Protokol Adalah

Diposting pada

Pengertian Protokol

Protocol adalah sekumpulan peraturan atau perjanjian yang menentukan format dan transimi data. Layer di sebuah computer akan berkomunikasi dengan layer di computer yang lain. Peraturan dan perjanjian yang di pergunakan dalam komunikasi ini sering di sebut dengan protocol layer .

Selain itu protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama.
Hal – hal yang harus dipehatikan dalam protokol adalah sebagai berikut:


  • Syntax, merupakan format data dan cara pengkodean yang digunakan untuk mengkodekan sinyal.
  • Semantix, digunakan untuk mengetahui maksud dari infomasi yang dikirim dan mengoreksi kesalahan yang terjadi dari informasi tadi.
  • Timing, digunakan untuk mengetahui kecepatan transmisi data.

Selama dua decade terakhir, terjadi peningkatan besar dalam jumlah dan ukuran jaringan computer (network). Banyak diantara network- network ini dibangun berdasarkan implementasi software dan hardware yang berbeda. Sebagai hasilnya, mereka menjadi incompatible dan sulit berhubungan antara satu dengan yang lain.

baca juga : 22 Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks dan Protokol

protokol


Jenis Protokol Jaringan dan Manfaatnya

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Protokol juga digunakan untuk menetukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.
Adapun jenis-jenis protocol yaitu:

  1. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)adalah standar komunikasi internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Pada TCP/IP terdapat beberapa protokol sub yang menangani masalah komunikasi antar komputer.
  2. TelNet (Telecommunication Network)adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk koneksi internet atau Local Area Network. Pemanfaatannya yaitu Network Terminal Protocol, menyediakan remote login dalam jaringan.
  3. FTP (File Transfer Protocol)adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas atau file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. Pemanfaatannya yaitu digunakan untuk file transfer.
  4. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)adalah suatu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Pemanfaatannya yaitu digunakan untuk mengirimkan surat elektronik atau email.

baca juga : Media Access Control

  1. RIP (Routing Information Protocol)adalah protokol yang digunkan untuk routing.
  2. NFS (Network File System)adalah protokol yang digunakan untuk sharing file terhadap berbagai host dalam jaringan.
  3. TCP (Transmission Control Protocol)merupakan salah satu protokol inti dari Internet Protocol Suite. TCP merupakan salah satu dari dua komponen asli suite dan yang lainnya adalah Internet Protocol (IP), sehingga disebut sebagai TCP/IP. Pemanfaatannya yaitu untuk pertukaran data berorientasi (connection oriented).
  1. UDP (User Datagram Protocol)adalah salah satu protokol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Pemanfaatannya yaitu untuk pertukaran data non-orientasi (connectionless).
  1. IP (Internet Protocol)adalah protokol yang digunakan untuk melakukan komunikasi data melalui sebuah internetwork packet-switched yang menggunakan Internet Protocol Suite, juga disebut sebagai TCP/IP. IP adalah protokol utama dalam Layer Internet Protocol Suite dan mempunyai tugas untuk menyampaikan datagram, protokol dibedakan (paket) dari sumber host ke host tujuan semata-mata berdasarkan alamat mereka. Pemanfaatannya Adalah
  2. ARP (Address Resolution Protocol)adalah protokol yang digunakan untuk mendapatkan informasi hardware dari nomor IP.
  3. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)adalah protokol yang digunakan untuk distribusi IP pada jaringan dengan jumlah IP yang terbatas.
  4. MIME (Multipurpose Internet Mail Extention)adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirim file binary dalam bentuk teks.
  5. SSL (Secure Socket Layer)merupakan sistem yang digunakan untuk mengenkripsi pengiriman informasi pada internet, sehingga data dapat dikirim dengan aman.

baca juga : Satelit Adalah


Fungsi Lapisan Protokol Datalink

  1. Pembentukan frame (framing)
    1. Protokol berorientasi karakter (BSC = Binary Synchronous Control)
    2. Protocol berorientasi bit (HDLC = High Level Data Link Control)
  2. Transparansi data
    1. Transparansi data pada protokol berorientasi karakter
      Format frame dalam bentuktransparans mode:
      • Data Link Escape (DLE)
      • Start Of Header (SOH)
      • Header
      • DLE
      • Start of TeXt (STX)
      • Data
      • DLE
      • End of TeXt (ETX)
      • Block of Check Character

Semua karakter kontrol didampingi DLE, sehingga ETX tanpa DLE tidak menimbulkan masalah.
Lihat kode ASCII untuk masing-masing DLE, SOH, STX, ETX.

  1. Transparansi data pada protokol berorientasi bit
    Format:
    • Flag sebagai pembatas
    • Header
    • data
    • Frame Check Sequence (FCS) untuk sinkronisasi
    • Flag
  2. Error Control
    Derajat kesalahan, peluang kesalahan
    Kesalahan disebabkan oleh transmisi dengan adanya gangguan (noise). Jenis:
    1. thermal/white : akibat sifat konduktor logam kawat yang dialiri listrik. Panas sebagai hambatan/tahanan
    2. Impulse : misalkan loncatan pulsa (pulse)
    3. Crosstalk
    4. Intermodulation noise, interferensi

Jenis kesalahan berdasarkan bit

  1. Single bit error (kesalahan tunggal)
  2. Even bit error (jumlah kesalahan genap)
  3. Burst error (kesalahan sejumlah bit yang beruntun)

Contoh-Contoh Protokol


  • Ethernet

merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs diXer ox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972. Jenis-jenis Ethernet.


  • Token Ring

adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologir ing yang pada

awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Perusahaan IBM selanjutnya membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses Token Ring dalam produk IBM pada tahun 1984. Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah penggunaan konektor buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan
kabel twisted pair, dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan komputer.

baca juga : Materi Subnetting


  • FDDI (Fiber Distributed-Data Interface)

adalah standar komunikasi data menggunakan fiber optic pada LAN dengan panjang sampai 200 km. Protokol FDDI berbasis pada protokol Token Ring. FDDI terdiri dari dua Token Ring, yang satur ing-nya
berfungsi sebagai ring backup jika seandainya adar ing dari duar ing tersebut yang putus atau mengalami kegagalan dalam bekerja. Sebuahr ing FDDI memiliki kecepatan 100Mbps.


  • Asynchronous Transfer Modeatau Mode Transfer Asinkron (disingkat ATM)

adalah nama sebuah jaringan khusus. ATM merupakan sebuah teknologi lapisan 2, yang dapat digunakan oleh siapa saja, namun sekaligus merupakan sebuah jaringan publik

halnya Internet, dengan sistem pengalamatan yang dikelola secara rapi,

sehingga setiap perangkat di dalam jaringan dapat memiliki sebuah identitas yang unik


  • SDN (Integrated Services Digital Network)

adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan,
yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang
lingkup pelayanan yang luas. Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa
fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan
jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah.


  • Point-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP)

adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN).Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang

baca juga : PHP adalah

terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya. Dibandingkan dengan pendahulunya (SLIP), PPP jauh lebih baik, mengingat kerja protokol ini lebih cepat, menawarkan koreksi kesalahan, dan negosiasi sesi secara dinamis tanpa adanya intervensi dari pengguna. Selain itu, protokol ini juga mendukung banyak protokol-protokol jaringan
secara simultan.


  • Protokol Internet (Inggris Internet Protocol disingkat IP)

adalah protokol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisaninter networ k(internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokolTCP/IP untuk melakukan pengalamatan danrouting paket data antarhos t- hos t di jaringan komputer berbasis TCP/IP. Versi IP yang banyak digunakan adalah IP versi 4 (IPv4)yang didefinisikan pada RFC 791 dan dipublikasikan pada tahun 1981, tetapi akan digantikan oleh IP versi 6 pada beberapa waktu yang akan datang. Protokol IP merupakan
salah satu protokol kunci di dalam kumpulan protokol TCP/IP


Komponen Protokol

  1. Aturan atau prosedur
    • Mengatur pembentukan/pemutusan hubungan
    • Mengatur proses transfer data
  2. Format atau bentuk
    • representasi pesan
  3. Kosakata (vocabulary)
    • Jenis pesan dan makna masing-masing pesan

Media Jaringan


  • Protokol Point to Point (PPP)

Protokol PPP (Point to Point Protocol) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya. Dibandingkan dengan pendahulunya (SLIP), PPP jauh lebih baik, mengingat kerja protokol ini lebih cepat, menawarkan koreksi kesalahan, dan negosiasi sesi secara dinamis tanpa adanya intervensi dari pengguna.


  • Protokol Frame Relay

Frame Layer adalah protokol standar untuk LAN internetworking yang menyediakan metode cepat dan efisien dari transmisi informasi dari perangkat pengguna untuk jembatan LAN dan router. Protokol Frame Relay menggunakan bingkai terstruktur mirip dengan LAPD, kecuali bahwa frame header diganti dengan header Frame Relay lapangan byte-2. The Frame Relay header berisi bidang-DLCI ditentukan pengguna, yang merupakan alamat tujuan dari bingkai.

Ia juga berisi kemacetan dan status sinyal jaringan yang mengirimkan kepada pengguna. Frame Relay frame ditransmisikan ke tujuan dengan cara sirkuit virtual (jalur logis dari suatu titik yang berasal dalam jaringan) ke titik tujuan. Sirkuit Virtual mungkin permanen (PVC) atau diaktifkan (SVC).

baca juga : Kultur Jaringan Adalah


Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Protokol Adalah – Jenis, Contoh, Fungsi Nama, Pengertian, Media Jaringan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.