Segmentasi Pasar

Diposting pada

Definisi Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong adalah pembagian sebuah derivar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Segmentasi derivar dapat dimaksudkan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana pada kelompoknya bisa ditargetkan utk memasarkan suatu produk pantas dengan kebutuhan, keinginan, maupun karakteristik pembeli yang muncul di pasar tersebut.

Segmentasi-Pasar


Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen. Artinya , segmentasi pasar adalah proses membagi pasar dalam kelompok yang homogen (sama jenisnya) dan mengacu pada persepsi,motivasi dan kebutuhan pembeli berdasarkan karakteristiknya masing-masing.


Perbedaan persepsi,motivasi dan kebutuhan pembeli merupakan dasar dilakukannya segmentasi pasar dan setelah itu perlu juga dipertimbangkan oleh produsen, sebaiknya mengukur pangsa pasar atas produk yang akan dijualnya misalnya ; apabila produsen berniat memproduksi T Shirt di bali maka kira-kira berapa prosentase terjual/laku yang dapat diraihnya dalam menjual barangnya, karena di wilayah bali sudah terkenal kaos jogger yang mendominasi oleh-oleh kaos ciri khas bali.


Baca Juga : Lembaga Ekonomi


Tujuan Segmentasi Pasar

Agar Produsen dapat merancang produk yang benar-benar cocok dengan permintaan pasar sehingga lebih efektif terhadap sasaran dan target penjualan dan efisien dalam biaya pemasarannya.


Langkah – Langkah Segmentasi Pasar

Dalam manajemen pemasaran langkah pertama yaitu survey / observasi dan riset pasar dalam melakukan analisis kebutuhan konsumen, langkah kedua Segmentasi pasar. Langkah ketiga yaitu menetapkan sasaran pasar (target market ) yaitu yakni sekelompok konsumen yang akan dijadikan pasar sasarannya.


Konsumen yang ada sangatlah heterogen dengan jumlah yang amat banyak, tersebar secara geografis dan demografis, mempunyai kebutuhan (needs), keinginan (wants), harapan (wishes), kemampuan membeli, perilaku membeli serta tuntutan pembelian. Sehingga produsen perlu melakukan segmentasi pasar Oleh Philip Kother gambaran tahapan menentukan pasar sasaranadalah sebagai berikut :


Dari tahapan tersebut diatas, dalam kegiatan segmentasi harus melakukan identifikasi tentang strategi segmentasi yang akan digunakan dan mengembangkan profil setiap segmen. Setelah segmentasi pasar dilakukan, perusahaan siap memasuki, dengan mengembangkan metode penilaian atas daya tarik segmen serta memilih segmen yang akan dimasuki. Pada tahap ini perlu juga perusahaan mengidentifikasi kemungkinan penempatan produk ke masing-masing segmen dan menentukan penempatan produk yang dipilih (product positioning).


Baca Juga : Materi Koperasi


Beberapa faktor utama yang mempengaruhi penentuan segmentasi pasar,

Sumber: Philip Kotler Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I. 2003 yakni variabel geografik, demografik, psikografik, dan tingkah laku tertentu.

  • Segmentasi Geografik

Segmen pasar secara geografis artinyapengelompokan konsumen berdasarkan wilayah nasional, regional, propinsi, kota, kecamatan, kelurahan dan desa dan perkampungan.

  • Demografi

Segmentasi pasar demografik membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan masalah kependudukan seperti jenis kelamin, umur, status perkawinan, jumlah keluarga, umur anak, pendidikan, agama, ras atau kebangsaan.Faktor-faktor demografik ini merupakan dasar untuk membuat segmen kelompok konsumen.

  • Umur

Segmentasi umur adalah proses pengelompokan berdasarkan katagori umur balita (1 – 5 th), anak-anak (6 – 16 th ), remaja (17 – 24 th ), dewasa ( 25 – 50 ) , tua ( 50 keatas ) sehingga kelompok inilah yang akan menjadi pertimbangan sasaran membuatproduknya.Contoh: shampoo untuk balita berbeda dengan shampoo untuk remaja

  • Jenis Kelamin

Segmentasi jenis kelamin proses pengelompokan berdasarkan jenis kelamin pria atau wanita sehingga kelompok inilah yang akanmenjadi pertimbangan sasaran membuat produknya. misalnya pakaian, tas,sepatu,dan majalah.

  • Segmentasi Psikografik

Segmentasi psikografik membagi pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial, gaya hidup atau kepribadian.

  • Kelas Sosial

Kelas sosial, dilihat dari kelompok komunitas sosial konsumen sasaran misalnya ketokohan dalam masyarakat, tingkat pendapatan,tingkat pendidikan, jabatan,hobi dsb. Sehingga sasaran produknya biasanya adalah sesuai dengan status konsumen contoh ; yang berstatus sosial tinggi yang biasa disebut “orang kaya” maka produk yang ditawarkan adalah yang berkualitas tinggi,bersifat khusus,terkadang tidak diproduksi secara masal,harganya mahal,misalnya mobil mewah dengan berbagai asesoris khusus,hp bertahta berlian,pakaian houte couture,sepatu bermerk,dan sebaliknya.


Baca Juga : Strategi Pemasaran


  • Gaya Hidup

Kelompok konsumen ini merupakan segmen yang pemenuhan kebutuhan nya biasanya atas dasar persepsi dan motivasi,misalnya“vegetarian group”, “Modis”, hal ini mempengaruhi cara mereka

mengkonsumsi barang kebutuhannya,hal ini perlu dipelajari produsen untuk menyediakan barang kebutuhan mereka. Biasanya yang terjadi pada segmentasi pasar saat ini adalah kombinasi dari beberapa segmen, misalnya ; Baju wanita remaja untuk pergi ke pesta ulang tahun ( segmennya ada unsure jenis kelamin,umur dan manfaat/kegunaan atau fungsinya).

  • Kepribadian

Kelompok konsumen ini merupakan segmen yang pemenuhan kebutuhan nya biasanya atas dasar persepsi dan motivasi citra diri atau “image” maka produk yang seharusnya disediakan untuk

konsumen segmen ini adalah hal yang dapat mewujudkan keterwakilan pribadinya misalnya; kaos tim nasional sepak bola dengan lambang garuda, minyak wangi yang mencitrakan kelembutan kewanitaan,atau kemaskulinan.


Fungsi Segmentasi Pasar

Adalah satu bentuk segmentasi adalah mengelompokkan pembeli yang menuntut atas fungsi dan kegunaan atau manfaat produk tersebut. Segmentasi ini mengharuskan produk memenuhi fungsi dan kegunaan sesuai harapan konsumen misalnya; gas elpiji yang fungsinya untuk membuat api yang tidak merusak alat penggorengan dan kegunaannya untuk masakan lebih cepat matang dan tidak berbau dibandingkan dengan menggunakan minyak tanah.


Manfaat Segmentasi Pasar

Manfaat dari segmentasi pasar adalah :

  • Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk menentukan kesempatan-kesempatan pemasaran.
  • Penjual / produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat menempatkan anggarannya secara lebih cermat pada berbagai segmen.
  • Penjual atau produsen dapat mengelola produk lebih baik lalu daya tarik pemasarannya.

Baca Juga : Macam – Macam Demokrasi Indonesia Dilihat Dari Berbagai Sudut Pandang


Kriteria Segmentasi Yang Efektif

Beberapa faktor sebagai syarat yang harus dipertimbangkan untuk melakukan segmentasi pasar yang efektif adalah:

  • Dapat diukur (Measureibility) yaitu informasi mengenai segmenpembeli (sifat- sifat yang mencakup ukuran, daya beli) dapatdiukur. Misalnya, jumlah segmen siswa sma/smk sebagai calonpembeli laptop yang merupakan segmen dari penjual laptop.

  • Dapat terjangkau (Acessability) yaitu yaitu informasi mengenaisegmen pembeli yang kemungkinan besar dapat di layani secaraefektif (dari segi jarak,cara pembayaran,cara pengirimanbarang,keamanan dsb).

  • Dapat menguntungkan (Subtantiality) yaitu segmen pasar yangluas dan homogen dengan jumlah yang cukup besar dan memilikiprospek yang menguntungkan ketika dilakukan pemasaran yangterstruktur dan terprogram pelayananya.

  • Dapat dilaksanakan (Actionability) segmen yang dipilih mampudilayani sesuai dengan sumber daya yang ada,mungkin untukdilakasnakan.


Faktor Penetapan Segmentasi Pasar

Di penetapan segmentasi pasar, memiliki beberapa hal yang akhirnya menjadi dasarnya yaitu :

Dasar-dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen

  • Variabel geografi

Variabel ini, yaiut : wilayah, ukuran wilayah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.

  • Variabel demografi

Variabel tersebut, antara lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll.

  • Variabel psikologis

Variabel tersebut, antara yang lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian. Variabel ini, antara lain: manfaat yang dicari, status pemakai, fase pemakaian, status kesetiaan serta sikap pada produk.


Dasar-dasar segmentasi pada pasar industri

  • Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni ocurrir pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.

  • Tahap 2, yaitu sikap bersama penjual, ciri-ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.


Baca Juga : Pengertian, 3 Bentuk Dan Faktor Serta Syarat Keberhasilan Integrasi Sosial


Syarat Segmentasi Pasar

Ada segenap syarat segmentasi yang efektif, yaitu :

  • Dapat diukur

  • Dapat dicapai

  • Cukup besar / cukup menguntungkan

  • Dapat dibedakan

  • Dapat dilaksanakan


Prosedur Segmentasi Pasar

Segmentasi-Pasar
Segmentasi-Pasar

Terdapat urutan yang umumnya dilakukan dalam melaksanakan segmentasi pasar, yaitu:

  1. Survey / observasi

Yaitu melakukan pengamatan kemudian mencatatnya atau dengan menggunakan instrument yang telah dipersiapkan sebelumnya dapat juga dilengkapi dengan menggunakan data-data sekunder seperti catalog, brosur,list harga produk sejenis (khususnya untuk menganalisa produk lain yang homogen di pasar) dsb, pengamatan dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang motivasi, sikap dan perilaku konsumen terhadap produk sasaran.


Apabila dperlukan riset lebih mendalam maka dilakukan.wawancara untuk mengklarifikasi dan menggali data tambahan. Untuk panduan melakukan osbservasi,maka observer perlu menyiapkan instrument pengamatan untuk pengumpulan data tentang: Karakteristik konsumen misalnya usia, jenis kelamin, pendapatan (kelas social), pendidikan, gaya hidup, dan kepribadian. Respon terhadap pemasaran misalnya motivasi, sikap, persepsi.


  1. Analisa kelompok segmen

Adalah untuk menguji perbedaan respon atau tanggapan/reaksi konsumen berdasar perbedaan karakteristiknya misalnya pada sebuah toko penjual hp di pasar tradisional di desa,kebanyakan konsumen dengan golongan sosial menengah kebawah lebih mempertimbangkan harga daripada kualitas hp,merk,kelengkapan fiture dll.


  1. Pembentukan profile

Menerangkan ciri demografis, geografis, psikografis, persepsi motivasi dan kebutuhan konsumen yang akan menjadi segmen sasaran yakni tiap kelompok dibentuk berdasarkan perbedaan sikap, perilaku, demografis, psikografis. Tiap segmen diberi nama sesuai dengan sifat–sifat dominan yang membedakannya.


Baca Juga : Pengertian, Bentuk Dan Prinsip Serta Asas Demokrasi Menurut Para Ahli


Pada tahap ini produsen pada posisi memiliki gambaran beberapa segmen yang nantinya akan dilkukan pemilihan segmen sebagai sasaran yang dituju,dan akhirnya setelah penetapan sasaran konsumen produsen akan memproduksi atau penjual akan menawarkan produk sesuai keinginan dan keburtuhan konsumen berdasarkan analisa segmentasinya.


  1. Hubungan Penetapan Sasaran Pasar dengan SegmentasiPasar

Istilah segmentasi pasar dan penentuan sasaran pasar (market targeting) sebenarnya merupakan dua hal yang bebeda . Di depantelah diuraikan bahwa segmentasi pasar itu merupakan kegiatan membagi- bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. Dalam hal ini, market targeting merupakan keputusan perusahaan mengenai pasar manakah yang akan dilayani.


Sebagai gambaran, misalnya berdasarkan analisa dan ramalanpermintaan, perusahaan dapat mengetahui adanya pasar tertentu yang dianggap menarik, yang membuat perusahaan memperluas pangsa pasar.Perusahaan tersebut mensurvai sejumlah konsumen sebagai sampel dari keseluruhan.Dalam survai ini ditanyakan mengenai atribut produk yang ditawarkan, tentang kualitas, harga, kemasan, servis,dan sejenisnya.


Dari hasil observasi akan menunjukan aspek-aspek yang mempengaruhiminat konsumen untuk me mbeli suatu produk. Misalnya, aspek kualitas produk dan harga yaitu:


  1. Preferensi yang homogen

Ini menunjukkan suatu pasar di mana semua konsumen dapat dikatakan mempunyai preferensi yang sama, baik mengenai harga maupun kualitas. Dengan demikian diperkirakan para konsumen mempunyai kesukaan yang sama terhadap merek yang ada.Oleh karena titik-titik preferensinya terletak di tengah-tengah atau di pusat.


  1. Preferensi yang menyebar

Ini menggambarkan bahwa konsumen mempunyai preferensi yang berbeda -beda tentang apa yang mereka inginkan dari produk tersebut. Kalau di pasar hanya ada satu merek saja tentu preferensinya akan terletak di pusat, disebabkan karena merek tersebut akan menarik sebagian besar konsumen yang ada. Adanya sebuah merek yang teletak di pusat dapat meminimumkan jumlah ketidakpuasan konsumen. Apabila ada merek pesaing maka masing-masing pesaing akan memilih tempatnya sendiri-sendiri secara seimbang dalam produk space.


  1. Preferensi yang mengelompok

Selain preferensi yang homogen dan preferensi yang menyebar juga terdapat preferensi yang mengelompok.Kelompok-kelompok yang berupa kumpulan titik-titik yang terdapat dalam produk space disebut segmen pasar natural. (sumber modul marketing ditpsmk).


Tingkat Segmentasi Pasar

Pembelian mempunyai keperluan dan keinginan yang speciell. Setiap pembeli, berpotensi akhirnya menjadi pasar yang terpisah. Oleh sebab itu, segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.


Baca Juga : 8 Pengertian, Jenis Dan Elemen Organisasi Menurut Para Ahli


Pemasaran Massal

Marketing massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, serta promosi massal untuk produk yang sama dalam teknik yang hampir sama keseluruh konsumen.

  • Pemasaran Segmen

Marketing segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, pengenalan, dan perilaku pembelian.

  • Marketing Ceruk

Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen. Salahsatu ceruk adalah suatu adunare yang didefiniskan dengan ekstra sempit.

  • Pemasaran Mikro

Praktik penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau posisi tertentu. Termasuk dalam marketing mikro adalah pemasaran domestik dan pemasaran individu.


Sekian penjelasan artikel diatas tentang semoga bisa bermanfaat bagi pembaca setia kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan