Surat Edaran adalah

Diposting pada

Surat Edaran – Pengertian, Fungsi, Jenis, Bagian & Contohnya – Untuk kali ini kami akan bagi materi Bahasa Indonesia mengenai Surat Edaran yang dalam hal meliputi seperti pengertian, fungsi, jenis, bagian dan contohnya, kalau begitu simaka saja uraian dibawah ini.

Surat-Edaran

Pengertian Surat Edaran

Apa itu surat edaran?? surat edaran adalah surat yang isinya menyangkut pemberitahuan secara resmi didalam instansi, lembaga atau organisasi, atau definisi surat edaran yaitu suatu pemberitahuan resmi yang diedarkan secara tertulis dan ditujukan untuk berbagai pihak.


Surat ini berisikan penjelasan mengenai suatu hal, misalnya seperti kebijakan baru dari pimpinan instansi, berisikan suatu peraturan dan lain-lain. Biasanya surat ini ditujukan untuk kalangan umum, akan tetapi didalam ruang lingkup tertentu.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Surat Dinas


Jenis-Jenis Surat Edaran

Adapun jenis-jenis dari surat edaran diantaranya ada dua macam yaitu surat edaran yang terbatas dan surat edaran yang tidak terbatas, nah berikut ini penjelasannya:

  • Surat edaran terbatas, adalah surat yang biasanya ditujukan dari satu organisasi atau instansi kepada para anggotannya saja, misalnya surat edaran dari koperasi kapada para anggotanya, surat dari ketua osis untuk anggota osis dan lain-lain.
  • Surat edaran tidak terbatas, adalah surat yang ditujukan kepada masyarakat luas.

Fungsi Surat Edaran

Salah satu fungsinya yaitu untuk menyampaikan informasi atau pengumuman kepada orang banyak yang sifatnya tidak rahasia.


Bagian-Bagian Surat Edaran

Adapun bagian-bagian dari surat edaran yang diantaranya seperti di bawah ini:


  1. Kepala Surat

Pada bagian ini terdapat kop surat terdiri dari logo, nama dan alamat organisasi, instansi atau lembaga. Kop surat biasanya digunakan untuk menunjukan surat formal dan non-formal.


Lalu pada bagian ini juga biasanya kata “surat edaran” ditulis dengan huruf kapital dan ditulis menggunakan garis bawah. Lalu di bagian kiri bawah ditulis nomer satu, sifat surat “misalnya penting”, perihal dan alamat yang dituju akan tetapi ada juga yang nomer suratnya ditulis pada bagian bawah kata “surat edaran”. Dan pada bagian kanan ditulis tanggal, bulan dan tahun kapan surat tersebut dibuat, kadang-kadang cara penulisan pada bagian ini suka berbeda-beda tergantung kepada si pembuat surat.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Surat Pembaca adalah


  1. Isi Surat

Bagian isi merupakan pengumuman atau informasi apa yang ingin disampaikan kepada umum, dengan urutan pendahuluan, isi pokok surat dan penutup.


  1. Kaki Surat

Dan pada bagian akhir ini berisikan nama jabatan, tandatangan pengirim surat, nama lengkap, nip, stempel “organisasi, instansi ataupun lembaga” dan tembusan “jika memang ada”.


Contoh Surat Edaran

Berikut ini terdapat beberapa contoh surat ederan, terdiri atas:


1. Contoh Surat Ederan Pemberitahuan


PEMERINTAH KOTA BANDUNG

DINAS PENDIDIKAN NASIONAL

SMPN NEGERI 48 BANDUNG

Jl. Baturaden VIII No. 19 Ciwastra, Kota Bandung 40295


5 Juni 2015

Nomor      : 101/KEPSEK/X/2015

Sifat           : Penting

Perihal      : Pengumuman Kegiatan Belajar Mengajar selama Ujian Sekolah


Kepada, Yth.

Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid Kelas VII, VIII, dan IX

di tempat.


Dengan Hormat,

Dalam rangka pelaksanaan Try Out siswa/i yang diikuti oleh Kelas IX, yang akan diselenggarakan pada:


Hari/Tanggal               : Senin – Rabu / 8–10Juni 2015

Waktu                           : 07:30 WIB s/d selesai


Sehubungan dengan hal tersebut, beberapa ruang kelas akan digunakan untuk Ujian. Hal ini tentu akan berimbas pada kegiatan belajar mengajar untuk kelas VII dan VIII. Oleh karena itu, melalui surat edaran ini kami mengumumkan pengaturan kegiatan belajar mengajar sebagai berikut:


NoHariTanggalKelasKeterangan
1Senin – Rabu8–10Juni 2015VII dan VIIIBelajar dirumah
IXTry out
2Kamis – Sabtu11–13Juni 2015VII dan VIIIMasuk kembali
IXBelajar dirumah

Demikian surat edaran ini kami buat, agar dapat dipahami dan dimaklumi. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.


Dengan Hormat,

Kepala Sekolah

Drs. Endi Moehtar, M.Sd.

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Surat Niaga


2. Contoh Surat Ederan Kegiatan

Panitia Pengajian Menyambut

Bulan Ramadhan

ROHIS SMAN 2 KARANGANYAR

Jalan Ronggowarsito, Bejen, Karanganyar
Telp (0271) 495795


Karanganyar, 8 Mei 2017

No : 01/RH2KRA/V/2017

Hal : Permohonan Bantuan Dana

Lampiran : Hal


Kepada

Yth : Bapak/Ibu …………………….

Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb


Segala puji hanya milik Allah SWT,Rabb pemilik alam semesta.Tiada dzat yang dapat menyamainya.Lantunan salam serta shalawat semoga selalu tercurah pada uswatun khasanah kita,Rasulullah Muhammad SAW,pembawa sinar terang dimuka bumi ini dengan islam. Juga kepada keluarga,sahabat,serta orang-orang yang selalu istiqomah dijalan-NYA hingga akhir nanti.aamiin ya rabbal’alamin


Dalam rangka melaksanakan salah satu program kerja ROHIS,maka ROHIS SMAN 2 Karanganyar akan menyelenggarakan kegiatan pengajian dalam rangka menyambut bulan Ramadhan yang Insyaa Allah akan dilaksanakan pada bulan Mei di Halaman Upacara SMAN 2 Karanganyar.Sehubungan semua kegiatan akan bisa berjalan dengan lancar,maka tidak luput dan tidak lepas dari dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu/Saudara semua. Untuk itu,kami memohon kesediaan Bapak/Ibu/Saudara untuk memberi bantuan baik berupa moril maupun materiil demi terlaksananya kegiatan tersebut.


Demikian permohonan ini kami sampaikan,semoga menjadi tabungan amal Bapak/Ibu/Saudara kelak di akhirat. Atas partispasi dan bantuaanya,kami ucapkan terima kasih, jazakumullah ahsanal jaza’.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


 

panitia

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : Contoh Surat Pribadi


3. Contoh Surat Edaran Gotong Royong

PENGURUS

009 RW. 06

Jl. Masjid I No. 1 (2A) Kel.Cipayung Kec.Cipayung Jakarta Timur 13840
Telp. 021-70766031 Fax. 021-84599129


SURAT EDARAN

No.001/S-ED/RT/I/14

Tentang

 GOTONG ROYONG


Kami beritahukan kepada WARGA RT. 009/06, Hari Minggu, Tgl. 05 Januari 2014 diadakan kerja bakti untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat. Sehubungan datangnya musim hujan, Maka kami sebagai  pengurus RT mengharapkan semua warga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Adapun acara dan tempat :

  1. Sekitar rumah masing-masing
  2. Sarana Umum ( jalan, gorong-gorong, dll )
  3. 3. Ramah tamah ( tempat : Rumah Alm. Bp. Gantong )

Kami mengharapkan kehadiran WARGA RT. 009/06 di lingkungan sekitar pukul 06.30 WIB. Demikian surat edaran dan pemberitahuan ini demi kenyamanan dan kebersamaan warga. Atas perhatian dan partisipasinya kami sampaikan terima kasih.


Jakarta, 03 Januari 2014

Ketua RT.009/06

(H. MUH. YATIM, MM.)

Baca Juga Artikel yang Mungkin Terkait : “Surat” Pengertian & ( Fungsi – Jenis – Ciri – Yang Harus Diperhatikan – Penggunaan Bahasa )


4. Contoh Surat Ederan Bupati

Kotabaru, 13 Maret 2017

Yth. Kepada :
Para Kepala Perangkat Daerah
Di Lingkungan Pemerintah
Kabupaten Kotabaru
di –
Kotabaru

SURAT EDARAN
NO. 065/ /SETDA

TENTANG

LAMBANG DAERAH KABUPATEN KOTABARU


Sebagaimana Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2007 tentang Lambang Daerah. Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa Lambang Daerah berkedudukan sebagai tanda identitas daerah.


Sehubungan dengan beragam bentuk Logo Daerah Kabupaten Kotabaru yang digunakan oleh Perangkat Daerah dan Masyarakat. Oleh sebab itu, perlu ditegaskan kembali bahwa Lambang Daerah Kabupaten Kotabaru yan benar adalah sesuai yang telah ditetapkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Kotabaru Nomor 04 Tahun 2010 tentang Lambang Daerah Kabupaten Kotabaru.


Terkait hal itu pula, penggunaan Lambang Daerah pada Kop Surat, Plang Kantor serta dalam penggunaan lainnya harus sesuai dengan Peraturan Daerah tersebut.


Demikian disampaikan untuk diketahui dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.


BUPATI KOTABARU,

H. SAYED JAFAR


Jl. Pangeran Kesuma Negara No.1 Pulau Laut Utara, Kotabaru – Kalimantan Selatan 72111
Telp : (0518) 21221, Fax : (0518) 21438, Website : kotabarukab.go.id, Email : setda@ kotabarukab.go.id


Demikianlah pembahasan mengenai Surat Edaran – Pengertian, Fungsi, Jenis, Bagian & Contohnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.