Pasar Monopoli adalah

Diposting pada

Pasar Monopoli – Pengertian, Ciri, Penyebab, Jenis, Solusi, Kelebihan & Kekurangan – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Pasar Monopoli yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, ciri, penyebab, jenis, solusi, kelebihan dan kekurangan, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pasar-Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau lebih buruk lagi mencarinya di pasar gelap (black market).


Konsep Pasar Monopoli, pasar monopoli timbul akibat adanya praktek monopoli, yaitu pemusatan kekuatan ekonomi oleh satu pelaku usaha/penjual yang mengakibatkan dikuasainya produksi dan atau pemasaran atas barang dan jasa tertentu sehingga menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan dapat merugikan kepentingan umum.

Baca Artikel Terkait Tentang MateriPasar Persaingan Sempurna


Berarti yang dimaksud dengan pasar monopoli adalah suatu bentuk hubungan antara permintaan dan penawaran yang dikuasai oleh satu pelaku ekonomi terhadap permintaan seluruh konsumen. Di dalam pasal 1 angka 1 UU Antimonopoli, monopoli didefinisikan suatu penguasaan atas produksi dan/atau pemasaran barang dan/atau atas penggunaan jasa tertentu oleh satu pelaku usaha atau satu kelompok usaha.


Walaupun di pasar monopoli penjual tidak memiliki saingan, belum tentu ia dapat memperoleh keuntungan yang besar, hal ini mungkin saja terjadi bila biaya produksi berada di atas harga pasar.


Sehingga kurva permintaan yang ada di monopoli sama dengan kurva permintaan pasar. Di mana pada kurva permintaan pasar, kurva penerimaan rata-rata (AR) dan kurva penerimaan marginal (MR) dapat ditentukan. Bagi perusahaan monopolis, kurva penerimaan marginal (MR) lebih rendah dari harga, karena penjual harus menurunkan harga dengan tujuan barangnya dapat terjual.


Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Ciri-ciri pasar monopoli sangat berbeda dengan pasar persaingan sempurna.Uraian berikut menerangkan ciri-ciri monopoli, terdiri atas:


  1. Pasar Monopoli Adalah Industry Satu Perusahaan

Hal ini rasanya tidak perlu diterangkan lagi.Sifat ini sudah secara jelas dilihat dari definisi monopoli diatas, yaitu hanya ada satu saja perusahaan dalam industry tersebut. Dengan demikian barang atau jasa yang dihasilkan tidak dapat dibeli dari tempat lain. Syarat-syarat penjualan sepenuhnya ditentukan oleh monopoli itu, dan para pembeli tidak dapat berbuat sesuatu apapun didalam menentukan syarat jual beli.


  1. Tidak Mempunyai Barang Pengganti Yang Mirip

Barang yang dihasilkan perusahaan tidak monopoli tidak dapat digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar. Aliran listrik adalah contoh dari barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang mirip.Yang ada hanya barang pengganti yang sangat berbeda sifat nya, seperti lampu minyak.

Baca Artikel Terkait Tentang MateriPengertian Pasar Output


  1. Tidak Terdapat Kemungkinan Untuk Masuk Ke Dalam Industri

Sifat ini yang merupakan sebab utama yang menimbulkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan monopoli. Keuntungan perusahaan monopoli tidak akan menyebabkan perusahaan-perusahaan lain memasuki industry tersebut. Ada beberapa bentuk hambatan kemasukan kedalam pasar monopoli.Ada yang bersifat legal, yaitu dibatasi oleh undang-undang.Ada yang bersifat tekhnologi, yaitu tekhnolopi yang digunakan sangat canggih dan tidak mudah dicontoh.Dan adapula yang bersifat keuangan yaitu modal yang diperlukan sangat besar.


  1. Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga

Oleh karena perusahaan monopoli merupakan satu-satu nya penjual didalam pasar, maka penentuan hrga dapat dikusainya.Oleh sebab itu perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter.


  1. Promosi Iklan Kurang di Perlukan

Oleh karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan di dalam industry, ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Walau bagaimanapun perusahaan monopoli sering membuat iklan. Namun, iklan tersebut bukanlah bertujuan untuk menarik pembeli, tapi untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.


Penyebab Timbulnya Pasar Monopoli

Terdapat tiga factor yang dapat menyebabkan wujudnya pasar (perusahaan) monopoli. Ketiga factor tersebut adalah:


  • Memiliki Sumber Daya yang Unik

Salah satu sumber penting dari adanya monopoli adalah pemilikan suatu sumberdaya yang unik (istimewa) yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain. Suatu contoh yang jelas dalam hal ini adalah suara emas dari seorang penyanyi terkenal atau kemampuan bermain yang sangat luar biasa oleh seorang pemain sepak bola.


Didalam suatu perekonomian, monopoli juga dapat berlaku apabila suatu perusahaan menguasai seluruh atau sebagian besar bahan mentah yang tersedia.Contoh dari perusahaan yang masih mempunyai sifat seperti ini adalah perusahaan permata De Beers Company di Afrika Selatan.Hampir semua pertambngan permata diseluruh dunia dimiliki oleh perusahaan tersebut. Padapermulaan abad yang lalu perusahaan Standard Oil Company di Amerika Serikat menguasai hamper seluruh sumber minyak yang ada di negara tersebut.

Baca Artikel Terkait Tentang MateriPasar Input


  • Dapat Menikmati Skala Ekonomi

Didalam abad ini perkembangan tekhnologi berlaku sangat pesat sekali. Keadaan seperti ini berarti suatu perusahaan hanya akan menikmati skala ekonomi yang maksimumapabila tingkat produksinya adalah sangat besar jumlahnya. Dengan demikian sebagai akibat dari skala ekonomi yang demikian sifatnya, perusahaan dapat menurunkan harga barangnya apabila produksi semakin tinggi. Pada tingkat produksi yang sangat tinggi. Harga adalah sedemikiaan rendahnyasehingga perusahaan-perusahaan baru tidak akan sangguo bersaing dengan perusahaan yang terlebih dahulu berkembang. Keadaan ini mewujudkan pasar ekonomi.


Suatu industry yang skala ekonominya mempunyai sifat seperti yang diterangkan diatas adalah perusahaan yang dikatakan merupakan monopoli alamiah atau natural monopoli. Monopoli alamiah pada umumnya dijumpai dalam perusahaan jasa umum (utilities) seperti perusahaan listrik, perusahan air minum, perusahaan telepon dan perusahaan angkut kereta api.


  • Kekuasaan Monopoli Yang Diperoleh Melalui Peraturan Pemerintah

Didalam undang-undang pemerintah yang mengatur kegiatan perusahaan-perusahaan terdapat beberapa peraturan yang akan mewujudkan kekuasaan monopoli. Peraturan-peraturan yang seperti itu adalah :


  1. Peraturan paten dan hak cipta

Perkembangan ekonomi yang pesat terutama ditimbulkan oleh perkembangan teknologi. Oleh sebab itu, kegiatan dan pengeluaran untuk mengembangkan tekhnologi tidak akan dilakukan perusahaan apabila hasil jerih payah mereka dengan mudah saja dicontoh atau dijiplak oleh perusahaan lain. Sebagai akibat dari keadaan seperti ini kemajuan tekhnologi akan semakin terhambat dan ini selanjutnya melambatkan jalan nya pertumbuhan ekonomi. Langkah seperti ini dilakukan dengan memberikan hak paten kepada perusahaan yang mengembangkan barang baru.


Hak cipta atau copy rights merupakan bentuk lain dari hak paten, yaitu ia merupakan suatu jaminan hokum untuk menghindari penjiplakan. Dengan adanya hak cipta tersebut hanya penulis atau penggubah lagu saja yang mempunyai ha katas penerbitan buku yang ditulis dan lagu yang digubah.


  1. Hak Usaha Eksklusif

Apabila skala ekonomi hanya diperoleh perusahaan setelah perusahaan itu mencapai tingkat produksi yang sangat tinggi, kepentingan khalayak ramai akan dimaksimumkan apabila perusahaan diberi kesempatan untuk menikmati skala ekonomi itu, dan pada waktu yang sama diharuskan menjual produksinya dengan harga yang rendah. Untu menciptakan keadaan seperti ini secara serentak pemerintah harus menjalankan dua langkah.

  • Memberikan hak monopoli kepada suatu perusahaan dalam suatu kegiatan tertentu
  • Menentukan harga/tariff yang rendah keatas barang/jasa yang diproduksikan.

Baca Artikel Terkait Tentang MateriPasar Modern


Jenis-Jenis Pasar Monopoli

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis pasar monopoli, terdiri atas:


  • Monopol Alamiah

Yaitu monopoli yang disebabkan oleh keadaan alam tertentu ataupun yang disebabkan oleh adanya bakat khusus melebihi orang lain.


  • Monopoli Undang-Undang

Yaitu monopoli yang diberikan oleh pemerintah melalui peraturan undang-undang baik kepada swasta maupun monopoli yang dikuasai atau dimiliki oleh negara dengan ketetapan undang-undang.

  1. Contoh monopoli undang-undang kepada swasta yaitu adanya pemberian hak paten, hak cipta, hak konsesi, hak merek dagang dan sebagainya.
  2. Contoh monopoli yang dipegang oleh negara dengan ketetapan undang-undang, yaituBank Indonesia, PT. PLN(persero), PT. Postel, Perum Kereta Api dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli

Hal yang perlu diketahui bahwa didalam suatu pasar monopoli memiliki kebaikan dan keburukan untuk lebih jelasnya simak dibawah ini:


1. Kelebihan Pasar Monopoli

Terdiri atas:

  1. Perusahaan mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk hal ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan jenis dan mutu produk karena perusahaan mendapatkan laba yang tinggi.
  2. Dapat meningkatkan daya saing perusahaan apabila monopoli dapat diperoleh karena kemampuan efisiensi.
  3. Dapat lebih mudah untuk mengontrol kepentingan orang banyak apabila monopoli tersebut dilakukan oleh negara.
  4. Dapat meningkatkan inovasi ( penemuan baru ) bila monopoli tersebut berbentuk pemberian hak cipta dan hak paten karena orang akan berlomba menciptakan penemuan baru.
  5. Dapat mendorong kemajuan teknologi terutama pada monopoli masyarakat. Untuk mendapat kepercayaan masyarakat, perusahaan akan berlomba menggunakan teknologi yang baik agar mutu produkny dapat meningkat.

Baca Artikel Terkait Tentang MateriPengertian Pasar Menurut Para Ahli Beserta Jenis-Jenisnya


2. Kekurangan Pasar Monopoli

  • Perusahaan lain susah memasuki pasar monopoli sehingga pemegang monopoli terus leluasa meguasai penjualan.
  • Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan karena keuntungan yang didapat monopolis ( pemegang monopolis ) terlalu besar dan diterima secara terus-menerus.
  • Jumlah produksi yang dijual bergantung pada keinginan monopolis sehingga dapat menyulitkan konsumen.
  • Bisa timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi karena dibayar dengan harga rendah dan eksploitasi terhadap pembeli karena penetapan harga jual yang tinggi.
  • Konsumen tidak bisa berpindah ke perusahaan lain meskipun merasa dirugikan.

Solusi Pasar  Monopoli

Untuk mengatasi keburukan monopoli, pemerintah bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Mengeluarkan undang-undang atau peraturan yang mampu mencegah timbulnya monopoli.
  2. Dapat menarik pajak yang tinggi kepada pemegang monopoli.
  3. Mengizinkan impor barang yang sama dengan yang diproduksi pemegang monopoli.
  4. Ikut menentukan tinggi rendahnya harga.
  5. Membuat perusahaan sejenis untuk menyaingi perusahaan pemegang monopoli.

Demikianlah pembahasan mengenai Pasar Monopoli – Pengertian, Ciri, Penyebab, Jenis, Solusi, Kelebihan & Kekurangan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂