Sistem Operasi

Diposting pada

Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi – Pengertian, Fungsi, Jenis, Sejarah & Komponen – DosenPendidikan.Com-Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Operasi adalah suatu kegiatan atau pelaksanaan rencana yang telah dikembangkan.

Sistem operasi adalah program atau perangkat lunak yang berfungsi sebagai perantara atau penghubung antara user dengan perangkat keras komputer.


Abstraksi Komponen Sistem Komputer

Abstraksi Komponen Sistem Komputer

Sebuah sistem komputer dapat dibagi ke dalam beberapa komponen utama, seperti

  • Para Pengguna (Users)
  • Perangkat Keras (Hardware)
  • Perangkat Lunak (Software)

Para pengguna (users) ini merupakan pihak yang memanfaatkan sistem komputer tersebut.Para pengguna di sini bukan saja manusia, namun mungkin berbentuk program aplikasi lain, ataupun perangkat komputer lain.

Perangkat keras (hardware) ini berbentuk benda konkret yang dapat dilihat dan disentuh.Perangkat keras ini merupakan inti dari sebuah sistem, serta penyedia sumber-daya (resources) untuk keperluan komputasi.

Diantara users dan hardware terdapat sebuah penghubung yang disebut dengan Perangkat Lunak (software). Perangkat lunak secara garis besar dibagi lagi menjadi dua yaitu Program Aplikasi dan Sistem Operasi.


Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang dijalankan oleh para pengguna untuk mencapat tujuan tertentu. Sedangkan, Sistem Operasi dapat dikatakan merupakan sebuah perangkat lunak yang memfasilitasi perangkat keras agar lebih mudah dimanfaatkan oleh para pengguna melalui program-program aplikasi tersebut.Sistem Operasi berada di antara perangkat keras komputer dan perangkat aplikasinya.


Secara lebih rinci, Sistem Operasi didefinisikan sebagai sebuah program yang mengatur perangkatkeras komputer, dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras.Sistem Operasi bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan perangkat keras untuk berbagai program aplikasi untuk bermacam-macam pengguna.


Pengertian Sistem Operasi ( dari 3 Sudut Pandang ) :

  • Sudut Pandang Pengguna

Sistem Operasi merupakan sebagai alat untuk mempermudah penggunaan komputer.Dalam hal ini Sistem Operasi seharusnya dirancang dengan mengutamakan kemudahan penggunaan, dibandingkan mengutamakan kinerja ataupun utilisasi sumber-daya.Sebaliknya dalam lingkungan berpengguna-banyak (multi-user), Sistem Operasi dapat dipandang sebagai alat untuk memaksimalkan penggunaan sumber-daya komputer. Akan tetapi pada sejumlah komputer, sudut pandang pengguna dapat dikatakan hanya sedikit atau tidak ada sama sekali.


  1. Sudut Pandang Sistem

Sistem Operasi dapat dianggap sebagai alat yang menempatkan sumber daya secara efisien.Sistem Operasi ialah manager bagi sumber daya, yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien.Sistem Operasi juga mengatur eksekusi aplikasi dan operasi dari alat Masukan/Keluaran.Fungsi ini dikenal juga sebagai program pengendali (Control Program).


  1. Sudut Pandang Tujuan

Sistem Operasi dapat dipandang sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan (convenient) untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna. Tujuan lain Sistem Operasi ialah membuat penggunaan sumber daya komputer menjadi efisien.


Baca Juga : “BIOS ( Basic Input Output System )” Pengertian & ( Fungsi – Cara Kerja – Macam )


Sistem Operasicomputer Device

OS UNIX


OS UNIX

UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan daripada proses tunggal di komputer.


Penemunya adalah ken thompson dan dennis ritchie. OS UNIX dibangun dengan bahasaC Programming Language.

  • Sejarah

Bell Laboratory merupakan salah satu laboratory yang turut aktif didalam mengembangkan sistem operasi timesharing yang juga dikenal dengan sebutan MUTICS (MULTipex Information and Computing Service). Ditahun 1968, departemen penelitian dari Bell labs menyadari adanya beberapa probem yang vital dari sistem operasi tersebut, dan hal tersebut mendorong Bell labs untuk mengundurkan diri dari projek MULTICS disekitar tahun 1969.


Beberapa staff Bell labs, di antaranya D.Ritchie dan K.Thompus yang juga dikenal sebagai penulis utama bahasa C, kemudian berkumpul dan mulai peneitian untuk mengembangkan sistem operasi sebagai alternatife dari MULTICS. Thompus akhirnya memutuskan untuk menulis kembali MULTICS, tapi kali ini Thompus menggunakan bahasa assembler dan ditunjukan khusus untuk PDP-7 komputer mini.


Ternyata hasinya cukup memuasakan dan hal ini mendorong bergabungnya seluruh team untuk pengembangan lebih lanjut. salah satu anggota dari team tersebut ialah, brian kernighan, kemudian menyebut sistem baru tersebut dengan nama UNICS (UNiplex Information and Computing Service). Untuk selanjutnya, nama ini dikenal dengan nama UNIX.


  1. Kelebihan
    • Portabilitas yaitu dapat diadaptasikan dengan mudah ke komputer lain
    • Multiuser, dapat digunakan oleh banyak pengguna sekaligus
    • Multitasking, dapat menjalankan tugas secara bersamaan dalam satu waktu
    • Sistem file hirarkikal, pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses.
    • Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client pengembangan Java.
    • Mempunyai kinerja yang lebih baik daripada Windows NT
    • UNIX adalah sistem operasi yang hampir gratis

  2. Kekurangan
    • Tampilan kurang menarik
    • Membutuhkan memori yang cukup besar
    • Masih belum banyaknya game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform ini.
    • Beberapa hardware sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.
    • Sulit digunakan untuk pengguna awam

OS LINUX

OS LINUX

Linux adalah nama dari sebuah sistem operasi yang berbasis Unix yang disebarluaskan ke masyarakat secara gratis dan berada di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), yang berarti bahwa Linux didistribusikan berikut dengan source code-nya. Ketersediaan akses kode sumber memungkinkan para pengguna untuk memodifikasi sistem operasi ini yang kemudian diperbolehkan juga untuk digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas. Penemunya adalah Linus Torvalds. OS LINUX dibangun dengan bahasa C/C++ Programming Language.


  • Sejarah

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds.Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum.


Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991.Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).


Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari.Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME).


Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat.Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang.Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis.Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.


  • Kelebihan

  1. Bersifat open source, bebas dan terbuka. sehingga tidak perlu biaya untuk mendapatkannya. LISENSI FREE dan boleh di utak atik semaunya.
  2. Linux sekarang sudah mudah di operasikan. kalo dulu pengguna linux identik dengan para hacker, tapi sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya.
  3. Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.
  4. Memiliki pengamanan yang lebih unggul karena di desain multiuser sehingga apabila virus menyerang user tertentu, akan sangat sulit menyebar ke user lainnya.
  5. Cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum karena linux membutuhkan resource yang lebih kecil dibandingkan Windows.\
  6. Jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer karena linux lebih stabil.
  7. Memiliki komunitas di berbagai penjuru dunia.
  8. Terdapat beragam pilihan seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.

  • Kekurangan

  1. Banyak user yang belum terbiasa menggunakan linux.
  2. Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux.
  3. Proses instalasinya tidak semudah windows.
  4. Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
  5. Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like, maka mau gak mau harus belajar dulu.
  6. Struktur direktori dan hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.

MAC OS

MAC OS

Mac OS adalah singkatan dari kata Macintosh Operating System.Mac OS diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Nama Macintosh diambil dari nama apel kesukaan salah satu pakar antarmuka manusia-komputer Amerika Serikat yang bergabung di Apple Computer Inc., Jef raskin , yaitu McIntosh. Mac OS diperkenalkan pada tahun 1984, dan menjadi salah satu raksasa penguasa Operating System sekarang. Sejak tahun 2006, MAC OS telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.


Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh yang diperkenalkan pada tahun 2001.Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9.Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standarnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar.


Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.


Baca Juga : “Modem” Pengertian & ( Fungsi – Macam – Jenis Koneksi )


  • Kelebihan

  1. Lebih stabil karena menggunakan UNIX
  2. Multitasking
  3. Bisa mengenal file format windows
  4. Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia
  5. Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya
  6. Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak
  7. Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data

  8. Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword
  9. Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus
  10. Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya
  11. Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas

  • Kekurangan

  1. Mahal
  2. Hanya cocok untuk graphic designer
  3. Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
  4. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
  5. Software di Mac OS tidak begitu lengkap
  6. Kurang cocok untuk aplikasi server dan game (rid)

 Windows

 Windows

Sistem operasi Windows merupakan pengembangan dari MS-DOS, sebuah sistem operasi berbasis modul teks dan command-line atau CLI (Command Line Interface). Windows merupakan sistem operasi yang menyediakan lingkungan berbasis grafis (Graphical User Interface (GUI)) dan kemampuan multitasking.


Mircorost Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Microsoft Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor  di pusat Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan computer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975.


Baca Juga : “ISP ( Internet Service Provider )” Pengertian & ( Contoh – Fungsi )


  • Perkembangan Windows

  • Windows 1.0

Sistem operasi Windows 1.0 dirilis pada tanggal 20 November 1985 dan diperkenalkan pertama kali pada tanggal 10 November 1983 yang disebut dengan Windows Graphic Environment 1.0. Microsoft membuat sebuah model GUI setelah munculnya sistem operasi Apple dengan namaMac OS.


Bill Gates melihat prototipe Macintosh buatan Steve Jobs pertama kali pada tahun 1981, dan Microsoft bersama dengan Apple membuat beberapa perangkat lunak yang bekerja di bawah Mac seperti Word dan Excel.Windows versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama “Windows” akan lebih memikat konsumen.


  • Windows 2.0

Windows 2.0 dirilis pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya.Sebagian besar popularitasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft yaitu Microsoft Word for Windows dan Microsoft Excel for Windows. Popularitas Windowsbertambah ketika Aldus PageMaker muncul dalam versi untuk Windows yang sebelumnya hanya dapat berjalan pada Macintosh. Windows versi 2.0 berjalan secara langsung di floppy disk. Di Windows 2.0 inilah pertama kali dikenalkannya istilah “Maximize” dan “Minimize” di setiap aplikasi Windows.


  • Windows 3.0

Windows 3.0 dirilis pada tanggal 22 Mei 1990 dan dalam versi inilah menjadi titik kesuksesan Microsoft.Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena versi ini telah diperkenalkan virtual memory.


  • Windows 95

Windows 95 yang memiliki nama kode Chicago dalam masa pengembangan dirilis tanggal 24 Agustus 1995 dan telah menggunakan arsitektur 32-bit. Namun demi alasan kesesuaian terhadap versi sebelumnya, kinerja, dan waktu pengembangan, Microsoft tidak mengganti semua kode Windows menjadi 32-bit.Masih banyak bagian di dalamnya berupa 16-bit. Walaupun hampir sama dengan versi sebelumnya, yaitu sama-sama masih menggunakan MS-DOS, namun dalam versi ini Microsoft mulai memperkenalkan browser Internet Explorer.


  • Windows 98

Windows 98 dirilis pada tanggal 15 Mei 1998 untuk pabrikan dan masyarakat luas pada tanggal 25 Juni 1998, sebagai perbaikan dari Windows 95. Sistem operasi ini juga terintegrasi dengan browser Internet Explorer yang lebih baik.Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 Gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95. Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Dukungan Microsoft untuk Windows 98 berakhir pada tanggal 11 Juli 2006.


  • Windows 2000

Dikenalkan pada tanggal 17 Februari 2000 dan sebelumnya dikenal dengan namaWindows NT 4.0. Versi Windows 2000ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pasar workstation dan juga pasar server. Di antara fitur-fitur Windows 2000 yang paling signifikan adalah Active Directory, sebuah model jaringan pengganti model jaringan NT domain, menggunakan teknologi yang merupakan standar industri, seperti Domain Name System (DNS),


Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos untuk menghubungkan antara satu mesin ke mesin lainnya.. Fitur-fitur baru yang diadopsi dari Windows 98 juga ditanamkan di dalamnya, seperti Device Manager yang telah ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console), Windows Media Player, dan DirectX 6.1 (yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk menjalankan game).


  • Windows ME

Tanggal 14 September 2000, Microsoft memperkenalkan Windows Millennium Edition (dikenal juga dengan sebutan Windows Me atau Windows ME).Versi ini memperbarui Windows 98 dengan dukungan multimedia dan Internet yang lebih baik.Versi ini jugamemasukkan fitur _ System Restore, yang mengizinkan penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titikyang dikenal dalam kondisi baik-baik saja, pada saat sistem operasi mengalami kegagalan.System Restore menjadi fitur yang masih dipertahankan pada Windows XP.Versi ini juga memperkenalkan Windows Movie Maker versi pertama.


  • Windows XP

Tanggal 25 Oktober 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP yang memiliki nama kode _ Whistler _ selama pengembangan. Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama karena berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007 pada saat diluncurkannya Windows Vista.


  • Windows Vista

Tanggal 30 November 2006, Microsoft meluncurkan versi baru Windows untuk pengguna rumahan dan kalangan bisnis pada tanggal 30 Januari 2007 dengan namaWindows Vista. Windows Vista dirancang agar memiliki keamanan yang lebih baik dibandingkan versi-versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna terbatas yang disebut dengan User Account Control (UAC).


  • Windows 7

Windows 7 dirilis ke pihak pabrikan tanggal 22 Juli 2009, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis ke masyarakat umum pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah jump list, taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan fitur baru lainnya.


  • Windows 8

Windows 8 adalah versi selanjutnya dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media.


Baca Juga : “Kernel ( Sistem Operasi ) Pengertian & ( Fungsi – Macam )


  • Windows 10

Windows 10 iniadalah versi paling terbaru dari Microsoft windows

  • Kelebihan
  1. Pengoperasian mudah dan menyenangkan (user friendly)
  2. Mendukung multitasking,dapat menjalankan beberapa aplikasi bersamaan, seperti mengetik sambil mendengar musik.
  3. Panjang sebuah nama file bisa sampai 255 karakter
  4. Fasilitas Plug and Play (PnP) untuk mengenali piranti baru yang terpasang di komputer sehingga pemakai tinggal memakai saja.
  5. Fasilitas User Profile, beberapa pemakai dengan komputer yang sama dapat menyimpan konfigurasi desktopnya sendiri.
  6. Software yang mendukung sistem operasi windows sangat banyak.

  • Kekurangan
  1. System file yang agak kacau
  2. Menyebabkan ketergantungan penggunaan produk Microsoft
  3. Space hardisk yang dibutuhkan besar.
  4. Sistem security yang lemah dan mudah dijebol oleh para hacker
  5. Membutuhkan memori fisik besar
  6. Membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi.
  7. Harga licensi yang mahal.
  8. Membutuhkan perawatan yang terus menerus dan prosedur yang sesuai dengan panduan yang ada saat menggunakannya.

Sistem Operasi Mobile Device

Symbian


Symbian

Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan pada mobile.Sistem operasi Symbian mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori.Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based,


artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya.Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus.


  • Perkembangan

Pada tahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter.Sistem operasi yang dikembangkan lebih difokuskan pada penggunaan di telepon bergerak. Pada tahun 1998, perusahaan Ericsson,  Nokia, Motorola dan Psion bekerja sama untuk membangun system operai mobile yang diberi nama Symbian.

Sistem operasi tersebut terus berkembang hingga dikeluarkan Symbian OS v9.3. Pada 2008, Nokia mengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd.


Pada akhir tahun 2009, posisi sistem operasi symbian sebagai penguasa pasar sistem operasi bergerak mulai direbut oleh sistem operasi buatan google yaitu sistem operasi android dengan ponsel pertamanya htc dreaam g1.vendor ponsel seperti samsung,lg,sony ericsson sekarang tidak laagi menggunakan sistem oprasi symbian dan menyatakan berhenti mendukung sistem operasi ini.

Pada tahun 2013 nokia tidak mengeluarkan ponsel symbian lagi karena telah digantikan dengan windows mobile besutan nokia.


Kelebihan

  • Dirancang sejak awal untuk mobile
  • Banyak proses dapat berjalan, saling berkomunikasi, dan memanfaatkan banyak thread (Multitasking dan multithreading)
  • Sistem file yang kompatibel dengan Microsoft Windows (FAT32); sistem file lain didukung melalui plugin
  • Mendukung TCP/IP, serial, infrared, bluetooth

Kekurangan

  • Symbian kalah saing dengan adanya system operasi baru besutan dari merek dagang yang lain, seperti iphone, blackberry, dan android.
  • Tidak ada virtual memory
  • Konfigursi systemnya hampir sama dengan komputer, symbian rentan terkena virus.

Windows Phone

Windows Phone

Windows Phone adalah sebuah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile.Sistem operasi ini pertama diluncurkan pada tahun 2010 dan diluncurkan di Asia pada awal 2011. Dengan Windows Phone, Microsoft menciptakan antarmuka pengguna baru menggunakan bahasa desainnya yang diberi namaModern Style UI.


Baca Juga : “DOS ( Disk Operating System ) Pengertian & ( Fungsi – Macam )


Perkembangan

  • Perkembangan Windows Phone itu bermula dari adanya Windows Mobile. Pertama kali Windows Mobile muncul sebagai sistem operasi Pocket PC 2000
  • Pocket PC 2000, diluncurkan pada 19 April 2000 merupakan awal dari sistem operasi Windows Mobile dan dibuat untuk menjadi penerus sistem operasi yang ditanamkan dalam PC Mini (Palm-Size PC). Namun, kompatibilitasnya tidak banyak berubah dengan banyaknya aplikasi yang diadopsi dari PC Mini. Pocket PC 2000 dibuat untuk perangkat Pocket PC, namun demikian beberapa perangkat PC Mini juga bisa diperbarui.

    Kemudian, beberapa ponsel dengan Pocket PC 2000 diluncurkan, namun demikian, platform perangkat keras untuk ponsel pintar Micrsoft belum dibuat. Satu-satunya perangkat yang didukung oleh produk ini adalah perangkat dengan resolusi layar 240 x 320 (QVGA). Format kartu data berpindah (removable storage card) yang didukung adalah CompactFlash dan MultiMediaCard (MMC). Perangkat Pocket PC belum distandarisasi dengan arsitektur PC tertentu yang spesifik. Akibatnya, Pocket PC 2000 diluncurkan dalam berbagai arsitektur CPU: SH-3, MIPS, dan ARM. Secara tampilan, sistem operasi Pocket PC mirip dengan sistem operasi Windows 98, Windows Me, dan Windows 2000.


  • Pocket PC 2002, dirilis pada Oktober 2001. SepertiPocket PC 2000, sistem operasi ini disokong oleh Windows CE 0. Walau sebenarnya ditargetkan untuk ponsel Pocket PC dengan resolusi layar 240 x 320 (QVGA), Pocket PC 2002 juga dapat digunakan di ponsel Pocket PC dan untuk pertama kalinya, padaponsel pintar. Ponsel pintar dengan Pocket PC 2002 ini sebagian besar menggunakan sistem GSM. Secara tampilan, Pocket PC 2002 didesain menyerupai Windows XP

  • Windows Mobile 2003, dirilis pada 23 Juni 2003, dan pertama kalinya dikeluarkan dengan nama Windows Mobile. Sistem operasi ini dikeluarkan dalam empat edisi: “Windows Mobile 2003 untuk Pocket PC Premium”, “Windows Mobile 2003 untuk Pocket PC Profesional”, “Windows Mobile 2003 untuk ponsel pintar”, dan “Windows Mobile 2003 untuk ponsel Pocket PC”

  • Windows Mobile 2003 SE, dirilis 24 Maret 2004 dan pertama kali digunakan pada Dell Axim x 30. Perangkat ini merupakan versi terakhir yang memungkinkan pengguna untuk melakukan backup dan restore keseluruhan data melalui ActiveSync

  • Windows Mobile 5, dirilis di Las Vegas 9-12 Mei 2005. Microsoft mengeluarkan penyokong utama untuk Windows Mobile 5 pada 12 Oktober 2010 dan penyokokng tambahan pada 13 Oktober 2015. Pertama kali dikeluarkan oleh Dell Axim x51.

  • Windows Mobile 6, dirilis 12 Februari 2007pada 3GSM World Congress 2007. Sistem operasi ini dibuat dalam tiga versi: “Windows Mobile 6 Standard” untuk ponsel pintar dengan layar sentuh, “Windows Mobile Profesional” untuk ponsel Pocket PC, dan “Windows Mobile 6 Classic” untuk Pocket PC dengan radio seluler. Tampilan Windows Mobile 6 didesain menyerupai tampilan Windows Vista. Dalam hal fungsi, Windows Mobile 6 mirip dengan Windows Mobile 5, namun lebih stabil.

  • Windows Mobile 6.1, dirilis 1 April 2008. Sistem operasi ini merupakan pengembangan dari Windows Mobile 6 yang telah membawa berbagai penyempurnaan performa, beranda yang didesain ulang dengan tampilan baris-baris yang dapat diperluas untuk menunjukkan informasi lebih lanjut jika diklik, walau hanya tersedia untuk edisi Windows Mobile Standard.

  • Windows Mobile 6.5, merupakan perbaikan dari versi Windows Mobile 6.5 yang dirilis pada 11 Mei 2009, dan perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi ini keluar pada akhir Oktober 2009.Perbaikan meliputi penambahan beberapa fitur, seperti GUI yang diperbarui, label yang dapat digeser; walau sebenarnya semua itu hanya perbaikan kecil. Dalam Windows Mobile 6.5 juga terdapat Internet Explorer 6 yang memiliki interface yang telah diperbaiki.

  • Windows Phone 7. Pada 15 Februari 2010, Windows Mobile digantikan oleh Windows Phone. Microsoft meluncurkan konsep yang benar-benar baru yaitu Windows Phone dalam Mobile World Congress di Barcelona. Windows Phonediluncurkan di Eropa, Singapura, dan Australia pada 21 Oktober 2010 dan di AS dan Kanada pada 8 November 2010, dan di bagian dunia lainnya pada 2011. Microsoft berencana melanjutkan saja jajaran Windows Mobile sehingga sistem operasi ini disebut Windows Phone 7 .Ponsel yang menggunakan Windows Mobile versi 6.x tidak bisa dinaiktingkatkan ke versi 7.
  • Perkembangan selnjutnya muncul Windows Phone 7.5 Mango, Windows Phone 7.5 Tango, Windows Phone 7.8, Windows Phone 8, dan Windows Phone 8.1

Kelebihan

  • Sebagian besar teknologi IT (information technology) yang dipakai berbasis Windows, dalam hal platform serta ekstensi yang mudah dengan software computer.
  • Windows Mobile menawarkan berbagai fitur unggulan seperti Mobile Blog, GPS, menonton televisi, serta Mobile Database.

Kekurangan

  • Windows Mobile bersifat tertutup sehingga sulit bagi software developer independen untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru.

Bca Juga : “E-Government” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Manfaat – Jenis )


iOS

iOS

iOS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple dan hanya berjalan pada perangkat mobile besutan Apple yaitu iPhone, iPad, dan iPod. iOS pada awalnya bernama OSiPhone, dan dikenal pertama kali berbarengan dengan peluncuran iPhone generasi pertama yaitu iPhone 2G. Akhirnya pada bulan Juni 2009 tepatnya saat perilisan OS iPhone generasi ke-3 nama OS iPhone berubah nama menjadi iOS yang kita kenal sekarang ini.


Sejarah

  • iPhone OS 1

iPhone OS 1 sistem operasi mobile keluaran Apple. Tidak ada nama resmi yang diberikan pada rilis awal. Pada tanggal 6 Maret 2008, dengan merilis kit pengembangan perangkat lunak iPhone (iPhone SDK), Apple menamainya iPhone OS dan mereka menamainya dengan “iOS” pada tanggal 7 Juni 2010.


  • iPhone OS 2

iPhone OS 2, rilis besar kedua dari iOS, tersedia pada 11 Juli 2008 berbarengan dengan rilis iPhone 3G. Perangkat yang menjalankan 1.x yang upgradable ke versi ini.Versi OS ini memperkenalkan App Store, membuat aplikasi pihak ketiga yang tersedia untuk iPhone dan iPod Touch.Sebelum rilis publik dari iPhone OS 2.0, Apple mengadakan acara keynote mengumumkan iPhone OS Software Development Kit (“SDK”) untuk pengembang.


  • iPhone OS 3/iOS 3

iPhone OS 3.0 tersedia untuk iPhone 3GS. Dirilis pada 17 Juni 2009.Rilis ini menambahkan fitur seperti copy dan paste, dan MMS.Perangkat yang menjalankan OS iPhone 2.x mampu upgradable untuk software ini.Rilis final didukung pada asli iPhone dan iPod Touch adalah iPhone OS 3.1.3.Sementara untuk iPad diperkenalkan dengan iOS 3.2.


  • iOS 4

iOS 4 dibuat tersedia untuk umum untuk iPhone dan iPod Touch pada 21 Juni 2010. Ini adalah yang pertama rilis utama iOS untuk menghilangkan dukungan untuk beberapa perangkat (iPhone dan iPod Touch lama). iOS 4.2.1, dirilis 22 November 2010, menambahkan kompatibilitas iPad. Itu rilis awal pada iPad 2.Ini juga adalah versi terakhir untuk dukungan iPhone 3G dan iPod Touch (generasi 2).iOS 4.2.1 diganti oleh iOS 4.2. Karena bug Wi-Fi di iOS 4.2 beta 3, menyebabkan Apple untuk merilis iOS 4.2 GM dan GM 4.2.1.


  • iOS 5

iOS 5 diperkenalkan kepada publik pada 6 Juni 2011. Sistem Operasi ini dirilis untuk iPhone 3GS, iPhone 4 (GSM dan CDMA), iPhone 4S, iPod Touch (generasi ke-3 & 4), iPad, dan iPad 2 pada 12 Oktober 2011. iOS 5.1.1 adalah rilis final untuk iPad (generasi 1) dan iPod Touch.


  • iOS 6

iOS 6 diumumkan dan dulu pada 11 Juni 2012 pada Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2012, beberapa perangkat yang lebih tua tidak lagi didukung, khususnya iPod Touch (generasi ke-3), dan iPad (generasi 1). Perangkat yang didukung termasuk iPhone 3GS dan kemudian iPod Touch (generasi ke-4) dan kemudian dan iPad 2.iOS 6 memiliki dukungan terbatas pada iPhone 3GS, iPad 2, dan iPod Touch (generasi ke-4).


  • iOS 7

Apple mengumumkan iOS 7 pada tanggal 10 Juni 2013 pada acara tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC), pada tahun 2013 juga meluncurkan dua model iPhone baru yaitu iPhone 5C dan iPhone 5S. Dengan rilis ini, dukungan hilang untuk perangkat yang lebih tua, khususnya iPhone 3GS (karena keterbatasan hardware) dan iPod Touch (generasi ke-4) (karena masalah kinerja). Perangkat yang didukung pada rilis ini termasuk iPhone 4 dan lebih tinggi, iPod Touch (generasi ke-5), iPad 2 dan lebih tinggi, dan iPad Mini (generasi 1) dan lebih baru. iOS 7.1.2 adalah rilis final pada iPhone 4.


  • iOS 8

Apple mengumumkan iOS 8 pada 2 Juni 2014 di Apple Worldwide Developers Conference (WWDC), Pada tahun 2014 Apple juga meluncurkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. iOS 8 memiliki dukungan terbatas pada iPad 2, iPhone 4S, dan iPod Touch (generasi ke-5). Versi final dari iOS 8 adalah iOS 8.4.1. Rilis ini memperbaiki beberapa bug pada Apple Music dan patched TaiG Jailbreak.


  • iOS 9

Apple mengumumkan iOS 9 pada 8 Juni 2015 di Apple Worldwide Developers Conference (WWDC), dengan rilis untuk publik pada tanggal 16 September 2015.Dengan rilis ini, Apple tidak menjatuhkan dukungan untuk perangkat iOS, jadi semua perangkat yang mendukung iOS 8 memenuhi syarat untuk upgrade ke iOS 9.Perangkat yang didukung pada rilis ini antara iPhone 4S keatas, iPod Touch (generasi ke-5) keatas, iPad 2 keatas, dan iPad Mini (generasi 1) keatas. Namun, iOS 9 memiliki dukungan terbatas pada iPad 2, iPhone 4S, iPad Mini (generasi 1), dan iPod Touch (generasi ke-5).


  • iOS 10

Baru-baru ini Apple mengumumkan iOS terbaru yaitu iOS 10 pada bulan ini.Dalam acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC), Apple memperkenalkan Sistem Operasi mobile terbaru mereka yaitu iOS 10.Sayangnya, bagi perangkat apple yang masih menggunakan chipset A5 seperti iPhone 4S tidak bisa melakukan update.iOS 10 akan tersedia pada perangkt iPhone 5 ke atas, iPad 4 ke atas, iPad mini 2 keatas dan iPod Touch 6 ke atas.


Kelebihan

  • Kontrol atas Hardware

Seperti yang diketahui bahwa sistem operasi iOS hanya berjalan pada perangkat mobile peroduksi Apple.Jadi Apple dapat mengontrol sepenuhnya hardware mobile mereka. Berbeda dengan sistem operasi mobile lain seperti Android, dimana banyak produk perangkat mobile yang menggunakannya. Hal ini berpengaruh saat terjadinya update sistem operasi.


Ketika Sistem Operasi Android telah meluncurkan versi terbarunya, seluruh perangkat mobile yang menggunakan Android OS dapat melakukan update, namun tidak semua semua bisa bekerja dengan maksimal.Hal ini karena Android OS tidak bisa membatasi perangkat mobile mana saja yang bisa melakukan update.


Berbeda dengan iOS, jika versi terbaru mereka terasa berat untuk beberapa perangkat mobile mereka yang lebih tua, maka Apple tidak akan menyediakan iOS versi terbaru ke perangkat mobile tersebut, karena hal tersebut akan sia-sia. Ketika perangkat mobile dipasangkan sistem operasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi perangkatnya, maka sistem tidak akan berjalan dengan baik dan akan sering terjadi lag atau crash.


  • Lag jarang terjadi

iOS bukan berarti bebas dari lag dan crash, namun jika dibandingkan dengan Android, iOS relatif lebih mulus performanya. Android kadang crash dan ngelag meski kita tidak melakukan apa-apa.Bahkan, terkadang Android memberi pesan peringatan force stop karena aplikasi yang Anda jalankan tiba-tiba terhenti. Bagi pemilik Android, hal itu pasti sudah tak asing lagi.


  • Aplikasi lebih berkualitas

Meski Android memiliki lebih banyak aplikasi di Play Store, namun secara kualitas, aplikasi milik iOS lebih berkualitas. Banyak aplikasi spam dan tiruan yang bermunculan di Play Store. Di samping itu, karena luasnya basis pengguna, developer papan atas cenderung lebih suka mendesain aplikasinya untuk iOS ketimbang Android. Beberapa aplikasi yang awalnya dikembangkan pada iOS jarang bisa diterjemahkan dengan baik saat dipajang di Play Store. Misalnya aplikasi Yelp, Facebook, FourSquare, dan Instagram yang memiliki user experience yang lebih baik di iOS ketimbang di Android.


  • Closed system lebih baik

Meski menurut banyak orang open source ala Android lebih baik, namun jika berbicara kualitas di atas kuantitas, closed systemlah yang terbaik. Dengan system open source, siapapun bisa membuat aplikasi, meski kebanyakan aplikasinya tergolong spam, imitasi, dan penuh iklan.Belum lagi ancaman berupa malware, virus, potensi hacking, dan sebagainya yang kerap merisaukan pengguna Android. Dengan closed system, hal-hal demikian tidak akan terjadi. Semua aplikasi yang ada di iTunes dijamin kualitasnya oleh Apple.


  • Device Firmware Update

Jika karena suatu hal ponsel Android Anda tereset, maka tidak ada jalan untuk mengembalikan semua data-data dan settingan yang hilang.Di iOS, Anda tak perlu khawatir, karena Apple membenamkan modus DFU (Device Firmware Update) di mana Anda bisa mengembalikan seluruh settingan iPhone.


Android

Android

  • Sejarah

Android pada mulanya berasal dari perusahaan bernama Android, Inc. didirikan tempatnya di Palo Alto, California, pada Oktober tahun 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner seorang pendiri Wildfire Communications, Inc., Nick Sears seorang mantan VP T-Mobile, dan Chris White seorang kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV untuk mengembangkan sebuah perangkat seluler pintar yang lebih sadar tentang lokasi dan preferensi penggunanya.


Tujuan awal dari perkembangan tersebut pada mulanya diperuntukkan bagi kamera digital. Namun disadari bahwa pasar dari kamera digital tidak besar potensinya, dan pengembangan Android lalu dialihkan pada pasar telepon pintar atau smartphone


Google mengakuisisi perusahaan Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005 dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang dimiliki oleh Google. Pendiri Android Inc. yaitu Rubin, Miner, serta White tetap bekerja pada perusahaan tersebut setelah diakuisisi oleh Google. Di Google, tim yang dipimpin oleh Andy Rubin mulai untuk mengembangkan sebuah platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux.


Sejak tahun 2008, Android mulai secara bertahap melakukan sejumlah pembaruan atau update untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi tersebut dengan menambahkan fitur baru dan memperbaiki bug pada versi android yang sebelumnya. Setiap versi yang dirilis dinamakan secara alfabetis dengan berdasarkan nama sebuah makanan pencuci mulut.


Baca Juga : “HUB ( Network Hub ) Pengertian & ( Fungsi – Jenis – Cara Kerja – Kelebihan – Kekurangan )


Versi

  • Android Pre-Comercial Release

  • Android 1.0 Apple Pie

Versi ini dirilis pada 23 September 2008 dan pertama kali disematkan di HTC Dream (T-Mobile G1). Versi Android ini adalah yang pertama kali menggunakan nama makanan pencuci mulut yang memiliki huruf awal “A”. Sebenarnya Android versi ini tidak memilki codename.Tetapi orang-orang pada saat itu lebih suka menyebut Android versi ini dengan sebutan “Apple Pie”.Android versi ini dapat berjalan di smartphone dengan resolusi layar 320×480 HVGA.


  • Android 1.1 Banana Bread

Android versi ini dirilis pada tanggal 9 Februari 2009, pertama kali dan lagi-lagi disematkan di HTC Dream seperti pendahulunya. Versi 1.1 ini menurut salah satu developer terdahulu codenamenya adalah Petit Four, namun masyarakat lebih sering menyebutnya dengan Banana Bread dengan alasan sesuai urutan alfabet. Android versi ini dapat berjalan di smartphone dengan resolusi layar 320×480 HVGA.


  • Android Comercial Release

  • Android 1.5 Cup Cake

Cupcake dirilis pada tanggal 30 April 2009 dan di klaim sebagai versi Android komersial yang memakai codenama makanan manis secara resmi. Awalnya versi ini diberi angka 1.2, namun entah mengapa dan apa alasannya Google merubahnya menjadi versi 1.5 dengan merevisinya besar-besaran. Versi Android ini lagi-lagi pertama kali dibenamkan di HTC Dream. Android versi ini dapat berjalan di smartphone dengan resolusi layar 320×480 HVGA.


  • Android 1.6 Donut

Android 1.6 Donut dirilis pada tanggal 15 September 2009 dengan awalan codename sesuai dengan urutan alfabetis dari sebelumnya, yaitu “D”.Nomor versinya melanjutkan versi android sebelumnya, versi 1.6.Versi Android ini adalah versi pertama yang berjalan di layar smartphone dengan ukuran resolusi 800×480 WVGA, diikuti oleh Eclair dan Frozen Yoghurt.HTC Magic adalah smartphone pertama yang memakai versi Android ini.


  • Android 2.0/2.1 Eclair

Android versi 2.0 Eclair dirilis pada tanggal 26 Oktober 2009  berbasis kernel Linux 2.6.29. Eclair merupakan makanan penutup yang berupa kue berbentuk persegi panjang dan ada krim di tengah serta lapisan cokelat di atasnya.


Untuk Android Eclair versi 2.0.1 dirilis pada tanggal 3 Desember 2009 dimana perubahan pada versi ini meliputi Perubahan API, perbaikan bug, dan perubahan kerangka kerja. Sedangkan untuk Android Eclair versi 2.1 dirilis pada tanggal 12 Januari 2010 dan mengalami perubahan kecil pada API dan perbaikan bug.


  • Android 2.2 Froyo

Pada 20 Mei 2010 SDK Android versi 2.2 Froyo dirilis, yang berbasis kernel Linux 2.6.32.Froyo adalah singkatan untuk frozen yogurt. Pada 18 Januari 2011, SDK Android 2.2.1 Froyo dirilis. Versi Froyo ini mengalami perbaikan bug, pembaruan keamanan, dan peningkatan kinerja.


Sedangkan Android Froyo versi 2.2.2 dirilis pada tanggal 22 Januari 2011. Pada versi ini mengalami perbaikan bug minor, termasuk bug SMS pada Nexus One. Dan pada 21 November 2011 rilis terakhir Android Froyo yaitu vesi 2.2.3 di rilis dan mengalami penambahan dua patch keamanan.


  • Android 2.3 Ginger Bread

Android Versi 2.3 Gingerbread dirilis pada tanggal 6 Desember 2010, berbasis kernel Linux 2.6.35.Gingerbread merupakan sejenis kue kering yang memiliki rasa jahe.

Android Ginger Bread ini mengalami update sebanyak 6 kali yaitu sebagai berikut.


Baca Juga : “Mikrotik” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Jenis – Manfaat – Kelebihan – Kekurangan )


  1. Versi 2.3.1 pada bulan Desember 2010
  2. Versi 2.3.2 pada bulan Januari 2011
  3. Versi 2.3.3 pada  9 Februari 2011
  4. Versi 2.3.4 pada  28 April 2011
  5. Versi 2.3.5 pada 25 Juli 2011
  6. Versi 2.3.6 pada 2 September 2011
  7. Versi 2.3.7 pada 21 September 2011

  • Android 3.0/3.2 Honeycomb

Pada 22 Februari 2011 Android 3.0 Honeycomb dirilis. Honeycomb merupakan versi pertama Android yang ditujukan hanya untuk komputer tablet, berdasarkan kernel Linux 2.6.36. Perangkat pertama yang menggunakan versi ini adalah tablet Motorola Xoom, yang dirilis pada 24 Februari 2011.


Android Honeycomb ini mengalami update sebanyak 8 kali yaitu sebagai berikut.

  1. Versi 3.1 pada tanggal 10 Mei 2011
  2. Versi 3.2 tanggal 15 Juli 2011
  3. Versi 3.2.1 pada tanggal 20 September 2011
  4. Versi 3.2.2 pada tanggal 30 Agustus 2011
  5. Versi 3.2.3
  6. Versi 3.2.4 pada bulan Desember 2011
  7. Versi 3.2.5 pada bulan Januari 2012
  8. Versi 3.2.6 pada bulan Februari 2012

  • Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis pada 19 Oktober 2011, berdasarkan kernel Linux 3.0.1.Kode sumber untuk Android 4.0 tersedia pada tanggal 14 November 2011.Android Ice Cream Sandwich adalah versi terakhir yang mendukung Flash player Adobe Systems.


Android versi ini mengalami beberapa update yaitu sebagai berikut.

  1. Versi 4.0.1 dirilis pada tanggal 21 Oktober 2011
  2. Versi 4.0.2 dirilis pada tanggal 28 November 2011
  3. Versi 4.0.3 dirilis pada tanggal 16 Desember 2011
  4. Versi 4.0.4 dirilis pada tanggal 29 Maret 2012

  • Android 4.1/4.3 Jelly Bean

Google mengumumkan Android 4.1 Jelly Bean dalam konferensi Google I/O pada tanggal 27 Juni 2012.Berdasarkan kernel Linux 3.0.31, Jelly Bean adalah pembaruan penting yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja antarmuka pengguna (UI).Pembaruan ini diwujudkan dalam “Proyek Butter”, perbaikan ini termasuk antisipasi sentuh, triple buffering, perpanjangan waktu vsync, dan peningkatan frame rate hingga 60 fps untuk menciptakan UI yang lebih halus.Android 4.1 Jelly Bean dirilis untuk Android Open Source Project pada tanggal 9 Juli 2012. Perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah tablet Nexus 7, yang dirilis pada tanggal 13 Juli 2012.


Versi Android Jelly Bean mengalami 6 update yaitu sebagai berikut.

  1. Versi 4.1.1 tanggal 23 Juli 2012
  2. Versi 4.1.2 tanggal 9 Oktober 2012
  3. Versi 4.2 tanggal 13 November 2012
  4. Versi 4.2.1 tanggal 27 November 2012
  5. Versi 4.2.2 tanggal 11 Februari 2013
  6. Versi 4.3 tanggal 24 Juli 2013

  • Android 4.4 Kitkat

Pada tanggal 31 Oktober 2013 dirilis Android versi 4.4 KitKat.Google mengumumkan Android 4.4 KitKat (dengan izin dari Nestlé dan Hershey) pada 3 September 2013.Kabar ini tak pelak mengejutkan banyak orang sebab sebelumnya Google mengindikasikan versi terbaru Android selanjutnya setelah 4.3 Jelly Bean adalah Key Lime Pie dengan seri 5.0.


  • Android 5.0 Lolipop

Android Versi 5.0 Lollipop dirilis pada awal bulan November 2015. Jauh sebelum rilis resmi sistem operasi mobile Android terbaru sebagai penerus dari Android Kitkat, telah beredar kabar bahwa Android berikutnya akan menggunakan nomor versi Android 4.5 dengan codename yang muncul saat itu yaitu Lemon Meringue Pie, Licorice, Lollipop dan Moonshine.


Akhirnya, codename Android yang tidak menggunakan inisial “L” hilang setelah santer terdengar bahwa Android setelah Kitkat menggunakan codename Android L. Codename Android L pertama kali disinggung pada acara Google’s 2014 I/O developer conference yang diadakan di San Francisco pada tanggal 25 dan 26 Juni 2014. Sebagaimana versi sebelumnya yang diberi nama dari nama makanan pencuci mulut (dessert), banyak yang menduga bahwa “L” merupakan inisial dari Lemon Meringue Pie, Licorice atau Lollipop.


  • Android 6.0 Marshmallow

Android Marshmallow dirilis pada tanggal 28 Mei 2015.Marshmallow juga memiliki skema manajemen daya baru bernama Doze yang mengurangi tingkat aktivitas aplikasi latar belakang saat perangkat menentukan bahwa itu tidak sedang aktif ditangani oleh pengguna, yang menurut Google dapat mengurangi pemakaian baterai perangkat.Versi ini juga memperkenalkan pilihan untuk mengatur ulang semua pengaturan jaringan, tersedia untuk pertama kalinya pada Android, yang membersihkan pengaturan terkait jaringan untuk Wi-Fi, Bluetooth dan koneksi seluler.


Android Marshmallow memberikan dukungan asli untuk pengenalan sidik jari, memungkinkan penggunaan sidik jari untuk membuka perangkat dan otentikasi Play Store dan pembelian Android Pay. API standar juga tersedia untuk melaksanakan otentikasi berbasis sidik jari dalam aplikasi lain. Android Marshmallow mendukung USB Type-C, termasuk kemampuan untuk menginstruksikan perangkat untuk mengisi daya perangkat lain melalui USB.


Marshmallow juga memperkenalkan “pranala yang diverifikasi” yang dapat dikonfigurasi untuk membuka langsung dalam aplikasi tertentu mereka tanpa petunjuk pengguna lanjut.

  • Android 7.0 Nougat

Android versi ini diumumkan pada tanggal 1 Juli 2016, dan diluncurkan pada 23 Agustus 2016.


Pembaruan pada Android Nougat adalah sebagai berikut.

  1. Auto Update
  2. Fitur Doze Terbaru
  3. Aplikasi Allo dan Duo
  4. Daydream VR
  5. Di Dukung API Vulkan
  6. Gambar Video
  7. Multi Window Lebih Cepat
  8. Pemberitahuan dengan UI Yang Lebih Baik

  • Kelebihan
  1. Sistem operasi yang bersifat open source. OS Android yang bersifat open source (gratis) membuat kemudahan dalam membuat aplikasi tanpa harus membayar.
  2. Banyak aplikasi baik software maupun game yang bias kita nikmati mulai yang berbayar sampai gratis.
  3. Dari segi tampilan, terlihat elegan, sehingga penggunanya tidak akan mudah bosan. Ditambah dengan berbagai tema yang tersedia pada market android membuat kita bias mengubahnya sesuai keinginan.
  4. Bersifat multitasking yang artinya bias menjalankan berbagai aplikasi sekaligus.
  5. Syncronisasi, jika user adalah pengguna Gmail atau Ymail, user dapat mengintergrasikannya dengan smartphone Android. Sehingga mempermudah dalam pengecekan atau pengiriman email.

  • Kekurangan
  1. Baterai yang cepat habis. Keunggulan penggunaan aplikasi secara bersamaan (multitasking) membuat smartphone ber-OS Android sangat boros terhadap baterai.
  2. Jika menggunakan aplikasi yang bersifat gratis, iklan akan selalu muncul pada aplikasi tersebut dan munculnya iklan pada saat anda terhubung ke internet.
  3. Koneksi internet yang mahal. Pada saat browsing memang cepat dan tidak ada hambatan. Namun biaya untuk internetpun juga sesuai dengan kecepatan tersebut.

Demikianlah penjelasan artikel diatas mengenai Sistem Operasi – Pengertian, Fungsi, Jenis, Sejarah & Komponen semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca setia DosenPendidikan.Com

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan