Pengertian Karbohidrat

Diposting pada

Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat adalah termasuk dalam senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat sendiri terdiri dari karbon, hidrogen, dan juga oksigen. Karbohidrat mempunyai berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar seperti glukosa, untuk cadangan makanan misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan, dan bahan-bahan pembangun seperti selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur. Dalam proses fotosintesis, tanaman hijau mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat.

Pengertian Karbohidrat

Baca Juga : Karbohidrat Adalah


Peran Karbohidrat Dalam Biologi


  • Sebagai Bahan Bakar dan Nutrisi

Karbohidrat memberikan tubuh kebutuhan dasar yang diperlukan dari makhluk hidup. Monosakarida, terutama glukosa, sel-sel nutrisi utama. Misalnya, pada vertebrata, glukosa dalam aliran darah yang tersedia untuk semua sel-sel tubuh. Sel-sel tubuh untuk menyerap glukosa dan mengambil energi yang tersimpan dalam molekul dalam proses respirasi selular untuk menjalankan sel-sel tubuh. Selain itu, kerangka karbon monosakarida juga melayani sebagai bahan baku untuk sintesis jenis molekul organik kecil, termasuk asam amino dan asam lemak.


  • Sebagai Cadangan Energi

Beberapa jenis polisakarida berfungsi sebagai deposito materi atau cadangan, yang akan dihidrolisis untuk menyediakan gula ke sel-sel bila diperlukan. Pati adalah polisakarida deposito pada tanaman. Tanaman menumpuk pati sebagai granul atau butiran di organel plastid, termasuk kloroplas. Oleh sintesis pati, tanaman dapat menumpuk kelebihan glukosa. Glukosa adalah bahan bakar utama sel, sehingga pati merupakan cadangan energi.


  • Sebagai Bahan Pembangun

Organisme membangun materi kuat dari polisakarida struktural. Sebagai contoh, selulosa adalah komponen utama dinding sel tanaman. Selulosa seperti serat, liat, tidak larut dalam air, dan bisanya ditemukan pada tangkai, batang, cabang, dan semua bagian berkayu dari jaringan tanaman. Kayu  terbuat dari selulosa dan polisakarida, seperti hemiselulosa dan pektin. Sementara itu, kapas terbuat hampir seluruhnya dari selulosa.

Baca Juga  Sifat Karbohidrat


Klasifikasi Karbohidrat


Monosakarida

  • Monosakarida adalah karbohidrat sederhana karena molekul hanya terdiri dari atom beberapa C dan tidak dapat dijelaskan dengan cara hidrolisis menjadi karbohidrat lain. Monosakarida diklasifikasikan menjadi aldoses dan ketosa. Contoh aldosa adalah glukosa dan galaktosa. Contoh ketosa adalah fruktosa.

Disakarida dan polisakarida

  • Karbohidrat disakarida yang terbentuk dari dua molekul monosakarida terikat melalui -OH dengan melepaskan molekul air. Contoh disakarida adalah sukrosa, laktosa dan maltosa. Oligosakarida adalah polimer derajat polimerisasi 2 sampai 10 dan biasanya larut dalam air.
  • Oligosakarida yang terdiri dari dua molekul disebut disakarida, dan ketika terdiri dari tiga molekul disebut triosa. Sukrosa (sukrosa atau gula tebu) terdiri dari molekul fruktosa dan glukosa, maltosa terdiri dari dua molekul glukosa, dan laktosa molekul terdiri dari glukosa dan galaktosa.
  • Polisakarida adalah polimer molekul monosakarida yang dapat lurus atau rantai bercabang dan dapat dihidrolisis oleh enzim tertentu yang bekerja.

Polisakarida

  • Polisakarida adalah karbohidrat terdiri dari banyak sakarida sebagai monomer. Rumus polisakarida umum yang C6 (H10O5) n. Contoh polisakarida adalah selulosa, glikogen, dan pati.

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh


Sebagai Sumber Energi Utama Tubuh

  • Ini adalah fungsi utama karbohidrat yang bertindak sebagai pasokan energi tubuh, setiap gram karbohidrat mengandung 4 kalori.

Cadangan Energi Di Otot Dan Hati

  • Kehadiran karbohidrat dalam tubuh manusia, sebagian besar ditemukan dalam darah sebagai glukosa untuk energi mereka, sebagian besar ditemukan di hati dan otot jaringan diubah menjadi glikogen, dan sebagian Dikonversi menjadi lemak dan disimpan dalam jaringan otot yang berfungsi sebagai cadangan energi tubuh.

Baca Juga :  Glukosa – Pengertian, Rumus, Fungsi, Struktur dan Metabolisme


Untuk Memperlancar Pencernaan

  • Karbohidrat juga berfungsi untuk memfasilitasi gerak peristaltik usus dan memfasilitasi kotoran pembuangan, jika tidak maka tidak dapat dicerna karbohidrat seperti serat untuk memberikan rasa kenyang.

Sebagai Pemanis Alami

  • Karbohidrat juga berfungsi sebagai manis alami saluran dalam makanan, terutama karbohidrat Disakarida dan monosakarida.

Metabolisme Karbohidrat

Fungsi utama dari karbohidrat dalam metabolisme adalah sebagai bahan bakar untuk dioksidasi dan menyediakan energi untuk proses metabolik lain. Dalam peran ini, karbohidrat dipergunakan oleh sel terutama dalam membentuk glukosa. 3 monosakarida utama yang dihasilkan dari proses  pencernaan adalah


  • Glukosa

Glukosa merupakan karbohidrat terpenting. Glukosa merupakan bahan bakar metabolik. Unsur ini diubah menjadi karbohidrat lain dengan fungsi sangat spesifik, misalnya glikogen untuk simpanan, ribose dalam bentuk asam nukleat, galaktosa dalam laktosa susu, dalam senyawa lipid kompleks tertentu dan dalam bentuk gabungan dengan protein, yaitu glikoprotein serta proteoglikan.

Baca Juga : Alkohol – Pengertian, Jenis, Manfaat, Tata Nama dan Sifat


  • Fruktosa

Fruktosa secara kuantitatif dianggap penting bila intake sukrosa banyak.


  • Galaktosa

Galaktosa hanya mempunyai makna kuantitatif bila laktosa merupakan karbohidrat utama dalam makanan.


Siklus Asam Sitrat

Siklus ini juga sering disebut sebagai Siklus Kreb’s yang berlangsung di dalam mitokondria. Siklus asam sitrat merupakan jalur bersama oksidasi karbohidrat, lipid dan protein.

Siklus asam sitrat merupakan rangkaian reaksi yang menyebabkan katabolisme asetil KoA, dengan membebaskan sejumlah ekuivalen hidrogen yang pada oksidasi menyebabkan pelepasan dan penangkapan sebagaian besar energi yang tersedia dari bahan baker jaringan, dalam bentuk ATP. Residu asetil ini berada dalam bentuk asetil-KoA (CH3-CO~KoA, asetat aktif), suatu ester koenzim A. Ko-A mengandung vitamin asam pantotenat.

Fungsi utama siklus asam sitrat adalah sebagai lintasan akhir bersama untuk oksidasi karbohidrat, lipid dan protein. Hal ini terjadi karena glukosa, asam lemak dan banyak asam amino dimetabolisir menjadi asetil KoA atau intermediat yang ada dalam siklus tersebut.

Baca Juga : Antibodi Adalah


Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Pengertian Karbohidrat : Pengertian, Peran, Klasifikasi, Fungsi, Metabolisme, dan Siklusnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan