Pengertian Lambung

Diposting pada

Pengertian Lambung

Lambung atau ventrikulus berupa suatu kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan. Lambung terletak di sebelah kiri. Fungsi lambung secara umum adalah tempat di mana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap.

Lambung dapat dibagi menjadi tiga daerah :

  1. Kardia adalah bagian atas, daerah pintu masuk makanan dari kerongkongan itu sendiri .
  2. Fundus adalah bagian tengah, bentuknya membulat.
  3. Pilorus adalah bagian bawah, daerah yang berhubungan dengan usus 12 jari atau sering disebut duodenum.

Bagian Dinding Lambung

Dinding lambung tersusun menjadi empat lapisan, yakni :

  1. Mucosa ialah lapisan berbentuk seperti palung dimana sel-sel mengeluarkan berbagai jenis cairan, seperti enzim, asam lambung, dan hormon. Di lapisan mucosa terdapat 3 jenis sel yang berfungsi dalam pencernaan, yaitu :
  2. Sel goblet berfungsi untuk memproduksi lendir untuk menjaga lapisan terluar sel.
  3. Sel parietal berfungsi untuk memproduksi asam lambung yang berguna dalam pengaktifan enzim pepsin.
  4. Sel chief berfungsi untuk memproduksi pepsinogen, yaitu enzim pepsin dalam bentuk tidak aktif agar enzim tersebut tidak mencerna protein yang dimiliki yang dapat menyebabkan kematian pada sel.
  5. Submucosa ialah lapisan dimana pembuluh darah arteri dan vena dapat ditemukan untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel perut, urea, dan karbon dioksida dari sel-sel tersebut.
  6. Muscularis adalah lapisan otot yang membantu perut dalam pencernaan mekanis. Yaitu ada 3 lapisan otot, yakni otot melingkar, memanjang, dan menyerong.
  7. gerak peristaltik (gerak menggelombang). Gerak peristaltik menyebabkan makanan di dalam lambung diaduk-aduk. Sel-sel di lapisan ini mengeluarkan sejenis cairan untuk mengurangi gaya gesekan yang terjadi antara perut dengan anggota tubuh lainnya.
  • Di bagian dinding lambung sebelah dalam terdapat kelenjar-kelenjar yang menghasilkan getah lambung. Aroma, bentuk, warna, dan selera terhadap makanan secara refleks akan menimbulkan sekresi getah lambung. Getah lambung mengandung :
  • Asam Lambung yang berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.
  • Enzim Pepsin yang berfungsi menghidrolisis protein menjadi molekul-molekul peptida.
  • Enzim Renin yang berfungsi mengubah keseinogen menjadi kasein.
  • Enzim Lipase yang berfungsi mengubah trigliserida menjadi asam lemak dan protein.

Cara Kerja Lambung

Cara kerjanya adalah Makanan yang masuk dari mulut, saat sampai di lambung langsung dicerna secara kimiawi. Terdapat dua klep (sfinger) di kedua ujung lambung yang berfungsi menjaga makanan tetap berada di dalam lambung. Dinding lambung tersusun dari tiga lapisan otot, yakni otot melingkar, memanjang, dan menyerong.

Kontraksi dari ketiga gerak otot tersebut menyebabkan terjadinya gerak peristaltik (gerak menggelombang). Otot-otot yang menyusun dinding lambung akan membantu memecah makanan menjadi ukuran yang lebih kecil lagi, lalu saat ketiganya berkontraksi dan terjadi gerak pristaltik, makanan akan diaduk-aduk sehingga bercampur dengan getah lambung yang disekresikan oleh dinding lambung.

Getah lambung ini dihasilkan oleh jaringan epitel yang menyusun lambung, dan sifat getah ini sangat asam (pH = 2).Makanan yang datang tadi akan berubah menjadi bubur di dalam lambung, ini terjadi karena hasil dari kerja enzim dan pelumatan oleh otot lambung, makanan yang telah menjadi bubur ini disebut Chyme (kim). Sekarang yang berperan untuk melanjutkan proses pencernaan itu adalah bagian pilorus yang mengatur pengeluaran kim sedikit demi sedikit ke dalam duodenum.

Caranya, otot pilorus yang mengarah ke lambung akan relaksasi (mengendur) jika tersentuh kim yang bersifat asam. Sebaliknya, otot pilorus yang mengarah ke doudenum akan berkontraksi (mengerut) jika tersentuh kim. Dengan cara ini makanan melewati pilorus segumpal demi segumpal menuju ke duodenum sehingga makan dapat tercerna secara efektif. Setelah sampai 2 sampai 5 jam, lambung kembali kosong, dan memulai prosesnya kembali saat kita juga mengisi perut kembali.


Fungsi Lambung

Fungsi lambung adalah :

  1. Menerima makanan dan bekerja sebagai penampung dalam jangka waktu pendek.
  2. Semua makanan dicairkan dan dicampurkan dengan asam hidroklorida. Dan dengan cara ini disiapkan untuk dicernakan oleh usus
  3. Protein diubah menjadi peptone
  4. Susu dibekukan dan kasein dikeluarkan
  5. Pencernaan lemak dimulai didalam lambung
  6. Khime, yaitu isi lambung yang cair disalurkan masuk duedonum

Fungsi Asam lambung

  1. Mengaktifkan beberapa enzim yang terdapat dalam getah lambung, misalnya pepsinogen diubah menjadi pepsin. Enzim ini aktif memecah protein dalam bolus menjadi proteosa dan pepton yang mempunyai ukuran molekul lebih kecil.
  2. Menetralkan sifat alkali bolus yang datang dari rongga mulut.
  3. Mengubah kelarutan garam mineral.
  4. Mengasamkan lambung (pH turun 1–3), sehingga dapat membunuh kuman yang ikut masuk ke lambung bersama bolus.
  5. Mengatur membuka dan menutupnya katup antara lambung dan usus dua belas jari.
  6. Merangsang sekresi getah usus.

Definisi Enzin Renin

Enzim renin dalam getah lambung berfungsi mengendapkan kasein atau protein susu dari air susu. Lambung dalam suasana asam dapat merangsang pepsinogen menjadi pepsin. Pepsin ini berfungsi memecah molekul-molekul protein menjadi molekulmolekul peptida. Sementara itu, lipase berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Selanjutnya, kimus akan masuk ke usus halus melalui suatu sfinkter pilorus yang berukuran kecil. Apabila otot-otot ini berkontraksi, maka kimus didorong masuk ke usus halus sedikit demi sedikit.


Struktur Lambung

pengertian-Pambung


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Pengertian Lambung : Bagian Dinding, Car Kerja Fungsi, Struktur, Gambar, Definisi Renin, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan