Ras Adalah

Diposting pada

19 Ras Adalah – Pengertian, Macam, Ras Mongoloid Dan Contohnya – DosenPendidikan.Com – Ras dalam hal ini kategori individu yang secara turun temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu. Yang persamaan umum dalam ras yakni ras merupakan suatu pengertian biologi, buka pengertian sosiokultural.


Pengertian Ras

Ras adalah kategori untuk sekelompok individu/manusia yang secara turun-temurun memiliki ciri fisik dan ciri biologis yang sama. Dalam klasifikasi mahluk hidup, sekelompok manusia merupakan satu spesies, yaitu homo sapiens. Kelompok manusia yang satu spesies tersebut secara biologis dapat diklasifikasikan kedalam beberapa kelompok yang lebih kecil (genus), inilah yang disebut ras.


Misalnya, bila kita menyebut ras negro, hal ini berarti yang dimaksud bukan sifat kebudayaan kelompok tersebut seperti pandai bermain musik, melainkan ciri fisiknya, misalnya warna kulitnya hitam atau pada bentuk rambutnya yang keriting.


Artinya apabila kita menyebut satu kelompok ras, berarti yang dimaksudkan bukan sifat kebudayaan kelompok tersebut melainkan dari ciri fisiknya. Nah adapun beberapa pengertian ras menurut para ahli yang diantaranya yaitu:


Pengertian Ras Secara Umum

Ras adalah kalangan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik. Adapula pengertian lain dari ras ialah suatu prosedur kategori yang dipakai untuk mengklasifikasikan manusia dalam masyarakat dan berbeda melewati ciri fenotipe, asal mula dan penampakan jasmani dan entnis yang terwarisi.


Menurut Bruce J. Cohen

Ras adalah kategori individu yang secara turun temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang sama.


Menurut Horton Dan Hunt

Ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dalam segi ciri-ciri fisik bawaan. Di samping itu banyak juga ditentukan oleh pengertian yang digunakan oleh masyarakat.


Menurut Alex Thio

Ras adalah sekelompok orang yang dianggap oleh masyarakat memiliki ciri-ciri biologis yang berbeda.


Baca juga : Pengertian Dan Macam – Macam Partisipasi Politik & Masyarakat Di Indonesia


Menurut Stephen K. Sanderson

Ras adalah suatu kelompok atau kategori orang-orang yang mengidentifikasi diri mereka sendiri dan diindentifikasikan oleh orang-orang lain, sebagai perbedaan sosial yang dilandasi oleh ciri-ciri fisik atau biologis.


Menurut Koentjaraningrat

Ras adalah suatu golongan manusia yang menunjukkan berbagai ciri tubuh yang tertentu dengan frekuensi yang besar.


Menurut Grosse

Ras adalah segolongan manusia yang merupakan satu kesatuan karena kesamaan sifat jasmani dan rohani yang diturunkan sehingga dapat dibedakan dengan kesatuan lain.


Menurut Kohlbrugge

Ras adalah manusia yang memiliki kesamaan ciri-ciri jasmani karena diturunkan, sedangkan sifat-sifat kerohaniannya diabaikan. Dapat disimpulkan bahwa ras adalah golongan manusia dengan ciri fisik yang sama. Para ahli antropologi fisik umumnya membedakan ras berdasarkan lokasi geografis, ciri-ciri fisik dan prinsip evolusi rasial.


Menurut Gill

Ras merupakan pengertian biologis yang menjelaskan sekumpulan orang yang dapat dibedakan menurut karakteristik fisik yang dihasilkan melalui proses reproduksi.


Menurut Daljoeni

Ras adalah:

  • Suatu kategori tertentu dari seseorang yang bias superior maupun inferior yang ditandai oleh karakteristik fisik, seperti warna kulit, tekstur rambut dan lipatan mata.
  • Pengelompokan manusia berdasarkan karakteristik biologis, misal: kaukasoid, mengoloid, negroid, australoid dan indian.

Menurut Banton “1967”

Ras merupakan suatu tanda peran, perbedaan fisik yang dijadikan dasar untuk menetapkan peran yang berbeda-beda, pengertian ras ini menyangkut aspek biologis “ciri fisik, warna kulit, bentuk tubuh, dan lain-lain” dan aspek social “menyangkut peran dan kebiasaan yang dilakukan”.


Menurut Haldane

Ras adalah sebuah kelompok yang berbagai kesamaan satu set karakter tertentu fisik bawaan dan asal geografis dalam area tertentu itu.


Menurut Dunn Dan Dobshansky

Ras adalah populasi yang dibedakan oleh persamaan gen/kategori individu secara turun-temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu, ras memiliki pengertian secara biologis dan fisik serta tidak termasuk sifat-sifat budayanya.


Menurut Chainur Arrasjid “1972” Dosen Fakultas Hukum Usu

Menyatakan bahwa ras adalah segolongan manusia yang mempunyai persamaan sifat-sifat lahir tertentu yang dilanjutkan kepada keturunannya.


Menurut Gilbert

Gilbert berpendapat, Ras adalah pengertian biologis yang menjelaskan sekumpulan orang yang dapat dibedakan menurut karakteristik fisik yang dihasilkan melalui proses reproduksi.


Menurut KBBI

Kamus besar bahasa indonesia mengemukakan, Ras adalah kategori bangsa menurut karakterisik fisik.


Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, Ras adalah prosedur kategori yang dipakai untuk menggolongan manusia dalam masyarakat besar dan berbeda melewati karakterisik fenotipe, asal mula geografis, bentuk jasmani dan etnis yang diwarisi.


Baca Juga : Pengertian, Jenis Dan Tipe Sosialisasi Dalam Masyarakat Dan Keluarga


Menurut AAE

Menurut pendapat dari AAE, ras ialah suatu tinjauan teori yang dipakai untuk membuktikan suatu kemiripan, dari warna kulit, rupa, bentuk, warna rambut, karakter dan fase psikologis.


Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary

Ras merupakan bentuk golongan manusia yang diibarat memiliki kemiripan secara turun temurun dan kemiripan itu bisa untuk mengidentifikasi jenis manusia lain.


Macam-Macam Ras

Berdasarkan ciri-ciri biologis Menurut Dunn dan Dobzhansky, A. L. Kroeber membagi klasifikasi ras manusia di dunia kedalam 5 bagian umum, sebagai berikut :


Ras Kaukasoid

Ras Kaukasoid adalah penduduk asli wilayah Eropa, sebagian Asia dan Afrika. Ras ini dibagi lagi menjadi subras, antara lain :

  1. Nordic (Eropa Utara, sekitar Laut Baltik);
  2. Alpine (Eropa Tengah dan Eropa Timur);
  3. Mediteranian (sekitar Laut Tengah, Afrika Utara, Armenia, Arab dan Iran);
  4. Indic (Pakistan, India, Banglades, dan Srilangka)

Anggota ras Kaukasoid biasa disebut “berkulit putih”, namun ini tidak selalu benar. Oleh beberapa pakar misalkan orang Ethiopia dan orang Somalia dianggap termasuk ras Kaukasoid, meski mereka berambut keriting dan berkulit hitam, mirip dengan anggota ras Negroid. Namun mereka tengkoraknya lebih mirip tengkorak anggota ras Kaukasoid.


Baca Juga : 5 Proses Terjadinya Konflik Sosial Menurut Ahlinya


Ras Mongoloid

Ras Mongoloid yaitu penduduk asli wilayah Asia, dan Amerika, Ras ini dibagi lagi menjadi subras, antara lain :

  • Asiatik Mongoloid (Asia Utara, Asia Tengah, Asia Timur);
  • Malayan Mongoloid (Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Tengah);
  • American Mongoloid (Penduduk Asli Amerika).

Nama ras Mongoloid diambil dari nama negara Mongolia dan diberikan oleh orang Eropa karena kontak mereka dengan anggota ras ini terutama berkaitan dengan orang Mongolia. Namun ironisnya dewasa ini setelah diteliti oleh para pakar orang-orang Mongolia ternyata orang-orang Mongolia adalah anggota ras yang memiliki ciri-ciri khas utama ras ini yang paling sedikit.


Anggota ras Mongoloid biasa disebut “berkulit kuning”, namun ini tidak selalu benar. Misalkan orang Indian di Amerika dianggap berkulit merah dan orang Asia Tenggara seringkali berkulit coklat muda sampai coklat gelap.
Ciri khas utama anggota ras ini ialah rambut berwarna hitam yang lurus, bercak mongol pada saat lahir dan lipatan pada mata yang seringkali disebut mata sipit. Selain itu anggota ras manusia ini seringkali lebih kecil dan pendek daripada ras Kaukasoid.


Ras Negroid

Ras Negroid adalah penduduk asli wilayah Afrika dan sebagian wilayah Asia, Ras ini dibagi lagi menjadi subras, antara lain :

  • Afrikan Negroid (Benua Afrika)
  • Negrito (Afrika Tengah, Semenanjung Malaya yang di kenal dengan orang Semang, Filipina )
  • Melanesia (Papua, Melanesia)

Ciri khas utama anggota ras negroid ini ialah kulit yang berwarna hitam dan rambut keriting. Meski begitu anggota ras Australoid, meski berkulit hitam dan berambut keriting tidaklah termasuk ras manusia ini.


Baca Juga : 10 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli


Ras Australoid

Ras Australoid adalah nama ras manusia yang tinggal di bagian selatan India, Sri Lanka, beberapa kelompok di Asia Tenggara, Papua, kepulauan Melanesia dan Australia. Untuk kelompok di Asia Tenggara, orang Asli di Malaysia dan orang Negrito di Filipina termasuk ras ini.


Ciri khas utama ras ini ialah bahwa mereka berambut keriting hitam dan berkulit hitam. Namun beberapa anggota ras ini di Australia berambut pirang dan rambutnya tidaklah keriting melainkan lurus. Selain itu beberapa orang Asli di Malaysia kulitnya juga tidak selalu hitam dan bahkan menjurus putih. Suku yang termasuk dalam ras Australoid :

  1. Suku Aborigin Australia
  2. Orang Asli
  3. Negrito
  4. Dravida
  5. Suku Veddah

Ras-ras Khusus

Ras-ras khusus merupakan ras yang tidak dapat diklasifikasikan dalam keempat ras diatas, ras khusus ini antara lain:

  • Bushman (penduduk asli Gurun Kalahari-Afrika Selatan)
  • Weddoid (penduduk asli pedalaman Srilangka, dan Sulawesi Selatan)
  • Australoid (suku Aborigin-Penduduk asli Australia)
  • Polynesia (Kepulauan Mikronesia dan Polynesia)
  • Ainu (penduduk asli Pulau Karafuto dan Hokkaido-Jepang)

Baca Juga : Definisi Kebudayaan Beserta Unsurnya Menurut Para Ahli


Dari warna kulit, kita orang Indonesia di kenal sebagai penduduk yang memiliki warna kulit sawo matang. Sebenarnya berdasar warna kulit, penduduk Indonesia dapat di rinci dalam beberapa bagian, yaitu :

  1. Papua Melanozoid : berkulit hitam dan berbibir tebal. Orang kulit hitam di Indonesia disetai ciri khas rambut gimbal dan ikal bergelombang kecil, misalnya penduduk asli Irian Jaya (Papua), Pulau Aru dan Pulau Kai.
  2. Negroid : berkulit hitam, bentuk tubuh kecil dan berambut keriting. Perbedaan dengan Papua Melanozoid, yaitu bahwa orang Negroid berbadan relatif lebih kecil. Mereka kebanyakan tinggal di wilayah Semenanjung Malaka (Suku Semang).
  3. Weddoid : berkulit sawo matang, bentuk tubuhnya kecil, dan rambutnya bergelombang. Sifat mereka mempunyai kesamaan dengan Bangsa Weda di Srilanka. Mereka ada beberapa suku seperti; Suku Sakai (di Siak- Riau), Suku Kubu (Jambi), Suku Tomuna (Sulawesi).
  4. Melayu Mongoloid : berkulit hitam sampai kekuning-kuningan, berambut lurus atau ikal, dan muka agak bulat. Golongan terakhir adalah golongan terbesar dari seluruh penduduk Indonesia. Dan mereka di anggap sebagai cikal-bakal yang melahirkan generasi bangsa Indonesia. Golongan ini di bagi menjadi dua, yaitu : Melayu Tua, dan Melayu Muda. Melayu Tua, (Protro Melayu), Seperti; Suku Batak, Toraja, Dayak, dan sebagainya. Sedangkan Melayu Muda (Deutro Melayu), seperti; suku Jawa, Sunda, Bali, Madura, Bugis dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai 19 Ras Adalah – Pengertian, Macam, Ras Mongoloid Dan Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan