Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Diposting pada

Dunia hewan atau tumbuhan sebagai organisme terdapat suatu unit-unit. Unit terkecil dalam suatu organisme adalah sel. Beberapa referensi menyebutkan bahwasanya sel adalah segumpal protoplasma yang berinti, sebagai individu yang berfungsi menyelenggarakan seluruh aktivitas untuk kebutuhan hidupnya. Sel sendiri sebagai dasar menyusun suatu organisme yang terdiri dari inti (nukleus) yang terbungkus oleh membran atau struktur serupa tanpa membran.

Sel-Hewan-dan-Sel-Tumbuhan

Tidak ada kehidupan dalam satuan yang lebih kecil dari pada sel. Maka dari itu, sel punya peran yang cukup urgent bagi mobilitas suatu organisme. Meskipun ia merupakan unit terkecil dalam suatu organisme, namun ia juga mempunyai sebuah ruang yang disebut dengan ruang sel.


Ruang sel adalah tempat organel-organel yang lain yang berada didalam sel. Ruang sel ini meliputi bagian-bagian dalam sel yang mencakupnya protoplasma atau cairan sel. Sedangkan ruang antar sel adalah penghubung antar sel yang satu dengan yang lainnya.


Karena perannya yang cukup krusial, maka kita harus mengkajinya lebih lanjut mengenai sel. Maka dari itu penulis menyusun makalah tentang perbedaan sel tumbuhan dengan sel hewan.


Sel adalah segumpal protoplasma yang berinti, sebagai individu yang berfungsi menyelenggarakan seluruh aktivitas untuk kebutuhan hidupnya. Sel itu setelah tumbuh dan berdeferensiasi, akan berubah bentuknya sesuai dengan fungsinya, ada yang menjadi epidermis berfungsi untuk melindungi sel-sel sebelah dalamnya ada yang menjadi tempat penyediaan makanan, ada yang berfungsi menjadi tempat persediaan makanan dan lain-lain.


Atau dengan kata lain juga sel merupakan unit struktural  kehidupan dan merupakan unit fungsional dari kehidupan dikarenakan didalam organ tumbuhan dan hewan tersusun dari sel-sel rumusan yang penting bukannya dinding sel tetapi isi sel yang disebut protoplasma. (Ir.A.G.kartosopoetra : 2004 : hal 13).


Ada tiga keistimewaan yang khas pada sel tumbuhan : dinding sel dengan selulosa, vakuola (yang memberi tekanan dan memperbesar volume serta luas permukaan meskipun dengan protoplasma sedikit), dan plastida, khususnya kloroplas. Vakuola dapat ditemui pada anggota kelima dunia, namun vakuola besar di pusat sel ada pada hampir semua sel tumbuhan, cendawan, dan beberapa protista. Kloroplas hanya terdapat pada tumbuhan dan beberapa protista (bergantung pada golongannya).


Sel sendiri sebagai dasar menyusun suatu organisme yang terdiri dari inti (nukleus) yang terbungkus oleh membran atau struktur serupa tanpa membran. Tidak ada kehidupan dalam satuan yang lebih kecil dari pada sel. Sel terbentuk hanya dengan pembelahan sel-sel sebelumnya. Sel dicirikan oleh adanya molekul makro khusus, seperti pati dan selulosa, yang terjadi dari ratusan sampai ribuan gula atau molekul lain selain itu sel juga dapat dicirikan oleh adanya molekul makro seperti protein dan asam nukleat baik DNA atau RNA yang tersusun sebagai rantai yang terdiri dari ratusan sampai ribuan molekul.


Bagian-Bagian Sel Tumbuhan

Berikut kami jelaskan beberapa organel dalam ruang sel Tumubuhan, antara lain:


  1. Dinding Sel

Dinding sel hanya ditemukan pada sel tumbuhan, sehingga sel tumbuhan bersifat kokoh dan kaku atau tidak lentur seperti sel hewan.

Dinding sel tumbuhan banyak tersusun atas selulosa, suatu polisakarida yang terdiri atas polimer glukan (polimer glukosa). Dinding sel tumbuhan berfungsi untuk melindungi, mempertahankan bentuknya serta mencegah kehilangan air secara berlebihan. Adanya dinding sel yang kuat, menyebabkan tumbuhan dapat berdiri tegak melawan gravitasi bumi.

Dinding-Sel


Beberapa senyawa penyusun dinding sel, antara lain:

  • Hemiselulosa

Hemiselulosa merupakan polisakarida yang tersusun atas glukosa, xilosa, manosa dan asam glukoronat. Di dalam dinding sel, hemiselulosa berfungsi sebagai perekat antar mikrofibril selulosa.


  • Pektin

Pektin merupakan polisakarida yang tersusun atas galaktosa, arabinosa, dan asam galakturonat.


  • Lignin

Lignin hanya dijumpai pada dinding sel yang dewasa dan berfungsi untuk melindungi sel tumbuhan terhadap lingkungan yang tidak menguntungkan.


  • Kutin

Kutin merupakan suatu selubung atau lapisan pada permukaan atas daun atau batang dan berfungsi untuk mencegah dehidrasi akibat penguapan dan melindungi kerusakan sel akibat patogen dari luar.


  • Protein dan lemak

Di dalam dinding sel ditemukan dalam jumlah yang sedikit.


  1. Kloroplas

Kloroplas merupakan organel sel bermembran yang hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Organel ini mengandung pigmen fotosintesis yang mampu melangsungkan proses fotosintesis, sehingga tumbuhan digolongkan sebagai produsen karena kemampuannya menghasilkan makanan sendiri.


Kloroplas merupakan plastida yang mengandung klorofil Plastida pada sel tumbuhan ada bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda -beda, Pada umumnya diberi nama sesuai dengan fungsinya, kandungan pigmen Iainnya, adalah amiloplas, leukoplas, kromoplas, dan sebagainya. Organel ini hanya ditemukan pada sel tumbuhan atau organisme autorof uniseluler.

Kloroplas


  1. Vakuola

Vakuola

Vakuola sentral merupakan organel bermembran sel, berukuran besar yaitu hampir setengah dari volume sel. Fungsi organel ini adalah sebagai tempat menyimpan air dan cadangan makanan pada sel tumbuhan. Pada organisme bersel satu seperti paramaecium dan Amoeba. juga ditemukan adanya organel ini.


Vakuola pada organisme ini dinamakan vakuola kontraktil dan vakuola makanan dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan vakuola yang terdapat pada sel tumbuhan.


Bagian-Bagian Sel Hewan

Berikut ini terdapat beberapa bagian-bagian sel hewan, terdiri atas:


  1. Lisosom

Lisosom

Lisosom merupakan organel sel bermembran yang hanya ditemukan pada sel hewan. Organel ini berisi enzim hidrolitik, misalnya lipase dan protease Organel ini berfungsi dalam proses pencernaan intraseluler. Lisosom banyak ditemukan pada fagosit atau sel-sel yang berfungang masuk ke dalam jaringmasuk kedalam jaringan tubuh.


  1. Sentriol

Sentriol

Sentriol merupakan organel tak bermembran yang hanya ditemukan pada sel hewan. Organel ini berukuran kecil , jumlahnya sepasang dan letaknya dekat membrane inti dalam posisi tegak lurus antar keduanya. Organel ini akan memisah satu sama lain untuk membentuk   gelendong  pembelahan.


  1. Cincin Kontraktil

Cincin kontraktil hanya ditemukan pada sel hewan. Cincin kontraktil terbentuk pada saat pembelahan sel, tepatnya pada tahap sitokinesis atau pembagian sitoplasma sel anak. Pembagian siitoplasma berlangsung setelah pembagian materi inti (kriokinesis) selesai. Pada sel tumbuhan , setelah pembagian materi inti selesai maka dinding sel baru terbentuk tanpa adanya cincin kontraktil.


Perbedaan Sel Tumbuhan dengan Sel Hewan

Perbedaan-Sel-Tumbuhan-dengan-Sel-Hewan

Pada tumbuhan, dinding sel berfungsi antara lain untuk melindungi protoplas, sebagai penguat tanaman dan mencegah terjadinya dehidrasi. Komponen utama penyusun dinding sel adalah polisakarida. Dinding sel tumbuhan muda masih terlihat tipis yang terdiri atas selaput zat pektin.


Setelah sel tumbuhan bertambah tua, maka dinding sel akan menebal dan zat pembentuknya adalah selulosa. Dinding sel bagian dalam berhubungan langsung dengan membran plasma. Membran ini bisa terlihat apabila sel berada di dalam larutan yang lebih pekat daripada larutan dalam sel, sehingga membran plasma akan lepas.


Selain itu, organela khas yang terdapat pada sel hewan dan tidak banyak terdapat pada sel tumbuhan adalah sentrosom dan lisosom. Struktur sentrosom bisa dilihat dengan jelas apabila menggunakan mikroskop elektron.


Struktur sentrosom seperti rakitan batang-batang yang menyusun bangunan sekunder, sembilan batang membentuk bangun silinder, satu batang berada di pusat silinder.


Sel Hewan

  1. Tidak mempunyai dinding sel, hanya ter-dapat membran sel yang tipis
  2. Tidak mempunyai plastida
  3. Mempunyai sentrosom
  4. Mempunyai lisosom
  5. Timbunan zat makanan umumnya beru-pa lemak/glikogen
  6. Vakuolanya kecil
  7. Mitokondria relatif banyak

 Sel Tumbuhan

  • Selain mempunyai membran sel, juga mempunyai dinding sel
  • Umumnya mempunyai plastida
  • Tidak mempunyai sentrosom
  • Tidak mempunyai lisosom
  • Timbunan zat makanan biasanya beru-pa amilum
  • Vakuola sedikit, tapi ukurannya besar
  • Jumlah mitokondria relatif sedikit

Tabel Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Sel TumbuhanSel hewan
Memiliki dinding selTidak memiliki diinding sel
Memiliki vakuola berukuran besarMemiliki vakuola berukuran kecil
Memiliki plastida(kloroplas, kromoplas, dan leukoplasTidak memiliki plastida
Tidak memiliki sentriolMemiliki sentriol

Daftar Pustaka:

  1. Anna Poedjiadi dan F.M. Titin Supriyanti, Dasar-Dasar Biokimia,. Jakarta: UI Press, 2006. Halaman 190.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri Belajar : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Jenis Dan Faktor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

  1. Bagian Bagian Sel Hewan Dan Tumbuhan
  2. Kingdom Monera – Pengertian, Ciri, Ruang Lingkup dan Manfaat
  3. Organel Sel Tumbuhan
  4. Bagian-Bagian Sel Dalam Ilmu Biologi ( Sitologi )
  5. Sel Hewan