Sketsa adalah

Diposting pada

Sketsa adalah – Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, Unsur, Fungsi, Komposisi, Cara & Contoh Gambar – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Sketsa yang dimana dalam hal ini meliputi Jenis, Unsur, Fungsi dan Aturan Membuat, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Sketsa-adalah

Pengertian Sketsa

Sketsa adalah gambar yang kasar dan ringan atau gambaran garis besarnya saja dari suatu gambar atau lukisan yang belum selesai. Atau sketsa dapat diartikan juga sebagai rencana dari suatu gambar atau lukisan yang akan dibuat.


Sketsa sifatnya sementara yang biasanya dibuat dikertas maupun dikanvas. Jadi dapat dikatakan bahwa membuat sketsa sebelum menggambar merupakan kegiatan yang mendasar dan sangat penting untuk melatih keterampilan, serta untuk meminimalisir kesalahan.


Pengertian Sketsa Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian sketsa menurut para ahli, terdiri atas:


  1. Menurut Linda Murray dan Peter

Sketsa adalah rancangan yang kasar dari suatu komposisi atau sebagian komposisi dibuat demi kepuasan pribadi. Pribadi seniman ada beberapa hal yaitu skala, perbandingan, komposisi, penyinaran dan lain sebagainya.


  1. Menurut H.W Flowler

Sketsa adalah begitu saja tanpa persiapan. Merupakan gambaran atau lukisan pendahuluan yang kasar, ringan dan semata-mata garis besar.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Ilustrasi Adalah


  1. Menurut But Muchtar

Sketsa adalah ungkapan yang paling esensial, yang memiliki fungsi sebagai media dalam proses kreativitas tapi sekaligus sebagai  sebuah karya.


  1. Menurut Effendi

Sketsa adalah merupakan perpaduan dari melihat, merasakan, menghayati, berpikir, ekspresi, empati serta bersikap. Sehingga sketsa adalah kepekaan dari suatu intuisi. Selain itu juga berupa kedalaman jiwa seniman sebagai proses penginderaan yang totalitas dari seseorang terhadap suatu objek yang akan direkam.


Salah seorang pelukis pernah meulis bahwa seni sketsa adalah suatu bentuk garis uyang terdiri berupa titik, garis luru dan garis lengkung. Warna tak terbilang banyak ragamnya. Walaupun hanya berupa garis. Namun garis tersebut terdapat dua-tiga macam itu dapat melontarkan atau menyusun kembali warna yang tak terhingga itu.


  1. Menurut Meyers

Sketsa adalah gambar catatan. Ia membedakannya dengan gambar karya lengkap dan gambar karya studi. Dalam karya studi, gambar merupakan eksplorasi teknis atau bentuk untuk penyelesaian lukisan, patung, dan lain-lain.


Umumnya penggambarannya bersifat menyoroti suatu rincian dari bagian-bagian tertentu, seperti anatomi kepala, tangan ataupun bahu, draperi, dan sebagainya demi mempelajari bentuk orang.


Jenis-Jenis Sketsa

Adapu jenis-jenis sketsa diantaranya:

  • Sketsa gambaran garis besarnya saja, merupakan sketsa gambar yang berupa garis-garis dengan bentuk sederhana tanpa rincian dan sketsa tidak selesai.
  • Sketsa cepat, merupakan sketsa yang menggunakan beberapa garis untuk menampilkan citra sketsa yang telah selesai.
  • Studi sketsa merupakan sketsa berupa coretan-coretan yang dilakukan dengan cepat dan kurang rinci yang menunjukan bentuk umum/globalnya saja dari suatu gambar/lukisan.

Unsur-Unsur Sketsa

Adapun unsur-unsur yang membentuk suatu sketsa diantaranya:

  1. Garis

    Garis merupakan unsur utama pada suatu sketsa, jenis garis pada sketsa misalnya seperti Garis lurus dan garis lengkung.


  2. Warna

    Merupakan susunan warna-warna pada suatu bidang. Harmonis tidaknya tergantung bidang-bidang yang diatur menjadi harmonis.


  3. Bidang

    Pada unsur bidang maksudnya garis-garis yang disusun maka akan membentuk suatu bidang tertentu.


  4. Bentuk

    Dari garis yang membentuk suatu bidang, maka akan menghasilkan suatu bentuk yang diinginkan.


Fungsi Sketsa

Beberapa manfaat/fungsi yang bisa didapatkan dari membuat sketsa sebelum menggambar atau melukis misalnya:

  • Dapat meminimalisir kesalahan dalam menggambar atau melukis.
  • Memberikan gambaran mengenai suatu tema gambar atau lukisan.
  • Dapat mempertajam pengamatan seorang pelukis.
  • Dapat meningkatkan kemampuan seorang pelukis, terutama dalam hal mengkoordinasi hasil pengamatan dan juga keterampilan tangan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Pengertian Animasi


Komposisi Sketsa

Komposisi yang artinya susunan dalam seni rupa memiliki arti menyusun atau menata unsur-unsur seni rupa. Dengan mengatur komposisi dengan baik, maka akan terwujud karya sketsa yang baik. Oleh karena itu, komposisi memegang peranan penting sebab dengan komposisi akan diperoleh nuansa harmonis. Beberapa bagian komposisi seperti berikut:


  1. Komposisi garis

Komposisi garis adalah garis yang memiliki peran utama di dalam membentuk komposisi. Jenis garis yang dapat membentuk komposis: komposisi garis lurus; komposisi garis lengkung.


  1. Komposisi warna

Merupakan susunan warna-warna pada suatu bidang. Harmonis tidaknya tergantung bidang-bidang yang diatur menjadi harmonis.


  1. Komposisi bidang

Komposisi bidang adalah garis-garis yang kita susun akan membentuk suatu susunan bidang. Susunan daripada bidang-bidang yang diatur menjadi harmonis.


  1. Komposisi bentuk

Komposisi bentuk dihasilkan dari beberapa unsur garis. Keharmonisan dari komposisi bentuk ditentukan dari berbagai faktor unsur-unsurnya: komposisi simetris; komposisi asimetris; komposisi sentral; komposisi diagonal.


Cara Membuat Sketsa

Berikut Cara dalam membuat sebuah sketsa diantaranya:

  • membuat kerangka gambar, diantaranya terdiri dari garis vertikal, garis horizontal dan garis lengkungan.
  • Membuat garis sekunder, misalnya seperti membuat kerangka persegi atau lingkaran secara tipis.
  • Menebalkan garis pada sketsa jika memang sudah tepat sesuai dengan keinginan.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Seni Rupa 2 Dimensi


Contoh Gambar Sketsa

contoh gambar sketsa

contoh gambar sketsa


Demikianlah pembahasan mengenai Sketsa adalah – Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, Unsur, Fungsi, Komposisi, Cara & Contoh Gambar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan