Review adalah

Diposting pada

Review adalah – Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Review yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, ciri, tujuan, struktur, cara membuat dan contoh, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Review-adalah

Pengertian Review

Review adalah sebuah ringkasan, tinjauan dari beberapa sumber entah dari film, buku, berita dan lainnya. Tentunya kalian sudah sering mendengar kata rewiew. Seperti review buku, review film, review produk dan lainnya.


Dengan adanya review kita bisa tahu kelebihan, kekurangan dan kualitas dari suatu karya atau produk. Tujuannya digunakan untuk memberi informasi ke pembaca tentang suatu hal dan mengajaknya atau membuat pembeca semakin penasaran, review ini sangat penting untuk pemasaran suatu produk tertentu.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait :  Contoh Invoice


Ciri-Ciri Review

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri review, terdiri atas:

  1. Tinjauan yang focus pada kata sifat
  2. Menggunakan kata atau klausa yang cukup panjang serta komplex
  3. Menggunakan perumpamaan

Tujuan Review

Sebenarnya apa tujuan review?? setiap penulis memiliki tujuan yang berbeda-beda, tetapi tujuan utamanya untuk memberikan informasi, gambaran atau gagasan di sebuah produk atau karya yang dibuat. Kini review jangkauannya lebih luas, tidak hanya pada review buku saja, tetapi termasuk review film, review produk dan masih banyak lainnya, hal ini bisa dilihat dari banyaknya forum-forum yang menjelaskan tentang review suatu produk atau karya.


Jenis-Jenis Review

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis review, terdiri atas:


  • Review Text

Review text adalah teks untuk mengklasifikasi suatu karya, baik film,buku dan lain ya, agar kita mengetahui kualitas, keungulan dan kelemahan yang ada pada karya tersebut.


  • Review Jurnal

Review jurnal adalah sebuah strategi untuk mempermudahkan dalam memahami inti dari penelitian yang telah dilakukan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Contoh Slogan


  • Review Gadget

Gadget saat ini merupakan barang yang dimiliki hampir semua orang. Zaman teknologi sekarang mengharuskan untuk memiliki gadget sebagai alat komunikasi di media sosial. Semakin hari, perusahaan gadget semakin bersaing menciptakan dan menjual gadget yang bermanfaat dan canggih. Struktur Tulisan Review Produk cocok digunakan pada review terbaru sebuah gadget.


  • Review Buku

Buku merupakan jendela dunia. Walaupun zaman teknologi sekarang, beberapa manusia masih membaca buku menambah wawasan. Buku dari dulu hingga sekarang masih tetap terbit. Setiap hari buku yang bermacam topik dicetak dan didistribusikan. Pembaca memerlukan review terbaru pada buku untuk memudahkan pembaca mencari bacaan yang tepat.


  • Review Elektronik

Sama dengan gadget dan buku, elektronik membantu kerja manusia. Elektronik yang diperlukan manusia harus dipilih sesuai dengan kegunaan. Calon pengguna masih memerlukan review terbaru dan terlengkap tentang elektronik sebagai referensi sebelum membeli.


  • Review Makanan

Kuliner sekarang semakin menjamur dengan inovasi yang menggiur. Review makanan tak pernah habis, chef yang berekplorasi setiap hari menciptakan makanan baru yang menggoda. Calon pemakan ingin mengetahui isi, bau, rasa, dan harga dari makanan. Review makanan ini merupakan Cara mudah menulis review bagi pemula dengan melihat tampilan dan mencicipi.


  • Review Aplikasi

Semakin maraknya jenis gadget yang modern dan canggih, semakin marak juga jenis aplikasi yang bisa didownload untuk penunjang gadget. Pengguna gadget akan mencari aplikasi pendukung kegiatan sehari-hari sehingga calon pengguna aplikasi memerlukan review.


  • Review Film

Bagi penyuka film, calon penonton akan mencari tau film yang akan tayang. Mencari tau pemain, garis besar cerita, dan tempat film tersebut dibuat menjadikan penonton ingin menonton film rersebut.


Struktur Review

Sebuah review mempunyai bentuk struktur yang umum. Struktur yang pertama adalah:


  • Pengenalan

Pada bagian itu terdapat pengenalan penggalan secara umum mengenai hal yang akan di bahan atau di tinjau. Gambaran umum mengenai sesuatu mulai dari nama, asal, background, dan sebagainya akan di bahas pada bagian ini.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Contoh Naskah Drama


  • Evaluasi

Mengenai suatu hal atau produk. Kemudian dilanjutkan dengan interpretasi atau pandangan penulis terhadap sesuatu yang dibahas. Karya atau benda yang di review akan di bandingkan dan dibedah secara dalam di bagian ini. Setelah ditemukan kurang lebihnya, bagian yang terakhir adalah kesimpulan.


Cara Membuat Review Buku

Ada beberapa tahap yang harus diperhatikan saat akan membuat review buku, sehingga pembaca bisa menerima review tersebut dengan baik, inilah beberapa cara yang harus dilakukan yaitu:

  1. Review buku dengan kalimat yang bisa mendeskripsikan isi dari buku tersebut.
  2. Tulis hal-hal yang kalian sukai dari buku tersebut.
  3. Tulis hal-hal yang tidak kalian sukai dari buku tersebut.
  4. Tulis secara ringkas pemikiran kalian terhadap isi buku tersebut, kalian juga bisa menulis rekomendasi ke pembaca, kenapa harus membaca atau tidak membaca buku tersebut.
  5. Tambahkan rating untuk buku yang sudah kalian baca.

Saat menulis review produk atau film pun, tata caranya hampir sama, saat membuat review juga harus disesuaikan dengan kondisinya. Apakah dibuat untuk formal atau tidak. Karena kini banyak orang yang membuat review di blog pribadinya. Dengan kata-kata yang lebih santai, mereka membuat tulisan review tentang film, produk, buku atau apapun yang dia inginkan. Bahkan kalian bisa mendapatkan penghasilan dari menulis review.


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis review, kalian harus tahu produk tersebut dengan pasti. Jika review film berarti kalian harus menonton film tersebut, sehingga pembaca bisa menerima review tersebut dengan baik, bangun kreditibilitas tulisan dengan baik. Pastikan kalian menggunakan teknik penulis yang baik, sehingga pembaca semakin tertarik untuk membaca review kalian, jika alur penulisannya kuran menarik, akan membuat pembaca tidak tertarik dengan review yang kalian buat.


Selain itu pastikan menulis review sesuai pengalaman, pembaca bisa membedakan tulisan review mana yang sesuai pengalaman dan hanya pengarang saja, karena detail yang dijelaskan terlihat berbeda. Pengertian review berarti menulis ulasan secara detail. Inilah alasan kenapa kalian harus mempunyai pengalaman mengenai produk tersebut. Untuk review film atau buku, kalian tidak bisa menulis secara detail karena mungkin ada spoiler, tetapi untuk review produk kalian harus menulis secara detail, tulis kelebihan dan kekurangan produk tersebut dengan detail.


Kalian bisa menulis dengan teknik piramida, tulisa suatu hal yang paling umum terlebih dahulu, kemudian mengerucut ke hal yang lebih detail. Jangan lupa untuk menambahkan tips dan saran di akhir review. Ini akan membuat pembaca semakin tertarik untuk membaca keseluruhan review kalian. Berikan saran apakan produk tersebut layak digunakan atau tidak, film tersebut layak di tonton atau tidak.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Ringkasan adalah


Contoh Review

Berikut ini terdapat beberapa contoh review, terdiri atas:


1. Contoh Review Buku

  1. Judul : Cara Membuat Review
    Penulis : Faranisa Dyah
    Penerbit : CaraMembuat.Review
    Genre / Kategori : Novel
    ISBN : 28768373785675
    Tahun Terbit & Cetakan : 2017/3
  2. Garis besar isi dari buku tersebut.
    Biografi penulis.
    Buku yang sejenis.
    Perbandingan dengan buku sejenis tersebut (jika ada)
  3. Sinopsis.
  4. Isi review buku.
  5. Kesimpulan dan penutup.

2. Contoh Review Jurnal

Review Jurnal Intervensi Person-Centered Therapy

Judul

A Person-centered Approach to Studying the Linkages among Parent–Child Differences in Cultural Orientation, Supportive Parenting, and Adolescent Depressive Symptoms in Chinese American Families.
JurnalJournal Youth Adolescence
Volume & HalamanVol. 37, Hal. 36-49
Tahun2008
PenulisScott R. Weaver & Su Yeong Kim
ReviewerSRI UTAMI HALMAN (1171040009)
Tanggal24 Desember 2013
Tujuan PenelitianTujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik bagaimana orientasi budaya Tionghoa, orang tua imigran dan anak-anak mereka dapat berinteraksi untuk menghasilkan peningkatan gejala depresi di kalangan remaja melalui lingkungan pengasuhan yang kurang mendukung.
Subjek PenelitianSubjek penelitian ini adalah 451 keluarga Amerika Cina yang berada di California Utara berpartisipasi di penelitian masa sekarang. Remaja (53,8% perempuan) berusia rata-rata 13 tahun (SD = 0,73) pada gelombang pertama dan 17,05 tahun (SD = 0.80) pada gelombang kedua. Anak-anak remaja yang terutama (75%) kelahiran US. Kebanyakan orang tua (87% dari ayah, 90% dari ibu) yang kelahiran asing. Rata-rata usia pada saat imigrasi adalah 30,45 tahun (SD = 10.03) untuk ayah dan 28,30 tahun (SD = 8.80) untuk ibu. Lama waktu di AS rata-rata 17,46 tahun (SD = 9.73) untuk ayah dan 15,74 tahun (SD = 8.36) untuk para ibu. Mayoritas dari kedua ayah (63,1%) dan ibu (68,4%) melaporkan mencapai sekolah tinggi atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Kisaran pendapatan tahunan keluarga rata-rata adalah $30,001-$45,000, meskipun distribusi pendapatan ditunjukkan variabilitas yang cukup besar, dengan 13% melaporkan kurang dari $15.000 dan 6,2% melaporkan lebih dari $105.000. Sebagian besar remaja (85%) tinggal dengan kedua orang tua, dengan 10,7% hidup dengan hanya ibu mereka, 1,2% hidup dengan hanya ayah mereka, dan remaja yang tersisa tinggal di konfigurasi struktur keluarga lainnya.
Metode PenelitianMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Kuesioner ini diberikan pada remaja dan orang tua keturunan China Amerika.
Definisi Operasional Variabel DependenVariabel dependen dalam penelitian ini adalah Adolescents’ cultural orientation (orientasi budaya remaja).

·         Tsai dan Chentsova (Weaver & Kim, 2008) menyatakan bahwa mode diferensial dan tingkat akulturasi dapat mengakibatkan perbedaan orangtua dan anak dalam budaya orientasi, yang didiartikan sebagai sejauh mana individu dipengaruhi dan secara aktif terlibat dalam tradisi, norma, dan praktik budaya tertentu.

·         Portes (Weaver & Kim, 2008) menjelaskan bahwa orang tua imigran dan anak-anak mereka baik pengalaman kekuatan asimilasi, anak-anak sering berasimilasi di tingkat yang lebih cepat dari orang tua mereka, hak ini disebut dengan disonan akulturasi.

Cara & Alat Mengukur Variabel DependenCara dan alat yang digunakan untuk mengukur variabel dependen yaitu:

·         Cara yang digunakan untuk mengukur variabel dependen yaitu melakukan perekrutan untuk indikator remaja keturunan Cina-Amerika. Penelitian dibagi dua gelombang, gelombang pertama pada tahun 2002 dan gelombang kedua 2006.

·         Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner yang digunakan terdiri atas dua versi, yaitu versi bahasa Inggris dan versi bahasa China.

Definisi Operasional Variabel IndependenVariabel independen dalam penelitian ini adalah person centered approach.

·         Pendekatan berpusat pada orang telah dianggap mampu keuntungan untuk meneliti tentang remaja dan keluarga (Bergman 2001; Mandara 2003). Aspek utama dari pendekatan berpusat pada orang adalah penekanan pada pemahaman terhadap individu secara keseluruhan, bukan pada karakteristik individu atau variabel itu sendiri. Kekuatan dari pendekatan berpusat pada orang adalah kemampuannya untuk mengakomodasi non-linearities dan interaksi yang tidak dapat dengan mudah terwakili dalam berpusat variabel model (Bergman, 2001).

Langkah-langkah TerapiLangkah-langkah yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah:

1.      Tahun 2002 dilakukan perekrutan di tujuh sekolah menengah di daerah metropolitan utama California utara dengan bantuan dari administrator sekolah (dipilih berdasarkan kriteria).

2.      Meminta persetujuan dari keluarga mengenai penelitian tersebut.

3.      Peserta diberi paket kuesioner yang akan dikumpulkan dua sampai tiga minggu setelah surat oleh staf penelitian diterima peserta.

4.      Melakukan studi tingkat lanjut pada tahun 2006.

5.      Membagikan dua versi kuesioner kepada peserta, yaitu kuesioner dalam bahasa China dan bahasa Inggris.

Hasil PenelitianSecara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan beberapa dukungan untuk gagasan bahwa disonansi generasi berhubungan dengan dukungan orangtua dan tingkat kebersamaan simtomatologi depresi. Secara umum, memiliki orangtua dengan profil bicultural tampaknya paling menguntungkan jika remaja sama memiliki profil bicultural. Hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian ini bukan ibu atau ayah bicultural, melainkan kombinasi dari sebuah biculturally orangtua dan remaja. Konfigurasi ini mungkin optimal, karena melibatkan jarak minimal antara orangtua dan anak di kedua budaya China dan Amerika saat masih berada pada lingkungan keluarga yang memiliki aspek nilai-nilai budaya dan tradisi Cina serta sama dihargainya oleh orang tua dan anak.
Kekuatan PenelitianKekuatan penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner cukup mudah digunakan oleh subjek penelitian sehingga dalam pengambilan datanya tidak dibutuhkan waktu yang lama seperti pada metode kualitatif.
Kelemahan Penelitian

Kelemahan penelitian ini adalah rentan waktu penelitian yang digunakan pada wave 1 ke wave 2 cukup jauh, yaitu 4 tahun sehingga subjek yang dapat ikut pada wave 2 hanya 80%.


Demikianlah pembahasan mengenai Review adalah – Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂