Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran – Makalah, Contoh, Renacana, Tujuan & Konsep – DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Strategi Pemasaran yang dimana dalam hal ini meliputi tujuan, fungsi, faktor dan macam, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.


Pengertian Strategi

Strategi adalah ilmu dan seni menggunakan kemampuan bersama sumber daya dan lingkungan secara efektif yang terbaik. Terdapat empat unsur penting dalam pengertian strategi,yaitu: kemampuan, sumber daya, lingkungan, dan tujuan. Empat unsur tersebut, sedemikian rupa disatukan secara rasional dan indah sehingga muncul beberapa alternatif pilihan yang kemudian dievaluasi dan diambil yang terbaik.


Rumusan strategi tidak selalu memberikan informasi apa yang akan dilakukan, mengapa dilakukan demikian, siapa yang bertanggung jawab dan mengoperasionalkan, berapa besar biaya dan lama waktu pelaksanaan, hasil apa yang akan diperoleh.


Akhirnya tidak terlupa keberadaan strategi pun harus konsisten dengan lingkungan, mempunyai alternatif strategi, fokus keunggulan dan menyeluruh, mempertimbangkan kehadiran risiko, serta dilengkapi tanggung jawab sosial. Singkatnya strategi yang ditetapkan tidak boleh mengabaikan tujuan, kemampuan, sumber daya, dan lingkungan. Keberadaan strategi mempunyai jangka waktu relatif panjang. Hal tersebut, menyiratkan prediksi perubahan lingkungan penting memperoleh perhatian.


Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

Ada beberapa definisi mengenai pemasaran dari beberapa ahli diantaranya adalah :


  1. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
  2. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
  3. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

Baca Juga : “Marketing Plan ( Rencana Pemasaran )” Pengertian & ( Tujuan – Masalah Yang Muncul – Langkah – Manfaat )


Fungsi Pemasaran :

  • Fungsi Pertukaran

Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.


  • Fungsi Distribusi Fisik

Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dsb. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.


  • Fungsi Perantara

Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi / penggolongan produk.


Konsep Pemasaran

Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.


Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.


Macam-Macam Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.


  1. Konsep produksi

Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.


  1. Konsep produk

Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik.


  1. Konsep penjualan

Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.


  1. Konsep pemasaran

Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.


  1. Konsep pemasaran sosial

Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.


  1. Konsep Pemasaran Global

Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.


Baca Juga : “Penjualan & Pemasaran” Pengertian & ( Tujuan – Syarat – Jenis – Konsep )


Pengertian Sistem Pemasaran

Sistem adalah sekolompok item atau bagian-bagian yang saling berhubungan dan saling berkaitan secara tetap dalam membentuk satu kesatuan terpadu. Jadi dapat diartikan sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.


Dalam pemasaran kelompok item yang saling berhubungan dan saling berkaitan itu mencakup :

  1. Gabungan organisasi yang melaksanakan kerja pemasaran.
  2. Produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan.
  3. Target pasar.
  4. Perantara (pengecer, grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).
  5. Kendala lingkungan (environmental constraints).

Sistem pemasaran yang paling sederhana terdiri dari dua unsur yang saling berkaitan, yaitu organisasi pemasaran dan target pasarnmya. Unsur-unsur dalam sebuah sistem pemasaran serupa dengan unsur-unsur yang ada pada sistem radio stereo. Bekerja secara terpisah, tetapi pada waktu dipertemukan secara tepat.


Macam – Macam Sistem Pemasaran

  • Sistem pemasaran dengan saluran vertikal

Pada sistem ini produsen, grosir, dan pengecer bertindak dalam satu keterpaduan.

Tujuan :

  1. Mengendalikan perilaku saluran
  2. Mencegah perselisihan antara anggota saluran

  • Sistem pemasaran dengan saluran horizontal

Pada sistem ini, ada suatu kerjasama antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang muncul.

  • Sistem pemasaran dengan saluran ganda

Pada sistem ini beberapa gaya pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemen digabungkan, kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.


Baca Juga : “Digital Marketing” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Manfaat – Kelebihan – Kekurangan )


Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah suatu pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.


Dan pengertian strategi pemasaran yang lainnya ialah suatu pola fundamental, dimana adanya suatu perencanaan pemasaran, pengarahan sumber daya serta interaksi dengan pasar, pesaing, konsumen dan lain sebagainya. Selain itu dalam suatu strategi pemasaran ada baiknya untuk mempertimbangkan tujuan dari pemasaran, pasar yang diincarnya dan bagaimana mengelola sumber daya dengan efektif dan efisien. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :


  1. Daur hidup produk

Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

  1. Posisi persaingan perusahaan di pasar

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.


  1. Situasi ekonomi

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.


Tujuan Strategi Pemasaran

Adapun strategi pemasaran memiliki tujuan diantaranya:

  • Peningkatan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran.
  • Mengukur hasil pemasaran berdasarkan standard prestasi yang berlaku.
  • Memberikan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan.
  • Mampu meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika da perubahan-perubahan dalam pemasaran.

Fungsi Strategi Pemasaran

Adapun fungsi strategi pemasaran yaitu:

Meningkatkan Motivasi Untuk Berpikir Jauh Ke Depan

Strategi pemasaran memaksa manajemen perusahaan untuk berfikir out of the box, cara ini sangat dianjurkan untuk menjaga ritme atau kelangsungan perusahaan. Usahakan tidak terus mengikuti ritme pasar, namun sesekali mencoba untuk menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.


Koordinasi Pemasaran Yang Lebih Efektif Dan Terarah

Strategi pemasaran berfungsi untuk mengatur arah dan jalannya perusahaan sehingga akan membuat tim koordinasi menjadi jauh lebih baik serta terarah.


Dapat Merumuskan Tujuan/Goal Perusahaan Yang Akan Dicapai

Dengan strategi pemasaran para pelaku usaha dapat terbantu untuk merinci tujuan yang ingin perusahaan capai, baik tujuan jangka panjang maupun jangka pendek.


Pengawasan Kegiatan Pemasaran Lebih Efektif Atas Standard Prestasi Kerja

Pengawasan kegiatan anggota tim lebih di perhatikan supaya peningkatan mutu dan kualitas semakin terjamin.


Faktor Utama Yang Menjadi Penyebab Terjadinya Perubahan Dalam Strategi Pemasaran

Adapun faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya perubahan dalam strategi pemasaran yaitu:

  • Siklus daur hidup produk, yang merupakan tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
  • Tingkat persaingan perusahaan dipasar dalam hal melakukan strategi pemasaran harus sesuai dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
  • Keadaan ekonomi strategi pemasaran harus sesuai dengan situasi ekonimi dan pandangan kedepan, apakah berada pada situasi makmur atau inflasi tinggi.

Baca Juga : Definisi Dan Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli


Macam-Macam Strategi Pemasaran

Adapun macam-macam strategi pemasaran yaitu:

Strategi Kebutuhan Primer

Strategi untuk merancang kebutuhan primer antara lain:


  • Menambah jumlah yang menggunakannya.
  • Meningkatkan jumlah pembeli.

Strategi Kebutuhan Selektif

Adapun strategi kebutuhan selektif dengan cara:

Mempertahankan Jumlah Pelanggan Seperti:


  1. Memelihara kepuasan pelanggan
  2. Menyederhanakan proses pembelian
  3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk peralihan merk
  • Menjaring Pelanggan “Acquistion Strategier”
  1. Mengambil posisi berhadapan atau head to head positioning
  2. Mengambil posisi berbeda atau differentiated positing

  • Secara lebih jelasnya, strategi pemasaran dibagi menjadi empat jenis yaitu:
  1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pengguna.
  2. Merangsang kebutuhan primer dengan cara memperbesar tingkat pembelian.
  3. Merangsang kebutuhan selektif dengan memperhatikan pelanggan yang sudah ada.
  4. Merangsang kebutuhan selektif dengan cara menjaring pelanggan baru.

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di pasar.


  • Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar

Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:

  1. Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
  2. Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
  3. Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll
  4. Variabel psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.

  5. Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
  6. Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri
  7. Tahap 1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
  8. Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual, ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
  • Syarat segmentasi Pasar

Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :


  1. Dapat diukur
  2. Dapat dicapai
  3. Cukup besar atau cukup menguntungkan
  4. Dapat dibedakan
  5. Dapat dilaksanakan
  • Tingkat Segmentasi Pasar

Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.


  • Pemasaran massal

Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.

  • Pemasaran segmen

Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.

  • Pemasaran ceruk

Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.


  • Pemasaran mikro

Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.

  • Manfaat Segmentasi Pasar

Sedangakan manfaat dari segmentasi pasar adalah:


  1. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.
  2. Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
  3. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya.

Menentukan Pasar Sasaran

Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu :

  1. Langkah pertama

Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada


  1. Langkah kedua

Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.


Contoh Strategi pemasaran membagikan produk

Membagi-bagikan produk juga merupakan suatu strategi pemasaran yang unik dan prospek untuk dilakukan, dimana pihak pemasar membagikan produknya kepada konsumen dengan syarat tertentu yang berdampak baik bagi si pemasar dan produknya.


Jika teman-teman aktif di sosial media seperti instagram, mungkin teman-teman pernah menemukan istilah give away atau sebagainya yang mana si pemasar nantinya akan memberikan imbalan kepada konsumen berupa produk setelah si konsumen berhasil menggaet sejumlah pengguna sosial media lainnya untuk melakukan like, share dan komentar di gambar produk yang milik si pemilik produk tersebut.


Pemasaran seperti ini diminati karena pasti akan banyak pihak yang menginginkan produk tersebut dan percaya akan berhasil karena memilki jumlah follower atau pengikut yang banyak dan keuntungan lainnya adalah akan banyak yang ikut serta jadi akan tercipta suatu kompetisi untuk memasarkan produknya.


Demikianlah pembahasan mengenai Strategi Pemasaran – Makalah, Contoh, Renacana, Tujuan & Konsep  semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂

Send this to a friend