Perangkat Keras Komputer

Diposting pada

Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah semua bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk menyelasaikan tugasnya.


Batasan antara perangkat keras dan lunak sedikit buram, firmware adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari programer komputer dan teknik komputer, dan pengguna tidak perlu memperhatikan bagian ini.

perangkat-keras-komputer


Komputer umumnya (komputer pribadi/PC) terdiri dari yang terdiri dari bagian sebagai berikut:

  1. Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.

  2. Power supply – sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas.

  3. Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol harddisk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya;

  4. Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display.

  5. Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner.


  • Beberapa jenis penyimpanan komputer

CD merupakan tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak. Jenisnya antara lain :

  1. CD-ROM

  2. CD-RW

  3. CD-R

  • DVD antara lain jenisnya :
  1. DVD-ROM
  2. DVD-RW
  3. DVD-R
  • Floppy disk


  • Penyimpanan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang
  1. Hard disk untuk penyimpanan data jangka panjang
  2. Disk array controller
  3. Kartu suara digunakan untuk menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
  4. Jaringan computer digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet dan atau komputer lainnya.
    • Modem digunakan untuk koneksi tekan-tombol.
    • Kartu network digunakan untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
  5. Alat lainnya.

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.


Baca Juga : File Adalah


  • Input
  1. Keyboard
  2. Alat penunjuk
    • Mouse
    • Trackball
    • Trackpad

Macam – macam Hardware

Monitor

Tampilan komputer atau monitor komputer adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan proses dari sebuah set komputer. Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:


  • Monitor Tabung Layar Cembung

Tabung sinar kathoda (bahasa Inggris: cathode ray tube atau CRT), ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, adalah sebuah alat penampilan digunakan dalam tampilan komputer, monitor video, televisi dan osciloskop. CRT dikembangkan dari kerja Philo Farnsworth yang digunakan dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20 dan perkembangan layar plasma, LCD dan teknologi lainnya.

monitor-layar-cembung

(Gambar 1. monitor layar cembung)


  • Monitor LCD

Dalam membangun komputer PC sendiri, salah satu persoalan penting yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan berbagai perangkat yang juga sangat krusial dalam membuat komputer PC sendiri adalah pemilihan sebuah monitor untuk menayangkan berbagai informasi digital dan multimedia.


Monitor ini ibarat mata komputer PC dan sekarang tersedia dalam berbagai pilihan harga dan bentuk yang umumnya disesuaikan dengan selera penggunanya sendiri.

monitor-LCD

(Gambar 2. monitor LCD)


Baca Juga :Dampak Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan


  • Monitor Plasma

Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini adalah inert dan seluruhnya tidak berbahaya.

monitor-plasma

(Gambar 3. monitor plasma)


Mouse

Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.


Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).


Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Mouse

(Gambar 4. Mouse)


Keyboard

Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.


Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol.


Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.


Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas.


Baca Juga :Pengertian CPU


Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.


Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.

Port-pada-keyboard-serial

(Gambar 5. Port  pada keyboard serial)


  • Keyboard PS/2

Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port  yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

Port  pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard

(Gambar 6. Port  pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard)


  • Keyboard Wireless

Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

Keyboard-dan-mouse-wireless

(Gambar 7. Keyboard dan mouse wireless)


  • Keyboard USB

Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor         USB yang menjamin transfer data lebih cepat.

Konektor-USB

(Gambar 8. Konektor USB)


  • Speaker

Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.


Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah.


Baca Juga :Folder Adalah


Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-beda dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadap kualitasnya.


Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.

speaker

(Gambar 9. speaker)


Printer

Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.


Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.


Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Whell, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

Printer

(Gambar 10. Printer)


Jenis Jenis Komputer

  • Komputer dapat di klasifikasikan menjadi beberapa kategori yaitu :
  1. Microcomputers.
  2. Network servers.
  3. Super computers
  • -Micro computers.
  1. micro computers ditujukan untuk penggunaan
  2. single user dan aplikasi bisnis skala kecil.
  3. Micro computers menggunakan sebuah
  4. microprosessor sebagai pusat pemrosesan data.
  5. Seiring dengan perkembangan teknologi,
  6. beberapa jenis micro computers terbentuk, yaitu :

Baca Juga :Bahasa Pemrograman


PDA, Laptop, Tablet PC, UMPC

  • Network Server
  1. Digunakan untuk mengendalikan banyak komputer dalam jaringan.
  2. Dapat ditempatkan pada jaringan komputer yang sangat luas, dan memiliki kemampuan kerja sangat besar, untuk melaksanakan fungsi fungsi jaringan komputer.
  • Supercomputer
  1. Memiliki skala komputasi yang cepat.
  2. Mampu menangani shared process dari banyak user.
  3. Biasanya memiliki lebih dari satu prosessor.
  4. Mampu menangani parallel processing, distributed systems

Supercomputer


Macam Power Supply

Power-Supply

  • AT (shutdown tidak otomatis)
  • ATX 20-24 pin (Advanced Technology Extended)

Konektor-power-supply


Mainboard

Mainboard

  • Motherboard atau mainboard adalah komponen dasar PC yang sangat penting, merupakan papan utama dimana banyak komponen PC yang lain ditempatkan di situ.

  • setiap Motherboard memiliki spesifikasi yang berbeda untuk setiap merk atau type antara lain :

  1. Setiap Motherboard memiliki pasangan dengan processor tertentu, yaitu type socket atau slot yang tersedia untuk prosessor.

  2. Kemampuan Motherboard untuk bisa di Up-grade sampai dengan kecepatan Processor berapa. Umumnya motherboard mampu untuk di-upgrade dengan mengganti processor. Informasi tentang hal ini sangat penting untuk pembelian motherboard dengan pertimbangn untuk bisa di upgrade.

  3. Kapasitas memory RAM yang bisa dipasang pada Motherboard Semakin besar kapasitas memory yang disediakn semakin menguntungkan.

  4. Slot yang tersedia untuk setiap jenis RAM, misalnya berapa slot yang disediakan untuk EDO RAM, SDRAM dll.

  5. Setting Motherboard secara BIOS (software) atau secara jumper setting.

  6. Jumlah slot untuk PCI dan ISA. Slot slot tersebut sangat bermanfaat untuk penmbahan peripheral seperti audio card.

  7. Apakah motherboard Support untuk AGP bagi VGA card, support AGP akan lebih menguntungkan untuk persediaan apabila diinginkan peningkatan kemampuan grafis dari computer dengan memasang AGP card.

  8. Speed Bus untuk memory sampai dengan kecepatan berapa ( 66,100,133,200,400 Mhz).

  9. Apakah VGA card dan audio Card sudah onboard atau tidak.

  10. Power Supply untuk Mother Board AT atau ATX atau Baby AT.

Mainboard-adalah


Baca Juga :Topologi Jaringan adalah


Beberapa jenis Slot atau Socket untuk processor antara lain :

  • Slot1

Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor P-III dan celeron

  • Slot2

Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium II Xeon

  • Socket 7

Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD K6-2, AMD K6-3 dan Cyrix M-II serta Pentium MMX.

  • Slot A

Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon, AMD Thunderbird.

  • Socket A

Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor AMD Athlon dan AMD Duron.

  • Socket 370

Motherboard yang dibuat untuk mendukung Processor Intel® Pentium® III (Tualatin and Coppermine) /CeleronTM

  • Socket 8

Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium®II and Pentium® Pro .

  • Socket 423

Mother Board yang dibuat untuk mendukung Processor Pentium-4.


Processor

  • Processor merupakan otak dari komputer. Sebuah komputer harus mempunyai processor, karena processor merupakan komponen pokok dari sistem komputer.
  • Fan Processor adalah alat yang dipakai untuk menjaga agar processor tidak terlalu panas suhunya.
  • Hampir semua PC menggunakan processsor buatan Intel atau yang compatible dengan processor buatan Intel, seperti buatan IBM, AMD dan Cyrix.
  • Jenis-jenis processor yang pernah diproduksi oleh Intel hingga sekarang antara lain : Pentium, Pentium-MMX, Pentium Pro, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, dual core, core 2 duo, quad core,core 2 quad,i3,i5,dan i7.
  • Produk-Produk dari AMD antara lain :

AMD K-5, AMD K-6, AMD K6-2, AMD K6-3, AMD K-7, AMD Duron, AMD Athlon. Dimana produk-produk AMD ini ternyata beberapa dan belakangan ini berhasil melampaui kemampuan dari produk-produk Intel.


  • Berikut merupakan data-data perbandingan arsitektur produk AMD dan Intel serta hasil Benchmark ( Test Kehandalan uProcessor). Processor AMD dikenal dengan harga yang lebih murah dengan kehandalan yang tidak kalah dengan produk Intel.

Selain AMD, Processor merk lain yang beredar dipasaran Indonesia adalah processor merk Cyrix yaitu Cyrix 6×86, M-II, dan M-III, tetapi sayangnya Processor merk Cyrix ini tidak seberhasil AMD untuk membuat processor tandingan bagi Intel.

AMD-Adalah


Video Card

Video card adalah piranti yang berfungsi menghasilkan sinyal yang mengoperasikan monitor. Tanpa video card, monitor tidak bisa berfungsi, karena penghasil sinyal yang mengoperasikan monitornya tidak tersedia.

Video-Card


Baca Juga : “Open Source” Pengertian & Contoh ( Kelebihan – Kekurangan )


Sound Card

Sound-Card

Kebanyakan sound card mempunyai connector yang sama. Connector dengan jack berukuran kecil yaitu 1/8-inch menyediakan jalur untuk melewatkan suara dari sound card ke speaker, headphone, dan sistem stereo serta menerima suara dari microphone, CD player, tape player atau stereo.


Keterangan Gambar :

  1. Stereo line, atau audio, out connector. Line out digunakan untuk mengirim sinyal suara dari sound card ke peralatan luar komputer. Kabel dari line out connector dapat dipasangkan ke speaker stereo, headphone, atau sistem stereo.

  2. Stereo line, atau audio, in connector. Line in digunakan untuk merekam, atau mencampur (mix) sinyal suara ke hard disk komputer.

  3. Speaker/headphone connector. Speaker/headphone connector tidak selalu tersedia pada sound card.

  4. Microphone, atau mono, in connector. Untuk merekam suara atau bunyi-bunyian ke disk menggunakan jack ini.

  5. Joystick/MIDI connector. Joystick connector berkaki 15 pada pin-nya, connector berbentuk D (D-Shaped connector). Dua connector tersebut digunakan untuk mengontrol peralalatan MIDI, seperti Keyboard.


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Perangkat Keras Komputer – Pengertian, Fungsi, Contoh, Komponen semoga bisa bermanfaat bagi pemaca setia kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan