Pengertian Simplex Half Duplek Full Duplek

Diposting pada

Pengertian Komunikasi Simplex

Simplex adalah teknik komunikasi data yang mengandalkan satu arah saja. Yang artinya penerima hanya mampu menerima tanpa bisa mengrim atau berinteraksi secara langsung dengan pengirim. Komunikasi data simplex ini mengirim data dengan teknik satu arah dan juga langsung diterima dalam waktu yang bersamaan. Teknologi komunikasi data simplex ini bisa Anda lihat contohnya pada saat Anda menonton televisi dan mendengarkan radio. Anda hanya bisa melihat / menonton dan mendengarkan saja siaran yang dibroadcast dari transmitter pengirim, tapi tidak dapat berinteraksi langsung dengan isi dari data atau pengirimnya.

baca juga : Kalimat Majemuk Bertingkat adalah


simplex


Contoh Sistem Komunikasi Simplex

contoh sistem komunikasi TV, Radio broadcast, Mainframe ke monitor, keyboard ke cpu, dll.


  • TV

Tv sistem transmisi satelit telah menggunakan sistem digital. Hal ini dilakukan karena adanya perbaikan dalam kualitas  transmisi, dan makin berkembangnya teknologi di bidang komponen elektronika untuk  Large-Scale Integrated Circuit (LSI), Very Large Scale Integrated Circuit(VLSI) dan  teknologi digital. Pada saat yang bersamaan, juga adanya perkembangan dalam penggunaan modulasi multifasa dan penggunaan multilevel quadratic amplitude modulated (QAM), telah memungkinkan penggunaan format transmisi digital melalui  terrestrial microwave dan link melalui satelit. Dalam hal transmisi, pada saat ini beberapa

televisi swasta telah menggunakan transmisi satelit digital, yang sistemnya satu sama lain berbeda. Mereka menyewa transponder  dengan sistem digital, dengan alasan sewanya lebih murah daripada sistem analog yang  sebelumnya digunakan, karena dalam sistem digital satu transponder dapat digunakan oleh beberapa siaran televisi (maksimum 16 kanal TV), sedangkan pada sistem analog maksimum hanya dapat digunakan oleh 2 kanal TV.

Alasan lain yang menjadikan kecenderungan perubahan sistem analog ke sistem digital antara lain, karena akan ada perbaikan dalam  hal mutu gambar dan bebas terhadap masalah perubahan gambar yang disebabkan oleh waktu, temperatur dan tegangan. Dengan demikian akan mempermudah pemeliharaan peralatan.

baca juga : Kalimat Imperatif adalah

Selain itu dengan perkembangan teknologi pemancar, hal-hal yang perlu diantisipasi adalah kebutuhan akan pemancar televisi digital, mengingat penelitian sistem televisi digital ini telah lama dimulai di negara maju, bahkan sudah ada yang menggunakan sistem penyiaran televisi digital ini (antara lain di Amerika serikat dan Jepang, bahkan Singapura merencanakan akan memulainya pada tahun 2003).


Definisi Komunikasi Duplex

Duplex adalah media komunikasi dua arah. Dimana pihak pengirim dan penerima bisa berkomunikasi dua arah secara bersama-sama. Contoh media yang menggunakan mode ini adalah telepon baik selular maupun fixed telepon rumah. Kedua belah pihak bisa berbincang secara bersama-sama. Mode komunikasi ini dapat diplikasikan saat media transmisi dibagi dua. Satu untuk masing-masing sisi.


  • Half Duplex

Adalah media komunikasi dua arah. Namun berbeda dengan duplex, half duplex berkomunikasi dua arah secara saling bergantian. Jadi saat terjadi komunikasi antara A dan B. Saat A mengirim informasi (berbicara) maka B akan menerima informasi (mendengarkan). Demikian terjadi proses yang sebaliknya (vice versa). Contoh media yang menggunakan media ini adalah radio walkie talkie.

Dua penggunanya harus menekan sebuah tombol untuk berbicara dan melepaskan tombol tersebut untuk mendengar. Ketika dua orang menggunakan walkie-talkie untuk berkomunikasi pada satu waktu tertentu, hanya salah satu di antara mereka yang dapat berbicara sementara pihak lainnya mendengar. Jika kedua-duanya mencoba untuk berbicara secara serentak, kondisi “collision” (tabrakan) pun terjadi dan kedua pengguna walkie-talkie tersebut tidak dapat saling mendengarkan apa yang keduanya kirimkan.

half duplex


  • Full Duplex

Dalam komunikasi full-duplex, dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi. Komunikasi full-duplex juga dapat diraih dengan menggunakan teknik multiplexing, di mana sinyal yang berjalan dengan arah yang berbeda akan diletakkan pada slot waktu (time slot) yang berbeda. Kelemahan teknik ini adalah bahwa teknik ini memotong kecepatan transmisi yang mungkin menjadi setengahnya.

baca juga : Kalimat Tunggal adalah

full duplex


Perbedaan Simplex, Duplex, Half, Full Duplex


  • Simplex

Adalah mode komunikasi satu arah. Di sini pihak penerima tidak dapat memberikan informasi balikan. Atau sering juga disebut komunikasi broadcast (media penyiaran). Contoh yang sering ditemukan menggunakan mode ini adalah siaran televisi dan siaran radio. Disebut mode simplex karena saat anda menonton sinetron anda tidak diperkenankan untuk berkomunikasi dengan para pemain di sinetron tersebut. Kalo boleh ngobrol ama pemainnya bakalan berubah kali jalan cerita sinetronnya. Contoh lainnya adalah saat anda dimarahi oleh orang tua atau guru anda. Ya di sini anda tidak diperkenankan melakukan perlawanan karena inilah mode simplex alias satu arah.


  • Duplex

Perlu dibaca ulang ini bukan durex. Ini duplex. Duplex adalah media komunikasi dua arah. Dimana pihak pengirim dan penerima bisa berkomunikasi dua arah secara bersama-sama. Contoh media yang menggunakan mode ini adalah telepon baik selular maupun fixed telepon rumah. Kedua belah pihak bisa berbincang secara bersama-sama.

Mode ini tidak disarankan untuk orang berpacaran yang saling berkomunikasi karena bisa ribut dua belah pihak satu ngobrol ngalor satu ngidul mana nyambung.

Mode komunikasi ini dapat diplikasikan saat media transmisi dibagi dua. Satu untuk masing-masing sisi.


  • Half Duplex

Adalah media komunikasi dua arah. Namun berbeda dengan duplex, half duplex berkomunikasi dua arah secara saling bergantian. Jadi saat terjadi komunikasi antara A dan B. Saat A mengirim informasi (berbicara) maka B akan menerima informasi (mendengarkan). Demikian terjadi proses yang sebaliknya (vice versa). Contoh media yang menggunakan media ini adalah radio walkie talkie. Mode ini sangat disarankan untuk pasangan yang sedang berpacaran karena komunikasi yang sebenarnya adalah saat satu pihak menyampaikan curahan hatinya maka saat yang satunya untuk mendengarkan.


  • Full Duplex

Dalam komunikasi full-duplex, dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi.

Komunikasi full-duplex juga dapat diraih dengan menggunakan teknik multiplexing, di mana sinyal yang berjalan dengan arah yang berbeda akan diletakkan pada slot waktu (time slot) yang berbeda. Kelemahan teknik ini adalah bahwa teknik ini memotong kecepatan transmisi yang mungkin menjadi setengahnya.

baca juga :  Kalimat Denotasi adalah


Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Pegertian Simplex half Duplex Full Duplex – Contoh, Gambar, Perbedaan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.