Proxy adalah

Diposting pada

Pengertian Proxy

Proxy adalah server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. Atau definisi proxy server yang lainnya yaitu suatu server atau program komputer yang mempunyai peran sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet.

Proxy-adalah


Fungsi Proxy

Nah berikut ini beberapa fungsi proxy sebagai berikut:


  1. Conecting Sharing

Conecting-Sharing

Konsep dasar, pengguna tidak langsung berhubungan dengan jaringan luar atau internet, tetapi harus melewati suatu gateway, yang bertindak sebagai batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Gateway ini sangat penting, karena jaringan lokal harus dapat dilindungi dengan baik dari bahaya yang mungkin berasal dari internet, dan hal itu akan sulit dilakukan bila tidak ada garis batas yang jelas jaringan lokal dan internet.


Gateway juga bertindak sebagai titik dimana sejumlah koneksi dari pengguna lokal akan terhubung kepadanya. Dengan demikian, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama(connection sharing). Dalam hal ini gateway adalah juga sebagai proxy server, karena menyediakan layanan sebagai perantara antara jaringan lokal dan jaringan luar atau internet.


  1. Filtering

Filtering

Bekerja pada layer aplikasi sehingga berfungsi sebagai firewall packet filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal dari serangan atau gangguan yang berasal dari jaringan internet. Berfungsi melakukan filtering atas paket yang lewat dari dan ke jaringan-jaringan yang dihubungkan. Dapat dikonfigurasi untuk menolak akses ke situs web tertentu pada waktu-waktu tertentu.


Dapat dikonfigurasikan untuk hanya memperbolehkan download FTP dan tidak memperbolehkan upload FTP, hanya memperbolehkan pengguna tertentu yang bisa memainkan file-file RealAudio, mencegah akses ke email server sebelum tanggal tertentu, dll.


  1. Caching

Caching

Proxy server memiliki mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang sudah pernah diminta dari server-server di internet Proxy server yang melakukan proses diatas biasa disebut chace server. Mekanisme caching akan menyimpan obyek-obyek yang merupakan hasil permintaan dari para pengguna, yang didapat dari internet. Disiplin dalam ruang disk yang disediakan (cache).


Dengan demikian, bila suatu saat ada pengguna yang meminta suatu layanan ke internet yang mengandung obyek-obyek yang sama dengan yang sudah pernah diminta sebelumnya, yaitu yang sudah ada dalam cache, maka proxy server akan dapat langsung memberikan obyek dari cache yang diminta kepada pengguna, tanpa harus meminta ulang ke server aslinya di internet. Bila permintaan tersebut tidak dapat ditemukan dalam cache di proxy server, baru kemudian proxy server meneruskan atau memintakannya ke server aslinya di internet.


Jenis-Jenis Proxy

Berdasarkan karakteristiknya, setidaknya jenis-jenis proxy dapat dibagi menjadi empat macam, yaitu Anonymous Proxy, High Anonymity Proxy, Transparent Proxy dan Reverse Proxy. Berikut penjelasan dari proxy tersebut :

  • Anonymous Proxy/Proksi Anonim : merupakan jenis proxy yang akan memberitahukan informasi komputer pengguna. Ketika pengguna melakukan request dari sebuah website, maka website tersebut akan mengetahui alamat IP proxy yang digunakan oleh pengguna, namun tidak mengetahui alamat IP pribadi dari pengguna. Karena server website tidak bisa mengakses alamat IP pengguna, maka komunikasi antara pengguna dan proxy server tersebut terenkripsi sehingga keamanan pun terjamin.
  • High Anonymity Proxy : merupakan jenis proxy yang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai proxy server, sehingga tidak menyediakan alamat IP original. Proxy jenis ini menggunakan header REMOTE_ADDR dengan sebuah alamat IP menuju proxy server, sehingga dari pengguna akan terlihat bahwa proxy servernya berperan sebagai klien.
  • Transparent Proxy/Proxy Transparan : contoh sederhana dari proxy transparan adalah server yang melanjutkan permintaan pengguna kepada source yang diinginkan tenpa membeberkan informasi komputer pengguna. Proxy transparan ini cukup banyak diaplikasikan dalam perkantoran, dimana setiap alamat IP yang melakukan request terlihat oleh server melalui http header.
  • Reverse Proxy : jenis proxy satu ini umumnya digunakan untuk menyediakan jalan atas berbagai permintaan pengguna dari internet, melalui sebuah firewall yang terisolasi dan jaringan pribadi. Reverse proxy banyak digunakan untuk mencegah klien pada internet terhubung dengan akses yang tak termonitor, yang melibatkan data sensitif konten dari sebuah jaringan yang tertutup seperti intranet.

Cara Kerja Proxy

Cara-Kerja-Proxy

Ketika seorang pengguna komputer menggunakan layanan proxy, pengguna tersebut kemudian dapat meminta data atau dokumen yang terdapat dalam internet (public server). Proxy kemudian meneruskan permintaan ini ke jaringan internet, seolah-olah bukan pengguna yang meminta, melainkan proxy server. Kemudian setelah proxy berhasil menemukan apa yang dibutuhkan oleh pengguna maka proxy akan memberika respon ke pengguna.


Kelebihan dan Kekurangan Proxy

Berikut ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan proxy, terdiri atas:


  1. Kelebihan Proxy
  • Suatu jaringan keamanannya terjaga, karena proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet).
  • Situs atau website yang telah diakses sebelumnya dapat dibuka kembali dan menjadi lebih cepat, karena akses tidak membutuhkan ke jaringan internet luar melainkan sudah ada pada direktori cache proxy.
  • Adanya fasilitas filtering (penyaring), baik filter untuk pengguna, content atu isi dan waktu akses.

  1. Kekurangan Proxy
  • Jika sebuah website belum pernah dibuka sebelumnya maka akses terhadap website tersebut akan lebih lambat , karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta atau merequest dari client tersebut kepada penyedia layanan internet.
  • Apabila sebuah proxy terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content.

Penggunaan Proxy Server

Berikut ini terdapat beberapa penggunaan proxy server, terdiri atas:

  1. Untuk menjaga mesin di balik anonim (terutama untuk security).
  2. meningkatkan akses ke sumber (menggunakan caching). Web proxy biasanya digunakan untuk cache halaman internet dari server web.
  3. menerapkan aturan akses terhadap internet atau isinya, e.g. to block undesired sites.
  4. Untuk penggunaan log / audit, yaitu untuk menyediakan karyawan perusahaan pelaporan penggunaan Internet.
  5. Untuk melewati kontrol keamanan/ parental.
  6. memindai perpindahan konten bila terdapat malware sebelumya.
  7. Untuk memindai konten outbound, misalnya untuk perlindungan data dari kebocoran.
  8. Untuk menghindari pembatasan regional.

Aplikasi Proxy Server

Berikut ini terdapat beberapa aplikasi proxy server, terdiri atas:


  1. SQUID

SQUID

Squid yang dibuat oleh komunitas Internet dan dipimpin oleh Duane Wessel dari National Laboratory for Applied Network Research, merupakan proxy server yang terkenal akan kestabilan dan kemampuannya dalam menangani beban yang besar. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Squid, di antaranya kemampuan melakukan caching dengan baik, autentifikasi modul yang beragam (PAM, MySQL, NTLM, LDAP, dan sebagainya), banyaknya program redirector untuk squid, ACL yang beragam jenis (time, user, web, keyword, dan sebagainya), managementbandwidth, transparant proxy,monitoring software, dan masih banyak lagi. Hanya saja untuk dapat menjalankan Squid, Anda harus memiliki jumlah RAM yang besar, tetapi hal itu terbayarkan dengan banyaknya fungsi yang dapat dilakukan oleh Squid.


  1. SAFESQUID

SAFESQUID

Software buatan OEIPL ini, memiliki fungsi yang hampir sama dengan yang dimiliki Squid. Namun sayangnya, software ini tidak open source, melainkan Anda dapat mencoba versi Free dari Safe Squid, atau membeli versi komersial dengan tambahan fitur. Dan versi Free ini pun ha nya dapat digunakan untuk kepentingan nonkomersial. Dari sisi fitur, Safe Squid memiliki kemampuan yang cukup baik seperti Squid.


Mulai dari kemampuan untuk melakukan content caching, terdapatnya autentifikasi modul, ACL yang beragam (time, user network,website), dan sebagainya. Dokumentasi yang diberikannya juga sangat lengkap untuk dijadikan panduan penggunaan. Mulai dari format HTML, pdf sampai chm tersedia. Dan enaknya lagi, untuk melakukan konfigurasi Safe Squid, Anda dapat men-settingnya via browser.


  1. PRIVOXY

PRIVOXY

Dibuat berdasarkan Internet JunkBuster yang sudah tidak aktif lagi. Tujuan utama dari Privoxy adalah membuat kegiatan berselancar di Internet lebih menyenangkan. Kemampuan Privoxy, di antaranya meng-content filter (menghilangkan banner berdasarkan ukuran, bugs yang tidak tampak, menghilangkan pop-up, dan sebagainya). Fitur lain yang dimiliki oleh Privoxy yaitu, memiliki authentification modul, support Regex, peningkatan terhadap managementcookie, multi-thread, ACL yang beragam, user dapat mengganti template HTML untuk semua halaman yang proxy tampilkan, GIF de-animation,content script control, dan sebagainya.


  1. OOPS

OOPS

Server buatan seorang Rusia yang bernama Igor. Salah satu misi utama dibuatnya Oops adalah kecepatan akses pada cache objectnya. Oops dibuat oleh Igor, karena dia tidak puas terhadap beberapa aspek yang ada di Squid. Beberapa perbedaan yang tampak antara Oops dan Squid adalah, jika Squid meletakkan seluruh object dalam file terpisah- pisah dalam direktori yang ber tingkat, Oops justru meletakkan seluruh object-nya pada beberapa file besar. Untuk fitur yang lainnya, kemampuan Oops hampir sama dengan yang dimiliki proxy server umumnya


  1. TINYPROXY

TINYPROXY

Orang pasti sudah bisa menebak kalau proxy ini pasti “kecil”. Memang Tiny Proxy tidaklah selengkap dan sekompleks Squid, misalnya. Karena tujuan utama dibuatnya Tinyproxy adalah menciptakan proxy yang kecil, efisien, dan tidak memerlukan banyak resourcehardware. Jika untuk menjalan kan squid, spesifikasi hardware yang dimiliki harus tinggi agar mendapatkan hasil yang maksimal, Tiny Proxy hanya memerlukan PC sekelas 486 untuk operasinya. Fitur yang dimiliki Tiny Proxy, di antaranya support HTTP request, transparant proxy, dan ACL berdasarkan nama situs. Secara default, Tiny Proxy tidak dapat memblok web, Anda harus membuat sebuah file dahulu yang bernama “filter”, untuk memblok beberapa situs.


  1. MIDDLEMAN

MIDDLEMAN

Salah satu alternatif software proxy server yang dapat digunakan adalah Middleman. Kemampuan yang dimiliki Middleman untuk bersaing dengan proxy server lainnya sudah cukup baik. Middleman dapat melakukan content caching, support protokol HTTP dan FTP, transparant proxy, ACL yang beragam (user/network based policies, web site based policies, time-based policies), autentification modul, dan sebagainya. Fitur menarik lainnya yang dimiliki oleh Middleman adalah file konfigurasinya diletakkan dalam format XML.


Hal-Hal Yang Dapat Dilakukan Oleh Web Proxy

Web proxy ialah komputer server yang bertindak sebagai komputer lainnya berfungsi untuk melakukan request terhadap kontent dari suatu jaringan internet ataupun jaringan intranet. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan oleh web proxy diantaranya sebagai berikut ini:

  • Dapat menyembunyikan alamat IP address.
  • Dapat diipakai untuk mengakses suatu website yang telah diblok oleh ISP “Internet Service Provider” atau oleh suatu organisasi.
  • Dapat digunakan untuk men-blok beberapa atau sebuah websiste yang nantinya tidak dapat diakses.
  • Dapat men-filter cookies yang tidak di inginkan dan seluruh cookies yang tersimpan di encrypt.
  • Dan dapat meningkatkan keamanan privacy pengguna.

Demikianlah pembahasan mengenai Proxy adalah – Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Penggunaan, Aplikasi, Kelebihan dan Kekurangan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya :

  1. Firewall adalah
  2. Mikrotik adalah
  3. XAMPP adalah
  4. Software Adalah
  5. Pengertian Subnetting Menurut Desainer Internet Protocol
  6. Pengertian IP address Menurut Para Desainer Internet Protocol
  7. Internet adalah