Pengertian Makhluk Hidup

Diposting pada

Pengertian Makhluk Hidup

Pengertian makhluk hidup adalah suatu organisme yang dapat mempertahankan dirinya dari berbagai perubahan lingkungan dan dapat berkembangbiak untuk melestarikan jenisnya. Dalam dunia biologi yang termasuk ke dalam golongan makhluk hidup adalah mikroorganisme seperti bakteri, tumbuhan, hewan, dan manusia.

pengertian-makhluk-hidup

Makhluk hidup adalah sistem atau organisme yang cenderung untuk merespon perubahan pada lingkungan mereka dan dalam diri mereka sendiri, sedemikian rupa untuk meningkatkan kelanjutan mereka sendiri dan berumur panjang. Makhluk hidup adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk menghirup udara atau bernafas, bisa memindahkan atau menavigasi dan akibatnya memiliki kemampuan untuk berkembang biak. Mahluk-mahluk hidup termasuk manusia, tanaman, serangga, hewan antara lain.

Baca Juga : Ada Banyak Macam Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem


Ciri-ciri Makhluk Hidup


  1. Memerlukan Makanan

Setiap makhluk hidup tentu membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Tanpa makanan dan minuman kita tidak bisa bertahan hidup. Sumber energi yang ada di dalam tubuh kita adalah makanan. Ibaratnya adalah sepeda motor tanpa bensin tentu tidak bisa jalan.


  1. Makhluk Hidup Bernafas

Setiap makhluk hidup seperti bakteri, tumbuhan, manusia, dan hewan bernapas sesuai dengan alat pernapasannya masing-masing. Manusia bernapas dengan paru-paru sedangkan ikan bernapas dengan insang.


  1. Makhluk Hidup Bergerak

Makhluk hidup harus bergerak, ada yang tujuannya untuk memperoleh makanan seperti hewan. Kita manusia tentu bergerak disegala aktivitas.


  1. Makhluk Hidup Tumbuh

Kita sendiri dilahirkan oleh ibu kita dari bayi kemudian tumbuh menjadi balita, tumbuh menjadi anak-anak, tumbuh menjadi remaja, dan tumbuh menjadi orang dewasa.

Baca Juga : Klasifikasi Makhluk Hidup


  1. Makhluk Hidup Berkembang Biak

Salah satu tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah untuk mempertahankan jenis atau keluarganya. Kita sebagai manusia sangat bangga sekali kita mempunyai adik atau anak. Kalau kita sudah tua, anak kita yang bisa merawat kita.


  1. Makhluk Hidup Peka Terhadap Rangsangan

Makhluk hidup seperti tumbuhan akan tumbuh menanggapi rangsang cahaya matahari. Jadi tumbuhnya adalah ke arah matahari. Seperti laron dan binatang serangga kecil yang bisa terbang juga menanggapi rangsangan cahaya.


  1. Makhluk Hidup Mampu Beradaptasi

Sebagai contoh kita pada waktu pergi ke daerah pegunungan yang dingin maka tubuh kita banyak memproduksi hemoglobin. Oleh karena itu pipi kita terlihat kemerah-merahan.


  1. Mahkluk Hidup Mengeluarkan Zat Sisa

Kita setiap hari atau tiap pagi mengeluarkan kotoran. Kalau tidak dikeluarkan tentu akan menjadi racun pada tubuh kita. Zat sisa tersebut adalah hasil dari metabolisme tubuh dari makanan yang kita makan.


Klasifikasi Makhluk Hidup

Alam semesta terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik (makhluk hidup)jumlahnya sangat banyak dan sangat beraneka ragam. Mulai dari laut, dataran rendah, sampai di pegunungan, terdapat makhluk hidup yang jumlahnya banyak dan sangat beraneka ragam. Karena jumlahnya banyak dan beraneka ragam, maka kita akan mengalami kesulitan dalam mengenali dan mempelajari makhluk hidup. Untuk mempermudah dalam mengenali dan mempelajari makhluk hidup maka kita perlu cara. Cara untuk mempermudah kita dalam mengenali dan mempelajari makhluk hidup disebut Sistem Klasifikasi (penggolongan / pengelompokan).

Baca Juga : Adaptasi Makhluk Hidup

Klasifikasi dapat dilakukan oleh siapapun, tergantung Dasar Klasifikasi yang digunakan. Contoh dasar klasifikasi dalam biologi :

Berdasarkan kemampuan membuat makanan, makhluk hidup digolongkan menjadi :

  1. Organisme Autotrof, organisme yang mampu membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis, contoh : tumbuhan
  2. Organisme Heterotrof, organisme yang tidak mampu membuat makanan sendiri, contoh : hewan dan manusia

Berdasarkan habitatnya tumbuhan dikelompokkan menjadi :

  1. Tumbuhan Hidrofit, tumbuhan yang hidup di air, contoh : teratai
  2. Tumbuhan Higrofit, tumbuhan yang hidup di tanah lembap, contoh : lumut
  3. Tumbuhan Xerofit, tumbuhan yang hidup di tanah kering, contoh : kaktus

Berdasarkan makanannya, hewan digolongkan menjadi :

  1. Hewan Herbivora, hewan yang memakan tumbuhan, contoh : sapi
  2. Hewan Carnivora, hewan yang memakan daging, contoh : harimau
  3. Hewan Omnivora, hewan yang memakan tumbuhan dan daging, contoh : tikus

Contoh Makhluk Hidup Tumuhan dan Hewan

Contoh perbedaan tumbuhan dan hewan :

No. Hal yang diamati Nama hewan (ayam) Nama tumbuhan (pohon mangga)

  1. Cara bergerak Berpindah tempat dengan kaki Mengugurkan daunya
  2. Cara bernafas Paru-paru Stomata
  3. Cara memperoleh makanan Memakan hewan / tumbuhan lain Memasak sendiri makanannya
  4. Cara menanggapi rangsang Bergerak atau menyerang Mengugurkan daunya.

Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengneai Pengertian Makhluk Hidup : Klasifikasi, Ciri, Contoh,  semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan