perusahaan dari keseluruhan penjualan para pesaing gabungan di industri tertentu. Artinya market share ialah salah satu indikator yang digunakan suatu perusahaan dalam mengukur keberhasilan mereka dibanding kompetitornya.

Sebagai contoh, dalam suatu perusahaan pada tahun 2008 memiliki target market share sebanyak 10% dari keseluruhan pasar. Untuk mencapai target pasar tersebut, dibutuhkan biaya promosi sebesar Rp 40 juta.

Jika ternyata pangsa pasar yang didapatkan lebih dari 10% “misalnya 12%” itu artinya kinerja, perusahaan berjalan baik. Sebaliknya jika ditahun tersebut pangsa pasar yang didapatkan hanya 9% maka itu menunjukkan kinerja pemasaran kurang baik dan perusahaan akan menghadapi masalah efisiensi dan efektifitas.

Dan adapun beberapa faktor yang perlu ditelusuri dalam mengkaji masalah perusahaan yang tidak mampu untuk mencapai pangsa pasar yaitu:

  • Besarnya pangsa pasar yang begitu terlalu tinggi.
  • Terjadi penurunan daya saing perusahaan.
  • Terjadi penurunan daya saing perusahaan.
  • Promosi yang tidak dapat mencapai target market atau tidak tepat sasaran.

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Untuk mengetahui dan menetapkan ukuran pasar dan market sharenya diperlukan riset pasar yang cukup mendalam. Oleh karena itu pengusaha harus dapat mendefinisikan pasar yang akan dibidik sehingga dapat melihat potensi pasar tersebut.

Dan selanjutnya setelah mengetahui ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar yang dibidik, maka langkah selanjutnya ialah dengan mempelajari siapa pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai oleh mereka.

Perusahaan yang membuat perencanaan strategi harus mengembangkan strategi bauran pemasaran dan mempersempit segmentasi produk sehingga promosi tepat sasaran. Sebagai contoh suatu perusahaan yang berada di industri minuman. Tidak cukup hanya menjelaskan bisnisnya ialah minuman tapi harus lebih fokus, misalnya minuman kopi, teh, rasa buah dan lain sebagainya.


Cara Meningkatkan Market Share Atau Pangsa Pasar

Dalam hal demikian ini memahami pengertian pangsa pasar atau market share merupakan hal yang penting, alasannya dengan mengetahui pangsa pasar yang dibidik maka suatu perusahaan dapat memahami kekuatan dan kelemahannya serta dapat mengantisipasi pasar.

Memahami kelebihan dan kekurangan suatu perusahaan dapat dilakukan dengan analisis SWOT, dengan begitu maka suatu perusahaan dapat melakukan berbagai hal yang dibutuhkan untuk dapat meningkatkan produktivitas, misalnya mengubah harga, mengubah layanan, meningkatkan promosi pemasaran, mengubah cara distribusi dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara meningkatkan pangsa pasar saat suatu perusahaan memulai bisnis perdagangan, nah berikut ini tips singkatnya yaitu:

  1. Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak dijalankan perusahaan lain.
  2. Memiliki keyakinan bahwa perusahaan tersebut akan berhasil di bisnis yang dijalankan.
  3. Menentukan visi dan misi perusahaan mengenai target bisnis di masa depan.
  4. Memperhitungkan kekuatan para kompetitor di industri yang sama.
  5. Memperhatikan pergerakan harga di industri yang dibidik dan menentukan harga yang paling sesuai.
  6. Menciptakan dan membangun jaringan pasar yang sehingga bisnis menjadi lebih besar.

Segmentasi Pangsa Pasar


  • Segmentasi Geografis

Pemasar seringkali memakai segmentasi geografis guna mengerjakan analisa pada konsumen terhadap suatu wilayah yang ingin memakai produk tertentu menurut wilayahnya, contohnya distrik atau wilayah yang memiliki curah hujan tinggi maka sasaran yang tepat adalah berjualan payung, Jasa hujan atau yang sangat bermanfaat saat hujan. Dan pemasar didaerah yang panas memasarkan barang misalnya kipas angin, Pendingin ruangan dsb.


  • Segmentasi Demografis

Segmentasi yang menurut usia, gender, agama, suku menurut guna dari layanan maupun produk yang diserahkan manfaat nya juga akan bertolak belakang sesuai dengan klasifikasi dari konsumen nya. Segementasi itu memungkinkan membagi pasar cocok pada etape kehidupan yang ada.


  • Segmentasi Psikografis

Segmentasi yang paling dominan dalam pekerjaan pangsa pasar karena bersangkutan dengan gaya hidup, di zaman ketika ini ketika sebuah barang menjadi trending maka akan dibuntuti oleh seluruh kalangan. Didalam perkembanganya media sosial yang paling dominan terhadap segmentasi ini.


  • Segmentasi oleh Manfaat

Segementasi ini bisa berjalan cocok dengan guna yang diharapkan oleh pemakai atau costumer.


  • Segementasi Sesekali

Segmentasiini tak mempertimbangkan ruang belajar pelanggan baik bawah, menengah ataupun atas contoh dengan menyerahkan minuman bersoda yang terdapat didalam pesta sederhana.


  • Segmentasi Budaya

Segmentasi kebiasaan dipakai guna mengklasifikasikan pangsa pasar menurut kebiasaan karena kebiasaan adalah urusan yang paling kuat dari suatu prilaku pelanggan dan dipakai untuk meningkatakan pengetahuan konsumen dengan model prediksi. Segmentasi budaya dapat dipakai sebagai teknik yang baik guna menciptakan komunitas menurut adat atau kebiasaan tertentu.


  • Segmentasi Prilaku

Sekmentasi ini mengukur dengan tingkah laku pelanggan, serta diukur dari satus loyalitas dan pengetahuan, sikap maupun tanggapan bersangkutan suatu produk tidak sedikit pemasar yang menggunakan metode ini karna prilaku atau sikap merupakan langkah kesatu dalam membina pangsa pasar.


Strategi Pangsa Pasar


  • Tambahkan produk dan layanan baru

Terdengar paling sederhana, melulu dengan meningkatkan produk dan layanan baru pada perusahaan. tetapi untuk menjalankan strategi ini dengan baik diperlukan kerja keras serta tekat yang kuat. Anda harus memahami produk dan layanan apa yang pelanggan butuhkan.

Di samping dari pada itu, tidak sedikit juga dari mereka yang mau menunaikan untuk meningkatkan jumlah produk dan layanan baru.


  • Menjual Produk untuk konsumen yang Sudah terdapat dengan menambah Jumlah

Dengan cara ini, maka dapat meningkatkan jumlah penjualan guna pelanggan yang telah ada. Lalu, akan konsentrasi pada penjualan dan strategi marketing yang konsentrasi pada segmen tersebut. Strategi ini juga terlihat sangat gampang akan namun lumayan sulit untuk dilaksanakan untuk meneliti segmentasi pasar.


  • Memperluas lokasi Pasar ke Tempat Baru

Tugas Anda merupakan mencari pelanggan baru yang berpotensial. kita pun membutuhkan yang namanya penelitian atau riset dilapangan agar produk yang dipasarkan akan diterima dengan baik oleh konsumen baru. Di sini, dengan penelitian atau riset menilai wilayah mana yang bakal menjadi target pasar bila baik maka tahapan berikutnya ialah memilih tempat yang strategis untuk mempromosikan produk pada pelanggan baru.


  • Targetkan Pasar Serta Pelanggan Baru

Biasanya pebisnis bakal mempromosikan produknya menurut demografi atau tempat tertentu contohnya jenis kelamin,usia atau kelaziman yang dilaksanakan oleh pelanggan.


  • Masuk Pada Sistem Penjualan Baru

Strategi inimenuntut kita untuk dapat memasuki ranah dunia bisnis baru yakni ke online marketing. Sudah tidak sedikit bukti toko kecil yang berpindah menjadi toko besar dan saat dia sukses memanfaatkan suatu teknologi serta sistem online marketing. dengan Teknik SEO (Search Engine Optimization) dapat juga digunakan guna mempermudah pelanggan pada dunia internet mengejar produk yang kamu jual.


  • Mengambil Alih Bisnis Lain

Mengambil alih usaha atau bisnis orang beda yang sudah meningkat atau yang bakal menjadi pesaing pada perusahaan kamu bisa jadi bakal menjadi teknik guna penambahan jumlah pelanggan Anda. Misalnya Instagram di beli oleh facebook karna dapat saja menjadi pesaing serta pastinya menambah bisnis pada facebook.


Jenis-Jenis Pangsa Pasar

Berikut ini adalah jenis-jenis pangsa pasar, antara lain:


  1. Home Care

Pelayanan kesehatan di rumah adalah pelayanan keperawatan yang diserahkan kepada pasien di rumahnya, yang adalahsintesa dari pelayanan keperawatan komunitas dan keterampian teknikal tertentu yang berasal dari spesalisasi kesehatan tertentu, yang befokus pada asuhan keperawatan pribadi dengan melibatkan family , dengan destinasi menyembuhkan, menjaga dan menambah kesehatan fisik, mental/ emosi pasien.

Perawatan kesehatan di lokasi tinggal adalahsalah satu jenis dari perawatan jangka panjang (Long term care) yang dapat diserahkan oleh tenaga profesional maupun non profesional yang sudah mendapatkan pelatihan. Perawatan kesehatan di lokasi tinggal yang adalahsalah satu format pelayanan kesehatan adalah suatu komponen rentang pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diserahkan kepada pribadi dan family di lokasi tinggal mereka yang bertujuan guna meningkatkan, menjaga atau mencairkan kesehatan serta memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan dampak dari penyakit tergolong penyakit terminal.


  1. Terapi Komplementer

Berdasarkan keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Terapi adalah usaha untuk mencairkan kesehatan orang yang sedang sakit; penyembuhan penyakit; perawatan penyakit. Komplementer adalah bersifat melengkapi, mempunyai sifat menyempurnakan.

Berdasarkan keterangan dari WHO (World Health Organization), Pengobatan komplementer adalah pengobatan non-konvensional yang bukan berasal dari negara yang bersangkutan, sehingga guna Indonesia jamu misalnya, bukan termasuk penyembuhan komplementer namun adalahpengobatan tradisional. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang telah dari zaman dahulu dipakai dan diturunkan secara turun – temurun pada sebuah negara. Tetapi di Philipina misalnya, jamu Indonesia dapat dikategorikan sebagai penyembuhan komplementer.

Terapi Komplementer adalah teknik Penanggulangan Penyakit yang dilaksanakan sebagai pendukung untuk pengobatan medis konvensional atau sebagai penyembuhan pilihan beda diluar penyembuhan medis yang Konvensional.


  1. Herbal

Pengobatan tradisional adalah pengobatan dan atau perawatan dengan cara, obat, dan pengobatannya yang mengacu pada empiris dan kemampuan turun temurun dan diterapkan cocok dengan norma yang berlaku dalam masyarakat.

Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (gelenik) atau gabungan dari bahan itu secara turun-temurun telah dipakai untuk penyembuhan menurut pengalaman.

Pengobatan tradisional (batra) adalah seseorang yang dinyatakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai orang yang dapat melakukan penyembuhan secara tradisional.


Demikianlah pembahasan mengenai Pangsa Pasar adalah: Cara, Mengukur, Segmentasi dan Jenis semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


Baca Juga:

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan