Paragraf Sebab Akibat

Diposting pada

Paragraf atau alenia adalah suatu  bentuk bahasa yang basanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat. Dalam upayah menghimpun beberapa kalimat menjadi paragraph, yang perlu diperhatikan adalah kesatuan dan kepaduan. Kesatuan berarti seluruh kalimat dalam paragraph membicarakansatu gagasan (gagasan tunggal). Kepaduan berarti seluruh kalimat dalam paragraph itu kompak, saling berkaitan mendukung gagasan tunggal paragraph.

Contoh-Paragraf-Sebab-Akibat

Dalam kenyataannya kadang-kadang kita menemukan alenia yang hanya terdiri atas satu kalimat, dan hal itu memang dimungkinkan. Namun dalam pembahasan ini wujud alenia semacam itu dianggap sebagai pengecualian karena disamping bentuknya yang kurang ideal jika ditinjau dari segi komposisi, pembicaraan tentang paragraph sebenarnya sudah memasuki kawasan wacana atau sebab formal yang sederhana, boleh saja hanya terdiri dari satu paragraph. Jadi, tanpa kemampuan menyusun paragraph, tidak mungkin bagi seseorang mewujudkan sebuah karangan.


Pengertian Paragraf Sebab Akibat

Paragraf sebab akibat ialah salah satu paragraf yang pengembangan dari pola pikir paragraf induktif dimana kalimat utama diletakkan di akhir paragraf dan sering disebut juga dengan kesimpulan. Berdasarkan pola pemikiran tersebut, paragraf sebab akibat atau yang disebut dengan paragraf kausatif merupakan paragraf yang dimulai dengan fakta-fakta khusus sebagai sebab kemudian disimpulkan menjadi fakta umum pada bagian akhir kalimat yang disebut dengan akibat.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : 22 Contoh Paragraf Narasi


Ciri-Ciri Paragraf Sebab Akibat

Adapun ciri-ciri paragraf sebab akibat sebagai berikut:

  1. Karena mengikuti pola pikir paragraf induktif, kalimat pertama pada paragraf sebab akibat berupa kalimat-kalimat khusus.
  2. Paragraf ini memaparkan banyak contoh masalah atau peristiwa khusus yang disebut dengan sebab lalu disimpulkan menjadi satu contoh, masalah atau peristiwa umum yang timbul akibat sebab-sebab tersebut yang disebut juga dengan kalimat akibat.
  3. Gagasan utamanya terletak pada bagian akhir kalimat atau kalimat yang menjadi akibat di dalam suatu paragraf.
  4. Adanya keterkaitan yang logis antara kalimat yang menjadi sebab dan kalimat akibat.

Jenis-Jenis Paragraf Sebab Akibat

Paragraf ini bisa dikembangkan menjadi beberapa jenis yakni sebab-akibat, akibat-sebab, sebab-akibat 1 akibat 2. Berikut ini ialah penjelasan dan contoh-contoh jenis paragraf sebab akibat.


  1. Sebab Akibat

Paragraf ini diawali dengan kalimat-kalimat khusus yang merupakan sebab lalu pada bagian akhir paragraf disimpulkan ke dalam kalimat umum yang merupakan akibat.


Contoh

Andi suka membantu sesama tanpa pamrih, dia juga selalu baik terhadap semua orang, sikapnya yang sopan membuat dia mudah diterima di lingkungan mana saja, tidak hanya itu dia juga memiliki tutur kata yang lembut.


Dia tidak pernaj berbicara menyakiti perasaan orang lain, meskipun dia selalu jujur dia memiliki cara-cara yang tepat untuk menasehati teman-temannya tanpa menyinggung perasaan. Ditambah lahi dia juga merupakan orang yang pintar di kelasnya, meskipun begitu dia tidak pernah pelit ilmu, andi selalu mengajarkan teman-temannya yang bertanya kepadanya. Oleh karena itu wajar saja andi menjadi teman kesayangan dan murid favorit guru-guru di sekolah.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Contoh Paragraf Persuasi


  1. Akibat Sebab

Paragraf ini diawali dengan menyajikan kalimat-kalimat khusus yang berupa akibat-akibat dari sesuatu dan disimpulkan menjadi kalimat umum yang menjadi sebab masalah-masalah tersebut muncul.


Contoh

Hasil panen para petani di Desa Cisandana tahun ini tidak memuaskan, ribuan hektar sawah hanya bisa dipanen setengahnya, banyak tanaman padi yang mati sebelum dipanen karena serangan hama seperti tikus, walang sangit dan lain-lain.


Keadaan ini membuat petani cukup kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Mereka harus memutar otak untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan ini. Tidak hanya berimbas pada petani, gagal panen tahun ini juga berimbas pada kelangkaan beras di pasar sehingga membuat herganya menjadi naik hampir 2 kali lipat dari harga awalnya.


Permasalahan lain yang muncul ialah keringnya sumber-sumber mata air sehingga membuat setipa orang kerepotan unntuk mendapatkan air yang bersih. Ditambah lagi dengan cuaca yang sangat panas hingga menusuk tulang. Semua permasalahan-permasalahan diatas timbul karena disebabkan oleh kemarau yang terjadi tahun ini cukup panjang.


  1. Sebab Akibat 1 Akibat 2

Paragraf ini memiliki 2 kalimat yang menjadi akibat dari sebab-sebab yang telah dikemukakan pada kalimat sebelumnya, namun akibat1 akan menjadi sebuah sebab yang bisa menimbulkan serangkaian akibat lain “akibat 2”.


Contoh

Kerusuhan yang terjadi pada beberapa puluh tahun yang lalu membuat uang sangat sulit didapat. Banykan uang yang hilang terbakar maupun rusak. Oleh karena itu, pemerintah kembali mencetak uang sebanyak-banyaknya untuk mengganti uang-uang yang hilang tersebut.


Akan tetapi apa yang dilakukan oleh pemerintah saat itu membuat uang yang beredar di masyarakat cukup banyak dan terjadilah hyper inflasi. Akibatnya uang menjadi tidak berharga dikarenakan peredarannya yang sangat banyak dan juga terjadi krisis moneter.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Paragraf Analogi


Contoh Paragraf Sebab Akibat

Berikut ini terdapat beberapa contoh paragraf sebab akibat, terdiri atas:


1. Contoh Paragraf Sebab Akibat Tentang Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan adalah peristiwa dimana wilayah yang terdapat banyak pohon, semak, paku-pakuan, dan rumput mengalami perubahan bentuk yang disebabkan pembakaran yang besar-besaran. Kebakaran hutan menyebabkan hutan dilanda api sehingga membuat hutan lenyap dimakan api. Dampak yang disebabkan kebakaran hutan dapat berupa positif dan negatif tetapi dampak negatif melebihi dampak pofitif.


Penyebab terjadinya kebakaran hutan ada dua macam yaitu faktor alam dan faktor ulah manusia. Kebakaran hutan yang disebabkan oleh faktor alam bisa berupa kekeringan, musim panas yang berkepajangan, dan sambaran petir. Terjadinya angin yang kencang juga bisa menyebabkan kebakaran hutan. Apabila dua batang pohon bergesekan karena tertiup angin kencang maka bisa menyulut api kecil yang menajadi besar.


Kebakaran hutan yang disebabkan oleh faktor ulah manusia yaitu pembakaran hutan secara sengaja untuk membuka lahan baru, membuang sembarangan putung rokok, dan membakar sampah di dekat hutan. Faktor ulah manusia sebagai penyebab kebakaran hutan melebihi dari pada faktor alam. Sebagai contoh 95 persen kebakaran hutan di Indonesia disebabkan oleh ulah manusia.


Akibat dari terjadinya kebakaran hutan memberikan dampak yang besar untuk lingkungan yaitu kabut asap, matinya pepohonan, binatang tidak mempunyai tempat tinggal, dan menjadi penyebab dari terjadinya banjir dan tanah longsor. Untuk mengurangi dampak dari kebakaran hutan marilah kita bersama-sama menjaga hutan.


2. Contoh Paragraf Sebab Akibat Tentang Rokok

Banyak orang beranggapan bahwa merokok menggunakan rokok mentol jauh lebih aman daripada jenis rokok lainnya. Padahal, merokok menggunakan rokok sama berbahayanya dengan rokok lain, bahkan lebih berbahaya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Marlin Foreman dari Morehouse School of Medicin Atalanta, Amerika Serikat, perokok yang mengkonsumsi rokok mentol sangat rentan mengalami kerusakan paru-paru yang lebih parah daripada mengkonsumsi rokok biasa.


Karena itu, mengurangi atau bahkan menghilangkan rokok harus dilakukan, apakah itu rokok biasa atau rokok mentol. Sebab, apa pun jenis rokoknya, semuanya masih berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Paragraf adalah


3. Contoh Paragraf Sebab Akibat Tentang Sampah

Kebiasaan untuk membuang sampah harus ditanamkan sejak dini dalam keseharian kita. Karena masayarakat pada umunya masih kurang memiliki kesadaran untuk mencintai dan menjaga serta melestarikan alam lingkungan kita sendiri. Mereka menganggap hal tersebut hanyalah slogan yang tidak perlu diperhatikan. Tanpa rasa bersalah mereka membuang sampah sembarangan sehingga lingkungan sekitar kita menjadi kotor dan tidak sehat.


Dan bila musim hujan tiba, akibatnya banjir melanda ibukota. Kalau sudah terjadi seperti itu, maka orang-orang akan menyalahkan oranglain atas kejadian tersebut tanpa mereka sadari kalau bencana itu akibat dari ulah mereka sendiri.


4. Contoh Paragraf Sebab Akibat Tentang Narkoba

Contoh 1:

Penyalahgunaan narkotika dapat berdampak negatif pada pengguna. Konsekuensi dari penyalahgunaan narkoba adalah gangguan mental. Orang yang menggunakan narkoba akan mengalami kondisi mental yang membuatnya terlihat seperti orang aneh atau gila. Ini juga memicu perilaku aneh pengguna yang menghasilkan kerugian bagi pengguna atau pecandu itu sendiri atau orang lain.


Contoh 2:

Akibat mengkonsumsi tembakau gorila adalah sensasi aneh yang dirasakan oleh penggunanya, dimana pengguna tembakau gorila akan merasa seperti dihancurkan oleh gorila. Hal ini disebabkan oleh kehadiran ganja sintetis dalam tembakau.


Contoh 3:

Secara geografis, lokasi negara Indonesia sangat strategis, di mana ibu kota Jakarta terletak di antara dua samudera dan dua benua, dan memiliki sejumlah besar pulau. Itu menyebabkan negara ini dimasuki oleh semua orang, termasuk pengedar narkoba. Akibatnya, pengedar narkoba dapat memasuki Indonesia dari segala arah dan perdagangan narkoba menjadi sulit untuk dihentikan. Maka jangan heran jika jumlah pecandu narkoba semakin meningkat jumlahnya, mulai dari orang dewasa, hingga anak-anak dan ibu rumah tangga.


5. Contoh Paragraf Sebab Akibat Tentang Banjir

Debit air hujan yang turun semalam dapat dikatakan cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya selokan yang tidak dapat menampung aliran air. Bahkan para pengguna jalan seperti kendaraan roda empat dan roda dua mengalami kemacetan. Ditambah lagi dengan sampah-sampah yang ikut terbawa aliran menambah masalah penyumbatan air. Sehingga saat ini banjir di perkampungan kami tidak dapat dihindari lagi.


6. Contoh Paragraf Sebab Akibat dalam Bahasa Inggris

Example 1:

The yard that used to have green grass is now turned into a stretch of grassless land. If it rains, the yard will tarnish and leave a small puddle. If the heat of the yard will turn into a dusty area that is stifling. The statues that originally looked charismatic now seemed to look like ordinary stone that has a shape. The fountain pool can no longer be called a fountain because the area is dry without any water at all. The children’s playground is now a bleak vehicle that even the genies don’t want to play there. All this happened because all city park officials went on strike since three months ago.


Example 2:

Instantly, all prices of basic commodities jumped this week. No exception rice, eggs, cooking oil, sugar, and various other staples. Public transport fares such as public transportation, buses, motorcycle taxis, and so on are also suddenly rising. The same thing happened to the expedition and distribution services which suddenly raised the price of the tariff.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Paragraf Generalisasi


Employees and workers also demanded that their wages and salaries be increased because the nominal wages previously considered were no longer appropriate to meet their daily needs. All the necessities of life are as if they don’t want to be in their original position. All this happened because the government recently issued a policy of increasing fuel prices and basic electricity tariffs.


Example 3:

Pak Rahmat fell asleep very deeply in his room. After a hard day at work in his office, he did not necessarily go straight home. He still has to pick up his children from school. On normal days, it was his wife who drove and picked the children up to school. Arriving at home, Pak Rahmat does not necessarily sit and rest. He changed his clothes casually and went straight to the kitchen to prepare dinner. After finishing dinner he also took care of it. Not even had time to rest, he still had to put his children to sleep.


As soon as his children had fallen asleep, he suddenly remembered overtime work from his office which he brought home. He did it as soon as possible and when he realized he had fallen asleep on his desk along with the paperwork. All this happened because his wife was out of town so he had to be willing to do homework as well as his own work.


Demikianlah pembahasan mengenai 10 Contoh Paragraf Sebab Akibat – Pengertian, Ciri dan Jenis semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan