Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pasar yang kita gambarkan tentunya metupakan gambaran pasar dalam pengertian sehari-hari, sementara menurul ilmu ekonomi pasar adalah bertemunya permintaan dan penawaran untuk suatu barang/jasa yang diperjual-belikan. Hal ini berarti cakupan pengertian pasar lebih luas dibandingkan dengan pengertian pasar sehari-hari yang hanya menunjukan suatu tempat.

Pengertian-Pasar


Barang-baranga yang diperdagangkan pun tidak hanya sebatas barang-barang konsumsi, tetapi juga barang-barang produksi, seperti mesin, bahan mentah, tenaga kerja, dan jasa. Bahkan pasar modal, pasar surat berharga (bursa), dan sejenisnya.


Pengertian Pasar

Pasar adalah suatu mekanisme yang mempertemukan pembeli (konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga keduanya dapat berinteraksi untuk membentuk suatu kesepakatan harga.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Riset Pasar


Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian pasar menurut para ahli yang diantaranya yaitu:


  1. Menurut Kotler Dan Amstrong “1999”

Yang mendefinisikan pasar merupakan seperangkat pembeli aktual dan potensial dari sebuah produk atau jasa. Ukuran dari pasar sendiri tergantung pada jumlah orang yang menunjukan kebutuhan, memiliki kemampuan dalam pertukaran.


Banyak pemasar memandang penjual sebagai industri dan pembeli sebagai pasar, dimana penjual mengirimkan produk dan jasa yang mereka produksi dan mengkomunikasikan atau menyampaikannya kepada pasar; sebagai gantinya, mereka akan menerima uang dan informasi dari pasar “Kotler dan Amstrong, 1999”.


  1. Menurut Kotler, 2002

Pasar merupakan suatu tempat fisik dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang dan jasa.


  1. Menurut W.Y. Stanton

Mendefinisikan apa itu pasatr yaitu tempat yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan, mempromosikan, serta mendistribusikan barang dan jasa, dalam hal ini beliau mengedepankan kepuasan pembeli.


  1. Menurut Philip & Duncanadan

Pendapat didukung 1005 oleh Philip & Duncanadan yang mendefinisikan sebuah pasar sebagai sesuatu yang digunakan untuk menempatkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga kedua pendapat dari W.Y. Stanton dan Philips & Duncanadan menyakini bahwa pasar ialah tempat untuk meletakkan barang-barang untuk dibeli konsumen.


  1. Menurut H. Nystrom

Pasar merupakan suatu tempat tertentu yang digunakan sebagai tempat penyaluran barang dan jasa dari tangan produsen ke konsumen. Dengan kata lain bahwa pasar merupakan tempat transaksi barang dan jasa antara produsen dan konsumen.


  1. Menurut William J. Stanton

Menyatakan bahwa pasar merupakan tempat dimana terdapat segerombol orang yang ingin membelanjakan uangnya, atau dapat dikatakan bahwa pasar ialah tempat untuk kegiatan jula beli dengan alat pertukaran “uang”.


  1. Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat Atau Amerika Marketing Association

Merupakan suatu tempat pelaksanaan kegiatan usaha perdagangan yang kemudian di arahkan secara khusus untuk barang dan jasa dari produsen ke konsumen.


  1. Menurut Handri Ma’aruf “2005”

Menurutnya pasar memiliki tiga pengertian yaitu:

  • Pasar dalam arti “tempat” yaitu tempat bertemunya para penjual atau produsen dengan pembeli atau konsumen.
  • Pasar dalam arti “interaksi permintaan dan penawaran” yaitu pasar sebagai tempat terjadinya transaksi jual beli.
  • Pasar dalam arti “sekelompok anggota masyarakat yang memiliki kebutuhan dan daya beli”, pengertian ini merujuk pada dua hal yaitu kebutuhan dan daya beli. Jadi pasar ialah orang-orang yang menginginkan sesuatu barang atau jasa dan memiliki kemampuan untuk membeli.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Pengertian, Manfaat, Syarat, Dan Faktor Sekmentasi Pasar Menurut Ahli Lengkap


  1. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia”

Dalam hal ini ada beberapa antaranya yaitu:

  • Tempat orang berjual beli, pekan, tempat berjual beli yang diadakan oleh perkumpulan dan sebagainya dengan maksud mencari derma.
  • Tempat berbagai pertunjukan yang diadakan malam hari untuk beberapa hari lamanya.

Ciri-Ciri Pasar

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri pasar, terdiri atas:

  1. Terdapat calon pembeli dan penjual.
  2. Terdapat jasa ataupun barang yang hendak untuk diperjualbelikan.
  3. Terdapat proses permintaan serta penawaran oleh kedua pihak.
  4. Terdapat interaksi diantara pembeli dan penjual baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

Fungsi Pasar

Berikut ini terdapat beberapa fungsi pasar, terdiri atas:


  • Fungsi Distribusi Produk

Salah satu fungsi pasar adalah fungsi distribusi produk yang merupakan suatu aktivitas menyalurkan barang atau jasa yang diproduksi oleh produsen kepada para konsumen. Fungsi pasar sebagai tempat distribusi produk, hal ini karena banyak terdapat konsumen, sedangkan penjual sebagai distributor, artinya barang yang dijual tersebut tidak diproduksi sendiri. Misalnya terdapat penjual yang membeli telur ayam dari orang lain yang berternak ayam, kemudian telur tersebut dibawa ke pasar dan dibeli oleh konsumen. Penjual tersebut berperan sebagai distributor, orang yang berternak ayam berperan sebagai produsen, serta pembeli sebagai konsumen. Namun adapula penjual yang berperan sebagai produsen sekaligus sebagai distributor.


  • Fungsi Penetapan Harga / Nilai

Karena terdapat interaksi antara penjual dan pembeli, maka terdapat juga permintaan serta penawaran dari kedua pihak tersebut. Sehingga terdapat kesepakatan harga kesetimbangan yang dapat dicapai dari interaksi kedua pihak tersebut. Fungsi pasar sebagai tempat penetapan harga dari barang atau jasa yang diperjualbelikan karena terjadinya interaksi serta adanya kesepakatan dari pembeli dan penjual.


  • Fungsi Promosi

Fungsi pasar merupakan tempat berkumpulnya para konsumen yang merupakan tempat promosi yang sempurna bagi produsen guna memperkenalkan produk mereka. Pada umumnya saat proses promosi dari produsen tersebut berlangsung, mereka akan menawarkan dengan penawaran yang menarik, seperti harga produk tersebut yang lebih murah dibandingkan produk dari produsen yang lainnya. Oleh karena itu, fungsi pasar salah satunya untuk promosi suatu produk atau barang.


  • Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja

Selain terdapat para pedagang dan pembeli, di pasar juga banyak terdapat pihak lain yang dapat terlibat dalam kegiatan ekonomi. Seperti tukang sapu, ojek, tukang parkir, tukang sampah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, fungsi pasar sebagai tempat penyerapan tenaga kerja.


  • Menyediakan Barang dan Jasa Guna Masa Mendatang

Pasar memiliki peran sebagai fasilitator guna mengelola tabungan dan investasi. Investasi tersebut berfungsi untuk menyediakan barang serta jasa dibutuhkan pada masa yang akan datang. Tabungan dan investasi tersebut akan berinteraksi di pasar. Pasar yang berfungsi untuk memfasilitasi investasi dan tabungan ialah pasar modal. Investor akan mencari pihak-pihak yang mempunyai tabungan untuk keperluan investasinya, serta penabung untuk mencari pihak yang membutuhkan modal. Kedua belah pihak tersebut dapat bertemu di pasar modal.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Pengertian Pasar Output


Jenis-Jenis Pasar

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis pasar, terdiri atas:


1. Berdasarkan Wilyaah Pemasaran

Pasar Daerah


  1. Pasar Daerah

Pasar daerah membeli dan menjual produk dalam satu daerah produk itu dihasilkan, bisa juga dikatakan pasar daerah melayani permintaan dan penawaran dalam satu daerah.


  1. Pasar Lokal

Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan, bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota.


  1. Pasar Nasional

Pasar nasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu negara tempat produk itu dihasilka, bisa juga dikatakan pasar nasional melayani permintaan dan penjualan dari dalam negeri.


  1. Pasar Internasional

Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara, bisa juga dikatakan luas jangkuannya di seluruh dunia.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Pasar Modern


2. Berdasarkan Jenisnya

Pasar Konkret


  • Pasar Konkret

Pasar konkret adalah suatu pasar tempat pembeli dan penjual bertemi secara langsung untuk mengadakan transaksi jual beli barang atau jasa.


  • Pasar Abstrak

Dalam pasar abstrak penjual dan pembeli dapat bertemu secara tidak langsung atau langsung, dan barang yang ditawarkan pun hanya berupa contoh.


3. Berdasarkan Waktu

Pasar Harian


  1. Pasar Harian

Pasar harian adalah pasar dimana pertemuan antara pembeli dan penjual yang dapar dilakukan setiap hari.


  1. Pasar Mingguan

Pasar mingguan adalah pasar dengan proses jual beli dilakukan setiap seminggu sekali.


  1. Pasar Bulanan

Pasar bulanan adalah pasar yang diselenggarakan sebulan sekali, terdapat didaerah tertentu.


  1. Pasar Tahunan

Pasar tahunan adalah pasar yang dilakukan setiap satu tahun sekali.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Kewirausahaan Adalah


4. Berdasarkan Bentuknya

Pasar Persaingan Sempurna


  1. Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen sangat banyak dan hampir tidak terbatas.


Ciri-ciri pokok pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.

  1. Terdapat banyak sekali penjual (perusahaan) dan pembeli
  2. Produk-produk homogen (persis sama)
  3. Bebas masuk keluar pasar
  4. Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar secara sempurna
  5. Faktor-faktor produksi bergerak bebas
  6. Tidak ada campur tangan pemerintah

Konsekuensi dan ciri-ciri persaingan sempurna adalah sebagai berikut.

  • Masing-masing penjual hanya berperan sebahgai price taker (penerima harga).
  • Kurva permintaan yang dihadapi oleh setiap penjual secara individual berbeda dengan kurva permintaan pasar.
  • Produsen tidak terlalu bersaing satu sama lin karena adanya homogenitas produk dan banyaknya produsen.
  • Barang yang ditawarkan penjual akamn laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.

Kebaikan pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut.

  1. Pada pasar persaingan sempurna tidak tampak kegiatan saling menyaingi anter penjual.
  2. Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
  3. Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
  4. Tidak mungkin mengubah bentuk barang untuk merebut pasar karena adanya homogenitas barang.
  5. Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
  6. Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapa pun.

Kelemahan pasar persaingan sempurna  adalah sebagai berikut.

  • Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai, sebab:
  1. Homogenitas barang sulit dilaksanakan sebab konsumen lebih sering datang ke pasar yang heterogen (banyak pilihan alternatif)
  2. Harga tidak dapat ditawar-tawar lagi
  • Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan informasi menyebakan kemajua dalam kualaitas dan kuantitas serta jenis yang memaksa adanya persaingan produk antar produsen.
  • Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang sudah dapat diprediksi sejak awal karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh pedagang
  • Pasar gelap (black market) dapat muncul sewaktu-waktu

  1. Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding atau tidak seimbang. Bentuk pasar persaingan tidak sempurna adalah sebagai berikut:


Monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara pemerintah dan penawaran yang ditandai oleh hanya ada satu penjual/produsen di pasar berhadapan dengan permintaan aeluruh pembeli/konsumen.


Sebab-sebab tumbuhnya monopoli adalah sebagai berikut.

  1. Adanya perlindungan oleh pemerintah untuk berusaha secara tunggal
  2. Pemberian lisensi oleh pemerintah untuk berusaha secara tunggal
  3. Memiliki modal yang sangat besar sehingga tidak dapat disaingi oleh perusahaan lainnya
  4. Menguasai bahan mentah yang cukup strategis
  5. Produk diperoleh secara alamiah karena sangat digemari konsumen
  6. Pasar tidak luas karena hanya satu penjual yang dapat melayani konsumen secara optimal.

Ciri-ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut.

  1. Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
  2. Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yang sempurna
  3. Rintangan cukup kuat untuk masuk ke pasar monopoli, baik dari segi penguasaan sunber daya alam, biaya produksi yang tidak efesiensi hingga peraturan dari pemerintah.
  4. Pembeli tidak ada pilihan lain dalam membeli barang
  5. Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan

Kelebihan pasar monopoli adala sebagai berikut.

  1. Keuntungan penjual cukup tinggi
  2. Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasa

Kelemahan pasar monopoli adalah sebagai berikut.

  1. Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang
  2. Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan
  3. Terjadi ekploitasi pembeli

  • Pasar Oligopoli

Pasar oligipoli adalah suatu bentuk interakasi petmintaan dengan penawaran dimana terdapat beberapa penjual/pembeli yang menguasai seluruh permintaan pasar.


Ciri-ciri pasar oligopoli

  1. Terdapat beberapa penjual / produsen yang menguasai pasar.
  2. Barang yangdiperjualbelikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (differenteated product)
  3. Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
  4. Satu diantara oligopoli merupakan market leader, yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar yang terbesar

Oligopoli terdiri dari dua macam, yaitu sebagai berikut.

  1. Oligopoli murni (pure oligopoli) yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk homogen.
  2. Oligopoli dengan pembedaan (differenteated product) yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan.

Dampak negatif oligipoli terhadap perekonomian adalah sebagai berikut.

  1. Keuntungan yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
  2. Timbuk inefisiensi produksi
  3. Ekploitasi terhadap konsumen dan karyawan perusahaan
  4. Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) mennunjang munculnya inflasi yang kronis.

Kebijakan dalam megatasi oligopoli adalah sebagai berikut.

  1. Pemerintah mempermudah masuknya perusahaan baru ke dalam pasar untnuk menciptakan persaingan.
  2. Diberlakukannya undang-undang anti kerja sama antar produsen

  • Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar Persaingan Monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang di dalamnya terdapat sejumlah penjual / produsen yang menawarkan barang yang sama tetapi masing-masing memiliki ciri-ciri yang khusus.


Ciri-ciri Pasar Persaingan Monopolistik adalah sebagai berikut.

  1. Terdapat banyak penjual/produsen di pasar
  2. Barang yang diperjualbelikan merupakan differentiated product.
  3. Para penjual memiliki kekuatan monopolis atas barang produksinya sendiri.
  4. Untuk memenangkan persaingan, setiap penjual / produsen aktif melakukan promosi iklan
  5. Keluar masuk pasar relatif mudah dibandingkan dengan pasar oligopoli
  6. Jumlah perusahaan sangat kecil dibanding dengan output total

Kelebihan pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut.

  1. Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna
  2. Produsen terpacu untuk berkreativitas
  3. Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai

Kelemahan pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut.

  1. Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik karena masuk pangsa pasar tertentu dibutuhkan riset dan pengembangan produk
  2. Persaingan sangat berat karena pasar biasanya didominasi oleh produk-produk yang telah ternama.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli


  • Pasar Monopsoni

Pasar monopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh suatu orang/badan/lembaga pembeli dengan penawaran dari sejumlah penjual/produsen.


  • Pasar Oligopsoni

Pasar oligopsoni adalah suatu bentuk pasar yang dikuasai oleh lebih dari dua orang pembeli dengan penawaran dari sejumlahpenjual/produsen.


Demikianlah pembahasan mengenai 9 Pengertian Pasar Menurut Para Ahli – Ciri, Fungsi, Jenis, Kelebihan & Kekurangan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂